Dec 5, 2023

Daftar Urutan Seri Laptop Asus Paling Lengkap

Ingin tahu apa saja urutan seri laptop asus yang ada sampai sekarang? Kalau begitu simak tulisan ini karean saya akan menjelaskan dan menerangkan daftar nama series laptop asus yang ada di pasaran dan bisa dibeli secara bebas. Apalagi setiap seri yang dimiliki oleh asus dibuat untuk berbeda kalangan. Seperti contoh ada seri asus khusus untuk pebisnis, lalu ada seri untuk orang di bidang kreatif dan lainnya.

Sejak berdiri di tahun 1989 asus sendiri sudah memproduksi banyak sekali jenis laptop dengan berbagai macam harga dan segmen. Selain leptop asus pun juga mengeluarkan produk smartphone android. Bahkan produk buatan asus bukan hanya itu saja kok, asus sendiri sudah memproduksi berbagai macam benda elektronik seperti motherboard, graphic card, PC, PDA sampai server dan monitor komputer.

Kumpulan Series Laptop Asus

urutan seri laptop asus

Tetapi pembahasan kali ini hanya fokus di urutan seri laptop yang telah dibuat oleh asus. Kalau dihitung dengan jari setidaknya ada sekitar 20 lebih series asus yang sudah pernah beredar di pasaran. Hanya saja ada sebagian seri laptop asus yang sudah discontinued alias tidak di produksi lagi. Selain laptop biasa, asus juga membuat laptop 2-in-1.

Baca juga:

Yaitu laptop yang bisa dirubah kapan saja menjadi tablet, laptop semacam ini sangat cocok bagi seorang pebisnis dan pekerja kreatif seperti seorang desainer. Sebagian laptop asus pun juga ada yang cocok dan dibuat untuk kegiatan sehari-hari, yaitu melakukan berbagai macam hal yang tidak terlalu berat. Seperti browsing, nonton film sampai mengerjakan sebuah tugas.

Masing-masing urutan seri laptop asus ini memiliki sub seri lagi, seperti contohnya series vivobook, ada turunannya lagi yang dinamakan VivoBook S, VivoBook Pro atau VivoBook Flip dan masing-masing jenis laptop tersebut pun memiliki fungsi yang berbeda pula. Bagaimana? Penasaran dengan Urutan dari seri laptop asus tersebut? Yuk simak daftarnya di bawah ini:

Daftar Urutan Seri Laptop Asus Terlengkap

Inilah urutan seri laptop asus yang beredar di pasaran.

  • VivoBook
  • ZenBook
  • ExpertBook
  • Chromebook
  • ProArt StudioBook
  • Republic Of Gamers (ROG Gaming)
  • ASUSPRO
  • TUF Gaming
  • EeeBook
  • G Series
  • N Series
  • K Series
  • X Series
  • E Series
  • Q Series
  • U Series
  • B Series
  • V Series
  • F Series
  • A Series
  • T Series

Banyak banget kan? Dan masing-masing seri tersebut ada turunannya lagi. Akan saya jelaskan sebagian dari urutan laptop buatan asus diatas, mengingat beberapa series produk sudah tidak diproduksi lagi. Berikut penjelasan lengkapnya dan fungsi dari masing-masing seri laptop.

VivoBook

urutan seri laptop asus vivobook

Di dalam urutan pertama dari seri laptop milik asus yang bernama Vivobook ini memiliki beberapa fungsi. Seri ini ditujukan untuk kegiatan sehari-hari seperti melakukan kerjaan kantor, untuk para siswa atau pelajar dan kegiatan main laptop di rumah sehingga kamu tidak akan menemukan spesifikasi yang tinggi di kalangan laptop Vivobook berikut dan vivobook series sendiri punya turunan tier lagi yaitu

  • VivoBook
  • VivoBook S
  • VivoBook Pro
  • VivoBook Flip

Di dalam tier pertama yaitu VivoBook saja, golongan laptop ini cuma dibuat untuk kegiatan di rumah seperti kerja wfh dan para pelajar melakukan zoom atau berbagai hal ringan yang lainnya. Di seri laptop asus ini memiliki pilihan CPU sampai Intel Generasi 11 dan yang paling tinggi adalah sampai Ryzen 5000. Secara GPU masih menggunakan kalangan Low-End semisal Nvidia GeForce dan AMD Radeon.

Untuk urutan seri laptop asus vivobook selanjutnya adalah seri VivoBook S, laptop ini dibuat untuk kegiatan biasa saja masih sama dengan yang sebelumnya namun dengan desain dan spesifikasi yang jauh lebih baik. Secara GPU masih tetap memakai versi Low-End. Sedangkan kategori VivoBook Pro ini adalah golongan atas dari seri VivoBook bahkan secara GPU yang tertinggi menggunakan Nvidia GeForce GTX 1650.

Di pasaran kamu sudah tidak bisa menemukan seri ini kalaupun dapat sangat tidak disarankan untuk membelinya. Yang paling terakhir dari urutan seri laptop asus vivobook ini ialah seri Flip, dimana laptop ini itu bisa dilipat sampai 360 derajat sehingga laptopnya bisa difungsikan sebagai tablet. Laptop ini masuk ke dalam kategori mid-range ultraportable laptop.

ExpertBook

urutan laptop terbaik untuk bisnis asus expertbook

Buat kamu yang mencari laptop untuk kegiatan komersil dan fokus di produktifitas maka Expertbook adalah pilihan yang tepat. Karena seri ini termasuk ke dalam laptop terbaik untuk bisnis, bahkan saya sempat memasukkan salah satu laptop dari expertbook di kategori laptop untuk bisnis terbaik tahun 2022. Kategori laptop ini memiliki standar militer yang punya daya tahan kuat.

Selain itu semua laptop memiliki sistem operasi windows 10 dan untuk yang paling tinggi prosesornya menggunakan intel core i7 generasi 11. Di kategori ini juga ada 2 urutan seri lagi, yaitu seri P dan seri premium B. Secara spesifikasi, seri laptop asus kategori B jauh lebih baik. Selain itu laptop series ini memiliki desain yang lebih bagus. 

ZenBook

seri laptop asus zenbook

Tahu tentang ZenBook? Ini adalah urutan seri laptop asus yang selanjutnya, laptop ini sendiri termasuk ke dalam kategori Mainstream. Pangsa pasar utama dari laptop ini adalah orang-orang yang mencari notebook yang Premium, Tipis serta Ringan. Selain itu produk di seri ini juga menawarkan portabilitas, serta kekuatan atau power dari laptopnya yang punya spek bagus.

Sama halnya dengan VivoBook, kategori seri laptop asus ini memiliki beberapa tier lagi, antara lain adalah: 

  • ZenBook
  • ZenBook S
  • ZenBook Pro
  • ZenBook Flip
  • ZenBook Duo 

Seri dasar Zenbook ini menawarkan notebook yang tipis dan juga ringan, dimana fungsinya adalah untuk kegiatan produktif dan berbagai macam hal yang berhubungan dengan media. Seri ini cukup seimbang antara bagian premium serta untuk kegiatan sehari-hari. Di seri ini juga ada beberapa pilihan lagi yaitu ZenBook 13, ZenBook 14, dan ZenBook 15.

Tier selanjutnya adalah ZenBook S dan untuk saat ini hanya punya satu model saja ZenBook S UX393. Ini adalah termasuk laptop ultraportable dan punya desain berkelas serta berbeda dengan golongan zenbook yang lainnya. Selanjutnya adalah ZenBook Pro, cocok sesuai namanya laptop ini punya spek yang bagus. Namun untuk saat ini hanya ada dua model ZenBook Pro 15 and the ZenBook Pro Duo 15.

Baca juga:

Ini adalah salah satu laptop terbaik untuk para professional, pilihannya untuk CPU yang ada cuma intel doang yaitu Intel Core i7 sampai generasi ke 10 yang paling tinggi. Sedangkan untuk Pro Duo prosesornya itu Intel Core i9 sampai gen10. Kalau begitu beralih ke tier selanjutnya yaitu ZenBook Flip dimana di tier ini terdapat laptop dengan kualitas premium yang bisa dilipat.

Buat yang mencari laptop lipat dengan desain bagus serta tipis dan ringan maka Zenbook Flip bisa jadi pilihan yang tepat. Secara pilihan CPU cuma ada Intel saja dan yang paling tinggi sampai Core i7 Gen11. Secara GPU khusus untuk ZenBook Flip 13 dan 14 cuma menggunakan Iris Xe namun karena masalah ruang dan thermal aja.

Kalau ZenBook Flip 15 memakai Nvidia GeForce GTX 1650 Ti. Urutan seri laptop asus yang terakhir di kategori zenbook ini adalah ZenBook Duo yang menawarkan layar tambahan diatas keyboard yang dinamakan dengan ScreenPad Plus. Series ini cuma versi Low-end dari ZenBook Pro Duo. Laptop ini sendiri cocok untuk kegiatan kerja sehari-hari yang biasa.

Chromebook

seri asus chromebook flip

Chromebook sendiri merupakan nama sebuah sistem operasi Google OS. Dan asus juga punya laptop dengan OS tersebut, apalagi sistem operasi ini perlahan mulai diminati. Asus sendiri punya beberapa opsi di kategori seri berikut. Seperti Chromebook tablet sampai yang versi Flip dengan berbagai macam ukuran layar. Untuk prosesor sendiri itu meliputi Intel Celeron, Pentium, dan sampai 11th Gen Intel Core i7, dan juga paling tinggi sampai 3000 series AMD Ryzen 5.

ProArt StudioBook

seri asus proart studiobook

Seperti namanya pada urutan seri asus laptop berikut adalah produk yang sengaja dibuat khusus untuk para konten kreator yang ingin bekerja secara profesional. Ada beberapa pilihan CPU disini 9th Gen Intel Core i7, i9, dan Xeon. Sedangkan untuk GPU pilihannya adalah RTX 2060, Quadro RTX 3000, 5000, dan 6000. Bukan hanya itu saja, terdapat dua pilihan layar 15.6-inch atau 17-inch.

Republic Of Gamers (ROG Gaming)

urutan seri laptop asus rog

Kalau dilihat dari namanya maka sudah jelas, kalau ini adalah leptop yang dibuat khusus untuk para kalangan gamer. Jadi sudah tidak perlu diragukan lagi, buat yang mencari laptop yang bagus untuk main game dari asus maka pilih dan cari saja model ROG.

Urutan Seri Laptop Asus Yang Lainnya:

  • Seri BR dan W — Netbook ringan dan berdaya rendah dengan CPU Intel Pentium, dibuat untuk penggunaan di kelas di sekolah
  • Seri E — Laptop murah yang tipis dan ringan untuk penggunaan di rumah dan pelajar, dengan CPU Intel Celeron dan Pentium
  • Seri L — Laptop harian yang ringan dan berdaya rendah dengan CPU Intel Pentium
  • Seri M — Laptop harian mainstream dengan chipset AMD, diperbarui ke prosesor Ryzen 5000 terbaru
  • NovaGo — Laptop "selalu terhubung" dengan Qualcomm Snapdragon
  • Seri X — Laptop serba guna dengan CPU Intel Core dan Celeron

Yap itulah dia beberapa kumpulan daftar yang berurutan mengenai seri laptop yang dimiliki oleh brand asus. Bagaimana, sudah paham kan? Tidak semuanya saya jelaskan selain itu disini saya tidak membuat urutan seri laptop asus dari terendah sampai tertinggi karena beberapa seri memiliki spek yang berbeda-beda bila dibandingkan seri yang lainnya. Sekian dulu dan semoga membantu!