Feb 20, 2024

Daftar Urutan Monogatari Series Terlengkap

Nonton anime dengan banyak judul atau seri pasti bakalan bikin bingung. Yaitu tentang cara nonton animenya dengan urutan yang benar. Apalagi kalau kita baru kenal dengan anime tersebut. Contoh anime yang punya banyak seri adalah Fate dan Monogatari, disini saya hanya akan menjelaskan mengenai urutan monogatari series secara lengkap. Mengingat urutan anime fate sendiri sudah pernah saya bahas dengan sangat mendetail di tulisan kapan hari.

Monogatari series tergolong anime yang cukup terkenal dan memiliki banyak penggemar di luar sana. Walau di indonesia sendiri setahu saya anime ini jarang sekali diminati. Mengingat ceritanya yang penuh dengan narasi dan teks yang bisa bikin kita bosan saat nonton. Padahal kata sebagian orang, hal tersebutlah yang menjadi keunggulan dari anime monogatari series ini.

Urutan Anime Monogatari

urutan monogatari series

Saya sendiri saat nonton monogatari series ini dulu masih kurang paham, sebenarnya ceritanya tentang apa sih? Selain membahas lingkup kejadian supernatural yang terkesan aneh. Apalagi anime monogatari ini tidak punya banyak karakter yang diperlihatkan. Seperti karakter sampingan kayak murid lain atau orang lain yang kurang penting di dalam anime ini itu tidak ada.

Baca juga:

Jadi waktu nonton monogatari series secara berurutan pun saya masih tetap bingung dan animenya terasa sepi. Yah, mungkin saja anime monogatari series ini tidak cocok dengan selera saya. Oleh karena itu mending saya jelaskan saja tentang urutan nonton monogatari series yang benar dan baik supaya ceritanya bisa dengan mudah dipahami oleh kita semua.

Monogatari series sendiri merupakan anime yang di adaptasi dari sebuah novel karya Nisio Isin. Ceritanya berkutat pada seorang karakter bernama Koyomi Araragi yang menjadi sesosok vampir setelah menolong seorang cewek. Kalau boleh saya bilang anime monogatari series ini terasa seperti anime harem. Mengingat hampir semua karakter yang ada disini itu kebanyakan cewek.

Yaa, walaupun tidak semua cewek tersebut jatuh hati pada si karakter utama. Ada sih karakter cowok, hanya saja karakter tersebut tidak termasuk ke dalam karakter utama. Saya dulu tertarik dengan film monogatari series ini bukan karena ceritanya melainkan karena penasaran, kenapa sih anime ini kok punya rating yang bagus banget pada semua serinya.

Lihat saja nilai yang di dapat pada masing-masing judul film monogatari, nilainya itu rata-rata 8 di MAL. Hal seperi ini menunjukkan kalau secara cerita dan animasi, monogatari sudah tergolong bagus. Itulah awal mula saya kenalan dengan anime ini.

Baca juga:

Akhirnya setelah download, sebelum saya nonton filmnya saya putuskan untuk melakukan riset tentang bagaimana cara nonton urutan monogatari series yang benar. Kamu tahu sendiri kan? Kalau anime ini memiliki banyak sekali judul. Saya sendiri dulu lupa memakai urutan nonton yang mana, mengingat monogatari series sendiri cara nontonnya dibagi menjadi dua yaitu:

  • Urutan Menurut Tanggal Rilis
  • Urutan Menurut Kronologis

Akan saya jelaskan sedikit pada masing-masing dari rangkaian tersebut. Namun, sebelum itu akan saya kasih tahu terlebih dahulu mengenai urutan judul film anime monogatari series mana yang paling bagus banget untuk kamu ikuti.

Daftar Urutan Monogatari Series

Berikut ini adalah daftar cara nonton urutan monogatari series yang direkomendasikan.

  • Bakemonogatari (2009)
  • Nisemonogatari (2012)
  • Nekomonogatari Black (2012)
  • Monogatari Series Season 2 (2013)
  • Hanamonogatari (2014)
  • Tsukimonogatari (2014)
  • Owarimonogatari (2015)
  • Koyomimonogatari (2016)
  • Kizumonogatari Part 1: Tekketsu (2016)
  • Kizumonogatari Part 2: Nekketsu (2016)
  • Kizumonogatari Part 3: Reiketsu (2017)
  • Owarimonogatari (Part 2) (2017)
  • Zoku Owarimonogatari (2018)

Itulah cara nonton monogatari series yang paling bagus untuk di ikuti, terutama bagi yang pertama kali nonton animenya. Urutan diatas ini berdasarkan tanggal rilis dari animenya, untuk lebih lengkapnya akan saya bahas dibawah.

Urutan Menurut Tanggal Rilis

Cara nonton urutan monogatari series yang terbaik adalah dengan cara melihatnya berdasarkan tanggal rilis. Karena ceritanya itu di dalam masing-masing season dibuat sedemikian rupa supaya bisa meninggalkan kesan. Kalau kamu nonton anime monogatari berdasarkan urutan diatas. Kemungkinan besar kamu bakalan memiliki banyak pertanyaan waktu nonton di masing-masing season.

Hanya saja pertanyaan tersebut bakalan terjawab di season berikutnya. Sehingga kita akan bisa menikmati segala misteri yang ada pada anime monogatari series berikut ini. Tidak seperti di urutan sao yang setiap season memiliki urutan yang jelas. Di dalam anime monogatari ini terdapat rangkaian cara nonton yang lain, yaitu berdasarkan cerita secara kronologi yang ada.

Urutan Menurut Kronologis

Untuk urutan monogatari series yang satu ini itu berdasarkan urutan kronologis yang dibuat oleh sang pengarang secara langsung. Berikut ini adalah daftar judul dari animenya.

  • Bakemonogatari (2006)
  • Kizumonogatari (2008)
  • Nisemonogatari (2008-2009)
  • Nekomonogatari Black (2010)
  • Hanamonogatari (2011)
  • Tsukimonogatari (2012)
  • Koyomimonogatari (2013)
  • Owarimonogatari (2013-2014)
  • Zoku Owarimonogatari (2014)

Menurut saya runtunan yang diatas ini sangat bagus di ikuti buat kamu yang sudah nonton anime seri monogatari sebelumnya. Atau dengan kata lain urutan kronologis tersebut ada baiknya dilihat kalau kamu ingin rewatch anime ini lagi. Karena dengan daftar kronologis tersebut kamu bisa benar-benar paham mengenai jalan cerita yang ada di dalam seri ini. Film ini bagus karena gaya penceritaannya dan cara nonton yang tepat adalah melihatnya berdasarkan tanggal rilis dari anime itu sendiri.

Baca juga:

Itu adalah urutan monogatari series yang paling benar, karena anime ini sendiri dipenuhi dengan teka teki dan bagus dilihat dengan cara yang acak. Sehingga nanti setiap kali kita nonton versi season terbaru kita bakalan mendapatkan tambahan informasi sebelumnya yang tidak kita ketahui. Sebagian orang mungkin bakalan bingung dengan ceritanya mengingat anime monogatari series ini lebih banyak dialognya.

Jadi nonton anime monogatari series ini sangat direkomendasikan buat mereka yang ingin mencari anime dengan cerita yang bagus. Terlepas dari daftar diatas sebenarnya hal ini terserah kita sih ingin nonton anime monogatari nni berdasarkan kronologis atau waktu rilis animenya, saya harap artikel ini bisa sedikit membantu kamu yang sedang bingung dengan cara nonton monogatari series ini.

Silahkan dipilih mana urutan yang menurut kamu paling bagus dan segera tonton atau download semua episode monogatari series yang ada. Daftar diatas ini kemungkinan bakalan bertambah apalagi cerita monogatari ini masih belum di adaptasi semuanya ke dalam anime. Sehingga kemungkinan besar urutan yang ada diatas ini bakalan bertambah.