Mar 9, 2024

Cara Menghilangkan Notifikasi Google Chrome Updates Di Windows 8

Beginilah cara menghilangkan notifikasi tulisan To get future Google Chrome updates, you'll need Windows 10 or later di Windows 8.1. Notifikasi pesan tersebut muncul ketika kamu menggunakan sistem operasi windows di google chrome. Dimana pemberitahuan tersebut mengindikasikan kalau supaya kita bisa mendapatkan update aplikasi google chrome terbaru kita harus update windows ke win10.

Padahal kita sendiri sudah lama menggunakan OS windows 8 sejak lama. Nah, pasti mengganggu banget kan bila kita mendapati pesan tersebut saat setiap kali membuka google chrome? Bagaimana sih cara menghilangkan notifikasi To get future Google Chrome updates, you'll need Windows 10 or later ini? Gampang banget, ikuti saja tutorial di bawah ini.

Tutorial Mematikan Pesan Update Google Chrome

disable notifikasi chrome update

Tulisan notifikasi To get future Google Chrome updates, you'll need Windows 10 or later. This Computer is Using Windows 8.1 ini saya dapatkan beberapa waktu lalu dimana ketika setiap kali kita membuka browser google chrome tulisan itu selalu saja muncul di bagian atas dan itu sangat mengganggu sekali. Walaupun tulisan itu bisa dihilangkan dengan cara mengklik tombol x atau close.

Baca juga:

Hanya saja itu sangat bikin jengkel karena setiap buka chrome pasti selalu muncul tulisan tersebut. Notifikasi ini sendiri saya dapatkan karena menggunakan OS windows 8.1, saya tidak tahu apakah notif tersebut juga muncul di windows 8 atau windows 7. Mengingat saya yakin sebagian dari kita kemungkinan masih menggunakan os tersebut.

Sebenarnya cara paling aman supaya notif pesan tersebut tidak muncul adalah dengan melakukan upgrade sistem operasi kita menjadi windows 10 atau windows 11. Tetapi sayangnya tidak semua dari kita ingin melakukan update os karena selain ribet dan juga tidak merasa perlu. Maka dari itu kalau ada solusi lain untuk menghilangkan tulisan tersebut kenapa tidak?

Cara ini bisa dilakukan tanpa menggunakan atau download aplikasi apapun, mudah banget kok karena nanti kita hanya perlu menambah registry di komputer kita dengan cara memanfaatkan aplikasi yang memang sudah disediakan oleh pihak microsoft. Bagaimana? Yuk langsung saja kita melangkah ke tutorial tersebut.

Tutorial Mematikan Notifikasi Pesan To get future Google Chrome updates, you'll need Windows 10 or later

Berikut adalah cara menghilangkan pesan To get future Google Chrome updates, you'll need Windows 10 or later di google chrome.

  • Klik Tombol Windows dan R secara cepat
  • Ketik tulisan Regedit
  • Klik dua kali tulisan HKEY_CURRENT_USER
  • Lalu klik 2x folder Software
  • Selanjutnya klik dua kali folder Policies
  • Buat folder baru bernama Google di folder Policies
  • Buat folder baru bernama Chrome
  • Lalu klik folder Chrome
  • Tambahkan Registry dan buat Dword 32 Bit Value
  • Beri nama SuppressUnsupportedOSWarning
  • Set Value tersebut ke angka 1
  • Close Chrome dan coba buka lagi

Pesan akan hilang dan tidak akan muncul lagi setiap kali kita membuka aplikasi google chrome. Buat kamu yang cukup bingung dengan penjelasan tersebut, kalau begitu mari kita bahas lebih lanjut disertai dengan gambar.

Tata Cara Lengkap Hilangkan Pesan Future Google Chrome Updates

menghilangkan notifikasi google chrome future updates

Munculnya pesan tersebut hanya dialami oleh kamu yang menggunakan sistem operasi windows 10 ke bawah. Maknya pesan tersebut adalah kalau kita sudah tidak bisa mendapatkan update otomatis atau pembaharuan aplikasi google chrome terbaru karena kita menggunakan sistem operasi windows yang lama.

Dengan kata lain kita sudah tidak bisa melakukan update browser chrome yang sedang digunakan. Sebenarnya sih untuk penggunaan biasa tidak ada masalah meski tidak mendapatkan update, karena toh tidak semua hal harus selalu update ke aplikasi terbaru. Selama kita hanya menggunakan browser chrome tersebut untuk kegiatan browsing biasa. Nah, untuk menghilangkanhya sebenarnya mudah saja kok.

Buka Regedit

menghilangkan notifikasi To get future Google Chrome updates, you'll need Windows 10 or later

Pertama adalah dengan membuka regedit lebih dulu, caranya dengan mengklik tombol windows dan huruf r secara cepat bergantian r atau tahan tombol windows lalu tekan huruf R. Nanti akan muncul kotak kecil, terus ketik tulisan regedit dan klik OK atau enter. Kita juga bisa membuka regedit melalu kotak search dengan cara tahan tombol windows dan tekan huruf S. Lalu cari regedit disana.

To get future Google Chrome updates, you'll need Windows 10 or later

Kalau sudah nanti akan muncul jendela baru bernama Registry Editor, nah selanjutnya kita tinggal membuat registry baru. Yaitu untuk memaksa supaya google chrome tidak lagi memunculkan notifikasi mengganggu tersebut.

Buat Registry Baru

mematikan notifikasi update google chrome

Pertama kita perlu mencari sub folder berikut HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Google\Chrome, yang pertama harus dilakukan adalah dengan cara mengklik folder HKEY_LOCAL_MACHINE lalu klik SOFTWARE dan setelah itu cari dan klik folder Policies.

menghapus notifikasi update chrome windows 8.1

Saya rasa hampir semua pc pasti memiliki folder Policies, kalau memang tidak ada tinggal buat saja folder dengan nama yang sama. Cara membuatnya pun sebenarnya mudah banget, seperti membuat folder baru dengan menggunakan explorer. Kalau folder ini ada maka langkah selanjutnya adalah dengan membuat folder Google.

cara menghilangkan pemberitahuan chrome

Yaitu dengan cara klik dulu folder policies, setelah itu klik edit terus new dan selanjutnya pilih key. Lalu ganti namanya menjadi Google. Selanjutnya klik folder google yang baru saja dibuat dan ulangi lagi membuat folder baru tadi tetapi sekarang kita beri nama Chrome. Urutan foldernya harus seperti gambar diatas, karena kalau tidak nanti tidak bisa.

menghapus notifikasi chrome di windows

Setelah itu baru deh kita membuat Value, caranya adalah klik dulu folder Chrome. Maka langkah berikutnya adalah copy tulisan berikut SuppressUnsupportedOSWarning yang berwarna merah. Selanjutnya klik Edit lalu New tapi sekarang pilih DWORD (32-bit) Value. Lalu akan muncul value baru dengan nama New Value #1

Ganti nama tersebut menjadi SuppressUnsupportedOSWarning, lalu klik ok atau enter. Berikutnya klik dua kali value tersebut nanti akan muncul pilihan edit dword dan ganti angka 0 di value data menjadi 1. Seperti pada gambar diatas dan klik OK.

notifikasi future google chrome updates

Kalau sudah buka google chrome dan ketikkan tulisan ini di address bar atau kolom pencarian chrome://policy dan kalau kamu melihat gambar seperti diatas yaitu di bagian Chrome Policies jadi true maka langkah tutorial ini sudah sukses. Silahkan tutup browser chrome tersebut dan coba buka lagi pasti pesan minta update sudah hilang. Mudah banget kan?

Kekurangan Cara Ini

managed by your organization

Sebenarnya tidak ada kekurangan atau saya belum menemukan kekurangannya karena pemakaian browser chrome normal seperti biasa kok. Tetapi sebagai catatan nanti akan muncul tambahan menu saat kamu klik ikon titik tiga di bagian kanan yang bertuliskan "Managed by your organization". Kalau kamu melakukan rename pada folder chrome di bagian subfolder Policies pilihan tersebut bakalan hilang.

Secara keseluruhan menu Managed by your organization tersebut tidak mengganggu pemakaian, cuma agak aneh aja ketika kamu klik pengaturan muncul menu tersebut buat yang tidak biasa. Itu saja sih tulisan tentang notif mengganggu tentang update di google chrome, yaa semoga tulisan ini bisa membantu kamu.