Nov 30, 2023

Kenali Livery Jenis BUS HD Di Game Bus Simulator Indonesia

Para bus mania pasti tahu kalau jenis bus itu ada banyak sekali, salah satunya adalah jenis bus hd. Yaitu sebuah bus yang sering kita dapati di jalan raya dan merupakan sebuah model bus yang digunakan oleh beberapa perusahaan otobus yang ada di indonesia. Disini akan membahas lebih lengkap mengenai jenis bus hd serta livery bus hd di dalam game bussid.

Pertama-tama mari kita kenali jenis bus hd, bus hd merupakan sebuah bus single glass yang memiliki dek tinggi. Karena kata HD di dalamnya merupakan singkatan dari High Deck atau High Decker. Bus HD sendiri merupakan salah satu jenis bus yang populer di indonesia. Terdapat beberapa jenis bus yang dipakai oleh beberapa operator bus seperti SHD, XHD, SDD dan juga HD.

Ciri Khas Jenis Bus HD

jenis bus hd

Karena sangat populer tidak heran kalau bus hd ini modelnya terdapat di sebuah game yang bernama bus simulator indonesia atau sering disingkat menjadi bussid. Jenis Bus HD merupakan bus dengan tipe kelas dasar yang memiliki dek tinggi. Dek sendiri merupakan kabin bus yang di dalamnya di isi oleh kursi penumpang.

Baca juga:

Dimana ciri utamanya dari jenis bus hd adalah kursi sopir lebih rendah dibandingkan kursi penumpang. Padahal di jaman dulu bus biasanya posisi supir dengan penumpang itu sama, layaknya posisi yang ada di hampir semua jenis mobil biasa. Bus HD adalah salah satu dari beberapa jenis bus besar. 

Bus HD pertama kali muncul di indonesia pada tahun 2010 dimana bus ini di produksi oleh Karoseri Adiputro dan Rahayu Sentosa. Kemunculannya sekarang telah tergantikan oleh jenis bus lain yaitu bus shd. Dimana tinggi dek jauh lebih tinggi dibandingkan dengan bus hd. Ketinggian dek ini pengaruhnya adalah luas bagasi, semakin tinggi dek maka bagasi akan semakin luas.

Bahkan bagasi bus sekarang bisa digunakan untuk mengangkut motor. Nah, bus ini cukup populer sampai tipe bus hd muncul di game simulasi berkendara bis yaitu bussid. Terdapat 6 jenis bus yang ada di dalam permainan itu. Salah satunya adalah bus HD, nah buat yang bermain game bussid mari kita telisik lebih jauh mengenai jenis bus hd di bussid.

Ciri Livery Bus HD

Pertama adalah kita bahas mengenai ciri khas livery bus hd, yang paling mencolok adalah tampilan pintu di bagian depan.Dimana terdapat sebuah kaca berbentung persegi panjang bagian bawahnya seperempat lingkaran. Untuk contoh bisa dilihat di artikel livery bus hd disini yang pernah saya bahas dan bagikan banyak sekali livery hd secara gratis.

Selain itu ciri lain dari livery bus hd adalah kaca bagian depan yang tidak memiliki sekat pemisah sama sekali. Sehingga bus hd sering disebut sebagai bus single glass alias bus satu kaca. Ini adalah bus yang pertama kali kita dapatkan saat bermain game bussid, dengan memakai bus ini kita bisa mencari uang untuk dapat membeli model bus lain.

Yup, itu saja sih sedikit pembahasan mengenai jenis bus hd yang ada di dunia nyata dan juga yang ada di dalam game bussid. Jenis bus hd yang di dalam game bus simulator indonesia sangatlah mirip dengan bus hd yang ada di dunia nyata. Karena itulah kenapa game bussid bisa sangat populer karena memiliki gameplay yang sangat realistis.