Jun 12, 2023

Tata Cara Atasi HP Android Yang Lemot

Siapa sih yang suka dengan hp android lemot? Saya yakin kita semua pasti tidak menyukai hal itu. Karena hal semacam ini sangat mengganggu sekali produktifitas kita. Apalagi ketika kita sedang buru-buru dalam melakukan sesuatu seperti mengirim pesan atau membuka foto dan lain sebagainya.

Tetapi karena lemot hal yang seharusnya bisa dilakukan dalam waktu 10 detik kini malah menjadi sampai 1 menit. Pasti kesel banget kan bila kita mengalami hal ini? Soalnya hp android sekarang itu merupakan kebutuhan yang tidak bisa sama sekali dilepaskan dari kegiatan sehari-hari kita.  Bahkan kini telah menjadi kebutuhan primer.

Mengatasi HP Android Yang Mulai Lemot

atasi hp android lemot

Saya yakin kalau kita sedang memiliki waktu senggang kemungkinan besar waktu tersebut dipakai untuk membuka hp android. Entah itu hanya untuk sekedar membuka sosial media ataupun membalas sebuah pesan dari teman melalui aplikasi messenger yang sudah terpasang di hp kita. Hp sendiri memiliki banyak fungsi.
Baca juga:

Kegiatan semacam ini sudah menjadi sebuah rutinitas, sehingga kalau hp yang dipakai terasa lemot kita pasti bisa merasakan hal tersebut. Lalu apakah ada sih cara mengatasi hp android yang lemot? Terus bagaimana supaya bisa membuat hp tersebut menjadi lancar kembali dan enak untuk digunakan? Tulisan ini akan mencoba menjawab beberapa pertanyaan tersebut.

Setidaknya disini saya akan membagikan beberapa tips supaya hp android kamu tidak lemot lagi. Apa saja sih tips tersebut? Silahkan baca terus tulisan ini untuk mengetahuinya. Selain itu saya pun akan menjelaskan beberapa hal penting kenapa sih hp kamu tersebut bisa menjadi lemot? Apa memang penyebabnya? Kalau begitu langsung saja deh, berikut beberapa tips yang bisa digunakan untuk mengatasi hp android yang sudah lemot.

Hapus Aplikasi Berat

Kebanyakan masalah hp lemot itu gara-gara kita sendiri yang membuatnya seperti itu. Salah satu hal yang mungkin tidak disadari ialah kita pernah memasang aplikasi berat. Apa saja sih aplikasi tersebut? Contoh aplikasi berat ini ada berbagai macam seperti aplikasi home launcher, gambar gerak dan berbagai macam aplikasi yang katanya memiliki fitur untuk bisa mempercepat hp android kita.

Pada kenyataannya sih malah aplikasi tersebut menjadi biang kerok selama ini yang membuat performa hp menjadi lambat. Pertama mari kita bahas mengenai aplikasi home launcher yang biasanya menjadi penyebab utama yang bikin hp jadi lemot. Kamu sudah tahu kan apa itu home launcher? Itu lhoo aplikasi yang bisa membuat kita dengan mudah memodifikasi tampilan menu hp kita dengan berbagai macam efek menarik.

Aplikasi semacam ini ada berbagai nama, contohnya seperti Smart Launcher, Go Launcher, Apus Launcher dan lain sebagainya. Nah, memasang aplikasi semacam ini di hp kita sama saja kita ingin membuat performa hp menjadi lambat. Karena biasanya launcher semacam ini sering menggunakan ram yang banyak. Sehingga sisa ram yang kita miliki itu jadi sedikit.

Padahal banyaknya memori ram yang bebas akan mempermudah fungsi aplikasi lain yang sedang berjalan. Soalnya RAM sendiri itu keberadaannya sangat penting sekali supaya hp yang digunakan bisa berfungsi dengan normal. Maka dari itu kalau hp yang kamu miliki itu punya ram sedikit seperti cuma 1 atau 2gb doang. Ada baiknya kamu menghapus aplikasi berat semacam ini.

Lagian aplikasi launcher ini fungsinya cuma untuk mempercantik tampilan menu hp android kita doang. Selebihnya sih menurut saya tidak ada, soalnya di hp kita sendiri sebenarnya sudah ada launcher bawaan dari pabrik. Jadi kalau memang berniat untuk menggunakan aplikasi launcher pastikan kalau aplikasi tersebut tidak menggunakan ram banyak atau dengan kata lain memang ringan untuk digunakan serta tidak membebani fungsi hp.

Selain launcher, hal lain yang membuat hp jadi lemot ialah aplikasi gambar gerak atau nama lainnya adalah screen saver. Tetapi di hp android ada lagi yang namanya live wallpaper, 3d wallpaper dan lain sebagainya. Aplikasi semacam ini pun bisa juga menjadi penyebab kenapa hp kita jadi lambat, soalnya sama seperti aplikasi launcher diatas memakai live wallpaper atau 3d wallpaper akan membuat kinerja hp menjadi semakin berat.

Kalau punya ada baiknya silahkan dihapus saja, toh cuma untuk membuat tampilan hp jadi keren doang. Nah, hal lain yang bisa jadi penyebab utama ialah aplikasi pihak ketiga seperti Ram Booster, Memory Cleaner, Battery Saver dan lain-lain. Menurut saya fitur yang ada di aplikasi semacam itu di hp kita sendiri sebenarnya sudah ada. Kalau tidak percaya silahkan cari di hp kamu.

Biasanya ada aplikasi bawaan pabrik yang fiturnya serupa dengan aplikasi yang saya sebutkan. Jadi kita sebenarnya tidak perlu memasang aplikasi tersebut. Karena selain memakan memori juga membuat hp jadi semakin lemot. Soalnya aplikasi semacam ini akan selalu aktif di background meski sedang tidak kita gunakan. Silahkan pasang aplikasi yang menurut kamu fitur yang ada disana tersebut tidak ada di hp kamu. Kalau memang sudah ada lebih baik dihapus.

Batasi Aplikasi Yang Berjalan

Tahukah kamu setiap kali melakukan restart di hp android yang kamu gunakan pasti akan ada aplikasi yang berjalan sendiri meski tidak kita gunakan. Aplikasi semacam inilah yang selalu berjalan di setiap start up atau setiap kita menyalakan hp. Karena apliasi tersebut berjalan tentu saja akan menggunakan ram yang ada meski kita tidak sedang menggunakannya.

Jika begini coba deh kamu periksa lagi aplikasi apa saja yang selalu berjalan di start up. Silahkan di pantau dan batasi aplikasi mana yang tidak terlalu sering kamu gunakan. Aplikasi yang punya fitur semacam ini itu biasanya ada aplikasi kirim pesan, aplikasi toko online dan beberapa jenis game. Jika hp android kamu terasa lemot ada baiknya periksa lagi barangkali ada beberapa aplikasi start up tidak penting yang bikin kinerja hp menjadi lambat.

Kalau memang ada silahkan matikan dan kalau bisa dihapus dan tidak digunakan mending hapus saja deh. Setidaknya dengan begini kita sudah membatasi penggunaan ram yang ada di hp android kita. Saya sendiri malah mematikan fitur start up semacam ini soalnya saya tidak ingin aplikasi tersebut berjalan meski sedang tidak digunakan. Sehingga sumber daya hp saya bisa dipakai oleh aplikasi lain.

Untuk melihat aplikasi apa saja yang berjalan di start up mudah banget kok. Kamu bisa memasang aplikasi pihak ketiga yang punya fitur semacam ini atau biasanya di hp tersebut sudah ada aplikasi bawaan yang bisa memantau setiap aktifitas dari aplikasi yang terpasang. Kalau di hp yang saya pakai yaitu xiaomi ada di aplikasi keamanan lalu perizinan terus letaknya ada di bagian mulai otomatis.

Disinilah akan muncul berbagai daftar aplikasi yang otomatis berjalan setiap kali menghidupkan hp. Tinggal matikan saja, mana yang dirasa tidak penting. Terutama yang menurut kamu aplikasi tersebut tidak sedang digunakan. Setelah itu coba periksa kembali apakah hp kamu sudah lancar lagi atau masih lemot?

Waktunya Berganti HP

Kalau memang beberapa tips diatas tetap tidak mengatasi masalah tersebut. Maka sekarang itu artinya kamu sudah waktunya beli ponsel android terbaru. Karena memang kemungkinan besar yang jadi masalah kenapa hp bisa lemot ialah bukan karena adanya aplikasi yang berjalan. Melainkan karena memang sudah waktunya berganti soalnya setiap barang elektronik pasti memiliki kurun waktu penggunaan sendiri.

Apalagi kalau hp yang sedang kamu pakai itu memiliki ram yang nanggung banget. Soalnya aplikasi sekarang itu tergolong berat karena punya berbagai macam fungsi terbaru yang menarik. Kalau semacam ini berarti sudah tidak ada yang bisa kita lakukan kecuali 1 hal. Walau hal ini tidak saya rekomendasikan sekali. Kalau begitu itulah dia beberapa tips dari saya untuk mengatasi hp android yang lemot.