Jan 24, 2024

Pengertian Website Forum dan Contohnya

Jenis website itu ada berbagai macam, ada yang disebut dengan portal berita, situs pribadi, forum sampai toko online. Pada tulisan kali ini saya akan membahas mengenai salah satunya yaitu website forum. Apa sih forum itu dan apa saja contohnya? Website forum adalah sebuah website yang fungsi dan tujuan utamanya adalah untuk berdiskusi.

Contoh website forum di internet itu ada banyak sekali bahkan kamu mungkin pernah menjadi salah satu membernya. Tentu saja untuk bisa membuat website forum ini dibutuhkan domain hosting karena hal tersebut adalah yang paling utama dan wajib dimiliki ketika membuat sebuah website. Selain hosting, membuat website forum butuh yang namanya domain.

Domain Untuk Membuat Website Forum

Pengertian Website Forum dan Contohnya

Domain itu penting, supaya situs forum tersebut bisa di akses maka dibutuhkan yang namanya domain. Sebagai saran silahkan cari penyedia domain murah terutama untuk pemula yang hendak ingin membuat web forum sendiri. Meskipun, ada juga penyedia situs untuk membuat web forum gratisan. Hanya saja situs semacam ini memiliki banyak sekali kekurangan.

Baca juga:

Salah satunya adalah kita sebagai pemilik tidak bisa memiliki hak penuh terhadap situs tersebut. Sehingga kapan saja situs itu bisa hilang dan tidak bisa diakses lagi. Dikarenakan dihapus oleh sang penyedia website forum gratisan. Maka dari itu kalau ingin serius membuat website forum, dibutuhkan modal untuk beli hosting dan juga domain.

Contoh Website Forum Gratisan

Salah satu cara untuk memiliki forum adalah dengan membuatnya sendiri melalui situs gratisan. Contohnya adalah ProBoards, ini adalah website forum dimana kita bisa membuat komunitas web forum sendiri tanpa perlu pemahaman dan melakukan coding sama sekali. Siapa saja bisa membuat situs web forum ini sendiri. Sama halnya dengan tulisan sebelumnya tentang membuat situs web pribadi. Di ProBoards bisa membuat forum pribadi secara gratis.

Manfaat Website Forum

Karena sudah memahami website forum adalah situs untuk saling berkomunikasi maka web semacam ini memiliki berbagai manfaat kan? Berikut beberapa diantaranya:

  • Memiliki Member Setia
  • Bisa Digunakan Untuk Jualan
  • Bisa Memahami Keinginan Dan Masalah Pengguna
  • Saling Berdiskusi

Itu adalah beberapa manfaat dan keuntungan memiliki website forum, berikut penjelasannya:

Memiliki Member Setia

Website forum adalah sebuah situs yang memiliki tujuan utama untuk saling berdiskusi dan berbagai berbagai macam hal. Maka dari itu kebanyakan untuk bisa berkomentar atau mengajukan opini serta berita. Setiap pengguna diwajibkan untuk mendaftar sebagai member. 

Nah, bila sang member tersebut merasa nyaman dengan member lainnya di dalam satu forum. Maka kita memiliki member setia yang selalu hadir untuk membuat website forum yang kita miliki menjadi ramai. Atau kalau member tersebut terpercaya bisa dijadikan salah satu moderator atau satpam pengawas untuk mengawasi semua jalannya diskusi yang ada di forum tersebut.

Bisa Digunakan Untuk Jualan

Ketika memiliki banyak member aktif, situs website forum bisa digunakan untuk mencari keuntungan yaitu salah satunya dengan jualan atau promosi apa saja. Bahkan bila forum itu sangat ramai sekali, ada beberapa thread atau diskusi khusus yang di sticky alias di pin di bagian atas. Sehingga setiap member bisa membacanya.

Bisa Memahami Keinginan Dan Masalah Pengguna

Salah satu manfaat website forum adalah bisa untuk memahami keinginan dan masalah pengguna. Terutama untuk perusahaan yang hendak memasarkan sebuah produk digital. Seperti hosting atau VPS, penyedia layanan semacam ini biasanya memiliki forum khusus yang berfungsi untuk berbagi masalah dan saling mencari solusinya untuk antar pengguna.

Saling Berdiskusi

Tujuan utama dari website forum adalah untuk saling berdiskusi. Hal yang di diskusikan pada sebuah forum itu ada banyak, mulai dari masalah keuangan, pekerjaan sampai masalah game. Tergatung dari web forum yang dibuat itu sendiri. Setiap member yang telah bergabung dan terdaftar bisa saling berbagi pengetahuan atau hal-hal lainnya.

Contoh Website Forum

Sudah tahu tentang website forum? Lalu contoh dari website forum ini apa saja? Ada salah satu contoh website forum yang pasti sudah kita kenal dan ketahui semua, yaitu kaskus.co.id. Karena ini adalah situs forum komunitas terbesar di indonesia dan masih aktif sampai sekarang. Meski, popularitas website forum ini sudah sangat jauh menurun.

Walau begitu situs ini punya banyak member setia yang seringkali berdiskusi untuk berbagai macam hal. Karena contoh website forum satu ini memiliki banyak sekali sub-forum dengan berbagai macam pembahasa yang lengkap. Tentang anime, teknologi, olahraga sampai masalah dan gosip selebritis.

Kesimpulan

Berdasarkan contoh website forum dan penjelasan diatas, situs forum semacam ini bisa dibuat untuk mencari anggota setia dan saling berdiskusi berbagai macam hal. Selain itu dengan forum, kita bisa menemukan seseorang dengan minat yang sama dengan kita. Karena forum semacam ini ada banyak, ada forum tentang guru, tentang memelihara burung, ikan sampai tentang investasi saham hingga teknologi mengenai tips memilih laptop untuk bisnis online dan berbagai macam hal lainnya.

Untuk membuat website forum, ada dua cara yaitu dengan cara gratisan dan berbayar. Buat yang ingin serius membangun komunitas sangat disarankan untuk menggunakan cara berbayar. Yaitu dengan cara menyiapkan domain dan hosting. Kedua hal ini bisa dibeli di Niagahoster, salah satu perusahaan penyedia domain dan hosting murah yang sudah dipercaya oleh banyak orang.