Jun 18, 2023

Spesifikasi Minimum Pro Evolution Soccer 2017

Kalau disuruh memilih, mana sih game sepak bola favorit kamu di pc atau laptop? Pilihannya sih pasti ada dua kalau bukan pro evolution soccer pasti fifa. Karena memang kedua judul game inilah yang paling sering dimainkan di sistem operasi windows. Setiap orang pasti punya jawaban yang berbeda, karena kita sendiri memiliki selera game favorit masing-masing.

Kalau saya sih pasti memilih pro evolution soccer karena memang selama ini saya memainkan game buatan dari konami tersebut. Tahukah kamu kalau game sepak bola pro evolution soccer ini sudah ada sejak tahun 1995? Karena itulah tahun dimana game sepak bola ini pertama kali rilis. Dulu nama gamenya adalah J.League Jikkyou Winning Eleven atau biasa yang kita kenal dengan sebutan winning eleven.

Spek Pro Evolution Soccer 2017

spesifikasi pes 2017

Yaitu sebuah permainan sepak bola yang selalu ada di mesin playstation 2 milik siapa saja. Karena memang ini adalah game yang wajib ada dan dimainkan. Makanya tidak heran kalau banyak orang kita lebih suka bermain game pes dibandingkan dengan game fifa. Walau keduanya sama-sama game sepak bola dengan berbagai macam keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Baca juga:

Nah, bagi kamu yang penasaran dengan spesifikasi pes 2017 maka pas banget. Soalnya tulisan ini akan membahas hal tersebut. Apakah laptop atau pc yang kamu miliki ini sudah sesuai dengan kriteria minimal untuk bisa memainkan game pes ini atau tidak. Game pes sendiri itu sebenarnya selalu ada versi terbaru di setiap tahunnya. Makanya setiap ganti tahun kamu bakalan menemukan game pes dengan nama yang berbeda di bagian belakangnya.

Secara garis besar sih permainan tersebut serupa tapi tak sama. Yang membedakan ialah performa game tersebut serta perpindahan beberapa nama pemain besar ke klub lain. Yang paling terkenal ialah pindahnya ronaldo ke juventus dari real madrid serta pindahnya neymar ke psg. Buat kamu yang ingin memainkan game pes 2017 ini hal yang harus diketahui ialah kalau di versi aslinya kedua pemain yang saya sebutkan itu belum pindah ke klub lain.

Sehingga jangan kaget ketika kamu memainkan game pes 2017 ini kamu tidak menemukan ronaldo di juventus ataupun neymar di psg. Jujur saja sih spek minimum pes 2017 tidak terlalu besar kok karena dengan prosesor intel core duo dan ram cuma 1 gb doang kamu sudah bisa memainkan game ini. Apalagi permainan sepak bola berikut bisa dimainkan oleh dua orang menggunakan stik ps2.

Spesifikasi Pes 2017

Berikut ini adalah spek minimum dari pes 2017 untuk laptop atau pc.

  • OS: Windows 10, 8.1, 8, 7 SP1, Vista SP2
  • Processor: Intel Core2 Duo 1.8GHz / AMD Athlon Ⅱ X2 240 or equivalent processor
  • Memory: 1 GB RAM
  • Graphics: DirectX 9.0c compatible video card. 1024MB Pixel Shader 3.0 (NVIDIA GeForce 8800 / AMD/ATI Radeon X1600 / Intel HD Graphics 3000 or better)
  • DirectX: Version 9.0c
  • Storage: 8 GB available space
  • Sound Card: DirectX 9.0c compatible sound card
  • Dedicated Video Ram: 1024 MB

Sedangkan spesifikasi yang direkomendasikan adalah sebagai berikut.

Rekomendasi:

  • OS: Windows 10, 8.1, 8, 7 SP1, Vista SP2
  • Processor: Intel Core i3 530 / AMD Phenom Ⅱ X4 925 or equivalent processor
  • Memory: 2 GB RAM
  • Graphics: DirectX 9.0c compatible video card. 1024MB Pixel Shader 3.0 (NVIDIA GeForce GTX 260 / AMD/ATI Radeon HD4850 / Intel HD Graphics 4000 or better)
  • DirectX: Version 9.0c
  • Storage: 8 GB available space
  • Sound Card: DirectX 9.0c compatible sound card
  • Dedicated Video Ram: 1024 MB

Jadi kalau dilihat dari spesifikasi pes 2017 pc diatas maka supaya game ini bisa berjalan ialah sistem operasi yang dibutuhkan adalah minimal windows 7 atau windows vista. Sehingga kalau pc atau laptop kamu masih menggunakan windows xp sayang banget soalnya gamenya tidak akan bisa berjalan. Selain itu yang perlu diperhatikan juga ialah kapasitas ram pada gpu kamu minimal haruslah 1gb.

Hal ini diperlukan supaya kamu bisa menjalankan game ini dengan baik. Sehingga kalau spesifikasi laptop atau pc kamu dibawah dari spek minimum pes 2017 diatas. Maka sangat saya sarankan untuk tidak mencoba game ini, supaya tidak berdampak buruk terhadap laptop kamu. Apalagi game pes 2017 ini tergolong game yang cukup berat dan bisa bikin panas laptop.

Buat yang masih menggunakan windows xp tetapi ingin sekali memainkan game bola pro evolution soccer ini. Saya sarankan untuk memainkan versi pes 2013 saja. Karena spesifikasi pes ini jauh dibawah dari versi 2017. Soalnya di pes 2013 kamu bisa memainkan gamenya walau cuma memiliki ram 1gb doang dan gpu cuma 256mb saja. Selain itu sistem operasi minimalnya pun cuma windows xp.

Selebihnya versi diatas tahun 2013 tersebut OS minimalnya adalah windows 7. Sedangkan untuk harganya kalau di pc sekitar 300 ribuan sampai 500 ribuan. Hanya saja game pes 2017 ini sudah tidak tersedia lagi di steam, jadi sayang banget buat yang biasa beli disana. Soalnya game sepak bola satu ini sudah tergantikan ke versi terbaru yaitu ePES 2021 dengan berbagai macam update fitur yang tersedia.

Tentunya versi terbaru tersebut juga membutuhkan spesifikasi yang jauh lebih besar dibandingkan versi pes 2017 ini. Yang terbaru dari pes 2017 ini apa sih? Pertama tentu saja adalah di bagian grafis yang lebih bagus karena sudah di upgrade. Hal ini meliputi dari wajah pemain yang terlihat semakin mirip dengan versi aslinya. Selain itu pergerakan pemain yang semakin halus.

Selain itu suasana cuaca yang di dalam game terlihat semakin nyata dan yang terpenting adalah pergerakan bola yang hampir mirip dengan dunia nyata. Entah itu ketika memantul ataupun menyentuh net yang ada di gawang. Selain itu hal yang tak kalah pentingnya adalah umpan yang semakin presisi. Banyak hal yang akan memperngaruhi umpan bola kamu yaitu mulai dari kecepatan, skill pemain dan berbagai hal yang lainnya.

Bagian lain yang mengalami peningkatan di dalam game pro evolution soccer ini adalah tindakan para kiper. Dimana di game sebelumnya para kiper terkesan mudah banget dikalahkan tetapi disini tidak. Karena pergerakan mereka jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya. Sehingga kamu tidak akan bisa dengan mudah mencetak gol seperti biasanya. Perubahan yang terdapat di Master League dan MyClub pun juga menjadi pertanda adanya pembaruan di dalam game pes 2017 ini.

Bukan cuma itu saja permainan di dalam game pes 2017 menjadi semakin menantang dengan AI atau komputer yang semakin pintar dan sulit dikalahkan. Apalagi kalau kamu memilih mode superstar di dalam game ini. Tentu saja kamu bakalan kesulitan untuk mencetak 1 gol mengingat para pemain di dalam game pes 2017 berikut sangat disiplin dalam bertahan dan cukup bagus dalam menyerang.

Update lain yang terlihat disini ialah di bagian menu mengatur taktik atau strategi yang jauh lebih bervariasi dan mudah dipahami. Sehingga kamu bisa menentukan berbagai macam strategi yang kamu sukai. Kemampuan para pemain disini pun juga sudah diatur dan diseimbangkan. Sehingga permainan terasa tidak berat sebelah, bahkan melawan tim papan bawah pun di dalam pes 2017 ini kamu masih bisa mengalami kesulitan.

Pes 2017 sendiri merupakan salah satu game yang selama ini masih saya mainkan. Walau sekarang sudah jarang saya buka lagi, karena biasanya saya memainkan game pes ini bersama teman. Meski begitu permainan pes 2017 tergolong cukup berat dan bikin panas laptop saya meskipun saya menggunakan laptop dengan cpu core i5 dengan ram 4gb. Jadi bagaimana? Kamu sudah tahu kan spek minimum pes 2017 ini?

Kalau begitu apakah laptop atau pc kamu sudah memenuhi kriteria diatas? Kalau belum sayang banget, karena kamu tidak bisa memainkan game ini. Tetapi kamu bisa mencari solusi dengan memainkan versi dibawah tahun 2017 tersebut seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya. Misalnya saja kamu bisa memainkan game pes 2013 bila laptop atau pc yang kamu miliki itu punya spek yang nanggung banget.