Sep 29, 2023

Cara Mudah Dan Cepat Mengatasi Whatsapp Muncul Atur Tanggal Terus

Bagi sebagian orang aplikasi wa adalah aplikasi yang wajib digunakan, kehadiran wa telah menggantikan fitur sms biasa. Kebanyakan orang lebih memilih kenggunakan aplikasi wa sebagai alat untuk menjalin komunikasi dibandingkan sms biasa ataupun menggunakan aplikasi messenger lain seperti line ataupun facebook. Alasan wa lebih digunakan adalah karena penggunaan aplikasi ini lebih simple dan mudah untuk dipahami bagi orang awam sekalipun.

Belum lagi kita bisa mengirim banyak pesan secara gratis selama kita memiliki koneksi internet, selain itu kita pun bisa mengirim foto atau video dan kalau kita lebih suka bicara kita bisa memanfaatkan fitur voice chat yang telah disediakan yaitu sebuah fitur komunikasi tak langsung yang mengirim pesan kita dalam bentuk file audio yang bisa di dengarkan oleh si penerima. Itu adalah beberapa alternatif yang bisa kita gunakan selain mengirim pesan teks biasa.

WA Selalu Muncul Atur Waktu Terus

Cara Mengatasi Whatsapp Muncul Atur Tanggal

Disini saya akan membahas mengenai bagaimana cara mengatasi whatsapp yang selalu muncul atur tanggal terus ketika sudah dibuka, namun sebelum itu mari kita bahas beberapa keunggulan aplikasi wa. Keunggulan Aplikasi WA yang lainnya adalah tersedianya fitur telepon yang menggunakan paket data daripada pulsa, selain itu kita pun bisa memanfaatkan fitur Video Call jika kita ingin melihat orang yang kita telepon secara langsung.

Baca juga: Cara Mengatasi Stiker Whatsapp Tidak Muncul

Penggunaan video call di whatsapp ini pun sangat mudah dibandingkan penggunaan video call tempo dulu yang tidak menggunakan aplikasi tambahan melainkan menggunakan telepon itu sendiri dan kekurangannya adalah orang yang harus kita telepon pun harus menggunakan gadget yang memiliki fitur yang sama agar bisa tersambung melalui video call.

Namun dengan adanya whatsapp ini kita pun hanya perlu mendownload aplikasi wa saja di playstore lalu mendaftarkan nomer kita ke dalam wa dan barulah kita bisa menikmati semua fitut tersebut. Nah yang jadi masalah adalah ketika aplikasi wa yang kita gunakan itu mengalami error yaitu selalu muncul tulisan atur tanggal terus meskipun tanggal pada hp android kita sudah sesuai. Karena hal itulah di tulisan kali ini saya akan memberikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Dan saya juga akan memberikan beberapa alasan kenapa wa selalu muncul atur tanggal.

Daftar Isi:

Penyebab Whatsapp Selalu Muncul Atur Tanggal

Ada baiknya sebelum kita membahas bagaimana cara mengatasi wa hanya timbul atur waktu dan tanggal maka kkta perlu mengenali terlebih dahulu masalah apa saja yang menyebabkan munculnya hal tersebut. Berikut ini adalah beberapa penyebab kenapa wa selalu muncul atur waktu.

Whatsapp Kadaluarsa Atau Sudah ada Update Versi Terbaru

Penyebab utama kenapa aplikasi wa selalu muncul tulisan atur tanggal ketika dibuka adalah karena wa kita itu sudah kadaluarsa, alias sudah ada versi terbaru di google playstore. Hal ini umum terjadi ketika kamu memiliki hp yang sudah terpasang wa waktu pertama kali beli.

Baca juga: Cara Baca Pesan WA Yang Dihapus

Sehingga ketika kamu melakukan reset ke setelan pabrik otomatis wa kamu yang terbaru akan terhapus dan saat kamu menyalakan pake data maka muncullah tulisan kenapa tanggal di wa kamu salah padahal benar.

Tanggalnya Di HP Tidak Sesuai

Masalah kedua adalah ketika tanggal di hp kamu tidak sesuai dengan tanggal saat ini. Jadi selalu pastikan kalau tanggal di hp kamu itu sudah sesuai karena setiap kali whatsapp kamu buka maka whatsapp tersebut akan selalu mencocokkan tanggal di hp kamu dengan tanggal di server whatsapp.

Hal ini berguna untuk menunjukkan kapan terakhir kali kita aktif yang nanti hal tersebut akan bisa dilihat oleh orang lain, entah itu teman kita atau keluarga kita. Makanya jangan heran kenapa kalau tanggal di hp tidak akurat maka whatsapp selalu minta untuk mengatur tanggal terlebih dahulu.

Whatsappnya Error

Alasan selanjutnya kenapa whatsapp muncul atur tanggal terus adalah karena memang ada error di aplikasi whatsapp kita. Tetapi hal ini sangat jarang sekali terjadi karena hal ini hanya terjadi ketika kita memang menerima banyak sekali pesan di whatsapp sekaligus yang membuat aplikasi whatsapp telah berhenti. Namun saat dibuka tetap saja tidak akan muncul tulisan atur tanggal whatsapp tidak akurat.

Cara Mengatasi WA Atur Waktu

Baiklah itu dia beberapa hal yang menyebabkan munculnya kenapa buka whatsapp atur tanggal terus. Ketika kita sudah tau masalahnya maka kita tinggal mengatasinya saja. Berikut ini adalah cara mudah mengatasi masalah ini.

Update Whatsappnya

Cara Benerin Whatsapp Timbul Minta Atur Waktu

Ini adalah cara mengatasi wa atur waktu yang sangat umum untuk mengatasi masalah tersebut. Jadi silahkan pergi ke playstore dan silahkan update wa kamu lalu coba deh kamu buka. Saya jamin masalah wa atur waktu akan hilang dengan sendirinya dan tidak akan kamu temu lagi.

Baca juga: 12 Cara Ampuh Hemat Baterai Android Tanpa Aplikasi

Karena kebanyakan masalah wa minta atur tanggal adalah karena aplikasi wa kita memang sudah kadaluarsa jadi perlu pembaruan agar kita bisa mengatasi masalah ini.

Atur Tanggal Wa kamu

Whatsapp Tanggal Tidak Akurat

Masalah berikutnya adalah karena memang tanggal di hp kita tidak sesuai dengan waktu sekarang, jadi. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah kita perlu mengganti tanggal di wa kita, cara setting tanggal whatsapp di android itu cukup mudah yaitu dengan cara pergi ke pengaturan lalu pilih atur tanggal & waktu atau kalau pakai xiaomi bisa pergi ke pengaturan lalu setelan tambahan.

Baca juga: Cara Pasang Game Android Yang Benar

Yang jelas cara mengganti tanggal di whatsapp ini hanya bisa dilakukan jika kita mengganti tanggal di hp android kita karena tanggal di wa ini akan selalu mencocokkan tanggal di hp kita dengan tanggal di server whatsapp. Hal ini juga berlaku untuk cara mengubah jam di whatsapp yaitu dengan melakukan cara diatas juga namun kebanyakan kasus kenapa whatsapp tanggal dan waktu tidak akurat adalah bukan karena hal ini melainkan karena wa kita sudah kelewat versi alias kadaluarsa.

Cara Setting Tanggal Whatsapp di Android

Jadi cara ini bisa kamu lakukan ketika waktu jam dan tanggal di hp kamu memang tidak sesuai. Ada baiknya ketika kamu mengatur tanggal di hp android kamu selalu centang pilihan Tanggal & waktu otomatis yaitu sebuah fitur mengatur tanggal secara otomatis berdasarkan zona waktu yang telah disediakan oleh jaringan.

Selama kartu kamu masih aktif dan bukan dalam masa tenggang maka hp android kamu akan menentukan tanggalnya secara otomatis tanpa perlu kamu setting terlebih dahulu. Begitulah cara setting tanggal whatsapp di android yaitu cukup setting tanggal di hp kita saja. Selanjutnya, setelah kita tau cara mengganti tanggal whatsapp maka kita pergi ke cara yang ketiga.

Hapus Cache dan Data

Jika kita sudah melakukan cara diatas namun tidak membuahkan hasil juga maka berarti masalahnya ada pada aplikasi whatsapp kita. Jadi sebelum kamu melakukan cara terakhir ini maka pastikan terlebih dahulu kalau wa kamu memang up to date, alias sudah merupakan versi paling baru dan yang terakhir tanggal di hp kamu sudah akurat dan sesuai dengan tanggal masa kini.

Baca juga: Kit Dream League Soccer Barcelona Terbaru 2020

Jika sudah maka kamu bisa melakukan cara ini namun sebelumnya pastikan terlebih dahulu untuk melakukan backup pada pesan dan nomor kontak wa kamu karena kalau tidak maka saya tidak bertanggung jawab pada hilangnya kontak dan pesan yang belum tersimpan.

Jika sudah silahkan pergi ke pengaturan, lalu cari di bagian APL, Manajer Aplikasi, Aplikasi Terinstall atau yang lainnya karena setiap hp memiliki nama yang berbeda tapi dengan fungsi yang tetap sama. Kalau sudah nanti akan muncul daftar aplikasi yang terinstall di hp kamu, silahkan cari aplikasi whatsapp lalu silahkan cari tulisan hapus data.

Untuk yang hapus cache ini tidak perlu kita lakukan karena dengan menghapus data maka otomatis cachenya juga ikut terhapus. Jika sudah sekarang coba deh buka whatsapp kamu, apakah sudah normal kembali atau tidak? Seharusnya dengan melakukan cara diatas ini sudah membuat aplikasi wa kamu bisa digunakan lagi.

Kesimpulan

Pada umumnya masalah ini terjadi adalah karena wa kita kadaluarsa, harusnya dengan melakukan update wa yang ada di hp kita itu sudah bisa mengatasi hal ini. Kasus ini sering terjadi pada hp yang dari pabriknya sudah terinstall aplikasi wa dimana aplikasi ini tidak bisa dihapus tapi bisa di update dan kebanyakan orang langsung menggunakan aplikasi wanya tanpa melakukan update terlebih dahulu.

Pada akhirnya yaa muncullah masalah seperti ini. Sekian dulu cara mengatasi wa yang selalu muncul atur tanggal, semoga dengan membaca artikel ini masalah kamu telah teratasi dan tidak muncul lagi masalah tersebut. Sekian dulu dan selamat mencoba.