Mar 4, 2024

Cara Memperbaiki Charger Laptop Tidak Berfungsi Dengan Mudah

Keberadaan charger laptop itu sangat penting karena kalau rusak kita hampir tidak bisa menggunakan laptop tersebut. Karena mengandalkan kapasitas baterai saja tidak cukup. Apalagi kalau laptop yang kita gunakan itu sangat boros atau bahkan baterainya rusak. Sehingga laptop tersebut haruslah selalu terhubung ke cas laptop agar laptop bisa berfungsi dan digunakan.

Namun tak selamanya charger bisa terus dipakai, suatu saat cas tersebut akan rusak. Nah, bagaimana sih cara memperbaiki charger laptop tidak berfungsi atau tidak masuk? Tulisan ini akan membahas cara paling mudah untuk mengatasi charger laptop tidak mau masuk. Tutorial kali ini berdasarkan pengalaman sendiri ketika cas laptop yang saya gunakan rusak.

Ca Meperbaiki Cas Laptop Rusak

cara memperbaiki charger laptop tidak berfungsi

Cara memperbaiki charger laptop tidak berfungsi ini bisa dilakukan untuk cas laptop lama atau yang baru beli. Karena saya pernah beli charger laptop baru yang hanya berfungsi selama beberapa bulan. Setelah cas laptop yang saya miliki tiba-tiba mati total. Akhirnya mau tidak mau saya harus beli charger lagi. Hanya saja kekurangan charger baru ini membuat trackpad dan kursor mouse saya jadi aneh.

Baca juga:

Yaitu bikin kursor jadi lambat dan tidak responsif. Akhirnya saya putuskan untuk memakai charger laptop satunya yang laptopnya sudah rusak. Karena masih bisa di pakai dan berfungsi dengan baik, akhirnya saya gunakan selama beberapa saat. Tapi kok malah rusak juga, terus saya coba deh cari solusi atau cara mengatasi charger laptop tidak masuk ini dan berikut caranya.

Cara Memperbaiki Charger Laptop Tidak Berfungsi

Beginilah cara memperbaiki charger laptop tidak berfungsi yang benar

  • Ambil charger yang rusak
  • Ambil Gunting
  • Lalu potong kabel DC dari ujung charger sepanjang 20 cm
  • Potong juga kabel colokkan dari laptop sepanjang 20 cm
  • Lalu sambungkan kedua kabelnya
  • Sambungkan lagi kabel tersebut dengan warna yang sama
  • Lalu uji coba cas yang rusak tadi
  • Sekarang harusnya cas sudah bisa berfungsi dengan baik.

Intinya adalah kita memotong kabel DC atau kabel kecil yang mengarah ke laptopnya dan mengurangi panjangnya lalu menyambungkannya kembali. Berikut tutorial lengkapnya dengan gambar supaya tidak salah potong kabel. Silahkan hati-hati saat mencoba cara ini, pastikan charger yang akan dipotong tidak tersambung ke listrik saat melakukannya.

Potong Kabel

cara mengatasi charger laptop tidak masuk

Silahkan potong kabel yang kecil sekitar 15 sampai 20 cm dari ujung charger. Perlu diketahui kalau kabel di laptop itu ada dua, kabel kecil yang langsung mengarah ke laptop dan yang besar mengarah ke listrik. Kabel kecil ini memiliki ARUS DC jadi ketika menyambungkan kabelnya tidak boleh terbalik. Biasanya setiap kabel memiliki warna yang berbeda jadi ntar tinggal disambung saja dengan warna yang sama.

cara memperbaiki charger laptop acer tidak mengisi

Setelah itu potong juga kabel dari jarak colokkan laptop sepanjang 15 atau 20 cm. Panjangnya sih tidak harus 15 atau 20 cm kok, dikira-kira saja tidak ada masalah. Yang penting jangan terlalu pendek dan jangan terlalu panjang juga.

Sambungkan Kabel

cara mengatasi charger laptop putus nyambung

Selanjutnya cara memperbaiki charger laptop tidak berfungsi ini adalah dengan menyambungkannya kembali. Pastikan warna kabelnya sama, jangan terbalik nanti bisa bikin rusak. Pastikan juga tidak ada kabel yang tersambung. Setelah itu lalukan uji coba dan lihat apakah charger sudah bisa berfungi dengan normal atau tidak? Kalau tidak lanjut ke cara mengatasi charger laptop tidak masuk berikutnya.

Potong Kabel Lagi

Ketika sudah di potong 10-20cm kabel masih tidak berfungsi silahkan potong lagi menjadi 5 cm di masing-masing kabel. Lalu sambungkan lagi dan cek apakah masih bisa berfungsi atau tidak? Kalau berfungsi sekarang selanjutnya tinggal langkah terakhir yaitu selotip kabelnya. Pertama selotip dulu satu persatu supaya tidak ada kabel yang tersambung. 

Misal selotip dulu yang warna putih sampai tidak terlihat tembaganya. Lalu selotip juga warna merah sampai tidak terlihat tembaganya lalu selotip kedunya sampai akhirnya menjadi seperti ini.

cara memperbaiki charger laptop asus tidak mengisi

Beli Baru

Ketika cara memperbaiki charger laptop tidak berfungsi diatas sudah dilakukan tetapi charger masih tidak mengisi. Maka cara mengatasi charger laptop tidak masuk berikutnya ialah dengan beli baru. Kenapa? Yaah, karena kerusakan pada cas laptop itu ada dua yaitu di bagian transformer yaitu yang bentuknya kotak besar dan di bagian kabel DC.

Sebagian besar kerusakan ada di dua bagian tersebut, mengatasi charger laptop tidak masuk diatas ini hanyalah cara untuk mengatasi kerusakan di bagian kabel DC. Kalau di bagian transformer saya sarankan untuk beli baru. Kenapa? Kalau kamu bukan anak elektro dan paham tentang reparasi komponen elektronik mending beli baru.

Karena sangat tidak sepadan resikonya dan perbedaan tegangan pada keluaran charger yang kita perbaiki bisa saja mempengaruhi laptop kita nantinya dan saran saya lagi belilah charger original. Setiap charger biasanya ada part number, pastikan part number charger kamu yang rusak tadi sama dengan part number cas yang baru kamu beli.

Hal ini untuk meminimalisir kejadian seperti bikin trackpad atau kursor menjadi error seperti di kasus saya. Cara memperbaiki charger laptop tidak berfungsi yang sudah saya jelaskan disini sudah saya lakukan di dua charger laptop saya yang tidak masuk. Akhirnya keduanya berfungsi kembali dengan normal karena memang keduanya mengalami kerusakan di bagian kabel DC doang.

WARNING!!

Karena berhubungan dengan listrik silahkan hati-hati, lakukan pemotongan saat cas tidak tersambung ke listrik dan saat melakukan uji coba pastikan untuk tidak memegang kabel dan pastikan juga kabelnya tidak ada yang tersambung. Semoga cara mengatasi charger laptop tidak masuk ini bisa membantu kamu, sekian dulu dan semoga berhasil.