Apr 23, 2023

Daftar Urutan Dragon Ball Yang Paling Benar

Pengen tahu urutan anime dragon ball yang benar itu bagaimana? Kalau begitu yuk simak penjelasan saya berikut ini. Karena saya sudah nonton semua seri dari film ini, mulai dari yang pertama sampai yang paling terbaru. Dragon ball itu merupakan sebuah anime yang dirilis di tahun 1986 yang menceritakan tentang seorang bocah bernama Goku menemani Bulma dalam mencari Bola Naga.

Sebuah bola yang berjumlah 7 buah tersebar di seluruh dunia, jika berhasil menemukannya. Konon harapan apapun itu pasti bisa dikabulkan oleh bola naga tersebut. Itulah premis awal dari cerita dragon ball, anime ini termasuk paling populer banget lhoo. Bukan hanya terkenal di negara kita doang melainkan di barat pun juga sama. Bahkan versi manganya saja sudah terjual lebih dari 300 juta eksemplar di seluruh dunia.

Judul Anime Dragon Ball

urutan dragon ball

Ceritanya sih cukup asik, selain berburu bola naga dragon ball juga lebih fokus ke dalam adegan aksi. Disini kita bisa menemukan berbagai macam pertarungan keren dari setiap karakter. Terutama si Goku yang menjadi fokus utama di dalam setiap anime yang ada. Bagi yang pertama kali nonton anime dragon ball pasti bingung banget kan? Soalnya anime ini memiliki banyak seri film.

Baca juga:

Oleh karena itu tulisan ini akan menjelaskan tentang urutan seri dragon ball. Sekaligus di setiap urutan film dragon ball yang ada saya akan menjelaskan beberapa hal yang harus diketahui dari masing-masing urutannya. Serta saya pun juga tidak akan lupa untuk memberikan saran bagaimana nonton film dragon ball yang benar. Kalau begitu berikut ini adalah urutan anime dragon ball tersebut.

Daftar Urutan Dragon Ball

Inilah daftar urutan anime dragon ball yang benar.

  • Dragon Ball
  • Dragon Ball Z
  • Dragon Ball Z Kai (Opsional)
  • Dragon Ball Super
  • Dragon Ball Super Movie Broly
  • Dragon Ball GT
  • Dragon Ball GT: Gokuu Gaiden!

Secara jalan cerita urutan film dragon ball itu seperti diatas. Nanti akan saya jelaskan lebih rinci lagi dari setiap masing-masing judul tersebut. Supaya kamu paham tentang beberapa hal penting yang harus kamu ketahui. Namun saran saya daripada mengikuti jalan cerita berdasarkan rangkaian diatas mending kamu ikuti cara nonton film dragon ball sesuai dengan daftar berikut.

Saran Nonton Urutan Seri Dragon Ball

Berikut ini adalah cara nonton urutan seri dragon ball berdasarkan saran saya

  • Dragon Ball
  • Dragon Ball Z
  • Dragon Ball Z Kai (Opsional)
  • Dragon Ball GT
  • Dragon Ball GT: Gokuu Gaiden!
  • Dragon Ball Super
  • Dragon Ball Super Movie Broly

Akan saya jelaskan kenapa saya menyarankan urutan nonton filmnya diatas pada tulisan dibawah ini. Karena menurut saya mending kamu ikuti cara nonton tersebut daripada mengikuti seri urutan berdasarkan ceritanya. Kenapa? Karena ini nanti akan membuat kamu jauh lebih enak dan nyaman ketika melihat filmnya sampai habis. Apakah harus nonton semua seri diatas? Tidak juga sih, menurut saya malah kamu bisa melakukan skip di versi Dragon Ball GT.

Dragon Ball

urutan anime dragon ball yang benar

  • Nama Lain: Dragonball, DB atau ドラゴンボール
  • Jumlah Episode: 153
  • Type: TV

Baiklah mari kita mulai penjelasan dari urutan anime dragon ball yang benar diatas. Pertama-tama seri dragon ball yang wajib banget kamu tonton adalah seri pertama bernama "Dragon Ball" doang. Cerita di film ini fokus tentang dunia yang ada di dragon ball tersebut. Yaitu tentang masa kecil si Goku beserta bagaimana dia bisa bertemu dengan Bulma.

Baca juga:

Dengan nonton film ini kamu bakalan paham asal usul dari bola naga itu dari mana. Serta beberapa hal lainnya seperti pertemuan dengan si Yamcha, Krilin sampai kakek roshi. Berhubung anime ini rilis di tahun 80an jadi jangan heran kalau gambarnya jelek banget bila dibandingkan dengan kualitas anime sekarang. Setidaknya kualitas animasi dari film dragon ball ini masih layak banget kok untuk di tonton.

Apakah nonton seri dragon ball kecil ini wajib? Menurut saya sih tidak juga, namun supaya paham alur ceritanya yaa harus dilihat dong sampai habis. Karena urutan dragon ball yang paling sesuai itu dimulai dari sini. Setelah selesai nonton baru deh kamu bisa lanjut ke seri berikutnya bernama dragon ball z.

Dragon Ball Z

urutan film dragon ball yang benar

  • Nama Lain: DBZ, Dragonball Z atau ドラゴンボールZ
  • Jumlah Episode: 291
  • Type: TV

Urutan berikutnya dari anime dragon ball ialah kamu harus nonton seri dragon ball z. Karena memang ini adalah sekuel langsung dari cerita sebelumnya. Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa sih kok namanya itu pakai kata Z kok bukan yang lain? Berdasarkan interview dari Toriyama Akira alasan menggunakan nama Z ialah karena kata Z adalah huruf abjad paling terakhir.

Dan sang mangaka ingin membuat seri dragon ball z ini menjadi film terakhir. Karena semua cerita yang ada pada manga dragon ball itu sudah teradaptasi dengan baik ke dalam anime dragon ball z berikut. Jadi urutan dragon ball yang benar setelah nonton versi goku si kecil adalah seri dragon ball z ini. Disini ceritanya menurut saya jauh lebih seru dan lebih banyak adegan pertarungan yang ada.

Selain itu di dalam dragon ball z ini pulalah kita mendapatkan informasi tentang asal usul goku itu darimana. Musuh terakhir dari anime ini adalah si Majin Buu. Makhluk merah muda yang sangat susah sekali dikalahkan. Total episode dari film ini ada banyak sih yaitu ada 291 eps dan menurut saya layak banget bahkan kalau sudah terbawa suasana. Maka episode sebanyak itu terasa kurang sekali. Download disini: Dragon Ball Z Sub Indo

Dragon Ball Z Kai (Opsional)

  • Nama Lain: Dragonball Kai, DBK, DB Kai, DBZ Kai atau ドラゴンボール改
  • Jumlah Episode: 97
  • Type: TV

Setelah selesai nonton urutan film dragon ball diatas, selanjutnya kamu bisa memilih antara ingin nonton versi dragon ball z kai atau tidak. Kenapa? Karena versi KAI ini adalah cuma versi remaster dari anime dragon ball z yang asli. Ceritanya sudah diatur sedemikian rupa dan diperbaiki seperti dihilangkannya beberapa filler yang ada pada seri aslinya.

Baca juga:

Sehingga ceritanya akan fokus pada versi manganya, selain itu untuk kualitas animasinya sih agak jauh lebih bagus sedikit meski saya sendiri belum nonton secara langsung. Lagian secara keseluruhan dragon ball z kai ini ceritanya sama dengan dragon ball z yang asli. Selain itu kisah utama juga tidak terlalu di panjangkan, jadi terserah kamu mau mengikuti urutan yang mana.

Apakah bisa melakukan skip versi dbz dan menggantinya dengan dbz kai atau melihat keduanya. Menurut saya sih mending nonton dulu versi dbz sampai habis baru deh dilanjutkan melihat versi kai. Dan kalau kamu berniat nonton versi kai akan saya jelaskan lagi urutannya setelah seri ini selesai.

  • Dragon Ball Kai: Mirai ni Heiwa wo! Goku no Tamashii yo Eien ni
  • Dragon Ball Kai (2014)

Setelah selesai nonton 97 eps yang ada di versi Kai maka selanjutnya kamu bisa melihat versi sekuel seperti diatas. Nanti yang terakhir adalah versi dragon ball kai 2014 dimana ceritanya itu fokus terhadap arc Majin Buu. Dimana ceritanya itu lebih mirip dengan versi yang ada di manga.

Dragon Ball Super

urutan film dragon ball

  • Nama Lain: Dragon Ball Chou, DB Super, DBS atau ドラゴンボール超(スーパー)
  • Jumlah Episode: 131
  • Type: TV

Setelah selesai menyaksikan film versi z maka urutan film dragon ball yang benar selanjutnya ialah versi dragon ball super. Seri satu ini itu termasuk ke dalam interquel dari dragon ball z. Apa itu interquel? Interquel adalah yang ceritanya di antara sebuah seri. Jadi bukan termasuk prekuel ataupun sekuel, melainkan di antara seri tersebut. Yakni, jalan cerita dari DBS ini adalah ceritanya setelah berhasil mengalahkan majin buu dan sebelum turnamen melawan Uub.

Makanya film ini pas banget ketika dilihat setelah selesai menonton semua episode DBZ baik itu melalui streaming atau download versi batch disini misalnya: download Dragon Ball Super Sub Indo. Secara kualitas animasi tentunya versi super ini jauh lebih bagus dari sebelumnya karena rilis di tahun 2015. Ceritanya sendiri dibuat oleh sang pengarang asli tidak seperti di dragon ball gt dimana sang mangaka tidak ikut andil dalam pembuatan cerita.

Adegan aksi di urutan film satu ini ada banyak banget. Karena si Goku bakalan melawan musuh kuat dari galaksi lain. Tetapi sebelum itu si Goku sudah di power up sedemikian rupa sehingga dia jadi kuat banget. Di seri anime inilah si goku bakalan mendapatkan kekuatan lain bernama ultra insting.

Dragon Ball Super Movie Broly

urutan seri dragon ball

  • Nama Lain: Dragon Ball Super: Broly atau ドラゴンボール超(スーパー) ブロリー
  • Jumlah Episode: 1
  • Type: Movie

Kalau sudah selesai nonton ke semua episode dbs yang ada. Maka selanjutnya kamu bisa nonton versi the movie dari dragon ball super yang bernama Broly. Itupun kalau kamu ingin nonton dragon ball dengan urutan yang benar. Cerita di the movie kali ini adalah tentang bangsa saiya lain yang selamat dari hancurnya planet vegeta. Dia itu bernama broly yang memiliki kekuatan sangat hebat.

Baca juga:

Nanti si Goku di the movie ini bakalan melawan si Broly tersebut. Apakah dia bisa menang? Yaa lihat saja sendiri filmnya sampai habis. Yang jelas film satu ini memiliki banyak adegan aksi keren, kualitas animasinya pun juga sangat bagus banget. Malah menurut saya adegan yang ada disini itu mirip banget dengan cutscene di dalam sebuah game.

Dragon Ball GT

urutan cerita dragon ball

  • Nama Lain: Dragonball GT, DBGT atau ドラゴンボールGT
  • Jumlah Episode: 64
  • Type: TV

Tahukah kamu? Sebenarnya saya ingin menempatkan dragon ball gt ini di urutan setelah dragon ball z dan sebelum dragon ball super. Karena menurut saya cara nonton urutan dragon ball yang baik itu adalah dengan melihat versi GT lebih dulu sebelum nonton versi super. Kenapa? Pertama adalah masalah kualitas animasi dan kedua adalah ceritanya yang bisa dibilang jelek banget.

Meski secara cerita versi GT ini adalah sekuel langsung dari DBZ tetapi untuk jalan ceritanya itu kurang bagus menurut saya. Soalnya sang pembuat manga tidak ikut berperan dalam pembuatan cerita di dalam dragon ball gt. Si mangaka sendiri cuma ikut andil di dalam pembuatan desain dan beberapa ide cerita doang. Sehingga jangan kaget kalau kualitas kisahnya di film ini terkesan beda banget.

Baca juga:

  • Urutan Anime Fate

Jadi kalau diteruskan dengan nonton versi super rasanya cerita di dragon ball gt ini tidak sesuai urutan dan berbeda sekali. Oleh karena itulah kenapa di awal saya mencantumkan dragon ball gt ini harus dilihat setelah nonton versi Z. Soalnya itu adalah urutan dragon ball yang menurut saya bagus dan pas banget. Meski yang kita ketahui kalau karakter di versi super itu di dalam versi GT ini sudah pada besar semua.

Sebenarnya cerita dragon ball ini sudah selesai di versi Z namun pihak studio ingin membuat versi sekuelnya. Makanya dibuatlah versi GT, meski Dragon Ball GT itu termasuk sekuel namun tanggal rilis dari anime ini jauh banget dibandingkan versi dragon ball super. Karena DBGT ini rilis di tahun 1996 dan terus kisahnya berlanjut pada episode spesial bernama Gaokuu Gaiden.

Dragon Ball GT: Gokuu Gaiden!

urutan judul film dragon ball

  • Nama Lain: Dragon Ball GT: 100 Years After - TV Special, Dragon Ball GT: A Hero's Legacy atau ドラゴンボールGT 悟空外伝! 勇気の証しは四星球(スーシンチュウ)
  • Jumlah Episode: 1
  • Type: Spesial

Versi spesial ini merupakan urutan dragon ball terakhir dan kisahnya menjadi penutup dari seri dragon ball. Hanya saja berhubung manga versi super masih berlanjut kita anggap saja cerita dragon ball itu belum selesai. Di versi spesial ini kisahnya fokus kepada anak si gohan si Pan yang sudah punya anak. Dimana anak Pan tersebut mirip banget dengan Goku tetapi tidak punya keberanian layaknya goku.

Download juga:

Fokus utama dari eps spesial ini adalah seperti itu dan eps ini menjadi penutup dari petualangan si goku yang sudah menjadi kakek buyut. Kamu tahu tidak sih, kalau kedua seri GT itu memiliki rating yang jelek banget? Banyak fans yang tidak terlalu suka dengan jalan ceritanya. Sehingga kalau ingin nonton film dragon ball maka ada baiknya kamu letakkan seri gt ini di urutan setelah nonton versi Z.

Setelah itu baru deh kamu lanjutkan dengan nonton dragon ball super. Karena menurut saya itu adalah urutan dragon ball yang jauh lebih pas. Namun hal ini tentu saja akan bergantung kepada kamu, apakah ingin mengikuti cara nonton sesuai urutan yang saya berikan atau sesuai dengan jalan cerita yang ada. Semoga dengan adanya tulisan ini kamu sedikit terbantu sebelum memutuskan untuk nonton anime dragon ball sampai habis.