Mar 8, 2024

Apa Itu Livery di Bussid? Berikut Penjelasannya!

Banyak sekali istilah yang sering muncul di dalam dunia game, setiap game memiliki makna yang berbeda satu sama lain. Bahkan terkadang makna tersebut hanya bisa digunakan untuk suatu game tertentu. Tulisan kali ini akan membahas mengenai makna dan istilah tentang apa itu livery di bussid.

Livery Bussid merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut sebuah gambar template di game simulasi Bus Simulator Indonesia (Bussid). Dimana gambar ini nantinya dapat dipakai untuk mengubah sebuah tampilan bus. Atau lebih mudahnya livery bussid adalah skin sebuah bus yang berupa sebuah gambar dengan desain dan model tertentu.

Fungsi Livery Di Bussid Indonesia

apa itu livery bussid

Fungsi utama dari livery bussid adalah untuk mengubah tampilan bus menjadi seperti yang di ingkan. Dengan kata lain livery di game bussid adalah sebuah gambar untuk mempercantik atau memperindah tampilan bis yang dimiliki. Dimana di dalam livery ini nanti kita sebagai pemain bisa menambahkan sebuah stiker, corak, desain sampai logo tertentu.

Baca juga:

Secara sederhana livery adalah istilah skin untuk sebuah bus yang ada di game bussid. Nah, jenis livery ada cukup banyak bahkan saya sendiri sudah membagikan semua tipe livery yang ada. Livery yang paling populer adalah format png, dimana kamu bisa download livery bus format png di halaman khusus yang pernah saya tulis.

Sejarah Livery

Secara makna Livery adalah desain identifikasi yang menandai kepemilikan atau afiliasi, seperti seragam, simbol, atau warna khusus, yang ditemukan pada individu atau kendaraan. Istilah "livrée" berasal dari bahasa Prancis yang berarti "diberikan" atau "diserahkan." 

Biasanya, livery menunjukkan bahwa yang memakainya adalah pelayan, pengikut, atau teman dari pemilik livery, atau menandakan kepemilikan benda tersebut. Di Inggris pada zaman feodalisme gadungan abad pertengahan, badge livery yang dipakai oleh para pengikut tuan besar, kadang-kadang berfungsi sebagai tentara pribadi, menjadi masalah politik penting.

Sedangkan di bussid, livery menunjukkan atau menandakan siapa pemilik bus tersebut. Biasanya desain yang ada di livery ini memiliki ciri khas atau simbol tertentu dari sebuah perusahaan otobus. Makanya jangan kaget bila kamu menemukan banyak pemain game bussid mencari berbagai macam livery dari berbagai po seperti:

  • Livery HD (Livery khusus untuk bus pertama di bussid)
  • Livery SHD (Livery dengan ciri khas bus yang memiliki double glass yang disebut super high deck)
  • Livery Haryanto (Livery perusahaan bus bernama PO Haryanto)
  • Livery Tuan Muda (Livery armada bus bris trans bernama tuan muda)
  • Serta masih banyak lagi yang lainnya.

Bila kamu penasaran dengan livery apa saja yang ada di bussid kamu bisa kunjungi halaman Daftar Livery Bussid Lengkap berikut ini. Karena disana kamu bisa menemukan serta download berbagai macam livery di bussid dan bisa secara langsung menggunakannya. Format yang wajib kamu pakai adalah png supaya gambar bus yang dipakaikan livery bisa tampil jernih.

Itulah dia sedikit pembahasan livery bussid, sudah paham kan? Yang jelas kata livery ini bukan hanya digunakan untuk game bus simulator indonesia. Tetapi lebih menyeluruh dan umum, tetapi kalau secara makna di game bussid maksud livery adalah gambar template yang bisa dipakai untuk mengubah tampilan sebuah bus. Sudah paham kan?