Jan 22, 2024

Aplikasi Saham Terbaik Dan Terpercaya Di Indonesia Terdaftar OJK

Sebelum melakukan investasi saham pastikan untuk download aplikasi saham terbaik yang bisa dipercaya. Tulisan ini akan membahas salah satu rekomendasi aplikasi saham yang ada di indonesia dan sudah digunakan oleh ribuan orang dalam melakukan investasi saham. Pastinya aplikasi terbaik untuk trading saham haruslah terdaftar di OJK.

Yaitu sebuah lembaga yang mengawasi dan menjamin keamanan dana yang di investasikan di perusahaan yang bersangkutan. Dalam melakukan sebuah investasi di sebuah saham, pasti dibutuhkan yang namanya aplikasi. Karena aplikasi saham ini memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah memantau pasar saham yang ada dan pergerakan dari saham itu sendiri.

Kupas Tuntas Tentang Aplikasi Saham Terbaik

aplikasi saham terbaik
 
Aplikasi saham terbaik pasti memiliki fitur grafik saham secara live karena fitur ini akan sangat membantu para investor yang hendak melakukan investasi dengan dana yang mereka miliki. Salah satu aplikasi tersebut adalah Stockbit yang punya beragam fitur unggulan yang sangat berguna dalam memantau data berbagai macam perusahaan.

Makna Saham

Sebelum kita melangkah lebih jauh, mari yuk kita kenali dahulu apa itu saham. Bagi pemula pasti sedikit bingung mengenai arti dari saham yang bahasa inggrisnya disebut dengan Stock. Saham sebenarnya berasal dari bahasa arab yang istilahnya itu diambil dari kata musahamah. Dimana asal katanya itu dari sahm bentuk jamaknya ashum atau suhmah yang kalau bahasa tersebut di artikan adalah Bagian atau Bagian Kepemilikan.

Baca juga:

Jadi arti saham secara bahasa adalah sebuah bukti kepemilikan nilai sebuah perusahaan. Bahkan makna saham juga berarti jenis keamanan yang memberikan pemegang saham kepemilikan di sebuah perusahaan. Saham juga disebut "ekuitas." Kepemilikan inilah yang biasanya dibeli oleh para investor, dimana di dalam dunia saham ada beberapa jenis lagi.

Sebelum membahas mengenai aplikasi sekuritas terbaik kita bahas dulu mengenai beberapa hal dasar tentang saham itu lebih dahulu. Supaya kamu tidak bingung saat download aplikasi investasi saham terbaik. Karena di aplikasi terbaik untuk main saham pasti ada banyak sekali fitur dan istilah yang wajib sekali di pahami supaya tidak bingung.

Kenapa Harus Beli Dengan Aplikasi Saham Terbaik?

aplikasi trading saham terbaik

 

Karena aplikasi main saham terbaik memberikan kita jaminan akan uang yang di investasikan dan jaminan ini diberikan oleh OJK. Sehingga bila ada masalah dengan aplikasi saham tersebut, uang yang kita miliki tidak raib dan setidaknya bisa kembali dan hilang begitu saja.

Kenapa orang membeli saham?

Setiap investor ketika beli saham melalui aplikasi saham terbaik pasti memiliki beragam alasan dan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Apresiasi modal, yang terjadi ketika harga saham naik.
  • Pembayaran dividen, yang di dapat ketika perusahaan mendistribusikan sebagian pendapatannya kepada pemegang saham.
  • Kemampuan untuk memilih saham dan mempengaruhi perusahaan tersebut.

Jadi sebelum memakai aplikasi trading saham terbaik, ada baiknya tentukan dulu kenapa kita membeli saham tersebut. Umumnya para investor pemula pasti jatuh di pilihan pertama. Yaitu beli saat saham di harga murah dan jual saat harga sama tinggi. Umumnya hal ini dinamakan dengan day trading atau intraday. Yaitu proses jual beli saham dalam kurun waktu singkat umumnya cuma sehari doang.

Gunanya untuk apa? Tentu saja untuk mencari profit walaupun kecil dan tentu saja day trading ini sangat beresiko dan semua jenis investasi pasti memiliki resiko dan resiko tersebut bisa diminimalisir dengan cara belajar dan dari pengalaman, membaca berita dari aplikasi saham terbaik. Saya sendiri masih pemula mengenai saham namun setidaknya saya berusaha menjelaskan beberapa hal yang saya pahami tentang saham.

Sehingga kalau ada salah kata dan pengertian di tulisan ini mohon maaf. Baiklah kita lanjut lagi. Umumnya investasi saham ini dilakukan untuk invest jangka panjang dalam kurun waktu 5 sampai 10 tahun masa pegang saham itu sendiri. Setelah itu dijual atau dibiarkan sampai nilai saham perusahaan tersebut naik.

Saat menggunakan aplikasi saham terbaik, tentu informasi semacam ini tidak tersedia di dalam aplikasi tersebut. Karena memang aplikasi sekuritas semacam itu hanya menjadi jembatan supaya kita bisa membeli saham sebuah perusahaan dengan mudah. Sehingga info semacam ini bisa dipelajari di tempat lain.

Kenapa perusahaan menerbitkan saham?

 

Perusahaan menerbitkan saham untuk mendapatkan uang agar uang tersebut bisa digunakan untuk berbagai macam hal, antara lain seperti:
  • Membayar hutang
  • Meluncurkan produk baru
  • Memperluas pasar atau wilayah baru
  • Memperbesar fasilitas atau membangun yang baru

Beragam Jenis Saham Yang Di Edarkan

Sebelum memakai aplikasi trading saham terbaik pahami dulu tentang jenis saham yang diterbitkan perusahaan. Karena saham yang di terbitkan itu ada dua jenis, yaitu Common dan Prefered atau Preferen.

  • Jenis saham Common atau saham umum (biasa): Pemegang saham ini memberikan hak kepada pemilik untuk memberikan suara pada rapat pemegang saham dan menerima dividen.
  • Jenis saham preferen: Pemegang saham ini biasanya tidak memiliki hak suara tetapi mereka menerima pembayaran dividen sebelum pemegang saham umum dapat, dan memiliki prioritas atas pemegang saham umum jika perusahaan bangkrut dan asetnya dilikuidasi.

Kategori Saham Yang Bisa Dibeli Dengan Aplikasi Terbaik

Saham biasa dan saham preferen dapat jatuh ke dalam satu atau lebih kategori berikut:

  • Growth stocks
  • Income stocks
  • Value stocks
  • Blue-chip stocks

Growth stocks

aplikasi saham terpercaya

 

Growth stocks atau Saham Pertumbuhan: Memiliki pendapatan yang tumbuh pada tingkat yang lebih cepat daripada rata-rata pasar. Mereka jarang membayar dividen dan investor membelinya dengan harapan apresiasi modal. Sebuah perusahaan teknologi start-up kemungkinan akan menjadi saham pertumbuhan. Contoh: Saham milik Google atau Amazon, dimana keduanya tidak membayar dividen sama sekali. Silahkan beli saham ini melalui aplikasi saham terbaik.

Income stocks

Income stocks atau Saham pendapatan: Yaitu saham yang membayar dividen secara konsisten. Investor membelinya untuk pendapatan (dividen) yang mereka hasilkan. Perusahaan utilitas yang mapan kemungkinan akan menjadi saham pendapatan. Contoh: Saham Bank BCA, atau Bank BRI.

Value stocks

Value stocks atau Nilai saham: memiliki rasio price-to-earning (PE) yang rendah, yang berarti saham ini lebih murah untuk dibeli daripada saham dengan PE yang lebih tinggi. Nilai saham mungkin merupakan saham pertumbuhan atau pendapatan, dan rasio PE yang rendah mungkin mencerminkan fakta bahwa saham tersebut tidak disukai investor karena suatu alasan. Orang membeli saham bernilai dengan harapan pasar bereaksi berlebihan dan harga saham akan balik lagi. Contoh: Agak sulit sih tapi sepertinya yang mendekati adalah Saham Nokia dan Saham Yahoo. Dimana kita tahu perusahaan ini tidak sebesar dulu.

Blue-chip stocks

aplikasi sekuritas terbaik

 

Blue-chip stocks atau Saham blue-chip adalah saham di perusahaan besar dan terkenal dengan sejarah pertumbuhan yang solid. Mereka umumnya membayar dividen. Contoh: Sama seperti Income, saham Bank BCA, BRI, Gudang Garam, Sampoerna dan lain-lain.

Selain itu cara lain melakukan kategorisasi sebuah saham adalah dengan melihat ukuran perusahaan, seperti yang ditunjukkan dalam kapitalisasi pasarnya. Ada saham berkapitalisasi besar (large-cap), berkapitalisasi menengah (mid-cap), dan berkapitalisasi kecil (small-cap).

Saham di perusahaan yang sangat kecil terkadang disebut saham “microcap”. Saham dengan harga paling rendah dikenal sebagai "saham penny". Perusahaan-perusahaan ini mungkin memiliki sedikit atau tidak ada pendapatan. Saham Penny tidak membayar dividen dan sangat spekulatif.

Banyak banget kan yang harus di pahami? Makanya sering-sering membaca artikel tentang investasi yang salah satunya disediakan oleh Stockbit Snips. Makanya sebelum mulai bermain sama dengan cara download aplikasi saham terbaik ada baiknya buat para pemula pahami betul dari hal dasar mengenai apa itu saham.

Setelah itu barulah pahami ciri perusahaan yang bagus dengan cara melakukan riset. Setelah semua istilah tentang saham sudah paham dengan benar maka sudah tidak perlu ragu lagi menguji pengetahuan tersebut dengan membeli saham secara langsung dengan cara download aplikasi saham terpercaya dan segera melakukan investasi di dalamnya.

Tentunya memilih aplikasi trading saham tidak boleh main-main supaya uang yang di investasikan tidak masuk ke ranah investasi bodong. Maka dari itu pilihlah aplikasi saham terbaik seperti stockbit yang sudah ada jaminan dari OJK. Salah satu aplikasi sekuritas terbaik yang sudah digunakan oleh ribuan investor lainnya. Berikut adalah beberapa hal kenapa stockbit adalah aplikasi untuk main saham terbaik.

Fitur Unggulan Aplikasi Trading Saham Terbaik Stockbit

keunggulan aplikasi saham terbaik

 

Stockbit adalah salah satu dari sekian banyak aplikasi saham terpercaya, disini saya akan membahas apa saja sih fitur unggulan yang dimiliki oleh aplikasi saham terbaik berikut.
  • Stream
  • Virtual Trading
  • Watchlist
  • Consensus Target
  • Calendar
  • Earning Recap
  • Glossary
  • Set Target Price (Predictions)
  • Insider
  • E-book

Wah, banyak banget kan fitur yang disediakan oleh aplikasi saham stockbit terbaik ini. Akan saya bahas beberapa fitur saja.

Stream

Ini adalah salah satu fitur unggulan yang tersedia di aplikasi terbaik bermain pasar saham berikut. Karena fitur ini memungkinkan penggunanya untuk saling berinteraksi antar sesama investor dan berdiskusi mengenai saham dan pasar modal secara umum. Bukan hanya itu saja, disini juga terdapat beragam berita baru yang sangat bermanfaat sekali.

Virtual Trading

Ragu dengan ilmu yang kamu miliki? Cobain deh fitur Virtual Trading yang telah disediakan oleh aplikasi saham terbaik ini. Yaitu dimana kamu bisa melakukan jual beli saham tanpa modal, karena kamu akan diberi modal sebanyak 100 juta dan bisa digunakan untuk melakukan trading. Tentunya modal ini tidak bisa di uangkan karena hanya uang virtual supaya kamu bisa memiliki pengalaman melakukan transaksi saham dan mempelajari pola pasar.

Watchlist

Punya saham favorit? Pantau saja saham tersebut dengan memasukkannya ke dalam watchlist. Ketika saham masuk di WL kamu bisa langsung membelinya sehingga tidak perlu melakukan berbagai macam seleksi yang ketat lagi.

Consensus Target

Ini nih salah satu fitur aplikasi saham terbaik yang sangat berguna sekali. Yaitu disini kamu bisa melihat rata-rata perkiraan harga dari sebuah saham dari para analis. Hasil yang ada disini nanti terbagi menjadi consensus price (high, medium, dan low) dan estimasi EPS dari saham terkait.

Calendar

Di dalam dunia saham ada yang namanya Tindakan Korporasi yang mempengaruhi dampak kepemilikan saham. Nah, kalau ingin tahu sebuah tindakan tersebut, maka aplikasi saham terbaik berikut ini memiliki fitur tersebut. Di fitur ini kamu bisa memantau tindakan setiap perusahaan yang ada. Seain itu di fitur calendar pada aplikasi saham berikut menyediakn fitur seperti dividen, stocksplit, reverse split, right issue, stock bonus, tender offer, dan RUPS.

Bahkan segala informasi yang terjadi di hari itu juga muncul disini. Sehingga kamu sebagai seorang investor tidak akan ketinggalan informasi apapun. Fiturnya sangat bagus bukan? Maka dari itulah kenapa ini termasuk ke dalam aplikasi terbaik untuk bermain saham.

Earning Recap

Sebuah Rekapitulasi EPS quarterly akan masuk ke dalam fitur ini. Jadi kamu sudah tidak perlu sibuk lagi mencari informasi tentang Emiten yang punya penghasilan besar atau kecil. Karena semuanya sudah di sediakan oleh aplikasi ini. Cukup lengkap kan?

Glossary

Ketika pertama kali terjun di dunia saham pasti kamu akan menemukan banyak sekali istilah. Nah, dengan aplikasi terbaik berikut, ada salah satu menu yang bernama Glossary. Disini terdapat rangkuman serta penjelasan mengenai akun-akun finansial, rasio-rasio keuangan, dan istilah-istilah yang seringkali di pakai dalam dunia pasar modal atau trading saham.

Bagi para pemula fitur yang terdapat di aplikasi saham ini sangatlah penting karena istilah tersebut wajib di pahami supaya tidak boncos ketika hendak membeli sebuah saham perusahaan. Karena fitur ini selalu ada, jadi kamu sudah tidak perlu kebingungan lagi. Bila ada istilah yang tidak bisa dimengerti tinggal cari saja di menu glossary karena sudah dijelaskan dengan lengkap. Banyak istilah dan hal penting dalam dunia saham yang wajib dipahami.

Set Target Price (Predictions)

Punya prediksi tentang harga saham? Pakai saja fitur ini, yaitu sebuah fitur yang sangat berguna bagi para investor untuk membagikan prediksi tentang pergerakan sebuah saham. Yaitu apakah harga saham tersebut akan naik atau turun di stream dalam jangka waktu tertentu. Fitur ini bisa meningkatkan reputasi kamu sebagai seorang investor.

Karena semakin akurat prediksi yang kamu buat akan semakin bagus pula reputasi yang kamu dapatkan. Apalagi ketika target harga yang sudah kamu tetapkan besar dan tercapat maka semakin besar juga reputasi yang kamu miliki.

Insider

Ingin tahu saham apa saja yang dimiliki oleh para investor terbesar? Lihat disini, karena dengan fitur ini kamu bisa melihat transaksi yang telah dilakukan oleh para pemegang saham mayoritas setiap hari di suatu emiten. Fitur ini memungkinkan kamu untuk tahu berbagai macam kepemilikan saham yang dimiliki oleh para investor besar baik itu secara individu ataupun institusi.

E-book

Bagi para pemula yang baru saja belajar menganai pasar modal akan sangat terbantu sekali dengan adanya fitur Ebook. Karena disini terdapat berbagai macam panduan yang akan memudahkan kamu untuk memahami cara analisis teknikal ataupun fundamental yang bisa langsung di praktekkan di dalam Stockbit itu sendiri.

E-book yang disediakan terdapat berbagai macam informasi mengenai Bandarmology dan juga penjelasan serta tata cara penggunaan fitur yang ada. Sehingga kamu cukup membaca ebook yang ada untuk mempelajarinya. Selain fitur basic, Stockbit juga memiliki fitur Pro yang memiliki berbagai macam kelebihan dibandingkan fitur basic.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Saham Terbaik 2022

keuntungan aplikasi saham terbaik

Setiap aplikasi investasi terbaik pasti memiliki beragam keuntungan yang akan sangat membantu serta mempermudah para investor pemula untuk melakukan transaksi saham. Keuntungan tersebut sangat bervariasi, salah satunya seperti fee yang tidak mahal, daftar tanpa ribet serta berbagai macam hal lainnya.

Berikut di bawah ini adalah berbagai macam keuntungan ketika menggunakan aplikasi investasi trading saham yang paling baik, antara lain:

  • Fee Jual Beli Sangat Murah
  • Daftar Tanpa Ribet Dan Tanpa Minimum Deposit
  • Punya Komunitas Yang Solid
  • Memiliki Fitur Lengkap
  • Bisa Pesan Saham IPO Secara Instan
  • Bisa Belajar Saham Secara Gratis Tanpa Biaya

Inilah penjelasan kenapa kamu harus menggunakan aplikasi jual beli saham berikut.

Fee Jual Beli Sangat Murah

Setiap transaksi yang dilakukan melalui aplikasi sekuritas pasti terdapat biaya (fee) yang harus dibayar. Baik itu ketika melakukan transaksi beli ataupun transaksi jual. Nah, stockbit sendiri menetapkan fee yang sangat kecil dan murah banget. Yaitu untuk Fee beli 0,1% dan Fee jual 0,2% ini sudah termasuk biaya broker, biaya levy (BEI, KPEI, KSEI) 0,043%, PPN biaya broker 11%, dan PPh final untuk transaksi jual 0,1%.

Sedangkan sebagai perbandingkan di perusahaan sekuritas yang lainnya adalah di kisaran angka 0,15% hingga 0,35%. Fee yang tidak terlalu besar akan sangat membantu dan menguntungkan para investor dengan modal kecil.

Daftar Tanpa Ribet Dan Tanpa Minimum Deposit

Umumnya saat daftar untuk melakukan transaksi di pasar modal, dibutuhkan berbagai macam dokumen yang bikin ribet. Maka dengan aplikasi invest saham berikut, kamu bisa daftar dengan mudah tanpa ribet. Hanya butuh 1 hari kerja saja akun yang kamu miliki bisa langsung aktif dan digunakan untuk melakukan transaksi.

Yang dibutuhkan saat daftar hanyalah KTP, foto selfie dan rekening tabungan saja kok. Selain itu Stockbit juga tidak membatasi minimal deposit. Sehingga kamu bisa mencoba melakukan deposit dengan nominal yang di inginkan, padahal ada sebagian yang punya biaya minimum untuk depo. Mulai dari ratusan ribu hingga jutaan, disini tidak ada batasan.

Punya Komunitas Yang Solid

Aplikasi saham yang terbaik umumnya memiliki fitur komunitas yang solid, sebuah wadah untuk saling berdiskusi, memberi saran dan berbagi berbagai macam tips yang berguna. Stockbit memiliki hal tersebut, dimana kita sebagai para investor pemula bisa saling berdiskusi atau bertanya pada para investor yang sudah ahli dan punya banyak pengalaman di bidangnya. Tentu saja hal ini sakan sangat membantu buat para newbie yang hendak membeli sebuah saham.

Memiliki Fitur Lengkap

Salah satu keuntungan yang dimiliki oleh perusahaan sekuritas ini ialah punya aplikasi dengan fitur lengkap dan terbaik. Ada dua fitur yang ditawarkan, yaitu basic dan juga pro. Dengan fitur basic saja para investor sudah sangat terbantu, apalagi dengan adanya fitur pro yang jauh lebih memudahkan setiap pengguna untuk melakukan analisa yang lebih dalam.

Bisa Pesan Saham IPO Secara Instan

Ingin pesan saham IPO secara langsung dan tanpa adanya persyaratan khusus? Makanya gunakan Stockbit. Karena disini kamu bisa pesan saham e-ipo secara instan dan tanpa ribet. Karena beli saham ipo sendiri ada dua cara yang pertama adalah melalui pemerintah serta yang kedua melalui aplikasi sekuritas yang memiliki fitur e-IPO.

Bisa Belajar Saham Secara Gratis Tanpa Biaya

Hal lain yang tidak perlu membuat kamu ragu lagi adalah adanya fitur pembelajaran yang disediakan oleh Stockbit secara langsung. Disini kamu bisa belajar bermain saham secara gratis tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeserpun. Baik itu melalui video yang tersedia di Stockbit Academy ataupun dengan membaca E-Book yang sudah disediakan sebelumnya dan bisa diakses oleh para pengguna baru sekalipun.

Yap, itulah dia sedikit pembahasan mengenai aplikasi saham terbaik bernama stockbit. Buruan pakai Stockbit dan segara lakukan investasi. Namun sebelum itu pelajari dulu hal yang paling fundamental supaya tidak boncos atau rugi atau kalau dalam dunia pasar saham dinamakan dengan Loss.

Bahkan ketika kamu merasa kurang dengan suma fitur yang dimiliki oleh aplikasi saham terbaik ini. Maka kamu bisa mencoba berlangganan ke versi pro. Karena versi berbayar punya fitur yang sangat membantu dan jauh lebih lengkap dibandingkan versi basic atau yang biasa.

Selain investasi saham, coba juga investasi crypto dengan memakai aplikasi jual beli crypto terpercaya bernama pintu. Semoga tulisan ini bisa membantu kamu dalam memahami seluk beluk mengenai saham.