Jun 8, 2023

Cara Main Pro Evolution Soccer Supaya Menang Terus

Suka bermain game sepak bola pro evolution soccer tetapi kamu sering kalah waktu memainkannya? Jika begitu mari yuk disimak tulisan saya berikut ini. Soalnya saya akan membahas beberapa hal dasar yang sangat penting sekali ketika bermain game ini. Setidaknya agar kamu tidak kalah terus waktu satu lawan satu melawan teman kamu ataupun satu lawan satu lawan komputer.

Pro Evolution Soccer atau yang disingkat menjadi pes ialah sebuah permainan sepak bola yang dibuat dan dikembangkan oleh Konami. Permainan ini dulu namanya adalah winning eleven yang dirilis pertama kali di tahun 1995 di bulan oktober. Game bola satu ini terbilang cukup sukses apalagi waktu itu ini adalah salah satu permainan yang wajib ada di tempat-tempat rental ps2 ataupun ps3.

Game Pro Evolution Soccer 2017

cara menang terus di pro evolution soccer

Salah satu saingan pes sendiri adalah fifa yang merupakan game bola buatan EA. Kedua game ini punya masing-masing keunggulan dan kekurangannya walau keduanya menawarkan gameplay yang sama. PES sendiri kini sudah tersedia di berbagai macam platform mulai dari xbox, playstation baik itu ps3, ps4 maupun ps5 lalu di android dan juga ios. 

Baca juga:

Tetapi tulisan ini akan secara khusus membahas mengenai tips menang bermain game pes di pc komputer atau playstation. Soalnya game pes yang saya mainkan itu ada di laptop, lagian secara tombol versi laptop ataupun playstation itu tidak ada perbedaan sama sekali. Selama di laptop kamu menggunakan stik dualshock yang sama. 

Tips yang saya bagikan disini itu sangat dasar sekali. Sehingga sangat cocok buat kamu yang baru pertama kali memainkan game sepak bola bernama pro evolution soccer ini. Berikut adalah tipsnya!

Pahami Semua Tombol

Hal yang harus kamu lakukan ketika pertama kali bermain game sepak bola pes ini ialah harus memahami setiap tombol yang ada. Tombolnya itu sangat dasar sekali kok, serta mudah sekali untuk di ingat. Untuk memehami tombol ini ada baiknya kamu pergi ke pengaturan dan pilih latihan training. Karena tanpa memahami tombol apa yang perlu kita gunakan hal ini akan sulit.

Terutama bila kamu melawan komputer super star, dimana lawan yang ada disini itu sangat disiplin sekali. Sehingga akan sangat sulit mengalahkan mereka. Mengingat superstar adalah level tertinggi yang ada di dalam game ini. Jadi jangan heran dan kaget kalau mereka bisa dengan mudah melewati kamu. Soalnya superstar bisa melakukan dribling serta umpan tiktak pendek yang membuat kamu kesulitan dalam menghadangnya.

Menurut saya tombol yang penting sekali di dalam game ini ialah jangan terlalu sering menggunakan tombol lari atau R1 terutama ketika kamu sedang membawa bola. Soalnya hal tersebut akan membuat kamu bisa dengan mudah kehilangan bola. Selain itu jangan terlalu sering menggunakan tombol segitiga untuk memberikan umpan terobosan. Karena tombol ini bisa dengan mudah terbaca oleh musuh dan terkena intercept.

Gunakan segitiga ketika kamu berada di wilayah musuh dan kamu mengarahkannya ke tempat yang bebas serta kosong. Selain itu hal lain yang perlu di ingat ialah manfaatkan semua tombol kombinasi. Contohnya adalah seperti tombol L1 dan Segitiga dimana ini adalah umpan lambung terobosan atau bisa juga disebut dengan through pass. Tombol ini sangat berguna sekali bila kamu menggunakannya secara tepat.

Selain itu jangan lupa juga gunakan tombol lingkaran dua kali, tekan lingkaran sebanyak dua kali secara cepat untuk melakukan umpan crossing secara rendah. Hal ini dapat membantu kamu di beberapa kesempatan apalagi kalau selama ini kamu selalu kalah dalam melakukan duel di udara. Saya beberapa kali terbantu dengan umpan berikut bahkan sering mencetak gol bila digunakan dengan cara yang tepat.

Selain tombol tersebut jangan lupa juga untuk mengingat kedua tombol berikut yaitu R2 + Kotak dan R2 + Lingkaran. Pertama adalah R2 dan Kotak, ini adalah tombol yang berguna sekali untuk mencetak gol apalagi kalau kamu berada di depan gawang. Kenapa? Dengan tombol ini kemungkinan menjadi gol itu sangat besar karena akurasi tendangan meningkat hanya saja tendangannya menjadi pelan.

Biasanya tombol ini dipakai untuk melakukan tendangan plesing atau tendangan melengkung dan apalah sebutannya. Cukup arahkan ke kanan atau ke kiri ketika menekan tombol ini. Kalau tepat pasti akan berbuah gol, karena saya sendiri sangat suka sekali memakai tombol ini terutama ketika berhadapan langsung dengan kiper. Hal lainnya adalah saya pun juga sering memakai tombol ini ketika tendangan bebas.

Caranya adalah dengan memberikan umpan ke pemain terdekat lalu saya langsung menendangnya ke arah gawang. Tentunya tombol ini saya gunakan ketika mendapatkan tendangan bebas di pojok kanan atau kiri. Kalau di kanan saya akan mengarahkan bolanya ke arah kiri dan begitu juga sebaliknya. Kalau sukses nanti tendangan akan mengarah ke pojok atas gawang lawan.

Saya pernah membalikkan keadaan dengan cara ini tentunya untuk settingan tombol yang saya gunakan adalah tipe advanced. Kamu bisa mengubah ini di pengaturan tombol cari saja tulisan Shoot Advanced. Selain itu tombol kedua adalah umpan lambung tinggi yaitu R2 dan Lingkaran. Ini adalah tombol yang saya gunakan ketika berada samping kanan atau kiri wilayah lawan.

Terutama ketika bola seakan mau keluar atau rebound, silahkan gunakan tombol ini secara langsung ke salah satu pemain kamu yang ada di depan gawang. Ini adalah tombol yang berguna untuk memberikan kejutan dengan cara melakukan umpan tinggi. Kalau tepat kamu bisa mencetak gol dengan cara ini. Selain itu masih ada lagi tombol yang asik dan seru waktu digunakan.

Yaitu L2 dan Kotak, ini adalah tendangan lambung tinggi ke gawang. Gunakan tombol ini ketika si kiper lawan berada jauh di depan gawang atau gunakan tombol ini ketika kamu satu lawan satu dan si kiper tersebut maju ke depan. Soalnya dengan menekan ini kemungkinan kamu bisa mencetak gol itu sangat besar sekali. Ini adalah tombol yang sering sekali dilupakan padahal sangat bermanfaat.

Tentukan Formasi Yang Tepat

Kalau kamu sedang buntu dan tidak bisa menembus pertahanan lawan ada baiknya ganti formasi kamu. Silahkan ganti misal dari possession menjadi counter attack. Atau kamu bisa mengaktifkan beberapa pilihan attack seperti gegenpressing, target man dan lain sebagainya. Silahkan perlajar hal ini di dalam game pes kamu soalnya akan sangat membantu sekali untuk memecah kebuntuan.

Di pengaturan sendiri terdapat beberapa pilihan yang bisa kamu gunakan. Aktifkan saja ini jika diperlukan, tetapi kamu harus berhati-hati juga karena pengaturan ini memiliki sebuah kekurangan yang bisa saja malah merugikan kamu. Seperti gegenpressing yang membuat stamina menjadi berkurang secara cepat. Jadi silahkan sesuaikan dengan kondisi yang kamu hadapi.

Pelajari Cara Melakukan Driblling

Hal paling penting dan sangat berguna digunakan ketika bermain game pes ialah kamu harus bisa melakukan dribbling. Karena ini adalah salah satu cara yang bisa di pakai untuk lepas dari kawalan musuh. Soalnya terkadang ada kalanya kita akan satu lawan satu melawan bek atau pemain tengah lawan. Kalau kamu bisa melakukan dribbling tentu kamu akan sangat di untungkan.

Hal ini bisa kamu pelajari di bagian tutorial yang ada di dalam game pes itu sendiri. Atau bisa juga pergi ke latihan yang ada di pengaturan yaitu Free Training. Silahkan pelajari cara dribbling disana. Dan jangan lupa untuk menyelesaikan semua training yang ada di dalam game ini. Pastikan kamu bisa mendapatkan skor yang bagus disitu. Soalnya menu ini sering sekali dilupakan oleh para pemain pes, padahal sangat berguna sekali.

Setidaknya kamu perlu membiasakan beberapa tombol yang sangat membantu. Di tutorial sendiri kita akan diajari berbagai macam hal. Mulai dari cara melakukan plesing, cara menggiring bola sampai cara melakukan umpan. Kalau bisa usahakan untuk mendapatkan skor tertinggi di tutorial tersebut.

Itulah beberapa tips yang mungkin berguna buat kamu untuk memenangkan pertandingan di dalam game pes. Game sepak bola merupakan permainan strategi sehingga dibutuhkan sebuah kesabaran untuk bisa memenangkannya. Yang jelas apa yang saya sampaikan ini merupakan hal yang cukup dasar sekali. Apa yang saya tulis ini berdasarkan pengalaman saya ketika bermain game pes berikut.

Baik itu ketika sendirian atau ketika main bersama teman sendiri. Masih banyak hal penting lainnya yang mungkin belum bisa saya sampaikan tetapi hal ini bisa kamu pelajari sendiri. Selain itu hal penting lainnya adalah sering-seringlah bermain nanti kamu bakalan paham sendiri kok cara bermain game pes tersebut. Skill kita akan semakin meningkat dengan seiring bermain game ini. Kalau begitu saya ucapkan selamat mencoba dan semoga membantu.