Mar 8, 2024

Cara Mengatasi Bluetooth Menghilang Di Laptop

Fitur yang hampir ada di seluruh merk laptop di dunia adalah Bluetooth yang merupakan teknologi standar tanpa kabel yang digunakan untuk saling tukar data atau informasi. Bluetooth ini bukan hanya tersedia di laptop saja melainkan di hp android pun juga ada. Bahkan penggunaan teknologi tidak terbatas di situ saja.

Peralatan elektronik lainnya yang menggunakan teknologi bluetooth adalah seperti stik ps3. Atau yang dinamakan dengan dualshock 3 sehingga memungkinkan kita bisa bermain game menggunakan stik tanpa kabel. Teknologi ini sendiri menggunakan sinyal gelombang radio UHF serta gelombang tersebut hanya mampu ditangkap sejauh beberapa meter.

Memperbaiki Masalah Bluetooth Hilang

mengatasi bluetooth hilang

Oleh karena itu teknologi bluetooth ini tidak bisa digunakan untk jarak jauh. Selain itu jenis bluetooth ini ada beberapa yaitu bluetooth 1.0 sampai yang terbaru adalah 5.2 Di laptop sendiri fungsi utama bluetooth itu ada beberapa seperti digunakan untuk saling mengirimkan file. Walau hal ini khusus untuk file berukuran kecil saja. 

Baca juga:

Karena kalau mengirim file berukuran bluetooth prosesnya terkesan lambat. Sehingga mending menggunakan share it saja yang proses pengirimannya menggunakan wifi. Apalagi laptop sekarang sudah punya wifi card di dalamnya. Sehingga kita bisa memasang share it di laptop kita tersebut. Selain itu fungsi bluetooth juga bisa digunakan untuk menyambungkan keyboard dan mouse wireless. 

Sehingga kita sudah tidak perlu lagi memakai keyboard dan mouse atau trackpad bawaan laptop tersebut. Fungsi ini sangat berguna ketika salah satu hal tersebut rusak. Seperti keyboard kita rusak atau trackpad kita rusak.

Nah, kalau kamu males melakukan pergantian keyboard atau trackpad hanya karena tidak ingin membuka laptop tersebut maka kamu bisa menggunakan keyboard dan mouse external. Dimana peralatan elektronik tersebut nanti bisa disambungkan ke laptop kita menggunakan teknologi wireless bluetooth. Nah, hal inilah yang kapan hari saya gunakan yaitu ketika keyboard saya rusak.

Di dalam artikel ini saya akan berbagai mengenai bagaimana cara mengatasi bluetooth yang tiba-tiba menghilang di laptop. Padahal dulu bluetooth tersebut ada tetapi di cari dimana-mana baik itu di kotak pencarian ataupun di bagian settings pun juga tidak ketemu. Saya sendiri pernah mengalami hal ini kemarin walau saya tidak tahu pasti kenapa bluetooth saya tersebut bisa hilang.

Padahal dari apa yang saya ingat, saya sendiri tidak melakukan apa-apa terhadap bluetooth tersebut. Karena cukup penting dan darurat akhirnya saya mencari informasi bagaimana memunculkan kembali bluetooth yang hilang dari laptop saya tersebut. Tetapi informasi apa yang saya dapat tidak membuahkan hasil. Akhirnya saya melakukan beberapa hal sendiri berdasarkan informasi apa yang saya dapat. Berikut ini adalah cara mengembalikan bluetooth yang hilang.

Cara Mengatasi Bluetooth Hilang

Beginilah cara mengatasi bluetooth yang tiba-tiba hilang di laptop

  • Nyalakan laptop kamu dan buka device manager
  • Caranya tekan tombol windows dan r untuk memunculkan kotak run
  • Atau cara lain dengan melakukan klik kanan pada ikon windows di samping kiri lalu pilih run
  • Setelah itu ketikkan berikut "devmgmt.msc" di kolom yang tersedia
  • Pastikan kamu mengetikkan tanpa tanda petik kalau sudah tekan enter
  • Silahkan cari tulisan bluetooth lalu klik ikon segitiga di sampingnya
  • Nanti akan muncul pilihan dropdown, terus pilih ikon dari dropdown tersebut
  • Setelah itu kamu klik kanan pilih properties
  • Pilih tab driver terus klik update driver
  • Kalau sudah pilih Browse my computer for driver software
  • Setelah itu pilih Letme Pick from a list of device drivers on my computer
  • Kalau sudah nanti akan muncul beberapa pilihan bluetooth yang tersedia
  • Kalau cuma ada 1 pilih yang ada, terus kalau lebih pilih salah satu
  • Yang mana? terserah sih kalau saya waktu itu pilih yang versi terbaru
  • Jika sudah klik next dan tunggu sampai instalasi selesai

Sekarang coba deh kamu restar komputer kamu dan lihat apakah bluetooth sudah aktif dan ada? Untuk mengetahui dan memeriksa apakah bluetooh sudah aktif ialah dengan cara pergi ke bagian settings yang ada di pc. Setelah itu pilih PC and Devices, nanti harusnya menu bluetooth kamu bakalan muncul disini. Tinggal aktifkan saja deh di menu itu kalau memang sedang digunakan.

Kalau tidak matikan saja soalnya bluetooth bakalan aktif terus kalau kita tidak mematikannya secara manual. Nah, cara mengembalikan ikon bluetooth yang hilang ini sudah saya coba di windows 8, walau kemungkinan juga bisa dilakukan di versi lain seperti windows 7 ataupun windows 10. Cara ini pun menurut saya hanya bisa dilakukan khusus untuk laptop yang sebelumnya memang ada bluetoothnya.

Buat yang dari awal tidak ada atau kamu tidak tahu apakah punya bluetooth atau tidak. Saya sarankan untuk melakukan instalasi driver bluetooth untuk laptop tersebut terlebih dahulu. Meskipun saya yakin sejak awal laptop itu pasti sudah punya driver bawaan dari pabrik. Nah, buat yang bertanya-tanya kok hal semacam ini bisa terjadi sih? Kalau dari kasus saya kesimpulan yang bisa saya ambil adalah driver bluetooth saya tidak memilih satupun dari daftar yang ada.

Sehingga saya harus memilih drivernya secara manual terlebih dahulu. Sampai akhirnya bisa muncul kembali, entah hal apa yang membuat bluetooth itu menjadi menghilang. Yang jelas saya hanya perlu mengaktifkan salah satu driver yang ada saja. Lalu buat yang sudah melakukan cara diatas tetapi bluetooth masih tetap menghilang bagaimana? Sekarang coba aktifkan bluetooth tersebut secara manual.

Caranya ialah dengan klik tombol windows+r lalu saat menu Run muncul ketikkan services.msc di kolom tersebut. Nanti bakalan muncul jendela baru yang berisi banyak perintah. Silahkan cari tulisan yang ada bluetooth-nya. Untuk mempercepat pencarian ketik saja tombol b beberapa kali sampai muncul tulisan bluetooth. 

Kalau sudah coba lihat di bagian samping apakah ada tulisan 'running' di tab bagian status. Kalau tidak ada silahkan klik kanan lalu pilih properties, setelah itu di bagian startup tipe pilih automatic lalu klik apply dan di bagian service startup klik start. Nanti kalau tulisan bluetooth disana ada dua lakukan hal yang sama untuk tulisan berikutnya. 

Sekarang coba kamu periksa lagi apakah fitur bluetooth di laptop kamu sudah muncul kembali atau tidak? Kalau perlu kamu bisa melakukan restart terhadap laptop tersebut untuk memunculkan efek yang baru saja kamu lakukan. Saya pribadi setelah melakukan cara diatas bluetooth yang sebelumnya hilang sekarang sudah ada kembali. 

Sehingga saya harap masalah yang kamu hadapi itu sama dengan apa yang saya alami. Karena kalau masalahnya sama, apa yang saya sebutkan diatas sudah bisa menjadi solusi. Kalau begitu selamat mencoba dan semoga tutorial sederhana ini bisa membantu kamu dalam mengatasi bluetooth yang tiba-tiba hilang.