May 8, 2023

Inilah Perbedaan Stik Ps3 Controllers Ori Mesin Dan Ori Pabrik

Stik PS3 controllers sampai sekarang masih terus digunakan, meskipun produksi dari platform playstation 3 itu sendiri telah dihentikan. Sebenarnya nama stik ps3 itu memiliki nama lain yang disebut dengan Dual Shock. Ini adalah merk yang telah di daftarkan secara resmi oleh Playstation. Jenis dual shock sendiri ada 4.

Yang pertama adalah seri Dual Shock untuk mesin ps1 yang disebut dengan DualShock Analog Controller, yang kedua adalah DualShock 2 yaitu stick yang di pakai khusus untuk ps2. Masing-masing stik tersebut memiliki beberapa perbedaan. Yang paling mencolok dan terlihat adalah di jenis DualShock 3 yang disebut dengan PS3 controllers.

Stick PS3 controllers Original

perbedaan stik ps3 ori mesin dan ori pabrik

Untuk jenis yang terakhir adalah dualshock 4 untuk playstation 4. Sedangkan sudah tidak ada lagi versi kelima, karena stik ps5 sendiri dinamakan dengan dual sense. Namun pembahasan artikel kali ini adalah tentang PS3 controllers. Dibandingkan dengan Stik Ps2, stik playstation 3 controllers memiliki salah satu keunggulan yaitu stik ini sudah tanpa kabel. 
Baca juga:

Karena teknologi wireless dengan bluetooth sudah dipakai oleh stik Playstation 3 ini. Maka dari itulah tidak heran bila PS3 controllers masih bagus and PS3 masih populer dan digunakan sampai sekarang meski sudah muncul mesin generasi kelima yang disebut dengan ps5. Karena cukup populer, disini saya akan mencoba membahas mengenai bagaimana cara membedakan stik ori mesin dan ori pabrik. Apa sih perbedaan stik ps3 ori mesin dan ori pabrik tersebut? Yuk kita bahas secara lengkap disini.

Perbedaan Stik Ps3 Controllers Ori Mesin Dan Ori Pabrik

Untuk membedakan stik ps3 ori mesin dan ori pabrik bisa dilihat dari.

  • Analog
  • Stiker Belakang
  • PCB
  • Baterai

Yang harus diketahui adalah stik PS3 Controllers itu sangat sulit dibedakan secara manual tanpa membongkar stik tersebut. Karena memang stik versi ori pabrik itu bentuknya sangat identik dan mirip sekali dengan versi aslinya. Sebelum membahas mengenai perbedaan dari Playstation 3 controllers, kita pahami dulu apa makna ori mesin dan ori pabrik.

Ori Pabrik

Kata ori pabrik adalah sebuah sebutan yang digunakan untuk produk palsu atau kw yang dikemas dan dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Kata ori pabrik adalah sebuah singkatan dari original pabrik, hal ini umum sekali digunakan untuk stik playstation.

Ori Mesin

Sedangkan Ori Mesin adalah produk asli yang dibuat oleh produsennya secara langsung yang dikemas bersama dengan produk yang dijual. Dengan kata lain, stik ori mesin adalah stik bawaan dari konsol playstation 3 itu sendiri.

Beda Stik Playstation 3 Controllers Ori Mesin Dan Pabrik

Salah satu hal yang membedakan dari produk ori mesin dan ori pabrik dalah terletak di kualitas dari barang itu sendiri. PS3 controllers memiliki ketahanan yang cukup lama dan sangat awet meski digunakan berkali-kali. Meski rusak pun kadang tinggal diganti PCBnya saja stik sudah bisa normal kembali.

Sekarang kita lanjut pembahasannya tentang bagaimana sih membedakan PS3 controllers original dengan yang palsu? Berikut caranya:

Analog

analog stik Playstation 3 controllers

PS3 controllers original dari playstation memiliki analog yang sangat nyaman digunakan. Analognya itu tidak terlalu kuat dan sangat presisi. Berbeda dengan versi KW, selain itu analog versi ori sangat awet dan tidak mudah rusak. Secara fisik, untuk membedaknnya bisa dilihat dari karet analog itu sendiri. Cukup sulit membedakan stik ps3 ori mesin dengan ori pabrik tanpa adanya foto pembanding.

Stiker Belakang

stiker stik ps3

Hal lain yang bisa dilakukan untuk membedakan Playstation 3 controllers versi palsu ialah dengan melihat stiker yang ada. Meski hal ini juga termasuk sulit, setidaknya ada warna stiker dari stik ori sedikit kehitam-hitaman arau gelap kebiru-biruan. Kalau kw terang kehijau-hijauan, tetapi cara ini sulit untuk jadi patokan untuk membedakan stik ps3 ori mesin dan pabrik. 

PCB

pcb stik ps3 ori mesin

Nah, kalau ingin tahu apakah stik ps3 kamu ori atau tidak bisa dengan membongkarnya. Karena nanti akan terlihat jelas bagaimana bentuk PCB dari stik tersebut. Stik asli memiliki pcb yang kuat dan kokoh banget, bentuknya saja sudah sangat berbeda.

Baterai

baterai PS3 controllers

Ketika dibuka, ciri lain dari stik PS3 controllers versi asli adalah baterainya. Dimana umumnya versi KW itu baterainya berwarna biru. Sedangkan versi ori mesin atau original sony, baterainya itu berwarna coklat. Bahkan baterainya sendiri memiliki model number. Inilah yang membedakan stik ori dan kw dari PS3 controllers. Makanya tidak heran kalau stik asli sony bisa bertahan bertahun-tahun dan baterainya awet tahan lama.

Cara Menghubungkan Stik Ps3 Dengan Bluetooth

Untuk menghubungkan Playstation 3 controllers dengan bluetooth sebenarnya cukup mudah. Tinggal colokkan kabel dari stik ke mesin ps3. Setelah itu baru deh tekan tombol Connect atau tombol lingkaran dengan tulisan logo PS.

Selain itu stik ps3 juga bisa digunakan di laptop atau pc, untuk caranya bisa baca tulisan saya sebelumnya disini: Cara Pakai Stik Ps3 Di Laptop. Sebenarnya waktu menggunakannya saya kesulitan untuk main game dengan PS3 controllers tanpa kabel. 

Karena supaya stik bisa digunakan untuk bermain, kabelnya harus terhubung. Hal ini karena stick yang saya gunakan bukanlah stik ori mesin buatan sony melainkan stik ori pabrik. Sehingga setiap kali main sama saja menggunakan stik ps2 biasa.

Harga Stik Ps3 Ori Mesin

Harga dari PS3 controllers ori mesin adalah sekitar Rp. 200.000 ribu sampai Rp. 300.000 ribuan saja, sedangkan untuk ori pabrik itu sekitar 150ribuan. Ketika hendak membeli stik semacam ini ada baiknya hati-hati, karena banyak penjual yang melakukan klaim stik original sony padahal ori pabrik dengan harga yang sama. Karena memang membedakan stik ori mesin dengan pabrik cukup susah kecuali buat yang sudah berpengalaman.