Apr 15, 2024

Tips Memilih Laptop Untuk Bisnis Online Yang Terpenting

Punya bisnis online dan memiliki rencana untuk beli laptop? Kalau begitu yuk simak beberapa tips memilih laptop untuk bisnis online yang akan saya bahas disini. Keberadaan laptop itu sangat penting sekali apalagi kalau pekerjaan kita adalah melakukan bisnis online dan jenis bisnis online itu ada banyak sekali. Ada yang jadi penjual di toko online, dropshipper sampai penggiat digital marketing.

Setiap bisnis online membutuhkan spesifikasi laptop yang berbeda-beda karena tergantung fungsi dan pemakaian laptop tersebut nantinya. Saya sendiri pernah merangkum dan membuat sebuah tulisan tentang laptop bisnis terbaik dimana saya menjelaskan daftar laptop apa saja yang cocok sekali di pakai untuk melakukan berbagai macam pekerjaan bisnis apapun itu.

Saran Sebelum Beli Laptop Untuk Bisnis Online

Tips Memilih Laptop Untuk Bisnis Online

Bagi yang ingin mencari daftar laptop sendiri maka silahkan disimak mengenai beberapa tips yang akan saya jelaskan. Supaya nantinya kalian tidak salah beli laptop dan tentunya tidak rugi karena saat di pakai laptopnya malah menghambat pekerjaan. Karena jenis laptop itu banyak sekali dan yang wajib dipertimbangkan sebelum dibeli itu adalah masalah RAM, CPU, GPU dan daya tahan baterai.

Baca juga:

Karena hal tersebut akan sangat perlu diperhatikan supaya laptop bisnis online yang kita pakai bisa efisien untuk melakukan berbagai macam pekerjaan kita nantinya. Yang paling penting untuk diperhatikan saat beli laptop terutama buat yang ingin buat olshop adalah masalah CPU atau prosesor yang saya rasa CPU Core i3 sudah cukup.

Yang penting adalah RAM yang banyak, karena nanti laptop tersebut pasti sering di pakai untuk browsing. Seperti menggunakan Google Chrome atau aplikasi browser yang lainnya. Jadi setidaknya minimal RAM yang dibutuhkan adalah 8GB. 

Karena aplikasi seperti chrome sendiri sangat memakan banyak sekali ram, jadi pastikan laptopnya punya banyak memori RAM. Namun, hal perlu diperhatikan bukan cuma itu saja kok, yuk simak beberapa tips penting ketika hendak membeli laptop untuk bisnis online.

Tips Pilih Laptop Untuk Pekerjaan Bisnis Online

Berikut adalah beberapa tips sebelum beli laptop

  • Budget
  • Penggunaan
  • Spesifikasi Laptop

Cuma ada tiga hal yang perlu diperharikan namun disini saya akan menjelaskan lebih lanjut.

Budget

Yang paling penting adalah, silahkan tentukan berapa sih budget yang dimiliki? Serta berapa banyak uang yang rela kita keluarkan untuk membeli laptop agar membuat pekerjaan bisnis online yang sedang kita bangun itu menjadi lebih efisien. Karena setiap laptop memiliki harga yang sangat bervariasi, kalau pekerjaan bisnis yang sudah kita bangun itu telah lama dan cukup stabil.

Maka saya rasa menggelontorkan uang yang cukup banyak untuk sebuah laptop tidak ada masalah. Soalnya di tulisan saya sebelumnya sebuah laptop yang dibuat khusus untuk bisnis sendiri memiliki harga yang cukup mahal bagi sebagian orang, yaitu kisaran 10 juta keatas. Namun, bila sedang mencoba merintis usaha bisnis online setidaknya budget 5 sampai 8 juta sudah cukup untuk mendapatkan laptop yang bagus.

Penggunaan

Tips memilih laptop untuk bisnis online yang tak kalah penting adalah mempertimbangkan pemakaian dari laptop tersebut. Apakah penggunaan laptop itu cuma untuk browsing, melakukan input data di excel atau membutuhkan aplikasi lain pihak ketiga. Dengan tahu pemakaian dari laptop itu maka bisa ditentukan spek laptop seperti apa yang bisa kita cari.

Misalnya saja laptop untuk desain grafis, tentunya akan sangat kurang bila kita cuma memiliki budget 5 juta. Apalagi aplikasi untuk desain sekarang membutuhkan spesifikasi yang cukup bagus agar bisa dengan lancar menjalankannya. Namun kalau untuk sekedar kegiatan blogging yang sebagian besar pekerjaannya hanyalah untuk mengetik dan menganalisa kompetitor. Saya rasa budget tersebut sudah cukup.

Spesifikasi Laptop

Ini adalah hal yang paling penting dari sekian tips memilih laptop untuk bisnis online diatas. Karena spesifikasi laptop inilah yang akan menentukan produktifitas pekerjaan online yang sedang kita jalani. Setidaknya untuk bisnis online, minimal spesifikasi laptop yang dibutuhkan adalah RAM 8GB dan prosesor i3-i5 (8gen).

Yang perlu diperhatikan sebelum beli laptop untuk bisnis online adalah spek laptopnya dimana di bagian prosesor ini ada beberapa generasi. Jangan cuma melihat prosesornya saja, seperti core i5 tapi generasi pertama. Carilah generasi yang paling terbaru kalau bisa. Karena biasanya generasi lama sudah terkesan usang untuk menjalankan aplikasi masa kini.

Selain itu cari ram minimal yang 8gb, kurang dari itu tidak masalah. Selama laptop tersebut bisa di upgrade karena ada sebagian laptop yang tidak bisa di upgrade. Yang jelas prosesornya yang paling penting karena ini tidak bisa di upgrade yang bisa cuma ram dan storage. Selain itu kalau pekerjaan usaha bisnis online yang kita jalani membutuhkan kecepatan cari laptop yang punya SSD.

Kalau cuma SSD juga tidak masalah soalnya umumnya HDD bisa diganti menjadi SSD. Jadi bisa di upgrade kapan saja. Cuma beberapa hal itu saja sih yang perlu diperhatikan sisanya paling laptopnya wajib ada WIFI karena kita nanti butuh koneksi internet dan saya rasa fitur ini hampir pasti ada di semua jenis laptop.

Jadi yang terpenting sebelum beli laptop untuk bisnis online ialah, pastikan pemakaian laptop tersebut. Kalau untuk browsing terus menerus carilah laptop core i5 dengan clock speed yang bagus. Lalu kalau misal untuk kerja desain grafis cari laptop minimal core i5 dengan kartu grafis yang bagus. Itulah dia beberapa tips memilih laptop untuk bisnis online apapun, saya ucapkan selamat mencari.