Apr 22, 2024

Tutorial Cara Membuat Situs Web Pribadi Secara Gratis

Ingin buat sebuah situs atau blog sendiri? Ingin tahu caranya? Yuk simak tulisan ini untuk memahami bagaimana cara buat blog atau sebuah situs pribadi. Untuk membuat web pribadi itu sangat mudah sekali kok, tinggal dipilih saja mau buat secara gratis atau berbayar. Nanti akan saya jelaskan juga keunggulan dan kekurangan masing-masing cara tersebut.

Sebenarnya fungsi dari membuat situs web pribadi sendiri ada banyak, tujuannya sih bisa bermacam-macam tergantung masing-masing orang. Ada yang punya tujuan untuk menuliskan sebuah unek-unek, ingin sharing atau cerita atau ada yang ingin mencari pembaca setia. Yaitu dengan cara berbagai berbagai macam pengalaman yang di alami oleh si admin.

Tutorial Membuat Blog Pribadi

Cara Membuat Situs Web Pribadi

Bahkan ada juga yang ingin berbagi hasil karya seperti yang saya lakukan dengan membagikan beberapa file mod apk buatan sendiri. Atau beberapa koleksi logo keren untuk game dream league soccer. Apa saja sih yang dibutuhkan dalam membuat situs web pribadi? Yang diperlukan cuma koneksi internet serta laptop saja kok.

Baca juga:

Bisa saja sih pakai hp namun cukup ribet, selain itu pun tidak mudah. Makanya saat ingin membuat sebuah blog disarankan untuk menggunakan laptop supaya mudah dan cepat. Bikin web itu mudah banget kok, selain kedua hal yang sebelumnya saya sebutkan. Hal lain yang dibutuhkan hanyalah email doang serta nama website yang di inginkan.

Kalau sudah punya simak deh tutorial di bawah ini untuk bikin situs pribadi buatan kamu sendiri. Disini saya akan menjelaskannya menggunakan website gratisan seperti blogger. Yaitu salah satu platform buat blog secara gratis tanpa perlu memikirkan biaya hosting bulanan.

Cara Membuat Situs Web Pribadi Gratis

Beginilah cara membuat situs web pribadi gratis dengan mudah

  • Buat akun gmail
  • Login ke akun tersebut
  • Pergi ke alamat blogger.com
  • Daftar disana lalu pilih New Blog
  • Isi judul blog atau situs kamu tersebut
  • Tentukan nama situsnya
  • Pilih Tema
  • Lalu Klik OK

Sudah jadi deh, mudah banget kan? Tidak perlu keahlian apapun untuk membuat situs web pribadi secara gratis diatas. Setelah itu tinggal di isi deh web tersebut dengan tulisan karya kamu sendiri. Entah itu untuk share pengalaman, curhat dan berbagai macam hal lainnya. Nanti situs kamu umumnya akan memiliki akhiran bernama .blogspot.com, contohnya seperti https://namatin.blogspot.com. Itu adalah nama situs ini sebelum ganti nama menjadi namatin.com.

Supaya bisa ganti nama maka hal selanjutnya adalah dengan membeli domain, dan tentu saja untuk mendapatkan domain kamu harus bayar biaya sewa selama satu tahun. Jenis domain itu ada banyak, ada ekstensi .com, .org sampai Domain .id. Harganya pun sangat bervariasi, mulai dari yang cuma 50 ribuan satu tahun sampai 500 ribu. 

Umumnya domain yang berharga mahal adalah domain dengan nama umum yang bagus. Jadi tidak heran kalau misal saat buat situs pribadi, nama domain yang kamu tentukan sudah tidak tersedia lagi. Misal, nama kamu agus dan kamu ingin memiliki domain agus.com tetapi domain tersebut tidak tersedia. Maka solusinya adalah kamu harus ganti nama atau menggunakan ekstensi lain seperti ekstensi Domain .id tapi nanti namanya akan menjadi agus.id.

Ada banyak sekali kekurangan ketika kamu mempraktekkan tutorial cara membuat situs web pribadi diatas. Salah satunya adalah web yang kita miliki tidak sepenuhnya milik kita. Suatu saat ketika situs yang kita buat melanggar ketentuan bisa saja tiba-tiba dihapus. Selain itu tidak banyak hal yang bisa kita lakukan ketika memakai platform gratisan untuk membuat sebuah situs.

Makanya solusinya adalah dengan membuat situs web pribadi versi berbayar. Memang sih perlu mengeluarkan uang lebih banyak namun layak banget kok. Apalagi kalau kamu memang niat serius ingin terjun di dunia blogging. Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mencari web hosting murah lebih dahulu. Karena hosting ini sangat diperlukan untuk menyimpan data file situs kita supaya bisa di akses.

Penyedia web hosting murah ini ada banyak banget kok, tinggal pilih saja ingin beli web hosting murah dari indonesia atau dari luar negeri. Ada banyak situs yang terpercaya dan sudah berdiri bertahun-tahun. Jadi tinggal pilih saja salah satunya, karena setiap hosting punya harga sewa yang berbeda. Silahkan cari yang sesuai budget.

Setelah itu tinggal beli domain, bisa memakai domain .id atau ekstensi lainnya. Kalau sudah tinggal di setup deh dan untuk masalah tersebut saya rasa kamu bisa mencarinya sendiri karena kalau dijelaskan disini akan sangat panjang. Keunggulan buat web berbayar ialah kita bisa bebas melakukan apa saja dengan situs tersebut. 

Selain itu sangat mudah melakukan berbagai macam hal yang sebelumnya tidak bisa dilakukan saat pakai blog gratisan. Jadi saya rasa itu saja beberapa hal yang bisa saya sampaikan mengenai cara membuat situs web pribadi dengan mudah dan gratis.