Apr 3, 2024

12 Cara Menghemat Baterai HP Android Secara Ampuh Tanpa Aplikasi

Hampir semua orang pasti punya hp android tapi apakah mereka tau cara menghemat baterai hp android secara ampuh? Disini saya akan membagikan ke kamu beberapa tips khusus yang bisa membuat baterai hp android kamu awet dan supaya baterai android kamu tidak cepat habis. Pasti kamu kesel banget kan masa baru saja selesai nge-cas kok baterai sudah berkurang?

Berhubung sekarang rata-rata baterai android itu merupakan baterai tanam jadi kita harus berhati-hati dalam menggunakan hp kita supaya baterai hp android kamu tidak cepet kembung atau bocor. Kalau seperti itu kan repot? Harus pergi ke konter cuman untuk ganti baterai? Beda lagi kalau baterai kita itu baterai yang bisa dilepas (removable) jadi tinggal beli saja.

Cara Hemat Baterai HP Android Agar Tahan Lama

cara hemat baterai android

Makanya sebelum terlambat marilah disimak beberapa tips yang bakalan saya bahas ini. Seperti yang kita tau masalah baterai cepat habis ini sebenarnya berusaha diatasi oleh para pembuat hp android. Buktinya adalah dengan adanya fitur fast charging ataupun flash charging seperi VOOC miliknya oppo. Fitur ini memungkinkan agar hp kita bisa langsung terisi dari 0% ke 75% hanya dalam waktu 30 menit.

Baca juga: Cara Membaca Pesan Whatsapp Yang Terhapus

Selain fitur tersebut, cara lain yang dilakukan oleh produsen pembuat ponsel adalah dengan menaikkan kapasitas daya baterai pada ponsel buatan mereka yaa supaya hp tersebut bisa tahan lama. Nah, berhubung prosesor, ram dan layar hp itu semakin besar maka kita pun harus pintar-pintar mengatur penggunaan baterai kita agar tidak cepat habis. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat baterai hp kamu agar awet.

1. Charge HP antara 20%-80%

Baterai hp kamu bakalan tahan lama jika kamu menggunakan hp yang betrainya di cas di antara 20%-80%, makanya jangan dikit-dikit ngecas karena semakin sering kita ngecas maka semakin pendek pula umur baterai hp kita.

Makanya kamu tau ga gimana sih cara agar baterai hp tidak kembung? Caranya sih cukup mudah, jangan sampai kamu gunakan hp kamu hingga 0% atau mati total, karena hal inilah yang menurut saya merusak hp banget. Apalagi buat kamu yang suka nge-game pasti sering kan ngelakukan hal ini? Parahnya kamu main game online lagi yang membutuhkan paket data, sekaligus game online biasanya sangat boros baterai banget.

Jika kamu tidak ingin baterai kamu cepat kembung maka segera hentikan kebiasaan buruk ini. Kalau sekali dua kali sih tidak apa-apa tapi kalau terlalu sering? Yaa parah juga, apalagi ketika hp digunakan sambil ngecas, menurut saya sih hal ini tidak apa-apa tetapi tergantung hpnya itu digunakan untuk apa.

Kalau untuk melihat video yaa saya rasa itu tidak terlalu berpengaruh buruk, tetapi kalau digunakan untuk bermain game berat seperti PUBG, AOV ataupun Mobile Legend. Ini nih yang berbahaya! Selain itu silahkan cas hp kamu ketika masih 20% karena itu adalah yang terbaik, buktinya kamu akan mendapatkan pemberitahuan ketika baterai kamu dibawah 20%.

2. Jangan Gunakan Aplikasi Tidak Penting

cara menghemat baterai hp android tanpa aplikasi

Yang saya maksud disini adalah aplikasi seperti Battery Saver, Battery Life dan semacamnya padahal aplikasi seperti inilah yang membuat hp baterai kita menjadi boros. Lagian tahukah kamu kalau kebanyakan hp sudah menyediakan aplikasi semacam ini yang sudah merupakan bawaan dari pabrik.

Baca juga: Cheat Moba Offline Android

Jadi sebenarnya kita itu tuh tidak perlu menggunakan aplikasi lain karena di hp kita sebenarnya fitur yang disediakan aplikasi lain tersebut sudah ada. Contohnya hp saya lenovo punya aplikasi penghemat baterai bernama Power Manager, kalau di xiaomi ada yang namanya aplikasi keamanan.

3. Pantau Aplikasi Yang Boros Baterai

cara menghemat baterai xiaomi

Sebelum kita memutuskan baterai hp kita itu boros karena apa ada baiknya kita memantau penggunaan baterai hp kita terlebih dahulu. Kalau di xiaomi bisa dilihat di aplikasi "keamanan" dan pilih yang "Konsumsi Baterai". Jika kita klik maka nanti aplikasi ini bakalan menampilkan aplikasi mana saja yang banyak menggunakan daya baterai kita.

download aplikasi penghemat baterai

Kita lihat aplikasi mana saja sih yang paling sering membuat boros hp kita, kalau yang ada disini itu aplikasi yang tidak kamu gunakan maka kamu tinggal matikan saja aplikasi tersebut. Nah berhubung saya itu memang menggunakan Chrome dan Youtube Vanced, Aplikasi lihat youtube tanpa iklan maka yaa tidak ada yang bisa saya lakukan selain tidak terlalu sering menggunakan kedua aplikasi tersebut.

4. Atur Tampilan Layar HP Kamu

Selanjutnya klik di bagian perangkat keras, nah disini ini juga sangat penting karena bakalan menunjukkan perangkat apa saja yang paling sering menggunakan daya baterai kamu. Nah berhubung yang muncul adalah layar maka solusinya adalah dengan menggunakan fitur auto brightness atau atur kecerahan layar kamu secara manual.

Yaitu semakin redup layar kamu maka semakin baik, terus hal lain yang perlu diperhatikan adalah jangan langsung mencerahkan layar kamu dari redup ke terang secara tiba-tiba. Lakukanlah secara perlahan dan sesuaikan kecerahan layar dengan kondisi sekitar.

5. Gunakan Wallpaper Gelap dan Jangan Gambar Bergerak

Jika layar hp kamu itu tipenya AMOLED/OLED maka agar baterai hp kamu menjadi awet kamu bisa menggunakan wallpaper yang gelap, seperti wallpaper warna hitam atau bagaimana karena hal ini pun juga mempengaruhi penggunaan baterai hp kamu. Apalagi hp sekarang itu memiliki layar yang lebar.

Baca juga: Cara Tethering Wifi ke Wifi Android

Selain menggunakan wallpaper gelap hal lain adalah jangan gunakan screen saver atau gambar hidup atau live wallpaper atau apalah namanya. Ada baiknya kamu jangan menggunakan aplikasi semacam ini, meski terlihat bagus tetapi kekurangannya adalah membuat baterai hp android kita smakin boros.

6. Matikan Aplikasi Startup

kode penghemat baterai tahan lama

Tahukah kamu kalau ada aplikasi yang aktif sendiri walaupun tidak kita buka? Nah itulah yang namanya aplikasi start up yaitu sebuah aplikasi yang bakalan terbuka otomatis meskipun kita tidak membukanya. Contoh aplikasi seperti ini adalah: Whatsapp, Instagram, Line, dan masih banyak lagi.

Kalau memang kamu itu jarang menggunakan aplikasi seperti messenger diatas, ada baiknya matikan saja aplikasi seperti ini karena jujur saja saya sendiri mematikan semua aplikasi start up selain skype dan telegram soalnya semakin sedikit aplikasi yang aktif saat setelah hp hidup maka semakin hemat pula baterai hp android saya.

Meskipun tidak semua aplikasi startup berjenis messenger, maka ada baiknya periksa aplikasi yang berjalan otomatis tanpa sepengetahuan kamu. Cara mematikannya bagaimana? Cari di pengaturan hp kamu, biasanya ada tetapi kalau tidak ada bisa menggunakan aplikasi dari luar. Cari saja di playstore seperti auto start up atau startup manager.

Kekurangan dari hal ini jika kita mematikan aplikasi seperti messenger maka kita tidak akan menerima pemberitahuan sebelum kita membuka aplikasi teresebut. Hal ini juga berlaku untuk Instagram dan facebook.

7. Matikan WIFI, Bluetooth dan Data Jika Tidak Digunakan

aplikasi hemat baterai android

Ada fitur yang sangat saya suka dari aplikasi hemat baterai di hp lenovo saya yaitu Power Manager, fitur tersebut adalah fitur smart settings, disini memungkinkan kita untuk mematikan Radio Sistem seperti Bluetooth, Wifi, Data, dan GPS jika tidak digunakan atau setiap kita mengunci ponsel kita. Carilah fitur semacam ini di ponsel android kamu, saya rasa beberapa ponsel sudah menyediakan fitur seperti ini.

Gunanya apa? Yaa supaya mematikan semua data, wifi, gps dan yang lain-lain kalau kita lupa.  Selain itu aplikasi ini bisa membuat mematikan aplikasi yang punya perizinan Wake Lock yaitu aplikasi yang mencegah hp kita tertidur, seperti aplikasi yang membuat layar kita tiba-tiba nyala sendiri dan tidak mau mati.

Baca juga: Cheat Helix Jump Skor Selalu Tinggi Terus

Yaa, walaupun saya sendiri tidak menggunakan fitur ini karena menurut saya sudah sangat cukup dengan mematikan aplikasi start up dan juga aplikasi bawaan yang selalu aktif karena jika saya menggunakan fitur ini maka kalau saya sedang download dan layar hp saya terkunci nanti downloadtan saya bakalan terputus.

8. Atur Waktu Mengunci Otomatis

Hal ini adalah sebuah fitur yang pasti ada di semua hp android yang memungkinkan untuk mengunci layar kita jika kita tidak sedang menggunakannya. Aturlah sesuai dengan keinginan kamu yang jelas jangan biarkan layar hp kamu selalu aktif terus.

Kalau mau yang lebih lagi kamu bisa mengaktifkan fitur mati-hidup otomatis yaitu fitur yang ada di hp android yang membuat hp android kita itu bakalan mati sendiri dan hidup sendiri secara otomatis sesuai dengan waktu yang telah kita tentukan.

9. Jika Sinyal 1 atau 2 Batang Hidupkan Mode Pesawat

Hal ini bisa kamu lakukan ketika kamu sedang di daerah pedalaman yang jarang banget yang namanya sinyal, kenapa? karena jika sinyal kita cuma 1 atau 2 bar maka hp kita bakalan terus mencari sinyal yang bagus secara otomatis terus menerus.

Nah, hal inilah yang membuat baterai kita cepet boros banget karena hp dipaksa mencari sinyal secara terus menerus. Solusinya? Yaa hidupkan mode pesawat, cuman yaa kekurangan cara ini adalah kita tidak bisa menerima panggilan atau menerima sms.

Saya pernah menggunakan cara ini ketika saya mau menghemat konsumsi baterai saya, apalagi ketika kalau sedang mati lampu. Cuma yaa gitu kita tidak bisa melakukan apapun selain main game offline. Gunakan cara ini jika kamu sedang tidak sibuk atau menanti balasan dia dan ketika kamu sedang berada di dalam kendaraan seperti mobil, kereta ataupun pesawat terbang.

10. Gunakan WIFI Jangan Paketan

Paketan atau mobile data itu lebih banyak mengkonsumsi penggunaan baterai daripada wifi, jadi jika kamu ingin menghemat baterai hp android kamu yaa gunakan wifi kalau ada.

11. Matikan WIFI dan GPS Scanning

Di dalam hp android wifi scan dan gps itu selalu aktif di latar belakang meskipun wifi dan gps kamu matikan tetapi google services selalu mengaktifkannya. Jadi matikan saja, caranya bisa pergi ke wifi lalu "Setelan Tambahan" terus matikan "Pemindaian selalu tersedia".

12. Tutup Aplikasi Yang Tidak Digunakan

cara baterai android awet

Padahal fitur ini selalu ada di semua hp android tetapi jarang sekali digunakan, padahal fungsinya selain menghemat ram dan juga menghemat baterai karena bakalan menutup aplikasi yang sedang aktif.

Baca juga: Cheat Resident Evil 2 Remake Android

Selalu bersihkan aplikasi yang sedang aktif jika kamu memang tidak sedang menggunakan hp kamu selema beberapa saat. Tetapi jangan terlalu sering juga buka tutup aplikasi yang kamu gunakan soalnya bisa bikin hardware hp android kamu jadi stress.

Terus jangan percaya kalau overcharging atau lupa mencabut cas saat baterai sudah penuh adalah sesuatu yang buruk karena baterai hp sekarang itu punya perlindungan semacam itu. Yaa, itu dia beberapa tips cara merawat baterai hp baru agar awet dan tahan lama, meskipun hal ini juga berlaku untuk menghemat betrai lama juga. Sekian dulu dan selamat mencoba!!