Jan 25, 2024

Review Pintu Aplikasi Jual Beli Crypto di Indonesia

Ingin melakukan transaksi crypto? Gunakan pintu aplikasi jual beli crypto terpercaya di indonesia yang memiliki banyak kelebihan. Mari yuk kita bahas satu persatu kenapa Pintu merupakan alternatif terbaik untuk melakukan investasi di dunia crypto trading. Sebelum itu kita pahami dulu lebih lanjut mengenai apa itu sih Cryptocurrency?

Cryptocurrency adalah salah satu mata uang digital yang bisa digunakan sebagai media pertukaran yang tidak terikat oleh otoritas pusat seperti Pemerintah atau Bank supaya mata uang ini bisa bertahan. Bila ditelusuri lebih lanjut, mata uang crypto sendiri pertama kali muncul di tahun 1983 yang kala itu ada uang elektronik yang dinamakan dengan ecash.

Aplikasi Terpercaya Di Indonesia Untuk Transaksi Crypto

Aplikasi Jual Beli Crypto Terpercaya di Indonesia

Seiring dengan berjalannya waktu, banyak berbagai mata uang kripto yang muncul sampai akhirnya di tahun 2009 muncul mata uang kripto terdesentralisasi pertama yang dinamakan dengan Bitcoin. Salah satu mata uang virtual yang bisa di dapatkan dengan mining. Karena nilai BTC sekarang cukup berharga, banyak para investor mencoba melakukan investasi dengan cara jual beli crypto dan invest sebagian uang yang dimiliki ke dalam BTC.

Baca juga:

Sebagai salah satu cara untuk mendpatkan untung. Praktek ini sering digunakan oleh para investor untuk mendapatkan cuan secara cepat. Apalagi jenis Crypto itu ada banyak, malahan sering sekali para investor mendapatkan keuntungan berlipat ganda hanya dengan melakukan jual beli mata uang kripto yang baru muncul. Meskipun resiko kerugian yang bisa di alami dari transaksi jual beli crypto di aplikasi terpercaya sendiri bisa sangat besar.

Jenis Jenis Crypto

Sama halnya dengan di dunia nyata, karena disebut dengan mata uang (Cryptocurrency) juga memiliki berbagai jenis atau nama. Yang paling populer itu ada beberapa seperti Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Tether (USDT) hingga XRP (XRP). Bagi kamu yang hendak melakukan transaksi jual beli crypto sangat disarankan untuk melakukan investasi di mata uang kripto yang populer seperti BTC, ETH dan lain-lain.

Karena hal ini menyangkut nilai mata uang ini yang sangat volatil. Apalagi bila kamu mencoba membeli koin yang baru saja muncul dan populer yang tidak memiliki nilai value sama sekali. Selain itu ketika ingin jual dan beli crypto disarankan juga untuk menggunakan aplikasi terpercaya seperti pintu yang sudah digunakan oleh banyak orang indonesia.

Jenis jenis Crypto

Kenapa harus memakai pintu aplikasi jual beli crypto terpercaya di indonesia? Karena hal ini menyangkut mata uang dari kripto itu sendiri yang bersifat anonim serta tidak terikat oleh otoritas manapun. Sehingga buat kamu yang tidak menggunakan aplikasi terpercaya saat hendak melakukan jual beli crypto maka kemungkinan besar kamu akan tertipu.

Mengingat mata uang crypto seperti BTC sendiri adalah media tukar yang seringkali digunakan oleh para hacker atau para penjual yang ingin menyembunyikan identitas sendiri. Sehingga siapa saja yang melakukan transaksi jual beli kripto hampir sebagian besar transaksi tersebut tidak bisa dilacak siapa pembeli dan penjualnya.

Alasan sangat disarankannya memilih Pintu sebagai aplikasi jual beli cyrpto di indonesia ialah karena ini adalah aplikasi crypto terbaik dan terpercaya serta memiliki beragam fitur khusus yang akan sangat membantu sekali. Terutama untuk para trader pemula yang ingin mencari keuntungan tambahan dari cryptocurrency. Berikut adalah fitur yang ada:

Fitur Pintu Sebagai Aplikasi Jual Beli Crypto Terpercaya Di Indonesia

Sebagai aplikasi jual beli crypto terpercaya di indonesia pintu memiliki fitur sebagai berikut.

  • Jual/Beli Crypto
  • Deposit & Tarik
  • Pintu Earn
  • Pintu Academy

Di bawah ini adalah penjelasan serta uraian lengkap tentang fitur pintu diatas.

Jual Beli Crypto

Tentu saja karena Pintu adalah platform jual beli crypto di indonesia maka pintu menyediakan kemudahan bagi yang ingin membeli aset kripto untuk investasi. Untuk melakukan jual beli di aplikasi ini sangat mudah sekali, hanya beberapa kali ketuk saja bahkan tidak ada biaya tambahan untuk transaksinya serta jenis kripto yang bisa dibeli ada berbagai macam koin seperti btc, bahkan terdapat alat konversi btc to idr untuk mengetahui berapa nilai btc yang dimiliki bila di rupiahkan.

Deposit & Tarik

Selain itu aplikasi terpercaya di indonesia ini memudahkan siapa saja untuk melakukan deppsit dan penarikan dengan biaya yang cukup murah, yaitu cuma Rp4.500. Serta penarikan yang dilakukan bisa langsung dikirim ke rekening bank masing-masing.

Pintu Earn

Fitur ini memungkinkan kita untuk mendapatkan bunga secara cepat. Cukup lakukan top up lalu simpan saldo tersebut di Earn dan nikmati segera bunga yang bisa dibayarkan setiap jam. Serta penarikan yang bebas dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Pintu Academy

Salah satu hal yang sangat membantu para pemula yang hendak memakai pintu aplikasi jual beli crypto terpercaya di indonesia ialah terdapat fitur bernama Pintu Academy. Yaitu fitur khusus yang disediakan untuk siapa saja yang ingin belajar lebih lanjut mengenai Cryptocurrency, cara jual dan beli supaya bisa dapat untung.

Baca juga:

Serta berbagai macam hal lainnya yang bisa menambah ilmu dan sangat berguna untuk kedepannya. Karena untuk melakukan investasi dengan melakukan pembelian aset crypto sangat dibutuhkan sebuah pengetahuan untuk meminimalisir kerugian yang di dapat karena volatilitas yang dimiliki oleh aset ini. Bahkan Pintu academy bisa membuat kita paham beberapa istilah seperti Blockchain.

Tidak paham apa itu Blockchain? Berikut penjelasannya, Blockchain adalah teknologi untuk menjamin keamanan transaksi mata uang crypto. Blockchain merupakan kumpulan blok-blok yang di dalamnya terdapat sebuah data transaksi yang terkait dan di urutkan satu sama lain seperti membentuk sebuah rantai.

Keunggulan Aplikasi Jual Beli Cypto Ini

Keunggulan Aplikasi Jual Beli Cypto

Selain fitur, aplikasi pintu juga memiliki berbagai macam keunggulan yang membuat aplikasi ini menjadi sarana jual serta beli aset kripto yang bisa dipercaya. Keunggulan tersebut adalah antara lain:

  • Pendaftaran Yang Mudah
  • Sangat AMAN
  • Aplikasi Terpercaya
  • Banyak Pilihan Aset

Berikut adalah penjelasan tentang kelebihɑn dɑn kemudɑhɑn menggunɑkɑn ɑplikɑsi Pintu.

Pendaftaran Yang Mudah

Salah satu kelebihan memakai aplikasi pintu ialah pendaftaran yang mudah, untuk membuat akun disini tidak perlu ribet. Karena cukup daftar, lalu lakukan verifikasi dengan mengirimkan KTP saja maka akun sudah bisa digunakan dalam kurun cuma 10 menit saja. Selain KTP, pilihan lain yang bisa di pakai adalah dengan Paspor.

Sangat AMAN

Jangan khawatir ketika melakukan transaksi jual beli aset crypto di aplikasi pintu karena aplikasi ini punya kemananan yang terbaik. Terdapat Autentikasi 2 faktor yang bisa melindungi akun kamu dari serangan orang serta untuk memastikan aktivitas transaksi yang dilakukan di aplikasi ini.

Selain itu ada juga metode lainnya yang akan membuat kamu tidak perlu khawatir lagi. Yaitu tersedianya Keamanan biometrik, yakni Identifikasi sidik jari dan Face ID sehingga hanya kamu saja yang memiliki akses akun yang dimiliki ke aplikasi pintu.

Aplikasi Terpercaya

Pintu disebut sebagai aplikasi jual beli crypto terpercaya di indonesia ialah karena aplikasi ini terdaftar di pemerintahan indonesia. Yaitu terdaftar resmi di BAPPEBTI serta diawasi oleh Kominfo dan punya sertifikasi ISO 27001. Sehingga kredibilitas dari Pintu sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.

Selain itu juga terdapat Kustodian bergaransi yang membuat setiap aset yang kita miliki terjamin keamanannya. Karena Aset tersimpan di Fireblocks, kustodian kelas dunia yang memastikan aset pengguna selalu aman.

Banyak Pilihan Aset

Aset yang bisa dijual serta dibeli di aplikasi terpercaya di indonesia ini ada banyak. Sehingga kamu bisa menemukan berbagai macam jenis koin mulai dari yang populer dan yang terbaru. Hal ini akan memudahkan kamu untuk melakukan diversifikasi aset yang bisa meningkatkan keuntungan yang kamu miliki.

Cara Daftar Di Aplikasi Pintu Crypto

Untuk bisa melakukan transaksi trading di aplikasi ini tentu saja kamu harus membuat akun terlebih dahulu. Cara daftarnya mudah sekali kok, berikut tutorialnya.

Download Aplikasi Pintu Di Google Playstore

Pertama silahkan download terlebih dahulu aplikasi pintu. Buat pengguna android, apk ini bisa ditemukan di playstore sedangkan untuk pengguna Apple bisa pergi ke apple store. Setelah di download silahkan buka aplikasinya untuk melakukan pendaftaran.

Buat Akun

Cara Daftar Di Aplikasi Pintu Crypto

Khusus pengguna android nanti akan muncul pemberitahuan izin, silahkan klik izinkan. Setelah itu silahkan klik tombol Daftar yang ada di bagian bawah. Setelah itu bisa memilih salah satu dari tiga metode pendaftaran. Kalau sudah memiliki akun Google atau Apple tinggal klik pilihan sign up with google atau sign up with apple. Tetapi kalau memiliki email yang bukan dari apple atau google bisa memilih daftar dengan Email.

Buat Akun di pintu

Pada pilihan ini, kita bisa memasukkan email yang kita miliki termasuk email google, yahoo ataupun yandex dan bahkan email perusahaan pun juga bisa. Setelah itu silahkan isi kata sandi. Pastikan kata sandi akun memiliki karakter spesial, huruf besar dan juga angka supaya kata sandi tersebut kuat dan tidak mudah ditebak. Serta pastikan kata sandinya mudah di ingat.

Verifikasi Email

verifikasi email

Lalu klik buat akun dan setelah selesai, silahkan verifikasi email yang di daftarkan tadi. Yaitu dengan cara membuka email yang di daftarkan dan klik link yang dikirim oleh pintu. Tinggal klik saja untuk melakukan verifikasi lalu setelah selesai akan ada pemberitahuan untuk membuat PIN.

Buat Pin

Setelah selesai melakukan verifikasi silahkan siapkan pin 6 digit untuk menjaga keamanan akun. Silahkan buat Pin setelah itu masukkan Pin itu lagi untuk konfirmasi dan kalau sudah silahkan lakukan verifikasi KYC agar bisa melakukan transaksi trading jual beli crypto.

Lakukan Verifikasi Data Diri

Setelah selesai silahkan upload data diri untuk melakukan verifikasi akun. Ini adalah langkah terakhir, karena pintu aplikasi jual beli crypto terpercaya di indonesia maka proses verifikasi data diri ini sangat diperlukan. Mungkin sebagian besar dari kita tidak tahu ada itu KYC, berikut akan saya jelaskan makna KYC.

Apa Yang Dimaksud KYC?

KYC merupakan singkatan dari Know your customer yaitu sebuah peraturan untuk semua instansi keuangan mengenal dan mengetahui identitas dari setiap klien. Dengan kata lain KYC adalah proses verifikasi data identitas apakah sudah sesuai atau tidak.

Mengapa harus KYC?

Agar instansi jasa bisa memantau aktifitas nasabah bila ada transaksi yang mencurigakan. Hal ini hanya dilakukan ketika ada laporan atau aktifitas tidak wajar. KYC merupakan sebuah jaminan agar para nasabah tidak melakukan aktivitas yang dilarang serta merugikan pihak lain.

Cara Verifikasi KYC Di Pintu

cara verifikasi di pintu

Untuk melakukan verifikasi di aplikasi ini sangat mudah sekali kok, yang perlu disiapkan cuma ada tiga saja. Yaitu nomor HP yang masih aktif, KTP dan juga alamat tempat yang sesuai dengan KTP. Buat pengguna baru nanti akan muncul Pilihan menu Verifikasi ID. Klik saja tulisan Verifikasi sekarang untuk sekarang mengaktifkan akun tersebut untuk melakukan transaksi jual beli.

Masukkan Nomor Telepon

verifikasi kyc pintu nomor hp

Silahkan masukkan nomor telepon yang masih aktif. Disini akan ada dua pilihan untuk menerima kode OTP. Yaitu melalui SMS dan juga Whatsapp, kalau nomor HP tersebut sudah terdaftar di WA maka bisa memilih verifikasi lewat Whatsapp tetapi bila tidak bisa melalui SMS. Keduanya sama saja kok. Setelah itu klik Kirim OTP.

Lalu tunggu beberapa saat sampai kamu meerima pesan SMS dengan kode OTP. Kalau sudah dapat sms, silahkan masukkan kode tersebut. Tetapi bila tidak kunjung dapat SMS, klik Kirim Ulang OTP. Pastikan saat memasukkan nomor di bagian memasukkan kode OTP, nomornya tidak ada angka 0 seperti 6208 yang benar adalah harus 628 angka dan nomornya langsung.

Karena kalau ada angka 0 setelah angka 62, kodenya tidak akan masuk. Angka 62 sendiri merupakan kode negara untuk indonesia. Selain itu pastikan kalau nomor yang dimasukkan sudah benar. Bila kode otp tidak kunjung sampai juga, silahkan ganti nomor dengan provider yang berbeda. Kemungkinan ada gangguan dan hal teknis yang lainnya.

Upload KTP

upload ktp verifikasi pintu aplikasi terpercaya

Selanjutnya pilih Tipe ID, khusus untuk warga negara indonesia harus menggunakan KTP. Sedangkan untuk warga negara asing bisa memakai paspor. Setelah itu nanti akan ada menu untuk memfoto KTP kamu dan juga melakukan selfie, silahkan foto ktp yang dimiliki dan lakukan selfie. Setelah itu klik Continue untuk melanjutkan proses verifikasi di pintu aplikasi crypto indonesia yang paling terpercaya.

Kalau sudah masukkan alamat dan ikuti proses selanjutnya sampai selesai. Sangat mudah sekali kan? Selain itu proses ini cuma dilakukan sekali saja kok, sehingga jangan khawatir. Ketika sudah terverifikasi nanti kamu bisa melakukan beragam transaksi jual beli kripto yang kamu inginkan. Selain itu proses ini sangat cepat kok dan tidak lama.

Berapa Lama Proses Verifikasi di Pintu?

Proses verifikasi di aplikasi pintu cuma beberapa menit yaitu antara 5-10 menit saja selama proses tersebut dilakukan di jam kerja yaitu sejak jam 8:00 sampai 23:59. Maka dari itu pastikan untuk melakukan verifikasi KYC di aplikasi ini pada jam-jam tersebut supaya prosesnya jauh lebih cepat dan kamu bisa langsung segera melakukan trading kripto.

Cara Deposit Di Pintu

Cara Deposit Pintu

Untuk bisa melakukan transaksi, kamu harus melakukan deposit dulu ke akun pintu. Dana harus disetorkan dulu supaya bisa melakukan berbagai jenis pembelian. Untuk deposit ini sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara, karena aplikasi pintu mendukung hampir semua jenis Bank serta E-wallet seperti OVO, Gopay, Dana sampai ShopeePay.

Pilihan depsoit baru tersedia ketika akun yang kamu miliki sudah terverifikasi. Sehingga silahkan lakukan verifikasi lebih dulu supaya bisa deposit dan segera membeli aset crypto yang di inginkan. Menu ini sendiri ada di halaman depan aplikasi pintu. Berikut adalah tutorial melakukan deposit memakai metode transfer bank

Lewat Metode Transfer Bank

  • Buka Aplikasi Pintu
  • Pilih Menu Deposit Di Halaman Depan
  • Pilih Metode Transfer Bank Yang Di Inginkan (Contoh: BRI, Mandiri, BCA, Dll)
  • Salin Nomor Virtual Account (VA)
  • Buka Aplikasi Bank Yang Dimiliki
  • Transfer Uang Tersebut Ke Nomor VA Yang Didapat

Sangat mudah sekali kan melakukan deposit di aplikasi pintu berikut? Selain transfer bank, pintu mendukung beberapa jenis ewallet indonesia seperti yang sudah disebutkan diatas yaitu Dana, Ovo, ShopeePay dan Gopay. Caranya pun hampir sama dan ketika sudah selesai transfer nanti nilai saldo rupiah di aplikasi terpercaya di indonesia ini akan bertambah.

Setelah itu baru deh bisa digunakan untuk melakukan pembelian berbagai jenis aset investasi yang di inginkan. Keuntungan dari metode deposit disini ialah tidak ada biaya sama sekali. Namun kemungkinan akan ada biaya transfer antar bank yang mungkin akan dikenakan.

Pertanyaan Yang Sering Di Ajukan

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering di ajukan oleh para pengguna pintu.

Aplikasi Pintu apakah aman?

Aplikasi Pintu Itu AMAN karena sudah terdaftar Bappebti dan Kominfo. Sehingga semua aktifitas yang ada sudah diawasi oleh negara. Selain itu setiap aktifitas login pun selalu ada verifikasi lagi melalui OTP. Sehingga hanya pengguna asli saja yang bisa mengakses akun yang ada di Pintu.

Aplikasi Pintu milik siapa?

Pintu dibuat dan diluncurkan oleh Jeth Soetoyo yang memiliki kantor pusat di Jakarta, aplikasi ini di dirikan atas nama PT. Pintu Kemana Saja.

Berapa minimal deposit di Pintu crypto?

Minimal deposit di pintu adalah Rp.0 karena tidak ada batasan dalam jumlah minimum dan maksimum deposit Rupiah di Pintu. Hal ini sudah disebutkan di bagian FAQ atau Tanya Jawab di situs resmi pintu itu sendiri.

Berapa biaya trading di Pintu?

Untuk biaya trading di Pintu itu tidak ada karena transaksi jual/beli aset cryptocurrency yang dilakukan di aplikasi terpercaya ini tidak dikenakan biaya komisi. Karena Pintu menerapkan harga final yang bisa dilihat pada halaman konfirmasi transaksi jual beli.

Itulah dia sedikit pembahasan tentang pintu aplikasi jual beli crypto terpercaya di indonesia yang bisa digunakan sebagai pilihan utama untuk melakukan trading cyrpto. Karena volatilitas yang ada dunia kripto, ada baiknya untuk selalu melakukan riset terlebih dahulu sebelum mulai berinvestasi di dalamnya baik itu melalui Pintu Academy ataupun dari berbagai sumber yang lainnya.