Feb 22, 2024

Apa Itu Hosting Dan Domain? Apakah Ada Yang Murah?

Mari yuk mengenal apa itu hosting dan domain karena kedua hal tersebut merupakan hal utama di internet. Bila tidak ada hosting maka sudah pasti tidak akan ada internet dan kalian pasti tidak akan bisa membaca sebuah tulisan seperti ini. Disini saya akan mencoba sedikit mengulas tentang hosting dan apakah ada yang murah?

Pertama sebelum menjawab hal tersebut kita pahami dulu apa itu hosting dan domain, hosting sendiri merupakan sebuah layanan yang ditawarkan oleh penyedia jasa. Hosting ini bila di ibaratkan ke dalam sebuah dunia properti itu ibaratnya Lokasi Tanah dan Domain itu Alamat Rumah. Jadi baik hosting dan domain keduanya itu saling berhubungan.

Pengertian Hosting Dan Domain

apa itu hosting dan domain

Makanya bila ingin membuat sebuah situs web seperti namatin.com ini maka dibutuhkan sebuah hosting untuk menampung setiap tulisan, gambar sampai video yang kita buat. Hosting sendiri itu tidak gratis dan berbayar. Lantas bayarnya setiap kapan? Biasanya setiap tahun, ada juga yang setiap bulan tetapi di total dan dibayar pertahun.

Baca juga:

Banyak kok penyedia hosting semacam ini dan tidak sedikit juga menyediakan hosting murah gratis domain sehingga tidak perlu beli domain lagi. Promo semacam ini sangat penting dan membantu sekali untuk orang-orang yang baru belajar ingin buat website atau bikin blog sendiri dan modalnya tidak banyak kok. Untuk lebih paham, yuk kita kenali lebih lanjut tentang hosting.

Apa Itu Hosting?

Bagi kamu yang paham tentang komputer, hosting itu sebenarnya cuma kumpulan CPU komputer yang di dalamnya terdapat sebuah harddisk yang terhubung ke internet. Kumpulan harddisk dengan CPU yang terhubung ke internet tersebut disebut dengan data center atau lokasi untuk menyimpan sebuah data dari berbagai macam web.

Maka dari itu file yang ada di hosting bisa saja hilang bila ada sebuah masalah di data center. Oleh karena itu melakukan back up file website itu sangat penting sekali. Serta jenis hosting itu ada beberapa bentuk, seperti email hosting, file hosting atau web hosting itu sendiri. Pada dasarnya semua hal tersebut sama saja kok cuma beda fungsi saja.

Baca juga:

Misalnya nih, email hosting yaitu sebuah hosting yang di pakai untuk mengirim dan menerima email saja. Sedangkan untuk file hosting fungsinya ini untuk menyimpan berbagai macam jenis file. Contohnya gambar, video sampai dokumen apa saja. Sedangkan untuk web hosting, seperti namanya yaitu untuk host sebuah website atau situs.

Kamu tahu kan youtube? Nah, situs youtube.com semacam itu juga memiliki hosting sendiri lhoo. Setiap situs yang kamu temukan di internet pasti butuh yang namanya hosting. Kadang ada juga yang dinamakan VPS, keduanya hampir sama sih namun ada perbedaan yang sangat signifikan sekali. Namun untuk saat ini pembahasan kita hanya fokus di hosting dan domain saja. Selanjutnya adalah domain, ini apa sih?

Apa Itu Domain?

Domain sendiri adalah nama sebuah situs seperti namatin.com, youtube.com, sampai situs berita seperti suara.com. Setiap domain memiliki ekstensi yang berbeda-beda, ekstensi tersebut adalah nama setelah tanda titik (dot). Ada yang memakai ekstensi (dot)com, ada juga yang pakai .co.id khusus untuk negara indonesia bahkan ada juga yang pakai ekstensi (dot)org.

Baca juga:

Kalau di dalam dunia internet domain itu ibarat rumah, tanpa domain kita tidak akan bisa mengakses sebuah situs. Bisa saja sih dengan menggunakan alamat IP seperti 194.163.183.129 tapi tentu akan sangat ribet mengingat 14 angka tersebut. Makanya lebih mudah mengingat nama domain dibandingkan nama IP meskipun namanya itu panjang.

Apakah Ada Domain Dan Hosting Murah?

Tentu saja ada dong, bahkan ada juga yang menawarkan hosting murah gratis domain. Jika tidak gratis, kunjungi hostadvice.com untuk melihat betapa murahnya pendaftaran domain. Selain itu biasanya banyak promo hosting dan domain di hari-hari tertentu. Misalnya kalau di luar negeri sering diadakan promo di hari black friday atau cyber monday. Kalau di indonesia sih di hari Harbolnas atau bisa juga hari kemerdekaan indonesia dan promo ini tergantung dari masing-masing kebijakan perusahaan yang menyediakan hosting dan domain tersebut.