Mar 9, 2024

Cara Memakai Stik Playstation 2 Di Playstation 3

Ps3 adalah platform gaming buatan sony generasi ketiga, dimana platform ini sendiri telah dikembangkan sampai generasi kelima. Yang merupakan platform terbaru dengan berbagai macam update di berbagai sisi. Baik itu dari performas mesin, grafis visual sampai loading game yang dimainkan. Playstation 3 sendiri pertama kali dirilis di tahun 2006 dengan tiga versi.

Ketiga versi ps3 itu adalah antara lain, Ps3 Fat, Slim dan yang terakhir super slim. Dimasing-masing tipe ps3 tersebut memiliki kekurangan dan keunggulan masing-masing. Salah satu contohnya adalah ps3 fat yang punya fitur backward compatibility yang artinya ps3 ini bisa digunakan untuk bermain game ps2. Hanya saja versi fat sendiri sangat rawan dengan YLOD.

Menggunakan Stik PS2 Di Ps3

pakai stik ps2 ke ps3
Yang merupakan singkatan dari Yellow Screen Of Death, dimana sebuah kondisi ps3 itu tidak bisa dinyalakan kembali. Sebuah masalah yang cukup umum terjadi di ps3 generasi awal. Dulu waktu pertama kali rilis ps3 sendiri dibanderol dengan harga $499.99 khusus untuk mesin ps3 dengan kapasitas 20gb sedangkan untuk yang 60gb harganya $599.99. Kalau dirupiahkan dengan kurs sekarang harganya itu sekitar 8.4 jutaan untuk versi 60gb.
Baca juga:

Secara spesifikasi sendiri ps3 sendiri sebenarnya cuma punya 256mb ram tipe XDr serta untuk GPUnya itu 256 MB GDDR3. Bila dibandingkan dengan spesifikasi minimal game sekarang tentu saja spesifikasi tersebut sudah ketinggalan jaman. Maka dari itu tidak heran kalau produksi playstation 3 itu dihentikan sejak tahun 2017 kemarin. Sehingga di tahun sekarang kamu sudah tidak bisa menemukan game terbaru yang khusus di rilis untuk platform ps3.

Hal ini juga berlaku untuk game yang rilis tahunan seperti pro veolution soccer, dimana versi terakhir yang bisa dimainkan di ps3 ialah tahun 2018. Itupun terkadang gamenya itu bisa dimainkan dan bisa juga tidak. Meski begitu platform ps3 ini masih banyak kok digunakan. Bahkan sebagian dari kita masih memainkan game di ps3 dibandingkan dengan game di ps4 atau ps5.

Apalagi harga ps3 sekarang itu termasuk murah karena platform satu ini sudah tidak ada versi terbaru. Soalnya semua ps3 yang beredar sekarang itu termasuk barang refurbished. Apalagi produksi mesin ps3 ini telah berhenti beberapa tahun yang lalu. Kalau kamu bisa menemukan mesin ps3 original dan masih baru berarti kamu beruntung banget. Nah, di dalam tulisan ini sebenarnya saya ingin membahas mengenai cara menggunakan stik ps2 di ps3.

Perlu kamu ketahui kalau stick playstation ini memiliki seri atau nama sendiri. Untuk stick ps1 dinamakan dengan dualshock 1, kalau ps2 namanya dualshock 2 dan jika ps3 namanya dualshock 3. Bedanya ds1 dengan ds2 ialah terletak pada tombolnya yang lebih peka tombol di ds2 dibandingkan ds1. Nah, sedangkan kalau di dualshock 3 sendiri tentu selain tombolnya jauh lebih peka.

Hal lainnya yang membuat berbeda ialah di stik ps3 kita sudah tidak perlu memakai kabel. Karena stik ps3 ini sendiri disambungkan menggunakan koneksi bluetooth. Jadi jangan heran kalau harga stik ps3 sendiri cukup mahal karena teknologi yang digunakan itu sendiri. Untuk harga stik ps3 ori saja bisa mencapai 200 ribuan, itupun harga untuk 1 buah stik saja.

Kalau kamu beli dua yaa tinggal kalikan saja 200 dikali 2 menjadi 400 ribu. Kalau mau beli stik ps3 saya sarankan untuk beli ori mesin. Kenapa karena pemakaian dan tombolnya yang enak serta lumayan awet. Untuk membedakannya sendiri sih agak susah kecuali buat mereka yang sudah pengalaman dan sering main game ps3 menggunakan stik ds3 yang asli.

Kekurangan stik ps3 ini ialah karena menggunakan baterai maka kalau rusak cukup sudah untuk diperbaiki. Terkadang meski stiknya sudah nyala tetapi stik tersebut tidak dapat terhubung ke ps3 itu sendiri. Hal ini sudah pernah saya alami karena saya memiliki 3 buah stik dualshock 3 yang rusak dan tidak berfungsi lagi. Akhirnya saya putuskan deh untuk beli stik dengan harga yang murah yaitu stik dualshock dua yang sama-sama bisa dipakai untuk ps3 ataupun di laptop saya.

Karena kalau beli stik ps2 maka kamu akan mendapatkan dua buah stik dengan harga 100 ribu doang. Sedangkan kalau memakai stik ps3, kamu cuma mendapatkan 1 doang. Sehingga kamu mesti mengeluarkan uang lagi untuk membeli stik kedua. Secara ekonomi tentu lebih hemat bila kita membeli stik ps2 dibandingkan ps3, apalagi kalau kita tipe orang yang sering membuat rusak stik tersebut.

Cara Pakai Stik Ps2 Di Ps3

Lalu cara memakai stik ps2 di ps3 itu bagaimana? Mudah banget, tetapi supaya kita bisa menggunakan stik ps2 ini ke dalam mesin ps3 maka kita membutuhkan sebuah alat bantuan bernama converter. Cari saja di toko online converter stik ps2 to usb nanti bakalan ketemu kok. Setelah itu kamu tinggal colokkan saja stik ps2 tersebut ke converter tadi setelah itu sambungkan dan colokkan di lubang usb yang ada di mesin ps3 kamu.

Yang perlu kamu ketahui ialah converter stik ps2 ke ps3 ini ada 2 buah tipe. Yaitu warna biru dan warna hitam, warna biru ini bisa digunakan untuk dua buah stik kalau hitam cuma 1 stik doang. Saran saya kalau mau beli silahkan beli yang warna hitam karena lebih bagus. Soalnya kalau kamu beli yang warna biru nanti ketika tombol ditekan akan ada delay.

Selain itu waktu disambungkan ke dalam ps3 nanti fungsinya agak sedikit terganggu. Sehingga opsi terbaik ialah dengan membeli dua buah converter stick ps2. Terutama buat kamu yang ingin bisa bermain game secara multiplayer bersama teman. Secara tombol sih ada sedikit perbedaan dibandingkan dengan menggunakan stik ps3 yang asli memakai wireless.

Bedanya cuma terletak ketika menekan tombol menu untuk menampilkan daftar game yang ada di ps3 itu sendiri, sisanya sih sama saja kok. Secara harga paling murah adalah 22 ribuan untuk converter hitam, jadi kalau mau beli dua yaa siapin saja uang 50 ribu. Secara pemakaian seperti yang sudah saya katakan sebelumnya. Kita tinggal menyambungkannya saja.

Setelah itu stiknya sudah bisa langsung digunakan. Bahkan keunggulan memakai converter ini ialah kita juga bisa menggunakan stik ini ke dalam laptop atau pc. Jadi kita bisa main game laptop menggunakan stik ps2. Meskipun kalau ingin menggunakan stik tersebut ke laptop kita harus melakukan beberapa hal terlebih dahulu sebelum stik bisa dipakai. Namun, kalaus sudah tersambung kita nanti tinggal main saja.

Saya sendiri main game di laptop menggunakan stik ps2 ini kok. Game yang saya mainkan itu ada banyak, mulai dari unravel sampai pro evolution soccer. Tetapi yang sering saya mainkan cuma game bola itu doang apalagi game pro evolution soccer ini bisa dimainkan oleh dua orang. Yang jelas untuk menggunakan stik ps2 ke ps3 itu tidak ribet kok. Karena kita hanya perlu stik ps itu sendiri setelah itu kita juga wajib punya converternya.

Kalau sudah stik sudah siap dipakai untuk bermain game berjam-jam. Karena stik ini menggunakan kabel kita sudah tidak perlu khawatir lagi kehabisan baterai meski sudah dipakai lama untuk bermain game. Sudah tahu kan? bagaimana menurut kamu artikel saya berikut ini? Saya harap tulisan ini bisa membantu kamu yang bingung kalau stik bluetooth ps3 kamu rusak. Sehingga kamu bisa beli stik ps2 yang baru dengan harga jauh lebih murah dan menggunakannya di ps3.