Jun 15, 2023

Tips Menggunakan Ignis Di AOV

Ignis adalah salah satu hero bertipe mage di dalam game arena of valor. Jumlah hero mage memang ada banyak tetapi saya sendiri lebih menyukai ignis ketika bermain ranked. Yah, meskipun terkadang saya juga pakai ignis ketika quick match. Pada tulisan ini saya akan membahas sedikit bagaimana cara memakai hero berikut serta apa saja sih kelebihan dan kekurangan dari si ignis ini?

Hero satu ini secara penggunaan agak sulit sih karena ignis sendiri lebih mengandalkan skill pertama untuk menghentikan musuh. Sehingga skill pertama tersebut haruslah kena, kalau tidak mana yang kita miliki akan sangat terbuang dengan percuma. Soalnya ignis sendiri cukup boros banget masalah mana. Secara pertahanan ignis termasuk jelek banget sehingga sangat rawan bila bertemu hero dengan damage besar seperti zanis.

Hero Ignis Winstreak

cara menggunakan ignis

Apalagi kalau zanis dan hero tipe damage besar lainnya punya skill yang bisa membuatnya dengan mudah untuk kabur. Cara memakai hero ignis ialah kita cukup mengandalkan skillnya saja dan urutan penggunaan skil tersebut ialah skill 1 > skill 2 lalu skill 3 dan balik lagi ke skill 1. Yang bisa kita manfaatkan dari ignis ialah skill pasif yang dimilikinya.
Baca juga:

Setidaknya ketika menggunakan skill 1 kamu harus langsung memakai skill kedua untuk mengaktifkan pasif ignis yang dimiliki. Keunggulan hero ignis ini menurut saya ialah terletak di stun yang dimilikinya. Stun ini ada di skill nomor dua bernama rain of fire. Skill kedua ini berupa hujan api sebanyak 3 kali dimana yang ketiga adalah stun. Nah, supaya stun tersebut langsung aktif kita harus memakai skill 1 terlebih dahulu.

Karena kalau skill 1 kita pakai nanti akan muncul sebuah tanda diatas hero musuh. Setelah itu silahkan gunakan skill kedua untuk langsung membuat musuh tersebut tidak bisa bergerak. Setelah itu baru deh kita bisa menggunakan skill ketiga. Dimana skill ultimate ini memiliki damage yang cukup besar. Yang perlu diketahui dari ignis ialah, hero ini tidak bisa membuat hero kehilangan semua hp secara langsung meski kita sudah melakukan combo.

Tidak seperti hero mage lain, bagi saya igni termasuk hero support dan tidak cocok untuk solo. Kecuali kalau dia dari awal sudah menang gold banyak. Hero mage si Ignis ini cuma cocok dipakai ketika lagi berkumpul. Belum lagi hero satu ini pas banget bila ditemani hero lain yang punya kemampuan crowd control lainnnya seperti maloch, alice ataupun chaugnar.

Ketiga hero tersebut merupakan kombinasi paling tepat ketika memakai ignis. Selain itu untuk masalah item menurut saya yang paling penting adalah Rhea Blessing dan juga Frosty Revenge. Dulu Frosty Revenge ini merupakan item utama yang wajib dimiliki pertama karena bisa memaksimalkan skill yang dimiliki oleh si ignis. Hanya saja karena terkena nerf yaitu efek item tersebut dikurangi sebagian.

Soalnya kalau tidak maka hal ini akan membuat si hero ignis menjadi OP dan susah dikalahkan. Selain itu item lain yang tidak boleh dilewatkan ialah rhea blessing yang memiliki fungsi untuk lifesteal. Supaya mana si ignis tidak cepat habis item lain yang bisa di pakai ialah Orbs of the magi. Yang menjadi item core untuk membuat mana dan hp ignis bertambah setiap naik level.

Item ini pas banget dipakai di awal-awal permaianan. Biasanya saya selalu membeli item tier dua dari orbs of the magi ini yaitu phoenix tear dulu. Setelah itu baru fokus ke item yang lainnya. Setelah itu kalau sudah late game, item orbs ini bakalan saya jual dan berganti ke item Holy Of Holies yang fokus ke magic damage dan juga hp. Kalau kamu bingung pengaturan item dari ignis bisa memakai rekomendasi item dari gamenya langsung.

Atau menggunakan item build yang dipakai pemain tier teratas di dalam gamenya. Selain itu untuk masalah arcana sendiri kamu bisa memakai arcana tipe tiga yaitu, Sage, Blood Magic dan juga Secret Incantation. Itu adalah arcana rekomendasi dari pihak aov sendiri, kamu pun juga bisa membeli arcana lain yang fokus terhadap serangan magic serta coooldown.

Untuk pemakaian skill dari ignis sebenarnya kita tidak perlu terburu-buru karena skillnya sendiri cocok digunakan untuk kabur. Selama kita bisa dengan tepat memakainya karena efek skill yang bisa membantu ignis lolos dari kejaran musuh ialah stunnya. Dimana stun itu akan langsung aktif kalau kita berhasil mengenai musuh dengan skill pertama. Setelah itu dilanjutkan dengan skill kedua untuk membuat musuh tidak mengejar kita lagi.

Secara pribadi hero ini sendiri cukup lemah karena tidak mampu menghabisi hp musuh sendirian. Berbeda dengan hero mage lain seperti natalya yang mampu menghabiskan hp musuh seketika dalam 1 kali combo. Yang jelas hal paling penting ketika memakai ignis ialah item yang dimilikinya, tanpa item ignis lemah banget dan tidak mampu berbuat apa-apa.

Lalu kalau lagi pertarungan antar tim ada baiknya kamu mundur dan mencari posisi enak. Setelah itu coba gunakan skill kamu untuk mengenai musuh sebanyak mungkin. Apalagi skill 1 ignis itu cukup panjang bila mengenai sebuah target. Hero ignis sangat cocok digunakan untuk menjaga tower dan membersihkan creep. Saya sendiri cukup bisa kok kalau masalah jaga tower yang diserang oleh dua orang.

Malahan terkadang di beberapa kesempatan tim saya bisa kalah hanya karena saya mati. Jangan lupa juga untuk mengambil buff biru kalau jungler tim kamu sudah sampai level 4. Soalnya di awal permainan kita bakalan sering banget kehabisan mana. Melakukan farming merupakan hal yang tidak kalah penting ketika memakai ignis. Semakin cepat item kita jadi maka akan semakin baik.

Selain itu masalah item sendiri sebenarnya kita bisa melakukan adaptasi dengan cara melihat musuh kita serta item apa yang sedang digunakan. Misal kalau musuh kita memakai magic defense maka kita harus menggunakan item punya magic pierce yang banyak. Kombinasi item ignis yang bisa dicoba adalah antara lain item pertama atau kedua rhea/orbs of magi, boomstick/berith, hecate, staff of null.

Untuk sepatunya sendiri bisa memakai CDR atau Magic Pierce. Ketika di late game skill 1 sendiri merupakan serangan normal kita dan skill yang berguna sekali untuk menghabisi hp musuh. Jadi jangan sampai terlewatkan. Hal lainnya yang tidak kalah penting ialah kamu harus hati-hati memakai skill 1. Soalnya terkadang saat dipakai skill ini tidak kena musuh. Setidaknya sebelum memakainya kita bisa memprediksi dulu kemana arah musuh tersebut.

Yap, itulah dia sedikit pembahasan saya mengenai cara menggunakan hero ignis berikut di aov. Saya cuma membagikan beberapa pengalaman saya ketika menggunakan mage bernama ignis ini. Terutama buat kamu yang baru main serta berminat untuk menggunakan ignis. Saya harap dengan tulisan diatas ini kamu sedikit terbantu dan tercerahkan apakah ignis termasuk hero yang layak beli.