Jul 21, 2023

Sejarah Bus PO Haryanto Di Game Bussid

PO Haryanto adalah salah satu nama bus yang livery dari bis ini paling dicari oleh para pengguna game bussid. Bahkan saya sendiri sempat membagikan secara khusus livery bus po haryanto dengan jumlah yang cukup banyak. Untuk melengkapi tulisan tersebut mari yuk kita bahas sedikit mengenai sejarah dari perusahaan PO Haryanto ini.

PO Haryanto, sebuah perusahaan bus antarkota dan pariwisata dari Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, didirikan pada tahun 2002 oleh H. Haryanto setelah purna tugas sebagai tentara. Awalnya beroperasi dengan trayek perkotaan, perusahaan ini beralih menjadi kelas eksekutif dan mengembangkan trayek antarkota ke berbagai kota di Pulau Jawa.

PO Haryanto Sangat Terkenal

sejarah bus po haryanto di game bussid

Karena perusahaan ini mengalami perkembangan yang cukup pesat dan terkenal. Sehingga banyak pengguna game bussid membuat livery dari bus po haryanto ini. Buat yang tidak paham apa itu livery, silahkan baca tulisan tentang apa itu livery di bussid yang sudah pernah saya bahas sebelumnya.

Baca juga:

Nah, salah satu ciri khas yang dimiliki oleh livery bus po haryanto adalah skin atau template bus haryanto ini memiliki sebuah gambar wayang. Dimana gambar tersebut sudah menjadi ikon dari perusahaan yang sudah berdiri sejak lebih dari 20 tahun yang lalu. Banyak sekali model livery bus po haryanto yang bisa kamu temukan.

Apalagi bus haryanto ini memiliki banyak sekali armada, sehingga tidak heran kalau setiap livery memiliki desain dan model yang berbeda dengan satu dan yang lainnya. PO Haryanto tumbuh pesat dengan ekspansi bisnisnya ke luar Muria Raya, Pulau Madura, dan jalur selatan Jawa. 

Bus Haryanto memiliki berbagai divisi dan menyediakan tiga kelas bus: Eksekutif, VIP, dan Patas. Selain armada bus, PO Haryanto memiliki rumah makan "Menara Kudus" dan SPBU di beberapa lokasi. Mereka juga bekerja sama dengan operator bus lain untuk menyediakan layanan tiket terusan ke Sumatra.

Mengakomodasi aspirasi penggemar dan pelanggan setianya, didirikan klub penggemar "Haryanto Mania" yang aktif dalam jejaring sosial. PO Haryanto dikenal dengan desain bus yang meriah dan ciri khas layanannya, termasuk memberhentikan perjalanan untuk sholat dan menyumbangkan sebagian uang tiket untuk amal.

Manajemen Haryanto juga berkomitmen untuk memberangkatkan karyawan mereka dalam melaksanakan haji/umrah. Artis campursari, Cak Diqin, bahkan menulis lagu "Ayo Numpak Bis Haryanto" yang mengajak orang untuk menaiki bus PO Haryanto.

Aktivitas kru dan manajemen Haryanto terekspresikan dalam situasi komedi berjudul "Hari dan Yanto," yang menggambarkan hubungan akrab mereka dengan penumpang. Para penumpang pun merasa seperti saudara saat bepergian bersama PO Haryanto.

Ciri Khas Livery Bus Haryanto

Tak hanya itu, Haryanto juga dikenal dengan berbagai ciri khas yang membuat perusahaannya unik. Penggunaan skema warna bodi bus yang beragam dan meriah menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelanggan. Selain itu, gambar wayang yang dihadirkan pada sebagian armada bus, seperti Werkudara atau Rama dan Sinta, memberikan sentuhan seni dan budaya khas Indonesia.

Tentu saja, kesuksesan PO Haryanto tidak lepas dari dedikasi dan kerja keras para kru dan karyawan yang setia mengabdi. Mereka menjalani tugas dengan penuh tanggung jawab dan menyambut penumpang dengan sikap ramah dan sopan. Dalam perjalanan panjang dan melelahkan, para penumpang tidak hanya menjadi sekadar pelanggan, tapi juga diperlakukan seperti saudara sendiri.

Perjalanan panjang PO Haryanto dari sebuah usaha kecil hingga menjadi salah satu perusahaan otobus terbesar di Indonesia menjadi bukti nyata dari ketekunan, keberanian, dan semangat juang Haji Haryanto. Di balik kesuksesan bisnisnya, terdapat kisah hidup inspiratif yang penuh liku-liku dan perjuangan keras. 

Haji Haryanto adalah contoh nyata bahwa kesuksesan bisa diraih dengan tekad dan kerja keras, meski dimulai dari nol dan dihadapkan pada berbagai rintangan. Semangat juangnya tetap menginspirasi dan menjadi teladan bagi banyak orang yang bermimpi meraih kesuksesan dalam hidupnya.