Feb 28, 2024

Panduan Nonton Urutan Sword Art Online Terlengkap

Bagi kamu yang ingin sekali nonton anime sword art online, alangkah baiknya membaca tulisan saya berikut. Kenapa karena disini saya akan menjelaskan cara nonton urutan sao yang benar dan lengkap. Tahu sendiri kan kalau anime sword art online ini punya banyak judul. Pasti bingung dong buat yang baru pertama kali mengenal anime berikut. Oleh karena itu tulisan ini akan membantu kamu memecahkan masalah tersebut.

Supaya ketika kamu nonton anime sao berikut sesuai dengan urutan cerita yang ada pada versi ligght novel atau material aslinya. Sehingga kamu tidak akan ketinggalan satupun jalan cerita yang ada pada film ini. Pada urutan sword art online berikut nanti saya akan menjelaskan masing-masing episode yang wajib untuk kamu lihat. Serta memberi tahu sedikit episode tersebut itu tentang apa saja sih?

Seri Anime SAO

urutan sao

Nantinya saya usahakan penjelasan saya tersebut jauh sekali dari spoiler. Walau menurut saya cukup sulit sih untuk melakukan hal tersebut. Oleh karena itu setelah kamu tahu daftar urutan seri sword art online tersebut ada baiknya skip saja penjelasan saya. Supaya kamu tidak kena spoiler sedikit, tetapi buat yang ingin tahu inti ceritanya yaa silahkan saja dilanjutkan membaca juga tidak masalah kok.

Baca juga:

Daftar Urutan SAO Yang Tepat

Secara garis besar urutan anime sao itu seperti ini.

  • Sword Art Online I (Season 1)
  • Sword Art Online: Progressive (Opsional)
  • Sword Art Online: Extra Edition (Opsional)
  • Sword Art Online II (Season 2)
  • Sword Art Online Alternative: Gun Gale Online (Opsional)
  • Sword Art Online Ordinal Scale
  • Sword Art Online: Alicization
  • Sword Art Online Alicization War of Underworld
  • Sword Art Online Alicization War of Underworld Part 2
  • Sword Art Online: Unital Ring

Pada daftar judul series sao diatas saya tidak memasukkan beberapa judul anime yang kurang penting seperti sao fatal bullet, sao debriefing, atau sword art offline dan judul lainnya yang cuma rangkuman dari seri tv series yang ada. Namun kalau kamu orang yang perfeksionis bisa saja kok nonton semua episode tersebut walau nanti isinya bakalan sama banget dengan versi tv anime.

Sehingga sama saja kok, judul tersebut bisa banget untuk di skip dan tidak di tonton. Nanti akan saya jelaskan rangkaian anime sao diatas supaya kamu sedikit paham apa sih isi cerita yang ada pada filmnya. Serta pada deretan judul film sao yang saya buat ada yang saya kasih tulisan opsional. Ini artinya judul film tersebut bisa kamu lihat dan juga bisa tidak.

Terserah sih apakah kamu ingin menyaksikannya sampai habis atau langsung skip. Kalau begitu langsung saja yuk kita bahas lebih lanjut dari masing-masing urutan sword art online tersebut. Berikut ini adalah penjelasan dari daftar urutan diatas sesuai dengan kronologi jadi silahkan disimak baik-baik susunan judul animenya berikut.

Sword Art Online I (Season 1)

urutan sword art online

Daftar urutan sao yang pertama tentu saja dong versi anime season 1. Karena ini adalah judul yang wajib sekali kamu lihat sebelum melihat seri yang lainnya. Kenapa karena disinilah awal mula kisah anime sword art online bermula. Yaitu tentang bagaimana para gamer yang terjebak ke dalam dunia game virtual yang dibuat oleh ilmuwan jenius bernama kayaba akihiko.

Di film inilah kamu juga bakalan paham kenapa sih ilmuwan tersebut melakukan percobaan dengan menjebak para pemain sao sehingga tidak bisa keluar dari game sebelum bisa menamatkannya atau menyelesaikan misi terakhir alias level 100. Yang merupakan level tertinggi yang ada di dalam game vrmmorpg bernama sword art online tersebut. Lalu siapakah yang akan berhasil menyelesaikan level tersebut?

Lantas siapa saja yang selamat mengingat siapapun yang mati di dalam game ini akan mati beneran di dunia nyata. Kalau ingin tahu segera saja tonton seri pertama anime sao berikut sampai habis. Karena jumlah episode season 1 dari film sword art online berikut cuma ada 25 episode doang. Tetapi sebelum kamu nonton dan download anime sword art online sub indo ada baiknya baca kelanjutannya berikut di bawah ini.

Trailer Season 1



Sword Art Online: Progressive (Opsional)

urutan nonton sword art online

Sebelum kamu selesai nonton anime sao sampai habis, ada baiknya kamu nonton dulu seri bernama sao progressive yang berjenis the movie. Urutan nonton film sword art online berikut ini adalah ketika kamu sampai episode 3 atau 4 season pertama. Setelah itu langsung melanjutkan nonton versi the movie berikut, tepatnya sih saya lupa yang jelas urutan sword art online satu ini itu berada di antara episode awal season 1.

Download: SAO Progressive Sub Indo

Yaitu ketika masih berada di arc aincrad, karena cerita yang ada pada sao progressive ini akan menceritakan ulang bagaimana para permain terjebak di dalam gamenya. Bedanya disini dibahas per level serta di versi the movie ini kamu bakalan menemukan banyak momen asuna dan kirito. Walau hal ini tergantung dari adaptasinya nanti akan bagaimana. Mengingat ketika saya menulis tulisan ini sao progressive itu belum rilis.

Kapan rilisnya? Nanti di tahun 2021, kalau perkiraan saya sih di musim fall atau sekitar akhir tahun sama kayak rilisnya the movie kimetsu no yaiba sub indo. Jadi itulah kenapa judul seri sao satu ini saya berikan tulisan opsional karena kamu bisa melakukan skip seri berikut dan langsung lanjut ke urutan berikutnya.

Trailer Progressive Aria of a Starless Night



Sword Art Online: Extra Edition (Opsional)

urutan sao

Kalau kamu memang benar-benar ingin nonton sword art online secara berurutan maka judul satu ini tidak boleh kamu lewatkan sama sekali. Meskipun saya kasih pilihan opsional, kenapa? Karena ini adalah versi spesial dimana kebanyakan adegan yang ada itu cuma rangkuman dari season pertama. Apakah ada adegan baru? Ada kok tetapi durasinya itu sedikit banget.

Kalau dibuat persentase maka perkiraannya itu begini, 92% episode recap (rangkuman atau rekapitulasi) 8% adegan baru. Mengingat episode satu ini bisa saya kategorikan sebagai fans service saja karena kirito nantinya bakalan berkumpul dengan para cewek yang dia temui sebelumnya. Selain itu episode ini latar waktunya terjadi beberapa tahun setelah kejadian yang ada di season pertama. Saran saya skip aja deh.

Trailer SAO Extra Edition

Sword Art Online II (Season 2)

urutan nonton sao

Kalau sudah baru deh kamu bisa lanjut nonton sao season kedua. Cerita yang ada pada judul ini sedikit berbeda dengan sebelumnya dimana kirito sekarang pindah server lagi. Tugas dan misi utama dia kali ini ialah membantu memecahkan misteri yang terjadi di dalam game yang bernama Gun Gale Online. Apa sih misteri tersebut? Yaa lihat saja sendiri karena di episode awal kamu bakalan langsung tahu kok.

Untuk jumlah episodenya sih ada 24 dan kali ini si kirito bakalan pindah ke dalam game FPS. Secara rating dan peringkat anime ini memiliki ranking yang rendah karena cuma dapat skor 6.84 meski begitu secara cerita sih menurut saya lumayan kok. Disinilah harem kirito bakalan bertambah satu lagi.

Trailer SAO Season 2

Sword Art Online Alternative: Gun Gale Online (Opsional)

urutan anime sword art online

Kalau sudah nonton urutan sword art online diatas maka rentetan selanjutnya sih versi sao alternative gun gale online. Untuk yang satu ini bebas banget mau nonton atau tidak karena ceritanya beda dengan yang sebelumnya. Yaitu karakternya bukan si lord kiritod lagi melainkan orang lain. Karena secara runtunan anime ini rilis setelah versi sao 2 maka untuk nontonnya sih setelah season kedua.

Soalnya atmosfir gamenya masih terasa sehingga rasanya nanti tidak elok kalau kamu nonton versi gun gale online urutannya setelah nonton semua anime sao. Walau hal ini pun juga tidak masalah sih jadi terserah kamu saja ingin nonton bagaimana. Secara cerita saya sendiri agak kurang tahu bagaimana yang jelas nilai dari rating dari sao GGO ini sedikit lebih bagus dibandingkan sao 2.

Trailer Sao Spin Off Gun Gale Online

Sword Art Online: Ordinal Scale

urutan sao anime

Khusus seri satu ini jenisnya itu versi the movie dan urutan sao berikut dilihat setelah kamu nonton versi season kedua. Setelah virtual reality maka fokus utama di dalam anime berikut adalah augmented reality dimana si kirito main gamenya sudah tidak di dunia virtual lagi melainkan di dunia nyata. Sehingga karakter kesayangan kita kali ini si kiritod sudah tidak overpower lagi.

Berbeda ketika dia masih di dalam game tetapi kalau di dunia nyata si kiritod ini sendiri sangat noob. Untuk durasi the movie berikut juga lumayan lama kok yaitu 1 jam 59 menit. Untuk musuhnya sendiri nanti bakalan ada antagonis yang baru. Siapakah dia? Temukan jawabannya dengan nonton the movie sao ordinal scale sub indo sampai habis.

Trailer The Movie Ordinal Scale

Sword Art Online: Alicization

urutan anime sao

Jika sudah menamatkan seri the movie ordinal scale maka urutan sword art online selanjutnya ialah sao alicization. Film ini ceritanya ialah tentang mengembangkan kecerdasan buatan yang dinamai dengan proyek A.L.I.C.E yang merupakan singkatan dari Artificial Labile Intelligent Cybernated Existence. Kirito di dalam arc berikut sudah pindah server lagi apalagi setelah kejadian yang terjadi sebelumnya.

Kali ini dia membantu proyek salah satu perusahaan dalam mengembangkan AI ini. Caranya bagaimana? Yaitu dengan membuat kenangan bersama mereka. Disini dunia yang ada sedikit berbeda dengan yang sebelumnya tetapi masih berhubungan dengan sebuah game kok. Nama gamenya adalah underworld, film satu ini berjumlah 24 episode sama seperti sebelumnya. Tetapi episode tersebut masih belum cukup dan berlanjut di part berikutnya.

Traile SAO ALICE

Sword Art Online: Alicization War of Underworld

urutan film sword art online

Part tersebut bernama SAO Alicization War of Underworld kini masalah yang dihadapi oleh si kirito bukan hanya di dalam gamenya saja melainkan juga di dunia nyata. Dimana ada ikut campur orang militer di dalamnya. Karakter utama kita kali ini si kirito sedang afk dan tidak turut serta di dalam film berikut. Hal ini dikarenakan kejadian sebelumya dimana dia sangat shock terhadap apa yang telah terjadi.

Jadi ketika menonton anime sword art online satu ini jangan kaget kalau pahlwan kita masih belum juga join ke server. Malahan si asuna yang ikut gabung ke server dan berusaha membantu kirito untuk login lagi. Jumlah episode di anime ini cuma dikit kok, ada 12 doang karena versi war of underworld ini dibagi menjadi dua bagian waktu rilis.

Trailer Pertama

Sword Art Online: Alicization War of Underworld Part 2

urutan sao yang benar

Ketika sudah selesai menonton versi part 1 maka urutan sao selanjutnya adalah kamu harus nonton versi part 2 karena ini memang seri kelanjutan sao secara langsung. Disini barulah si kirito sudah menyambungkan ke server lagi dan melakukan aksi heroik yang biasa dia lakukan di dalam game sebelumnya. Untuk seri televisi satu ini jumlah episodenya sama dengan sebelumnya yaitu ada 12.

Nanti ceritanya bakalan berakhir cukup menggantung banget sehingga untuk mengetahui kelanjutan cerita berikutnya kita harus menunggu sampai beberapa tahun lagi. Yaitu sampai arc bernama unital ring selesai soalnya arc tersebut di versi light novel masih berlanjut hingga sekarang.

Trailer Part 2

Sword Art Online: Unital Ring

urutan nonton anime sword art online

Urutan sao berakhir di dalam anime unital ring dimana ketika tulisan ini dibuat anime bernama unital ring ini belum rilis. Karena kisahnya sendiri di versi LN masih cukup panjang. Selain itu seri sao unital ring sendiri akan menjadi kisah penutup karena katanya SAO akan tamat di dalam arc berikut. Sekarang kiritod pindah server lagi, kini gamenya berubah menjadi Survival MMO.

Kalau begitu saya akhiri tulisan ini karena saya sudah menyampaikan daftar urutan anime sword art online secara lengkap. Meski ada beberapa seri yang saya skip, karena memang sebagian cerita tidak termasuk canon yakni cerita utama. Sehingga tidak dilihat pun tidak ada masalah, kalau begitu semoga membantu!