Sep 27, 2023

Dolphin Emulator!! Emulator Nintendo Wii & Gamecube Android Terbaru

Dolphin emulator merupakan emulator Nintendo Wii dan Gamecube, kini kamu bisa memainkan game wii dan gamecube di hp android kamu. Emulator ini sudah rilis 15 tahun yang lalu dan sekarang  saya akan membagikan dolphin emulator versi androidnya karena aplikasi dolphin ini tersedia di android dan pc alias komputer.

Banyak yang menyebut kalau emulator ini merupakan dolphin emulator ps2 karena memang ada beberapa game ps2 yang bisa dimainkan menggunakan dolphin emulator. Padahal untuk emulator ps2 tersebut sudah ada sendiri yang bisa digunakan untuk memainkan game ps2 di android. Tetapi pembahasan kali ini akan fokus pada dolphin saja!

Dolphin Emulator Android Tanpa Root

Dolphin Emulator Android Terbaru

Meskipun dolphin emulator gamecube ini sudah lama rilis tetapi baru 2 tahun kemarin saja emu ini rilis versi stabilnya, apalagi dolphin ini merupakan satu-satunya emulator yang bisa menjalankan game dari nintendo wii. Dolphin apk ini sempat diblokir dari playstore lhoo karena menerima banyaknya rating negatif dari pada penggunanya.

Baca juga: Mod Tinder Plus & Gold Android Biar Cepet Dapet Jodoh

Jadi saat itu kamu hanya bisa mendownload dolphin dari apkpure saja namun kalau sekarang aplikasi ini sudah dirilis kembali di playstore dengan banyak perbaikan yang akan membuat kamu bisa memainkan game nintendo wii dengan lancar. Aplikasi dolphin emulator terbaru ini bisa kamu gunakan sebagai alternatif ketika kamu ingin memainkan game ps2 tetapi tidak semua game ps2 tersedia di dalam dolphin lhooo, hanya beberapa game saja.

Cara Menggunakan Dolphin Emulator

Cara Setting Dolphin Emulator Ps2

Pertama kamu install terlebih dahulu aplikasi dolphin, untuk file apknya bisa kamu dapatkan dari playstore atau disini yaitu link downloadnya ada dibawah nanti. Kalau sudah sekarang untuk bisa mememainkan game dengan aplikasi dolphin maka kamu harus mendownload dulu game yang ingin kamu mainkan. Silahkan saja cari kumpulan game dolphin emulator android ukuran kecil biar tidak lama nanti saat download.

Karena kebanyakan game dolphin ini memiliki ukuran yang besar terutama untuk game nintendo wii, sebagai contoh adalah game samuari warrior 3 dimana gamenya berukuran 7,5 gb. Sangat besar sekail dan ukuran tersebut hampir sama dengan ukuran versi ps2. Jadi silahkan saja cari game dolphin emulator berukuran kecil. Kalau sudah sekarang load game kamu, caranya adalah dengan menekan tombol plus "+".

Dolphin emulator versi lama

Setelah itu silahkan cari lokasi dimana file game kamu berada, untuk filenya sih berakhiran .wbsf terus kalau masih berupa .zip berarti file game tersebut harus di ekstrak terlebih dahulu. Kalau sudah ketemu file gamenya silahkan klik "Select This Directory".

Download Game Dolphin Emulator Android

Nanti bakalan muncul tampilan seperti diatas, kalau tidak muncul setelah kamu klik coba deh perhatikan file kamu sudah bener atau tidak? Nanti jangan-jangan masih perlu di ekstrak lagi? Karena berhubung ini adalah game nintendo wii jadi jika nanti file berbentuk .iso atau rar coba deh di ekstrak dulu karena file .iso sebenarnya merupakan sebuah file dalam bentuk masih terkompres.

Baca juga: Emulator Ps1 Android Lancar

Jadi perlu di ekstrak agar bisa dimainkan, berbeda dengan file ps2 atau ppsspp yang cukup ekstrak sekali saja baru bisa dimainkan atau malah kalau sudah berbentuk .iso. Cukup langsung dimainkan juga bisa.

Cara Setting Dolphin Emulator Android

Dolphin Emulator Gamecube Apk

Jika sudah selesai nanti kamu bakalan sudah bisa langsung memainkan gamenya, lalu bagaimana cara setting dolphin emulator android agar tidak lemot? Dari info yang saya dapat tidak terlalu banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk bisa memainkan game dengan dolphin secara lancar karena emulator ini memang masih banyak bug dan banyak hal yang masih perlu diperbaiki.

Buktinya adalah aplikasi dolphin ini sempat diblokir dari playstore karena itulah alasan utama kenapa aplikasi ini dihilangkan di playstore yaitu masalah performa. Bahkan programmer yang bikin aplikasi ini saja bilang, bisa menjalankan game di dolphin android bukan berarti bisa memainkannya dengan lancar.

Semua hp yang ada di pasaran kini masih belum bisa memberi performa maksimal yaitu masih belum bisa memainkan game dengan full speed. Jadi jika kamu ingin mencari config dolphin emulator android mungkin kamu bisa menemukannya di tempat lain.

Baca juga: Cw Cheat Naruto Shippuden Ultimate Ninja Impact

Tetapi masih ada kok beberapa hp yang support dolphin emulator seperti samsung s8, samsung note 8, One Plus 5 dan One Plus 6 yang bisa digunakan untuk memainkan gamenya secara lumayan. Untuk spesifikasi dolphin emulator android sih prosesornya harus generasi terbaru dari Qualcomm, apapun itu.

Dolphin Emulator Nintendo Wii Gratis

Sebagai contoh, saya sudah coba untuk memainkan game ben 10 omniverse 2 menggunakan aplikasi dolphin. Memang sih saya bisa membuka gamenya tetapi saat di mainkan gamenya lemot banget, parah. Lagian settingan di dolphin sendiri tidak sebanyak di emulator ppsspp jadi tidak banyak yang bisa tak lakukan selain mencoba emulator yang lain.

Download Dolphin Emulator Android Tanpa Root Terbaru

Alasan kenapa game yang saya mainkan itu lemot adalah karena memang hp saya muncul tulisan dolphin emulator tidak kompatibel seperti diatas. Masalahnya ada pada HP saya tidak support untuk melakukan Eksternal Buffer Storage, berhubung hal tersebut sudah menyangkut masalah hardware maka yaa mau gimana lagi. Hal seperti ini pun tidak bisa diatasi dengan mancari dolphin emulator versi lama karena yang terbaru saja tidak bisa bagaimana yang versi alam?

Download Dolphin Emulator Android Terbaru

Jika kamu bersikeras ingin mencoba emulator dolphin ini yaa silahkan saja, apalagi kalau kamu memiliki hp sultan. Kemungkinan besar emulator ini bakalan lancar jika dimainkan di hp sultan. Sekian dulu dan selamat mencoba!