Mar 2, 2024

Tips Memilih Aplikasi Saham Terbaik Android Untuk Pemula

Gunakan aplikasi saham terbaik ketika ingin melakukan investasi saham. Terutama buat kamu para pemula yang sedang dalam masa belajar tentang saham. Memilih aplikasi tentu tidak boleh sembarangan terutama ketika hendak melakukan investasi yang berhubungan dengan uang. Karena banyak sekali aplikasi yang tidak terpercaya, maka dari itu tulisan ini akan membahas secara lengkap mengenai aplikasi investasi saham terbaik dan terpercaya untuk pemula.

Sebelum saya jelaskan mengenai ciri serta sebuah fitur aplikasi saham terbaik, mari kita bahas lebih dulu tentang apa itu saham. Sebenarnya kata saham sendiri berasal dari bahasa arab yaitu musahamah yang memiliki arti bagian dari kepemilikan. Jadi ketika kita beli sebuah saham baik itu melalui aplikasi entah di android, pc ataupun iOS. Artinya kita juga ikut membeli hak milik dari perusahaan tersebut.

Rekomendasi Aplikasi Saham Terbaik

aplikasi saham terbaik

Karena saham ini umumnya di jual oleh sebuah perusahaan. Tujuan dari dikeluarkannya saham oleh sebuah perusahaan ini memiliki banyak fungsi, seperti membayar sebuah hutang. Yaitu ketika sebuah perusahaan memiliki hutang, maka mereka akan mengeluarkan saham dan dijual guna untuk melunasi hutang tersebut. Selain itu saham yang di edarkan juga punya tujuan lain seperti mengeluarkan produk baru, memperluas market pasar sampai membangun anak perusahaan yang lain.

Baca juga:

Sehingga saham yang dikeluarkan itu memiliki banyak sekali fungsi. Dari saham inilah setiap investor atau kita bisa mendapat sebuah keuntungan. Bagi para pemula yang ingin mencari aplikasi saham terbaik android, ada baiknya untuk memahami dulu mengenai arti dan makna saham. Karena supaya bisa mendapatkan keuntungan dari transaksi jual beli saham maka para pemula harus memahami banyak sekali istilah.

Contoh istilah tersebut adalah day trading, yaitu proses jual beli saham yang dilakukan dalam kurun waktu satu hari. Jadi tujuan dari jual beli stocks (saham) disini itu tidak digunakan sebagai investasi jangka panjang. Melainkan untuk mencari keuntungan secepat mungkin. Nah, aplikasi saham terbaik inilah yang akan membantu proses transaksi jual beli saham menjadi lebih mudah.

Aplikasi saham terbaik itu ada cukup banyak, disini saya akan menjelaskan sebagian dari ciri aplikasi terbaik yang aman dan terpercaya saat digunakan untuk melakukan investasi saham. Ciri ini berlaku untuk semua aplikasi, baik itu di android, pc sampai iOS. Simak ciri aplikasi saham terbaik di bawah ini.

Ciri Aplikasi Saham Terbaik Android Untuk Pemula

  • Terdaftar di OJK
  • Pendaftaran Mudah dan Murah
  • Memiliki Virtual Trading
  • Metode Pembayaran Beragam
  • Memiliki Beragam Informasi Yang Transparan
  • Banyak Fitur

Sebelum mulai menggunakan aplikasi saham terbaik android untuk pemula, ada baiknya ketahui lebih dulu ciri dari aplikasi saham yang aman dan terpercaya. Supaya kita tidak tertipu oleh investasi bodong. Berikut adalah penjelasan dari ciri aplikasi saham terbaik tersebut.

Terdaftar di OJK

Sebuah aplikasi saham terbaik haruslah memiliki izin dari OJK(Otoritas Jasa Keuangan) yaitu sebuah lembaga independen yang punya fungsi, tugas, dan wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan dalam segala hal yang menyangkut jasa keuangan. Sehingga saat menemukan sebuah aplikasi saham terbaik android, pastikan kalau aplikasi tersebut terdaftar dan memiliki izin OJK.

Baca juga:

Karena bila sebuah perusahaan memiliki OJK maka semua hal sudah di awasi dan dijamin oleh Otoritas ini. Sehingga data dan uang yang kamu investasikan bisa terlindungi secara aman. Jadi sudah tidak perlu khawatir lagi akan kebocoran dan dan hilangnya uang yang dibawa kabur.

Pendaftaran Mudah dan Murah

Pastikan aplikasi saham yang kamu pilih memiliki pendaftaran yang mudah serta murah. Dengan kata lain setidaknya ketika kamu hendak menggunakan aplikasi tersebut, kamu tidak perlu melakukan deposit dengan biaya yang cukup mahal. Umumnya pemakaian dari aplikasi saham terbaik di android itu gratis. Kalaupun diwajibkan untuk deposit, jumlah minimalnya itu sangat terjangkau. Sehingga siapa saja bisa mencobanya.

Memiliki Virtual Trading

Tips lain ketika memilih sebuah aplikasi saham ialah pastikan aplikasi tersebut memiliki fitur virtual trading. Yaitu sebuah simulasi trading yang bisa dilakukan guna untuk mempelajari pola pasar modal dan mencoba ilmu yang telah dimiliki. Umumnya virtual trading menyediakan uang virtual yang bisa digunakan untuk trading secara real time.

Hanya saja keuntungan yang di dapat dari simulasi tersebut tidak bisa di uangkan. Karena tujuan dari virtual trading ini tidak lain hanyalah untuk membuat kita punya pengalaman dalam investasi di pasar modal secara langsung.

Metode Pembayaran Beragam

Setiap melakukan investasi pasti dibutuhkan sebuah metode pembayaran, aplikasi saham terbaik memiliki beragam metode bayar untuk melakukan deposit ataupun penarikan. Sehingga pastikan aplikasi yang kamu pilih memiliki metode bayar yang banyak. Umumnya investasi bodong hanya mendukung satu jenis pembayaran seperti Bitcoin atau satu jenis bank saja.

Bila ada sebuah aplikasi semacam ini maka harus hati-hati karena umumnya aplikasi yang hanya mengkhususkan satu metode bayar saja itu scam. Karena banyaknya metode transfer yang disediakan akan memudahkan para trader untuk melakukan transaksi jual beli saham memakai aplikasi terbaik.

Memiliki Beragam Informasi Yang Transparan

Informasi semacam ini bisa dijadikan jaminan kalau perusahaan di balik aplikasi saham terbaik yang kita gunakan itu bisa terpercaya. Setidaknya bisa meningkatkan reputasi perusahaan tersebut. Karena segala informasi yang ada itu disediakan secara transparan.

Banyak Fitur

Pastikan aplikasi saham terbaik yang hendak digunakan baik itu di android ataupun iOS memiliki banyak fitur. Dengan banyaknya fitur ini membuktikan kalau aplikasi tersebut dibuat dengan niat dan tujuan untuk memudahkan para trader pemula. Jadi fitur semacam ini akan sangat membantu sekali bagi kamu yang masih pemula dalam main investasi saham.

Itulah dia beberapa ciri dan tips dalam memilih aplikasi saham terbaik, pastikan aplikasi yang kamu gunakan minimal memiliki beberapa hal diatas. Hal ini berguna untuk meminimalisir investasi bodong yang sangat merugikan.