Jun 17, 2023

Daftar Lengkap Urutan Nonton Tokyo Ghoul Anime

Pengen nonton anime tokyo ghoul tetapi tidak tahu bagaimana urutan yang benar? Yuk simak saja tulisan saya berikut ini. Karena disini akan saya jelaskan mengenai urutan tokyo ghoul secara lengkap. Sehingga waktu nonton anime ini kamu jadi paham keseluruhan cerita yang ada. Jujur saja sih film tokyo ghoul ini sendiri urutannya itu tidak terlalu ribet sepertu urutan monogatari series.

Malahan urutan tokyo ghoul ini lebih mirip dengan urutan sao yang sangat mudah di pahami. Karena animenya sendiri bisa di tonton berdasarkan tanggal rilis. Beda dengan series monogatari yang ada dua cara nontonnya yaitu menurut tanggal rilis dan menurut urutan secara kronologi. Di tulisan ini nanti juga akan saya jelaskan inti cerita dari masing-masing urutan anime tokyo ghoul tersebut.

Anime Tokyo Ghoul

urutan tokyo ghoul

Selain itu jumlah judul di anime TG ini tidak terlalu banyak seperti anime fate. Dimana saya saja sampai bingung menyampaikan tulisan tentang urutan anime fate yang baik dan benar yang pernah menjadi pembahasan saya sebelumnya. Hal yang perlu kamu ketahui tentang urutan nonton tokyo ghoul ini adalah, walau kamu sudah melihat semua versi anime yang ada. Saran saya kamu harus masih tetap membaca versi manganya.

Baca juga:

Kenapa bisa begitu? Karena anime tokyo ghoul ini ceritanya sangat dibuat secara terburu-buru sehingga banyak detail yang hilang. Makanya supaya paham dengan benar mengenai cerita utama di dalam urutan anime tokyo ghoul ini kamu harus baca versi manga mulai dari awal. Soalnya hal ini sangat direkomendasikan banget mengingat adaptasi dari anime TG ini termasuk yang paling parah.

Masa sih rating yang di dapat oleh anime dan manganya itu beda jauh banget? Yang jelas hal seperti ini merupakan kesalahan dari pihak studio yang mengadaptasinya yaitu studio Pierrot yang telah menghancurkan anime tokyo ghoul. Di setiap season anime ini sama sekali tidak perubahan. Percaya deh coba saja kamu tonton sendiri setelah paham tentang urutan tokyo ghoul berikut ini.

Urutan Tokyo Ghoul

Inilah cara nonton urutan anime tokyo ghoul yang benar.

  • Tokyo Ghoul (Season 1)
  • Tokyo Ghoul: "Jack"
  • Tokyo Ghoul: "Pinto"
  • Tokyo Ghoul √A (Season 2)
  • Tokyo Ghoul:re (Season 3)
  • Tokyo Ghoul:re Part 2

Akan saya jelaskan judul anime diatas secara berurutan supaya kamu paham alur ceritanya itu bagaimana.

Tokyo Ghoul

Urutan tokyo ghoul pertama yang harus kamu tonton adalah versi season 1, yang merupakan awal mula kisah dari tg di mulai. Yaitu tentang si kaneki yang berubah menjadi ghoul, buat yang belum nonton silahkan download melalui link yang pernah saya bagikan berikut: Tokyo Ghoul Sub Indo. Season pertama ini memiliki episode yang berjumlah 12 dimana kisahnya fokus kepada si kaneki yang sekarang hidup di dunia ghoul.

Tokyo Ghoul: "Jack"

Urutan anime tokyo ghoul selanjutnya adalah kamu harus nonton versi Tokyo Ghoul Jack yang merupakan seri Ova yang termasuk ke dalam spin off. Sebenarnya nonton versi TG jack atau tidak menurut saya sih tidak masalah. Karena di versi OVA satu ini ceritanya itu tentang masa lalu si Arima. Yaitu bagaimana dia bisa menjadi anggota CCG yang memiliki julukan bernama "Reaper"

Tokyo Ghoul: "Pinto"

Setelah selesai nonton Jack, selanjutnya kamu bisa nonton Tokyo Ghoul Pinto yang statusnya pun juga sama. Yaitu opsional sehingga entah itu kamu nonton atau tidak sih tidak masalah juga. Soalnya walau kamu melakukan skip versi ova bernama Pinto ini kamu masih bisa paham kok tentang cerita tokyo ghoul yang ada. Soalnya di dalam OVA ini kisahnya adalah tentang Tsukiyama Shuu yang bertemu dengan Hori.

Secara cerita sih tidak ada yang unik namun alangkah baiknya sebelum lanjut nonton versi season 2. Kamu harus mengikuti urutan nonton tokyo ghoul yang saya sebutkan ini. Jadi kedua ova ini termasuk ke dalam kategori opsional, yaitu bisa di tonton dan juga bisa tidak. Untuk cara nonton kedua ova ini adalah setelah kamu selesai nonton tokyo ghoul season 1.

Tokyo Ghoul √A

Kalau sudah selesai nonton ova diatas maka urutan tokyo ghoul berikutnya adalah seri season 2 atau yang bisa juga disebut dengan Tokyo Ghoul Root A. Secara cerita sih bagi yang sudah baca versi manga mungkin sedikit kecewa karena di Root A ini kisah yang ada itu beda banget. Sehingga sebagian dari kita mungkin sedikit bingung waktu nonton anime satu ini.

Download juga:

  • Kanojo Okarishimasu Sub Indo

Meski Tokyo Ghoul season 2 ini langsung melanjutkan kejadian apa yang ada di season 1. Kisah utama dari TG s2 ini adalah tentang si kaneki yang sudah menerima kenyataan kalau dirinya itu adalah seorang Ghoul. Selain itu di Root A ini kita bakalan bisa melihat bagaimana usaha kaneki dalam melindungi warkop Anteiku. Maka dari itulah kenapa saya bilang untuk baca versi manga meski kamu sudah mengikuti saran urutan nonton tokyo ghoul dengan baik.

Tokyo Ghoul:re (Season 3)

Kalau sudah melihat versi season 2 maka selanjutnya kamu bisa nonton Tokyo Ghoul Re yang bisa dibilang sebagai toko ghoul season 3. Anime tokyo ghoul sendiri sebenarnya sudah tamat di versi Root A karena di versi manga memang seperti itu. Soalnya manga TG ini dibagi menjadi 2 bagian, yaitu dimana kaneki hidup sebagai Ghoul dan kedua adalah dimana si kaneki hidup sebagai CCG.

Namun secara cerita tentang saja masih nyambung kok. Jadi kalau ingin nonton urutan tokyo ghoul yang benar, setelah selesai melihat versi Root A maka selanjutnya kamu bisa nonton versi Tokyo Ghoul Re. Hanya saja di versi season 3 dari tg ini, secara cerita puarah banget. Animasinya yang jelek dan ceritanya yang terlalu terburu-buru membuat seri TG ini menjadi hancur.

Jadi buat fans berat anime tokyo ghoul harus siap untuk kecewa. Kalau tidak percaya lihat saja rating dari anime ini yang sangat jauh sekali dan nilainya itu hampir sama dengan anime seperti isekai wa smartphone sub indo atau anime isekai ampas yang lain. Yah, mau bagaimana lagi sih daripada tidak mendapatkan adaptasi sama sekali. Berikutnya urutan nonton tokyo ghoul yang benar adalah sebagai berikut.

Tokyo Ghoul:re Part 2

Yaitu kamu harus nonton Tokyo Ghoul:re season 2 atau bisa juga dibilang sebagai tokyo ghoul season 4 meski secara keseluruhan versi re part 2 ini masih termasuk ke dalam 1 cerita. Karena Re season 2 ini ceritanya langsung melanjutkan dari seri sebelumnya. Saya sendiri agak lupa sih bagaimana mengingat betapa jeleknya kualitas cerita dan anime ini.

Yang jelas urutan tokyo ghoul ini adalah seperti itu. Inti utama dari re part 2 ini adalah tentang bagaimana bertemu dengan para anggota yang ada di season tg sebelumnya yaitu di season 1 dan season 2. Di season terakhir inilah kita bakalan melihat siapa itu musuh yang sebenarnya di dalam anime tokyo ghoul selama ini. Sekaligus season ini menjadi season penutup dar petualangan si kaneki.

Yap, itulah penjelsan saya mengenai urutan nonton tokyo ghoul ini. Mudah banget kan? Mengingat urutan anime tokyo ghoul ini tidak memiliki judul yang banyak sehingga tinggal di lihat saja berdasarkan tanggal rilis animenya. Selain itu saya pun juga sudah menyebutkan semua judul anime yang dimiliki oleh TG. Soalnya anime ini selain seri utama cuma mendapatkan 2 ova saja.

Lalu kalau sudah nonton urutan tokyo ghoul diatas, berikutnya kamu bisa nonton versi live action dari anime ini. Yah, meski ceritanya kurang lebih sama dengan di tg season awal. Setidaknya kita bisa melhat bagaimana si kaneki kalau berwujud manusia. Untuk versi LA sendiri saya masih belum melihatnya jadi tidak bisa bicara banyak. Kalau begitu sekian dulu dan semoga membantu.