May 9, 2023

Cara Pakai Stik Ps2 di PC/Laptop Dengan Mudah

Pengen tau tidak sih gimana Cara Pakai Stik Ps2 di PC atau Laptop Dengan Mudah? Memang sih ada beberapa game komputer yang cocok dimainkan dengan keyboard dan ada juga game yang lebih enak dimainkan dengan stik ps2. Game laptop yang cocok dimainkan pakai stik ps2 adalah kayak Pes dan FIFA.

Dan game yang cocok dimainkan dengan keyboard adalah dota, ga kebayang kan gimana cara main game dota pakai stik?? Pasti susah alias ga mungkin banget! Nah, ngomong-ngomong cara pakai stik Ps ke PC ini bukan hanya untuk stik Ps2 saja melainkan Stik Ps3 atau Stik Ps4 juga bisa, tetapi yang saya bahas kali ini hanyalah cara menggunakan stik ps2 di pc.

Cara Pakai Stik Ps2 di PC atau Laptop

Cara Pakai Stik Ps2 di PC atau Laptop

Nah, untuk bisa menggunakan stik ps2 ke pc ini kita bakalan membutuhkan yang namanya driver karena di dalam windows sendiri tanpa adanya driver maka kita tidak bakalan bisa melakukan apa-apa karena driver sendiri fungsinya sebagai alat pelengkap atau alat pengenal gitu lhaa. Mudahnya sih biar PC kamu itu bisa ngenalin stik yang kamu pakai.

Baca juga: 

Disini kita bakalan menggunakan software tambahan namanya SCP Toolkit buatan Nefarius Software Solution, software ini gratis kok dan cara penggunaan softwarenya pun mudah banget. Tinggal klik ini itu maka sudah jadi deh. Abis itu kamu sudah langsung bisa menggunakan stik ps2 kamu ke laptop kamu dengan mudah.

Converter Stik Ps2 ke PC atau Ps3

Sebelum beranjak ke tutorial cara setting stik ps2 di pc, saya kenalin dulu nih sama converter stik ps2nya. Nah, converter ini ada 2 macam yaitu yang cabang 2 sama cabang 1. Mudahnya yang warna biru sama warna hitam! Coba deh perhatikan gambar di bawah ini:

Converter Stik Ps2 di PC Cabang 2

converter stik ps2 ke pc ps3 murah

Nah, saya beli yang itu. Sama persis bungkusnya, saya ga tau apa beda bungkus beda kualitas tapi nanti bakalan saya jelasin kualitas converter yang warna biru ini. Yang jelas sambungan stik model kayak gini ini ga cocok sama ps3 saya. Kenapa? Lhaa di colokin malah neken-neken sendiri, terus di layar tvnya malah muncul tulisan informasi tenteng spesifikasi ps3 saya ga hilang-hilang. Akhirnya saya beli lagi deh yg cabang 1, tapi yang satu ini belum saya coba ke ps3 tapi kalo ke laptop udah.

Sambungan Stik Ps2 ke Laptop Cabang 1

converter stik ps2 ke pc ps3

Saya beli lagi sambungan stik ps ke laptop yang cabang 1 dan bungkusnya sama persis dengan di gambar. Saya beli lagi alasannya karena untuk kepentingan Ps3 saya, karena sayang sudah beli 2 stik ps2 malah ga bisa kepake di ps3. Jadi yaa sekalian aja!

Baca juga: Cheat GTA 5 Ps3 Paling Lengkap Bahasa Indonesia

Oke lanjut, sudah tau kan kalau converter stik ps itu ada 2 macam? nah kalau kamu belum beli sambungannya saya sarankan untuk mikir-mikir dulu mau pilih beli yang mana.

Harga Sambungan Stik Ps ke Laptop

Mana yang lebih murah untuk harga sambungan stik psnya? Kalau ditanya soal harga yang lebih murah tentu saja yang warna biru, saya dapet belinya Rp. 28.000, ada juga yang jual Rp 24.000. Kalau kamu dapet yang lebih murah yaa untung.

Terus kalau yang warna hitam saya dapetnya yang harga Rp. 22.000 untuk 1 pcs, jadi kalau beli dua yaa kena Rp. 44.000. Lhaa bukannya lebih murah yang warna hitam? Iyaa kalau harga murah hitam tetapi yang hitam cuman bisa dipakai 1 stik ps saja, jadi otomatis kalau mau bisa dipakai 2 orang yaa kamu harus beli 1 lagi.

Kalau mau beli converter ini coba deh klik gambar di bawah ini:


Sangat disarankan untuk beli dua. Untuk cara setting stik ps2 di pc ini silahkan nanti lihat di bawah ini. Sebenarnya saya tidak menggunakan PC tapi laptop hanya saja saya rasa sama saja kok. Selain itu kekurangan converter ini itu kadang error, yaitu tidak terbaca di laptop. Masalah ini bisa teratasi dengan beli baru. Soalnya masalahnya saya rasa karena IC dari converternya, karena terlalu sering di pakai.

Rekomendasi Beli Stick

Buat yang tidak punya stik ps2 untuk disambungkan ke pc, silahkan beli melalui link di bawah ini. Klik saja gambarnya, ada promo lhoo.

Cara Menggunakan Converter Stik Ps2

Sebelumnya kamu harus menyiapkan alatnya terlebih dahulu, yaitu 1 sambungan stik ps ke laptop dan stik ps2nya sendiri. Buat kamu yang belum beli saya saranin kalau cuman mau buat PC atau laptop aja pakai yang warna biru enggak apa-apa, lagian ga sampe 30rb kok :p Meski kadang error pas mappingnya tapi kalau udah lancar yaa bakalan lancar mainnya malah sudah pernah saya pakai tanding 2x main pes 2017 tidak ada kendala. Oh ya baca juga nih tips pes saya, soal Cheat Pes 2017 Supaya Menang Terus! tapi kalau buat PC dan Ps3 mending ambil yang warna hitam yang sambungannya cuman 1.

Alasannya sih simple, saya belum menemukan rental ps3 pakai sambungan stik ps2 yang cabang 2 atau warna biru. Kebanyakan sih mereka pakai yang warna hitam. Belum lagi kalau soal teknis, yang warna biru itu 1 colokan dibagi menjadi 2, jadi pastinya bakalan bikin error. Lhaa harusnya 1 sambungan eeh malah kok dijadikan 2.

Terus ada yang bilang juga yang warna biru itu bakala bikin delay, jadi pas kamu nekan kotak nanti responnya akan terlambat sepersekian detik. Saya sih kurang tau karena pas dicoba di ps3 tombolnya nekan-nekan sendiri, tapi pas di laptop malah enggak alias normal. Jadi memang converternya yang enggak cocok. Lhaa buktinya stiknya enggak apa-apa tuh ga nekan-nekan sendiri, harusnya kalau stiknya error pas dicoba di laptop hasilnya juga sama.

cara menggunakan converter stik ps2 ke pc

Untuk cara menggunakan sambungan stik ps ke laptop cukup mudah yaitu tinggal colokkan aja stiknya ke converternya terus yang converternya silahkan colokkan ke salah satu lubang USB yang ada di laptop atau PC kamu.

cara setting sambungan stik ps2 ke laptop

Nanti tekan aja tombol analog yang di tengah untuk mengetahui kalau stiknya sudah tersambung atau belum. Kalau sudah tersambung nanti lampunya bakalan nyala warna merah. Nah, sampai disini nanti otomatis Pc atau komputer kamu bakalan nginstall driver converter stik ps2nya.

Baca juga: Cheat GTA San Andreas Ps2 Paling Lengkap Terbaru

Kalau sudah selesai terinstall, sekarang kita bisa kok langsung menggunakan stiknya untuk main game tapi yang saya tau cuman bisa digunakan main game Pes aja. Tinggal setting di pengaturan pesnya lalu kamu mapping stiknya, terus kalau sudah kamu langsung bisa mainin kok. Untuk game yang lain belum bisa makanya kita perlu download driver sambungan stiknya.

Download Driver Stik Ps2 ke PC

  • Driver Converter Stik Ps2 Ke PC (Download)
  • Alternatif Driver Sambungan Stik Ps2 Ke Laptop (Download)

Download yang mana? Download yg pertama, kedua linknya itu sama saja tapi yang pertama langsung download file EXE langsung sedangkan yang kedua mengarah ke link homepage Github. Saya pakai versi yang ScpToolkit v1.6.238.16010, itu versi paling stabil dan saya ngerasa bagusan versi tersebut.

Sudah di download drivernya? Sekarang install seperti biasa, terus nanti kalau sudah sukses maka di desktop kamu bakalan muncul beberapa shortcut aplikasi. Silahkan cari aplikasi bernama ScpToolkit Driver Installer, kamu buka deh aplikasi tersebut.

Driver stik ps2 di pc

Terus pilih dan centang Install DualShock 3 Driver lalu cari dan centang yang Twin USB Joystick, terus pilih install. Itu khusus untuk pakai converter warna biru tapi kalau yang warna hitam pilih yang Playstation(3)R terus kalau ga ada bisa pilih Xbox 360. Kalau gagal coba centang juga yang Force Driver Installation. Kalau sudah sekarang kamu sudah bisa kok pakai stik ps2nya untuk main game, game yang sudah saya coba pakai stik ps2 dengan converter ini cuman Nino Kuni II Revenant Kingdom sama Never Alone dan juga Pes 2017.

Kenapa cuman 2 game aja? Yaa soalnya di Laptop saya yang terinstall cuman game itu saja. Ada sih game lain kayak Battlefield 4 tapi males installnya, sudah pernah saya install tapi langsung saya hapus. Soalnya saya ga terlalu sering main game di laptop, saya cuman suka game itu cuman bisa main bareng sama temen. Ga enak main game kalau sendirian, kecuali kalau memang lagi bosen banget.

Sambungan stik ps2 ke laptop pc ps3 murah

Oh ya kalau kamu pakai converter warna biru itu saat tak coba mainin Nino Kuni ada error di bagian Analog kanan alias R3nya. Yaitu arahnya kebalik, yang harusnya ke arah atas malah arahnya ke samping dan yang harusnya arahnya ke samping malah arahnya ke atas atau bawah.

Kalau yang colokannya 1 sih sudah tak coba tapi cuman buat main pes aja malahan pas buat main pes normal dan tidak ada kendala. Untuk game lainnya sih belum, kalau kamu pakai yang warna hitam ini nanti di SCP Toolkit terbacanya Xbox 360, kamu pilih yang itu aja.

Baca juga: Cheat God of War Android Tanpa Root Terbaru

Yap, itu dia cara pakai stik ps2 di pc dengan mudah. Semoga pas kamu mencoba tutorial ini tidak ada kendala, buat kamu yang tanya berapa harga stik game pc yang murah? Kalau yang dimaksud stik yang pakai kabel usb harganya 40rb'an ke atas dan itupun ada 2 versi yaitu stiknya kayak stik ps2 atau kayak Xbox 360.

Terus kalau joystick terbaik untuk pc yang mana? saya sih kurang tau karena belum mencoba, tapi coba pakai yang miliknya windows sendiri yaitu stik xbox 360 tapi yang asli lhoo yaa alias Original bukan yang fake. Itupun harga joystick pc murah sendiri harganya diatas 100rb'an. Makanya saya pilih stik ps2 karena 75rb dapet 2.