Sep 27, 2023

Belajar Cara Membuat Mod Game Android Sendiri

Kamu tahu tidak sih bagaimana cara membuat mod game android sendiri? Sebenarnya bikin mod game android itu gampang atau susah? Semua itu akan coba saya jawab ke dalam artikel ini, jadi simak saja. Seperti yang kita tahu sekarang ini banyak anak yang ketagihan dalam bermain game, ada beberapa diantara mereka yang suka banget main 'cepet' alias ngecheat.

Menggunakan aplikasi mod atau pakai aplikasi cheat itu merupakan kesenangan tersendiri bagi beberapa orang, beberapa alasan mereka menggunakan aplikasi tersebut adalah antara lain. Karena game itu berbayar makanya cari yang mod money biar bisa nikmati game tersebut sepenuhnya, kedua males main secara normal pengennya cepet aja dan lain lain.

Cara Mudah Membuat Mod Game Android

Belajar Cara Membuat Game Android

Jujur aja sih aku katakan bikin mod itu gampang-gampang susah, yang susah itu ketika kita tidak paham sama sekali apa yang 'ada' di dalam game tersebut karena dasarnya beberapa game memang membuat game mereka itu tidak mudah untuk di cheat atau di mod. Kenapa? Yaa karena memang tujuan mereka membuat game itu untuk cari uang lewat transaksi mikro.

Baca juga: Download Dolphin Emulator Terbaru Android

Contohnya aja mod diamond mobile legend, coba aja cari kalau dapat. Tak kasih pulsa deh kamu 10rb, suer! Game online semacam inilah yang masuk ke dalam kategori "susah" di mod, makanya jangan harap bakalan ada cheat seperti mod uc pubg, mod diamond free fire ataupun mod voucher aov. Lha terus? Memang ga ada yaa mod seperti itu kayak mod diamond mobile legend dan sebagainya?

Hmm, bagaimana yaa? Mau tak jawab? Saya katakan ADA... Tapi.... Private Server. ITUPUN tergantung game tersebut terkenal atau tidak dan ada yang bisa dan mau bikin modnya apa enggak? Kapan hari saja saya dapet kok mod aov private server yang bisa bikin kita membeli semua hero aov tanpa harus top up, mod ini sama seperti modnya clash of clans seperti yang tak bagikan kemarin. Coba deh baca disana: Mod Clash of Clans Unlimited Gems, Elixir & Gold

Kamu tau tidak sih maksud dari private server itu bagaimana? Private server itu gini, biasanya game asli yang kamu dapatkan dari play store terutama game online itu mereka memiliki server sendiri yang tugasnya untuk mengumpulkan semua pemain yang online ke dalam game tersebut lalu saling mempertemukan kamu dengan mereka.

Ibaratkan saja server itu sama dengan wadah, nah di dalam 'wadah' ini terdapat segala informasi termasuk jumlah pemain yang terdaftar, jumlah gold, status, level untuk seorang pemain termasuk ke dalam sini di tiap masing-masing player yang terdaftar. Itulah yang disebut dengan server resmi dimana kamu bisa bermain bersama orang yang mengunduh aplikasi tersebut dari playstore.

Nah, kalau private server? Sama aja dengan diatas tetapi 'wadah' tersebut bukan disediakan oleh pihak pembuat game tetapi dibuat oleh kita-kita ini sesama pemain. Jadi jika kamu menggunakan aplikasi private server jangan harap deh kamu bisa ketemu orang yang menggunakan aplikasi dari playstore itu sendiri. Kan beda wadah?

Lalu wadah atau server ini untuk bisa terus selalu aktif harus ada yang merawatnya, dan untuk merawat server dibutuhkan biaya dan biaya tersebut membutuhkan yang namanya uang. Biasanya uang ini bakalan di dapatkan dari donasi para player yang main menggunakan mod private server tersebut.

Makanya jangan heran kalau tidak semua game memiliki versi mod private server karena selain harus ada yang mampu dan paham mengelola server dan juga harus ada yang bisa bikin mod game tersebut menjadi private server. Saya sendiri untuk urusan ini kurang paham karena terbatas ilmu.

Cara Bikin Aplikasi Mod

membuat mod aplikasi game sendiri

Min, kamu bisa bikin mod belajar dari mana? DARI GOOGLE, percaya deh! Saya suka gugling search, 'how to make android mod game' atau 'how to mod android' nanti baca satu persatu halaman yang muncul. Pahami dan cari informasi sebanyak-banyaknya mulai dari lihat youtube, tanya di forum dan lain sebagainya.

Kamu tahu tidak sih? Yang bikin mod asli game android itu dikit banget, rata-rata banyakan yang copy mod atau sekedar reupload aja. Contohnya aja kayak andropalace, revdl, rexdl dan sebagainya. Coba tebak semua situs tersebut membuat mod sendiri apa enggak? Jawabannya ENGGAK, mereka cuma copas mod aja decompile apk, pasang link website milik mereka lalu recompile dan upload.

Buktinya adalah kamu tidak bisa menemukan aplikasi mod eksklusif milik mereka, hal ini saya ketahui setelah saya coba mencari aplikasi mod criminal case dan saya tidak menemukannya dimanapun itu. Bahkan di situs seperti andropalace dan yang lainnya, ada sih tetapi versinya versi lama dan sudah kadaluarsa.

Jadi otomatis mereka ga membuat modnya kan soalnya mod yang ada di website semacam itu ada juga di banyak tempat? Nah salah satu tempat yang bisa bikin mod menurut saya adalah seperti android 1, libre io yang dulunya bernama alpha gamer, kalau mau belajar mod bisa belajar disana dan yang bisa juga di forum seperti gameguardian.net atau yang paling bagus iosgods.com yang khusus bahas mod untuk game apple atau iso tapi ada juga game androidnya.

Apakah termasuk website ini juga? YUP! Tidak semua mod yang ada disini murni bikinan saya, paling cuma mod god of war android, mod dream league soccer, mod plants vs zombie 2 terbaru, sedangkan mod plants vs zombie pertama itu bikinan admin dari libre.io :p saya hanya memperbaiki saja. Terus mod resident evil 4 android biohazard mobile edition.

Awalnya saya bikin mod itu dimulai dari dream league soccer, inilah mod pertama saya yang waktu itu tidak paham sama sekali mengenai tata cara bikin mod aplikasi android. Disini saya tidak menjelaskan terlalu detail mengenai cara bikin mod game android karena saya tidak yakin berapa banyak yang antusias atau pengen bisa bikin mod sendiri.

Malahan saya bikin grup di https://www.facebook.com/groups/1638939076153688/ untuk sama-sama belajar membuat mod game android, kalau mau join silahkan tetapi disana masih kosong. Sama halnya dengan link discord yang ada di halaman kontak disini yang niatnya juga sama-sama untuk sarana belajar bareng bikin mod. Semuanya masih sepi tetapi saya aktif kadang-kadang kok untuk ngecek saja.

Oke lanjut, ada 3 tipe yang bisa di mod:

  • Mod file binary .so (di kebanyakan game/aplikasi android)
  • Mod smali (buat yang bikin custom rom pasti tau)
  • Mod Assembly-CSharp.dll (khusus untuk game unity seperti mobile legend)

Yang bisa tak mod cuma file binary .so dan smali, kalau mod smali ini saya cuma mod aplikasi aja, namanya Headset Toggle, baca disana: Mod Headset Toggle Pro Full Version. Untuk yang unity ini belum bisa, contoh gamenya adalah Subway Surfers.

Alat Yang Dibutuhkan Untuk Mod Game

  1. Komputer (Sangat wajib)
  2. Program untuk modding
  3. Winrar
  4. Apk Easy Tool
  5. Hex Editor
  6. Arm to Hex Converter
  7. Otak

1. Komputer

Cara Bikin Cheat Game Android Sendiri

Jelas sekali membuat mod game android itu sangat butuh komputer, kecuali kalau kamu memang sudah paham banget sama dunia modding maka komputer ini menjadi opsional karena ada beberapa game yang bisa di mod dengan memanfaatkan aplikasi yang ada seperti game guardian atau apktool kalau ingin mod file smalinya tetapi untuk lebih maksimal ya harus pake komputer.

Usahakan kalau kamu belum paham dan tidak tau sama sekali soal game modding maka pakailah komputer milik kamu sendiri jangan di warnet karena ntar kita pas mau bikin mod itu diwajibkan untuk mikir, nah mikir ini butuh waktu yang tidak sebentar apalagi pas bikin mod pun belum tentu langsung bisa modnya.

2. Program Untuk Mod Game Android

Tergantung kamu mau mod game jenis apa, apakah smali, apakah assembly csharp ataukah file library .so.

Smali: Untuk smali kita hanya butuh file notepad++ yang gunanya untuk mencari sebuah fungsi dan mengedit fungsi tersebut dan aplikasi seperti apk easy tool ataupun apktool yang fungsinya untuk decompile sebuah file apk.

Library .so: Kalau ini kita butuh yang namanya IDA Pro, cari aja yang versi gratis karena sebenarnya aplikasi ini berbayar dan juga sangat powerfull dan biasa digunakan untuk bikin mod game android sekaligus untuk bikin mod-mod yang lain fungsinya adalah untuk dissasembly file .so kita nanti.

Assembly csharp dll: Kalau ini kita butuh aplikasi bernama Reflexil, DnSpy, Net Reflector dan lain-lain. Khusus untuk ini biasanya mod jenis ini itu merupakan mod game khusus unity contohnya adalah seperti game cheat subway surfer, lalu mobile legend dan lain-lain.

3. Winrar

Ini program pro trial unlimited dan sudah sangat umum sekali, saya tau banget soal program ini sudah tidak perlu dijelaskan lagi. Yang jelas ini berfungsi banget, fungsinya adalah saya biasanya ketika sudah membuat file mod yang sudah jadi nanti saya tinggal seret saja file .so saya ini ke file .so yang ada di game yang saya mod tersebut lalu menggantinya dengan file .so yang sudah saya edit. Setelah itu tinggal sign aja pakai apk easy tool.

4. Apk Easy Tool

Ini aplikasi wajib dan penting banget, fungsinya ada banyak dan bagi yang pernah mainan custom rom pasti paham sama aplikasi ini yang jelas saya biasa menggunakan aplikasi ini untuk decompile dan recompile file apk atau cuma buat sign apk saja.

5. Hex Editor

Fungsinya adalah ketika kita sudah menemukan nilai hex dengan menggunakan ida pro sekarang kita ubah file .so tersebut dengan aplikasi ini. Dan aplikasi ini sangat berguna sekali dan terkadang biasa saya gunakan compare untuk membandingkan mod suatu aplikasi.

Aplikasi ini biasa digunakan ketika kita mengedit file library .so, cuman untuk ngemod file library aja. Kalau yang dll saya rasa ga butuh deh aplikasi ini.

6. Arm to Hex Converter

Yang kedua berhubung  file library game android itu berbahasa arm maka kita perlu untuk mengconvert bahasa arm tersebut dalam bentuk hex dan nanti untuk memasukkan nilai hex ini kita bisa menggunakan hex editor. Untuk ini bisa pergi ke website http://armconverter.com/.

7. Otak

Tutorial membuat mod game android

Please deh, ini penting pake banget!! Berhubung saya newbie dan tidak terlalu paham banget di dunia modding jadi saya ga bisa bantu banyak, jadi gunakan otak kamu. Karena otak itu tercipta digunakan untuk mikir jadi gunakan otak sebagai bantuan, entah itu dengan cara gugling atau bertanya di forum-forum.

Terutama jangan tanya sama saya soalnya saya belum tentu bisa bantu, kemungkinan malah kamu lebih pinter dari saya. Soalnya saya sendiri juga ga terlalu jago soal dunia modding tapi untuk masalah standar dan kalau saya bisa jawab yaa tak jawab. Berhubung di dunia mod game itu ga mudah jadi kalau mau masuk ke dunia ini kamu harus siap kalau tidak ada yang bisa bantu selain diri kamu sendiri.

Toh, kalaupun kamu tanya juga di forum itupun belum tentu dijawab sama mereka apalagi kalau pertanyaan kamu itu mendasar banget.

Cara Modifikasi file .so Android

Supaya kita bisa membuat mod game android kita membutuhkan yang namanya komputer, itupun kalau kita benar-benar ingin membuat mod dari awal. Fungsi komputer disini adalah untuk melihat 'fungsi' yang ada di dalam game yang nantinya akan kita ubah.

Terus apakah bisa membuat mod game android hanya dengan HP Android? Bisa aja, cuma yaa pake lucky patcher tetapi selain itu yaa ga bisa soalnya yang ada di aplikasi android itu cuma hex editor dan apk tool saja. Padahal ada software yang sangat kita butuhkan banget, namanya adalah IDA Pro.

Baca juga: Kit Dream League Soccer 2019

Membuat mod game android itu sebenarnya gampang banget kok kalau kita sudah paham, soalnya yang bakalan kita lakuin yaa itu-itu aja. Ntar kamu bakalan paham kalau kamu sudah membuat banyak mod game android. Baik, lanjut...

Pertama komputer kamu harus kamu install 3 software wajib, yaitu ida pro, apk easy tool, dan hex editor. Yang kedua kalau sudah hal yang harus kamu lakukan adalah mainin gamenya, fungsinya untuk apa? Yaa untuk tau kamu itu pengen bikin mod seperti apa? Apakah unlimited money atau unlimited hp? Kalau sudah sekarang coba buka file apk dari game tersebut untuk mencari file .so yang nanti akan kita mod.

Ada 2 cara untuk mendapatkan file ini yaitu dengan cara decompile file apak atau membuka file apk tersebut dengan winrar, soalnya file apk itu sebenarnya cuma file kompres layaknya zip atau rar jadi file ini bisa kok kita buka dengan winrar. Saya sendiri lebih suka pakai winrar karena tinggal drag & drop pake kursor aja.

Membuat Mod Aplikasi Sendiri

Lokasi filenya ini ada di folder lib, nanti beberapa game di folder tersebut bakalan ada folder lagi silahkan buka yang Armeabiv7. Nah kalau di dalam folder tersebut ada beberapa file cari yang ukurannya paling besar sendiri dan nama file biasanya sama dengan nama gamenya, contoh saya kan pernah bikin mod game dream league soccer nah file .so yang paling besar sendiri adalah LibDLS.so, nah file inilah yang akan kita masukkan ke dalam ida pro.

Belajar Bikin Cheat Android Sendiri

Setelah itu kamu buka file binary .so tadi menggunakan ida pro, lalu ganti settingannya dengan gambar diatas, untuk processor type pilih yang ARMB. Lalu jangan lupa centang load resources, sehabis itu tunggu beberapa menit hingga loading selesai, untuk lamanya ini tergantung spesifikasi komputer kamu. Semakin bagus komputer yang kamu gunakan maka semakin cepat pula loadingnya.

Sehabis itu apa? Yaa di mod, caranya? Silahkan cari Quick Filter lalu tulis keyword yang ingin kamu mod. Makanya saya bilang untuk mempelajari terlebih dahulu gamenya supaya kita tau yang kita mod itu apa.

Misal sebagai contoh kita ingin membuat game mod unlimited ammo seperti yang saya lakukan pada game resident evil, kita tinggal ketikkan saja di quick filter "ammo", nanti bakalan muncul hasil yang banyak nah disitulah tempat yang harus kita mod. Misal lagi nih saat ingin bikin cheat plants vs zombie unlimited sun, maka kita tinggal tulisa saja "sun", "sunflower" dan lain sebagainya tetapi tidak semua yang muncul pada hasil pencarian itu bisa kita mod.

Soalnya ada beberapa game yang tidak bisa dimod dengan cara ini contohnya yaa plant vs zombie itu, itu kategori game yang sulit buat pemula jadi silahkan buat mod yang mudah terlebih dahulu. Berikut ini tampilan ketika binary .so sudah kita buka di ida.

Cara Cheat Game Android

Ini adalah tampilan ketika saya mencoba membuat mod terbaru dari game plants vs zombie dimana saya menghabiskan waktu seharian hanya untuk membuat modnya ini bisa dijalankan di game versi terbaru. Game pvz ini tidak bisa di mod menggunakan cara biasa, buat yang belum paham cara kerja game mod android pasti tidak paham soal ini termasuk saya.

Baca juga: Logo Dream League Soccer 2019 Terbaru

Alasan kenapa saya bisa membuat game mod pvz adalah karena saya hanya memindahkan mod yang sudah ada ke yang terbaru jadi sebenarnya yang bikin mod itu orang lain tapi saya yang update. Mudah? Enggak, malah sangat sulitlah!! Sulitnya kenapa? Soalnya saya tidak paham cara kerja aplikasi ini dengan kata lain saya ga bisa 'baca' bahasa ARM.

Membuat mod game online sendiri

Gambar diatas ini adalah ketika saya mencoba membuat mod game android dengan string, berikut ini artikel yang menjelaskannya dengan sangat bagus.

https://iosgods.com/topic/26584-ida-tutorialhow-to-hack-with-strings/

Di bagian inilah kita perlu menggunakan otak kita, waktu itu saya hampir nyerah bikin mod terutama yang no delay karena saya tidak tau pasti gimana sih cara bikin mod delay di pvz 2 ini?  Soalnya mod yang lain bisa dengan mudah saya temukan tetapi yang ini, sulit banget sampai akhirnya saya bisa melakukannya.

Untuk lebih jelasnya bisa baca disini: https://platinmods.com/threads/ida-pro-basic-instruction-of-ida.97/

Jujur aja saya cuma baca itu untuk membuat mod game dream league soccer 2019. Coba deh kamu lakukan hal yang sama, saran saya buatlah mod dream league soccer yang tahun 2016 atau 2017 karena di tahun ini gamenya masih mudah untuk di mod bagi saya. Kalau kamu sudah bisa membuat mod game ini seperti yang saya lakukan maka kamu bisa lanjut ke bagian selanjutnya.

Informasi yang lain yang juga bagus menurut saya juga sudah dijelaskan disini dengan lengkap yaitu yang menjelaskan mengenai cara membaca bahasa pemrograman ARM yang sangat penting ketika hendak membuat mod aplikasi atau game sendiri: https://iosgods.com/topic/852-tutorial-how-to-hack-using-ida/

Di kedua link tersebut sudah sangat jelas menjelaskan bagian setiap fungsi yang ada pada game android. Jadi sudah sangat cukup sebagai modal untuk bisa membuat mod game android sendiri.

Cara Mod File Assembly Csharp DLL

Mod yang kedua adalah khusus untuk mod game unity dan yang saya tau cara mod ini bisa dipalikasikan untuk membuat mod game online sendiri seperti mobile legend karena mobile legend ini bisa di mod dengan cara ini. Berikut tampilan dari file assemblynya yang saya ambil dari web orang lain.

Cara Mod Game Android

Ini linknya sebagai bahan belajar: https://wjdwndud0114.blogspot.com/2017/09/modding-unity-game.html

Saat belajar jangan gunakan file game yang lain biar nanti paham soalnya menggunakan file yang ditunjukkan di tutorial saja belum tentu membuat kita paham apalagi menggunakan file yang lain. Untuk kasus ini saya kurang tahu karena saya sendiri belum mencoba untuk membuat mod game semacam ini, kalau pengen coba salah satu game yang 'katanya' mudah adalah subway surfers.

Cara Edit Smali

Cara lain untuk membuat game mod adalah dengan mengedit file .smali, caranya cukup mudah kita tinggal decompile saja menggunakan apk tool atau sejenisnya setelah itu kita edit aplikasi smali dengan aplikasi text editor seperti Notepad++ atau Notepad biasa. Khusus cara ini kita bisa membuat mod sendiri hanya bermodalkan hp android.

Cara Mod Game Aplikasi Sendiri

Berikut ini adalah tampilan ketika saya membuat apk mod headset toggle pro. Yang saya mod disini adalah saya hanya mengubah jumlah berapa kali aplikasi ini bisa digunakan yang awalnya cuma 100 atau berapa gitu lalu saya ganti menjadi 999999.

Niatnya sih saya ingin unlimited atau tiap digunakan angkanya itu nambah bukan berkurang dan berhubung kurangnya ilmu juga akhirnya yaa tak ubah saja nilai angkanya biar mudah. Aplikasi ini saya buat karena kepikiran saudara saya yang loudspeaker hpnya itu rusak dan selalu muncul tombol headset dan bisa diobati dengan aplikasi ini.

Jadi berhubung saya males untuk selalu dimintai tolong jadi yaa tak bikinkan mod aja toh aplikasi ini cara modnya gampang banget. Sebenarnya bisa sih menggunakan aplikasi ini tanpa harus membuat file modnya yaitu dengan selalu menghapus cache dan data setiap kali sudah mencapai limit tapi hal tersebut sangat merepotkan.

Mod jenis ini bisa digunakan ketika kita tidak bisa menemukan lokasi file binary dan file dll, soalnya kemungkinan nilai yang bisa kita cheat itu disembunyikan di dalam smali. Contoh game yang bisa di cheat menggunakan smali adalah, Cheat Game Tahu Bulat, Cheat Game Pou dan yang lainnya.

Jadi yang sebenarnya harus kita pahami ketika kita ingin membuat file cheat game android kita sendiri adalah kita harus paham dulu nilai yang bisa kita ganti itu disembunyikan dimana? Jika di smali yaa kita mod pakai smali tetapi jika di binary yaa kita pakai ida dan jika di file dll ya di cheat dengan menggunakan aplikasi net reflector dan sebagainya.

Membuat cheat atau mod game android itu sangat luas, selain diatas adalagi cara mod dengan menggunakan aplikasi lucky patcher, ini cara ngecheat paling gampang sendiri karena kamu ga harus melewati tahap mencari nilainya di ida.

Padahal yang bikin itu sudah mencari nilainya di dalam ida pro lalu di aplikasikan di lucky patcher, saya pernah menggunakan cara mod seperti ini. Yaitu pada game dream league soccer yang sebelumnya yang saya tidak tau cara bikin mod tanpa pakai root, ya terpaksa saya buatkan saja file cheatnya biar bisa digunakan di LP.

Tips Supaya Cepat Bisa Membuat Cheat Game Android Sendiri

  • Sering-sering baca meskipun itu bahasa inggris, yang dibaca apa itu smali, apa itu arm dan cara kerjanya dan yang lainnya.
  • Sering-sering lihat video tentang cara mod game di youtube.
  • Coba sering-sering compare file mod dengan file asli untuk memahami apa yang di mod dan bagaimana

Sekian dulu tulisan saya ini, mohon maaf karena saya tidak menunjukkan benar-benar cara mod gamenya karena tulisan ini saya buat tanpa mempersiapkan dulu langkah-langkah bikin cheat game androidnya. Yang saya bahas disini adalah kulit luarnya saja, untuk dalamnya bisa kamu pelajari sendiri.

Saya aja tanpa guru kok makanya marilah kita belajar bersama-sama supaya banyak orang indonesia yang bisa bikin aplikasi mod game android sendiri. Sekian dulu, selamat belajar dan mencoba, semoga berhasil!