Feb 17, 2024

Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Untuk Pemula Yang Lengkap

Mencari uang tidak harus keluar rumah, dari rumah pun kita bisa mendapatkan uang tambahan. Apalagi banyak orang yang kehilangan pekerjaan setelah pandemi melanda. Sebagian orang terkena WFH yaitu kerja dari rumah, di liburkan bahkan sampai kena PHK. Tentu saja hal ini bukan hanya berdampak pada individu saja melainkan perusahaan besar pun juga terkena dampaknya.

Tidak heran sebagian perusahaan berusaha mengatur cashflow sampai meliburkan sebagian karyawan bahkan sampai terang-terangan melakukan PHK tanpa uang pesangon. Tentu saja hal ini membuat khawatir apalagi persaingan pencari kerja semakin banyak. Kebutuhan hidup harus selalu terpenuhi, listrik dan air yang tagihannya selalu jalan. Kebutuhan makan sampai anak sekolah pun harus dipikirkan.

Cari Duit Online Lewat Internet

cara mendapatkan uang dari internet

Mau tidak mau, bagi orang tua atau yang terkena PHK haruslah mencari solusi untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Caranya bagaimana? Yaitu melalui internet. Pada tulisan ini saya akan mencoba menerangkan tentang cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula. Apakah mungkin? Tentu saja sangat mungkin, apalagi adalah saya termasuk ke dalam salah satu orang yang mengandalkan internet sebagai mata pencaharian utama.
Baca juga:

Supaya bisa mendapatkan uang dari internet, yang dibutuhkan apa saja? Yang paling wajib adalah internet. Silahkan berlangganan paket internet rumah yang murah supaya bisa mendapatkan mencari uang melalui internet. Selain paket internet dengan Jaringan PRIMA. Hal lain yang dibutuhkan adalah skill serta kemauan keras untuk dapat uang.

Tanpa skill pun juga bisa, bahkan tanpa modal pun juga ada. Intinya saat ingin dapat penghasilan uang tambahan dari internet itu cuma satu, yaitu tekun. Ada beberapa jenis atau cara agar kita bisa mendapatkan uang dari internet. 

Inilah Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Untuk Pemula

Para pemula bisa dapat uang dari internet dengan melakukan hal sebagai berikut:

  • Content Creator
  • Affiliate Marketing
  • Dropshipper
  • Freelancer
  • Jualan Jasa
  • Ikut Lomba
  • Survey

Itu adalah 7 pokok utama yang bisa kita lakukan untuk dapat uang secara online dan masing-masing hal akan dibagi lagi menjadi beberapa sub kategori. Berikut akan saya jelaskan satu persatu dari ketujuh kategori diatas.

Content Creator

Salah satu cara mendapatkan uang dari internet ialah dengan menjadi pembuat konten. Dan pembuat konten ini dibagi menjadi beberapa hal beberapa hal antara lain jadi:

  • Blogger
  • Youtuber/Vlogger (Video Blogger)
  • Fanspage

Baiklah mari kita ulas satu persatu cara mencari duit online sebagai content creator berikut. Selain itu akan saya terangkan bagaimana cara mencari uang dari berapa hal diatas.

Blogger

Yang pertama adalah menjadi blogger, syaratnya sih cukup memiliki website. Dan dari website inilah kita bisa mengahsilkan uang dari internet. Apa saja sih yang dilakukan blogger? Hal yang paling utama dari blogger adalah menulis atau membuat artikel. Isi artikelnya itu bisa dari suatu hal yang bermanfaat bagi orang banyak. Seperti blog namatin.com ini yang lebih berbagi tentang cheat games atau logo dls.

Atau bisa juga dengan cara berbagi pengalaman pribadi, entah itu waktu pergi liburan ataupun cerita dan sekedar curhat. Malah kita bisa juga membuat artikel tentang cerpen atau apa saja. Bebas banget kalau jadi blogger, selama tulisan kamu menarik dan bermanfaat pasti banyak yang share kok.

Cara Mendapatkan Uang Dari Blogger

Untuk bisa mendapatkan uang saat menjadi blogger atau admin sebuah web itu ada beberapa cara: 

  • Adsense
  • Iklan
  • Content Placement
  • Ikut Lomba Nulis Atau Seo

Ada empat hal yang bisa kita lakukan untuk bisa dapat duit dari internet, berikut penjelasan lengkapnya:

Adsense

Saya rasa hampir semua orang tahu kalau adsense adalah salah satu cara untuk bisa mendapatkan uang dari internet. Adsense adalah jaringan periklanan yang dimiliki oleh Google. Syarat untuk daftar adsense itu tidak terlalu rumit kok. Yaitu cuma cukup punya web yang bermanfaat bagi banyak orang, setelah itu tinggal daftar adsense saja disini.

Setelah itu tinggal tunggu di setujui saja akunnya, setelah disetujui silahkan pasang iklan adsense tersebut di web kamu supaya bisa segera menghasilkan uang dari internet. Bukan rahasia lagi kalau web ini juga dimonetisasi dengan periklanan adsense dan berikut penghasilan bulanan dari blog ini:

cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula


Apakah Mudah Dapat Uang Dari Internet Melalui Adsense Untuk Pemula?

Jawabannya adalah TIDAK. Kenapa? Karena persaingannya itu ketat banget, sehingga cari uang di internet melalui adsense itu bukan hal yang mudah. Serta keuntungannya tidak bisa terlihat secara seketika. Kalau kamu sekedar hobi sih tidak ada masalah untuk mengajukan permohonan adsense. Alasan kenapa sulit ialah hasil pencarian di google sekarang dipenuhi oleh web media berita besar yang tiap hari update konten.

Maka dari itu blogger kecil seperti kami akan kesulitan untuk menghasilkan pundi-pundi uang melalui adsense. Selain itu membuat web juga perlu modal, selama kamu bisa membuat konten dengan cara menulis sendiri modalnya masih bisa dikurangi karena masih ada hal lain yang tidak kalah penting saat membuat website. Yaitu backlink yang nantinya hal ini bisa menjadi ladang untuk cari duit online yang lainnya.

Iklan

Sebenarnya ara mendapatkan uang dari internet melalui iklan ini sejatinya sama saja dengan adsense diatas. Bedanya iklan disini itu disewa langsung oleh seseorang. Contohnya adalah pernah tidak sih kamu pergi ke sebuah situs anime dan di situs tersebut memiliki banyak pop up yang mengganggu? Nah, itulah iklan selain itu pernah lihat tidak ada banner yang menutupi yang sebagian besar mempromosikan tentang permainan slot dan lain sebagainya?

Nah, itu dia juga termasuk iklan. Untuk pendapatan dari iklan ini umumnya tergantung kerjasama dan biasanya yang hendak memasang iklan di web kita itu berhubungan dengan "Betting". Secara harga, tergatung kesepakatan masing-masing, umumnya itu berkisar antara 50ribu sampai 300 ribu. Dulu saya pernah deal di harga sekitar 150rb untuk web yang satunya.

Content Placement

Bagi yang sudah berkecimpung di dunia blogger pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah content placement atau guest posting. Yaitu sebuah istilah untuk memberikan sebuah link balik ke blog lain yang dinamakan dengan backlink. Nah, ketika kamu menjadi seorang blogger, maka kamu bisa menghasilkan uang dari internet dengan cara menawarkan content placement.

Blog saya namatin ini juga menerima content placement, sedangkan untuk harga CP ini sangat bervariasi. Umumnya ditentukan dari kualitas blog tersebut, baik itu jumlah backlink yang bagus yang dimiliki sampai jumlah visitor setiap bulan. 

Berikut adalah bukti transfer yang di dapat dari content placement:

cara menghasilkan uang dari internet

Untuk harga guest posting sendiri sangat bervariasi, tergantung kualitas blog atau web yang kita miliki. Umumnya di kisaran, 50 ribu sampai 1jtan. Tapi harga rata-rata 1 guest post adalah 100 ribuan sampai 300 ribuan, bahkan kalau blog atau website yang kamu miliki berkualitas maka bisa sampai 500 ribu. Bahkan ketika blog ini masih populer dulu saya sempat mengajukan harga 1 juta untuk guest posting di situs ini.

Namun, karena sekarang tidak seperti dulu harganya sudah tentu tidak sebanyak itu lagi. Terdengar menggiurkan? Padahal tidak juga, kenapa? Karena Content Placement ini tidak selalu dalam kurun waktu satu bulan kita dapat 1 klien yang mau membeli backlink dari web kita. Sehingga jasa ini tidak cocok dijadikan mata pencarian utama untuk cari uang dari internet.

Ikut Lomba Nulis Atau Seo

Selain cara diatas, hal lain yang bisa kita lakukan kalau miliki blog itu adalah dengan ikut lomba nulis, saya pernah mencoba ikut lomba ini baru kemarin dan berikut ini adalah contoh artikel yang saya ikutkan lomba. Karena pertama kali saya belum menjadi pemenangnya, maka dari itu saya coba ikut lomba yang lainnya yaitu kontes seo.

Apa itu SEO?


Bagi yang tidak paham tentang SEO, silahkan lihat video diatas. Karena cukup panjang penjelasana mengenai SEO.

Blog ini pun pernah mengikuti kontes lomba seo, dan alhamdulillah menjadi juara. Berikut adalah artikel yang pernah saya ikutkan lomba yaitu tentang laptop bisnis terbaik. Sebuah kontes yang di adakan oleh ASUS. 

cara dapat uang dari internet

Namun, yang namanya lomba hanya yang terbaik saja yang bisa menang dan dapat hadiah. Untuk hadiah dari lomba nulis dan seo itu sangat bervariasi.

Tergantung dari penyelenggara, ada yang juara satu bisa mendapatkan uang sampai 15 juta seperti kontes seo kemarin. Ada yang cuma 2 juta, 5 juta dan sebagainya. Proses penilaian umumnya dari lomba seo adalah posisi web atau blog kita di mesin pencari pada kata kunci tertentu. Selama pada proses penjurian tersebut blog kita menjadi posisi nomer satu maka kitalah yang menenangkannya.

Sedangkan untuk lomba tulis atau bikin artikel adalah tergantung dari kualitas tulisan kita, sesuai tema tidak? Sudah sesuai ketentuan tidak? Serta bagaimana pemilihan kata serta diksi yang di pakai di dalam tulisan tersebut.

Youtuber/Vlogger (Video Blogger)

Selain menjadi blogger, para pemula bisa mencoba mendapatkan uang dari internet dengan cara menjadi youtuber atau video blogger yang keduanya saya rasa kurang lebih sama. Video yang dibuat sih tergantung dari minat kita, ada yang fokus di buat video tentang gaming atau tentang masak, kuliner sampai berwisata dan lain sebagainya.

Kalau hendak ingin jadi youtuber gaming, maka sangat disarankan untuk membeli Paket Internet yang memiliki Jaringan Prima. Karena selain buat video hal, sebagai seorang content creator kita pun harus melakukan upload dan mengedit video tersebut. Maka dari itu saat upload dibutuhkan paket internet dengan jaringan Prima yang bagus. Apalagi kalau jadi youtuber gaming, maka internet yang lelet akan sangat mengganggu permainan kita terutama saat main game online.

Belum lagi ketika ingin melakukan ranked match dan live streaming, tentu saja hal ini akan sangat membutuhkan koneksi internet dengan jaringan yang bagus. Saat menjadi youtuber, hal yang dibutuhkan sebenarnya cuma kemauan keras, laptop, paket internet serta membuat konten yang menghibur. Setelah itu tinggal menunggu jumlah subscriber kita bertambah, berikut adalah contoh pendapat yang di dapat dari youtube di channel saya. Pendapatan ini di dapat dari adsense.

cari duit online

Itu adalah pendapatan di masa lalu ketika masih aktif melakukan upload video yang saya sendiri tidak meyangka akan viral, yaitu ketika membuat video tang game mod dream league soccer". Yang saat itu masih belum ada yang membuat game mod tersebut dengan banyak fitur selain saya.

Selain adsense, cara lain untuk monetize youtube adalah dengan ikut bergabung MCN saat pengajuan adsense kita tidak diterima. Atau dengan cara melakukan review brand sebuah produk atau dapat uang dari internet dengan youtube melalui Endorse. Untuk harganya sendiri sangat bervariasi tergantung kesepakatan serta besar tidaknya channel yang dimiliki.

Fanspage

Cara dapat uang dari internet yang lain adalah dengan membuat fanspage, hal ini bisa fanspage facebook, twitter ataupun instagram. Namun, yang paling populer adalah IG. Tentu saja butuh kesabaran dan keuletan agar bisa menghasilkan uang dari internet melalui cara ini. Karena supaya FP yang dibuat bisa menghasilkan uang, setidaknya FP tersebut memiliki banyak Follower yang aktif.

Secara konten, apa saja sih yang bisa publikasikan? Banyak sekali, mulai dari foto tempat wisata, foto makanan sampai meme. Yang jelas isi konten dari FP tersebut bisa menghibur para penggunanya. Lalu untuk cara mendapatkan uangnya darimana? Tentu saja dari endorse dengan cara menyisipkan iklan baik itu di Story, ataupun di postingan akun tersebut.

Untuk masalah harga sangat tergantung sekali dari aktivitas akun yang kita kembangkan. Umumnya akunnya itu bukan hanya terbatas IG saja tapi juga bisa akun tiktok dan sosial media yang lainnya. Sebagai contoh berikut adalah harga untuk 1 postingan endorse di akun instagram dagelan

Harga 1 post instagram

cara mendapat uang dari internet


5 juta 1 post, ini adalah harga di tahun 2016. Untuk harga sekarang bisa saja naik atau turun ataupun masih tetap sama.

Selain pendapatan dari Endorse, bila memiliki fanspage. Opsi mendapat uang dari internet ialah dengan menjual akun tersebut. Tentunya semakin banyak follower aktifnya maka akan semakin mahal harganya. Bahkan tidak jarang sebagian besar para internet marketer melakukan ternak akun yang nantinya dijual.

Affiliate Marketing

Selain menjadi konten kreator, kita bisa menghasilkan uang dari internet secara online dengan cara menjadi AM (Affiliate Marketing) atau istilah yang populer adalah Affiliator. Apa sih affiliate marketing ini? Supaya mudah dipahami, affiliate marketing itu adalah sales. Yaitu jualan atau mempromosikan sebuah produk atau jasa.

Dapat uangnya darimana? Tentu saja dari hasil penjualan yang kita lakukan dan umumnya jumlah uang yang kita dapatkan dalam bentuk persen. Ada yang memberikan komisi 3%, 5% sampai 10% tergantung dari nominal barang yang dijual. Semakin besar nominalnya, maka earning yang kita dapatkan akan semakin banyak. Yang dijual tidak harus produk, jasa juga bisa.

Menjadi AM adalah salah satu hal yang paling mudah dan termasuk ke dalam salah satu cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula. Karena cara ini dapat dilakukan tanpa modal sekali, namun harus ada usaha. Berikut adalah contoh pendapatan dari program affiliasi yang diselenggarakan oleh shopee.

cara menghasil uang dari hp

Untuk yang ingin daftar menjadi salah satu affiliasinya, silahkan klik disini untuk daftar masukkan kode tim Y7C2FTV agar cepat diterima. Kalau cuma daftar doang sih mudah banget. Yang sulit adalah mempromosikan produknya, secara singkat ada beberapa cara yang pertama adalah gratisan dengan melakukan spam dan yang kedua dengan cara berbayar melalui promosi lewat ads. Entah itu facebook ads, google ads sampai tiktok ads.

Dropshipper

Ada banyak sekali cara cari uang online, ada yang tanpa modal dan ada yang dengan modal. Salah satunya adalah dengan menjadi dropshipper. Yaitu kalau istilah kita itu mudahnya adalah makelar. Yaitu kita menjual barang milik orang lain, untuk keuntungannya diambil dari margin penjualan barang yang dijual. Cara ini harus butuh modal untuk nombok barang yang hendak dijual.

Cara ini sangat cocok untuk pemula yang ingin mulai mencoba berjualan tanpa harus melakukan stock barang. Sehingga tinggal cari saja barang populer, setelah itu di promosikan dan kalau memang laku baru deh stock barang sendiri. Untuk penjualannya bisa dilakukan ke dalam satu marketplace yang sama. Sebagai contoh, beli di toko online A lalu dijual lagi di toko online A itu dengan selisih harga yang agak lebih tinggi

Atau bisa juga beli di marketplace A dijual di marketplace B. Serta berbagai macam cara yang bisa dilakukan selama barang itu laku. Tentu saja menjadi dropshipper ini tidak mudah, karena semua cara mendapatkan uang dari internet itu butuh ketekunan dan usaha yang keras serta keuletan.

Freelancer

Punya skill tetapi masih belum bekerja? Coba deh menjadi freelancer, karena ini adalah salah satu cara menghasilkan uang dari internet. Namun, jadi freelance itu dibutuhkan skill supaya ada orang yang mau mempekerjakan kita. Skillnya apa saja? Banyak, buat yang jago desain bisa menjadi desainer. Buat yang jago bahasa inggris bisa coba menjadi translator.

Atau buat yang ahli photoshop bisa mencoba untuk menjadi tukang edit foto. Umumnya situs yang menerima seorang freelancer adalah seperti upwork.com atau freelancer.co.id. Saya sendiri sempat aktif menjadi freelance di upwork dan bayaran disini itu per jam. Ada yang memberikan rate $5 per jam, sampai $10 per jam dan bahkan sampai $30 per jam pun juga ada tergatung skill dan kemampuan kita serta keahlian dan pengalaman yang dimiliki.

$5 per jam saja sudah sangat lebih dari cukup apalagi bila kita hidup di indonesia. Di negara seperti amerika, $5 per jam itu rate yang sangat kecil karena memang biaya hidup disana itu sangat mahal. Sehingga nominal tersebut sudah terasa banyak sekali bila digunakan di indonesia.

Jualan Jasa

Merasa punya keahlian unik? Coba saja deh dijual. Tempat jualan jasa ini ada banyak, contohnya di p-store, fiverr dan lain sebagainya. Saya sendiri sekarang masih aktif menjual jasa content placement di fiverr.com. Berikut adalah tampilan penghasilan yang sudah saya dapat dari situs jualan jasa ini:

menghasilkan uang dari internet


Yang bisa dijual apa? Banyak, apa saja asal laku. Contohnya? Santet online, berikut tampilan jasa tersebut di fiverr.

situs penghasil uang

Bukan hanya itu, kalau kamu merasa jago main game silahkan jual jasa tersebut disini. Apakah laku? Iyaa laku selama ada peminat pasti laku kok. Berikut contohnya:

cari uang di internet

Merasa ga punya skill tapi rela mau melakukan hal konyol? Boleh, selama kamu mau. Di fiverr sendiri memungkinkan kita untuk menjual berbagai macam jasa asal tidak melanggar ketentuan mereka. Entah itu bagi pandangan kita konyol atau unik tapi laku kok. Contohnya? Berikut jualan jasa nyanyi selamat ulang tahun sambil memeras susu sapi.


cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal

Terdengar aneh kan? Tapi jasa tersebut banyak yang beli looh, bisa dilihat dari jumlah ratingnya yang cukup banyak. Selain itu kalau merasa punya skill atau keahlian bisa coba dijual disini, karena fiverr bisa menjadi ladang uang yang menghasilkan hanya dengan modal internet saja. Contoh? Kalau bisa nyanyi atau suka voice over, bisa coba di promosikan disini. Atau kalau jago gambar pun juga bisa dijual.

Bahkan keahlian seperti excel, edit foto, buat logo sangat dibutuhkan disini. Hanya saja persaingannya cukup ketat. Sehingga buat yang baru memulai akan cukup sulit mendapatkan pelanggan pertama. Umumnya harga yang di tawarkan disini sangat murah cuma $5 tetapi bisa lebih dari itu kok. Yah, walau cuma 5 dollar tetapi kalau sehari dapat 3 sampai 5 orderan kan lumayan.

Ikut Lomba

Cara dapat uang dari internet yang lainnya adalah bisa dengan ikut sebuah lomba. Lomba ini ada berbagai macam, seperti lomba foto, lomba seo, lomba nulis artikel atau blog. Bikin cerpen, bikin ide yang menarik, puisi dan lain sebagainya. Lombanya sendiri ada yang gratis dan juga berbayar, namun bagi pemula sangat disarankan untuk mengikuti lomba yang gratis saja.

Hadianya ada yang berupa uang, voucher atau uang digital. Tergantung dari sang penyelenggara serta untuk nominalnya pun sangat bervariasi tergatung penyelenggara serta yang dilombakan apa. Lomba semacam ini ada yang bisa di ikuti secara online, jadi tidak harus datang ke lokasi. Cukup kirimkan apa yang dibutuhkan kita pun sudah bisa menjadi pesertanya.

Selain lomba tersebut buat para desainer pun juga bisa mencoba keahliannya dengan ikut lomba atau kontes desain. Umumnya yang paling populer adalah kontes di 99design ataupun sribu.com. Bahkan di designcrowd juga bisa, malah saya pernah menjadi pemenang lomba desain di designcrowd sebanyak satu kali. Namun karena merasa sadar diri tidak ahli desain, akhirnya saya tinggalkan lomba semacam ini.

Mengikuti sebuah lomba bisa menjadi salah satu ajang untuk mendapatkan uang tambahan dari internet. Namun, karena yang namanya lomba tentu saja hanya pemenang terbaik yang sesuai dengan panitia yang berhak mendapatkan hadiah. Jadi pastikan untuk membaca syarat dan ketentuan yang dijelaskan supaya bisa menjadi pemenangnya.

Survey

Tidak punya modal dan ingin tahu cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula? Maka bisa mencoba untuk ikutan survey. Tetapi umumnya survey tersebut hanya mencari orang dengan kriteria tertentu dan khusus. Jadi kalau bukan targetnya cukup sulit untuk dapat uang dari sini. Tetapi bisa dicoba sih untuk bisa dapat uang tambahan melalui internet.

Karena tidak sulit kok soalnya cuma mengisi beberapa pertanyaan yang ditanyakan. Untuk pembayaran biasanya melalui paypal, namun ada yang sudah mendukung gopay, dana sampai ovo. Silahkan cari penyedia survey terpercaya supaya waktu tidak terbuang percuma untuk mengisi kuisioner.

Yap, itulah beberapa cara mendapatkan uang dari internet. Sebenarnya masih ada beberapa cara lagi yang bisa dilakukan agar bisa dapat duit secara online. Semoga tulisan ini bisa membantu kamu untuk mendapatkan tambahan uang lewat internet.

Tag: #paketinternetterbaik #paketinternetrumah #mudahpakaiprima #jaringanprima