May 26, 2023

Cara Install Game Android Yang Benar

Tutorial ini mengenai Cara Install Game Android Yang Benar, alasan saya membuat tulisan ini adalah karena ada salah satu pengunjung yang meminta request tentang bagaimana cara installnya. Sebenernya sih dia minta video tapi tenang aja, saya juga sudah ada video tentang cara install game androidnya kok.

Jadi tulisan ini akan saya bagi menjadi 2 bagian, yang satu cuman gambar dan berupa penjelasan. Yang satunya lagi Berupa Video, silahkan klik disana untuk melihat videonya tentang Cara install Game Android dengan mudah.

Cara Install Game Android Yang Benar

Cara install Game Android

Sebenernya untuk menginstall game android apk ini sangat* mudah dan gampang sekali. Berhubung cheat game android yang ada disini itu tanpa root jadi kamu tinggal install seperti biasa aja, namun kalo sebelumnya kamu punya game yang sama. Maksudnya game original yang asli yang belum tercheat, maka kamu harus mencopot dulu game yang sebelumnya.

Soalnya di dalam game android itu syaratnya tidak ada boleh game yang sama dalam 1 HP, itu berlaku buat semua aplikasi. Entah itu bbm, whatsapp, ataupun line! Kecuali file apk tersebut telah dirubah kayak bbm clone, sebenernya sih itu masih bbm yang sama tapi yang beda cuman nama filenya aja.
Baca juga: Cheat GTA PS2 Terlengkap
Bukan nama file yang bisa kamu ubah seenaknya itu, melainkan nama file saat game tersebut telah terinstall di dalam system android kita. Ah baiklah, kurasa basa-basi ini sudah terlalu panjang. Mari kita mulai aja tentang cara install game androidnya.

Cara menginstall game apk android

Tutorial ini berlaku untuk semua game android yang ada! Namun, sebagai contoh saya mencoba memasang Game Dream League Soccer, kalo belum punya download dulu disana: Cheat Dream League Soccer. Intinya siapkan dulu game yang pengen kamu install di dalam 1 folder, bila perlu buat folder baru aja. Kenapa? Biar kamu ga bingung.

Yang perlu kamu tau di dalam game android itu ada 4 jenis:
  1. Game Android tanpa Data
  2. Game Android dengan Data
  3. Game Android dengan Obb
  4. Game Android dengan Data dan OBB
Yang paling umum sekarang itu cuman nomer 1 dan 3 tapi saya jelasin dulu satu persatu tentang tipe game ini. Supaya kamu ga bingung pas installnya yaa?

1. Game Android tanpa Data

Ini tipe game yang paling umum, contohnya seperti cheat game pou dan cheat game subway surfers. Kedua game tersebut itu tanpa data, filenya cuman 1 berupa APK doang. Jadi kalo kamu ketemu game seperti ini yaa kamu hanya perlu install aja, tapi jika sebelumnya ada game yang sama maka kamu harus mencopot game yang sebelumnya jika ingin game yang sudah ada cheatnya sukses terinstall.

2. Game Android dengan Data

Saya perejelas, data di dalam game android itu ada 2, yang pertama letaknya ada di folder Android/Data/Disini dan yang satunya data berupa OBB, letaknya ada di Android/obb/Disini. Coba deh, cek dulu folder 'Android' di hp kamu, ada ga folder bernama obb? kalo ga ada itu artinya hp kamu belum pernah mengisntall game yang punya file obb.

Contoh game yang memiliki data itu Need for Speed Most Wanted.

3. Game Android dengan OBB

Ini yang paling umum, untuk mengenali tipe game android dengan obb yaitu, kalo gamenya punya file bernama .OBB, maka bisa dipastikan kalo game tersebut adalah game android dengan obb. Contoh game ini adalah kayak yang saya contohkan dibawah ini yaitu Dream League Soccer dan Game Cheat Crisis Action. Untuk cara install game ini akan saya jelaskan di bawah.

4. Game Android dengan Data dan OBB

Nah, kalo game ini sangat jarang menurut saya, yaitu sebuah game yang memiliki 2 data. Contohnya: wildblood. jadi kamu perlu mendownload 2 data dengan ukuran besar kalo pengen install game wildblood.

Game ini perlu 2 data supaya bisa dimainkan, kalo enggak yaaa ga bakalan bisa dibuka. Oke, sudah paham kan? Kalo gitu mari kita mulai aja tutorial menginstall gamenya.

cara install game android yang benar


Seperti yang saya katakan sebelumnya, silahkan letakkan gamenya ke dalam 1 folder supaya ga bingung. Download semua file yang diperlukan yaitu file apk dan obbnya. Berhubung file obb ini sudah dikompress menjadi file zip, maka kita perlu aplikasi lainnya untuk mengekstraknya.

Aplikasinya bernama 7zipper, link download ada dibawah. Sebenarnya sih kamu ga perlu aplikasi ini juga tidak apa*, selama hp kamu bisa membaca file berekstensi .zip. Cara mengetahuinya adalah dengan mengklik file .zip tersebut, apa bisa terbuka?
Baca juga: Cheat Hungry Shark Evolution
Nah, kalo di hp saya sih bisa. Jadi saya ga perlu lagi download aplikasi tersebut! Kalo kayak gitu maka kamu tinggal ekstrak aja seperti biasa. namun disini saya asumsikan hp kamu ga bisa membuka file .zip karena ga semua hp bisa membuka file tersebut, maka diperlukanlah aplikasi 7zipper ini.

Terus, aslinya aplikasinya ga cuman 7zipper aja kok, kamu juga bisa mengekstrak file obb tersebut dengan aplikasi lain kayak Root Explorer tapi kalo Root Explorer ini perlu hak akses Root (tapi saya belum coba kalo cuman buat ekstrak doang). Jadi makanya saya paki 7zipper aja yang ga perlu pake root segala.

Jika sudah, silahkan di klik gamenya supaya terinstall
Cara install game android dream league soccer

Ini sih instal seperti biasa, jadi kamu tunggu aja sampai sukses! Kalo sudah

cara install game android dengan mudah
Buka aplikasi 7zipper, ntar tampilannya bakal kayak yang diatas. Terus tekan arah panah bawah yang ada di pojok kanan di bagian bawahnya Tools (Yang warna biru)

install game android terbaru

Ntar bakal muncul kayak yang diatas, Yang paling atas (sdcard0) itu memori internal, kalo yang bawah (sdcard1) itu memori eksternal tapi kalo di hp kamu ntar mungkin tulisannya bakal beda. Silahkan di klik dimana kamu menyimpan file gamenya tadi? berhubung saya menyimpannya di memori eksternal maka saya pilih yang bagian bawah.

Baca juga: Cheat Saint Row 4

cara install data game android

Lalu berhubung saya taruh di folder bernama Pictures, maka saya klik deh folder tersebut dan muncul tampilan kayak diatas. kalo sudah ketemu letak file zipnya, maka tinggal kamu klik 1x.

cara mudah install data game android
Kalo sudah, maka tinggal tekan OK!

Install game apk android

Tinggal tunggu deh proses instalasi selesai, kalo sudah selesai maka tinggal klik CLOSE!

cara menginstall game android
Nanti bakalan muncul folder baru hasil ekstrakan tersebut (Coba lihat yang warna biru) kalo sudah kayak gini gimana? Perhatikan: TINGGAL DIPINDAH !! Maaf, huruf besar :p biar kebaca, untuk caranya mindahnya sih terserah, aslinya pakai 7zipper ini juga bisa tapi kalo saya pakai file manager aslinya. Yang penting itu, dipindah kemana? Ini yang perlu kamu perhatikan.

cara install game

Silahkan buka folder yang berisi file hasil ekstrakan tadi, kalo sudah silahkan 'pindah' atau 'cut'. caranya tahan beberapa detik file tersebut lalu lepas. Maka ntar bakal muncul beberapa pilihan, contohnya kayak diatas. Tampilannya tiap hp pasti beda*, ada yang 'pindah', 'cut' atau 'move' intinya sih cuma memindahkan file tersebut.
Baca juga: Cheat Bakugan Battle Brawlers ps2
Dipindahkan kemana? Ke dalam folder Android > obb > disini. Coba perhatikan gambar diatas dibawah warna hitam yang tulisannya "Penyimpanan Eksternal" ini adalah letak file tersebut, berhubung file ini ada di memori eksternal maka saya perlu memindahkannya ke dalam memori internal.

Silahkan pergi ke memori internal, kalo ekstraknya sudah di memori internal maka kamu tinggal cari folder bernama Android, letaknya ada di paling luar sendiri, kalo kamu berada di dalam sebuah folder maka silahkan back/kembali hingga ketemu folder bernama android. kalo sudah silahkan kamu buka, nanti PASTI ada folder bernama DATA.

Kalo sudah silahkan cari folder bernama OBB, ada ga? kalo ga ada buat aja folder baru bernama obb (huruf kecil semua) kalo sudah silahkan buka folder obb tersebut dan paste filenya disana (maksudnya pindahkan di dalam folder obb tersebut).


cara install game apk
Kalo kurang jelas, silahkan perhatikan gambat diatas. Jadi, tinggal saya klik tempel

cara instal android game
Nah, kalo sudah kayak diatas maka tinggal kamu buka aja gamenya. kalo sudah bisa dimainkan artinya kamu sudah melakukan hal yang benar. Hal lain yang perlu kamu perhatikan lagi

cara pasang game android
Sisa memori bebas di memori internal kamu, jangan sampai terlalu mepet kayak punya saya yang hanya tersisa 145MB. kalo di bawah 100mb pasti gamenya ga bisa dimainkan. Udah sih, itu aja! ini nih, game Dream league soccernya sudah bisa dimainkan!

cara instal game dream league soccer

cara mudah install game dream league soccer

instal game dream league soccer

Gimana? Sudah paham kan?

Tips lainnya:
Kalo cara yang kamu lakukan sudah benar kadang ada game yang saat dibuka itu perlu koneksi internet. Maksudnya ada game yang perlu verifikasi lisensi supaya bisa dimainkan. Jadi ini khusus game* tertentu, saat pertama kali ngebukanya kamu harus mengaktifkan koneksi internet kamu tapi kalo untuk Game Dream League Soccer ini sih ga perlu.
Baca juga: Cheat Naruto Ultimate Ninja 5 ps2

Download Aplikasi 7zipper

Oh ya, jangan lupa download dulu senjata yang diperlukan yaitu aplikasi 7zipper!
Jika sudah terdownload langsung install aja, aplikasi ini sih sebenernya cuman diperlukan untuk proses mengekstrak aja. Jadi kalo sudah selesai kamu bisa langsung mencopotnya juga tidak apa-apa, tenang aja ukurannya kecil kok. Sekian dulu tutorial Cara instal game andorid ini, semoga paham.