Mar 23, 2024

Sukses Jadi Content Creator Dengan ASUS Vivobook Pro 14 OLED

Menjadi seorang content creator seperti blogger atupun youtuber pasti butuh banget laptop yang bagus dengan spek tinggi yang akan sangat membantu pekerjaan menjadi jauh lebih efisien dan cepat. Pekerjaan satu ini mengharuskan kita setiap hari untuk selalu berada di depan laptop. Tentunya, spek laptop yang dibutuhkan pun tidak boleh main-main.

Sebagai contoh, dari pengalaman saya, melakukan edit video bisa memakan waktu jauh lebih lama bila memakai laptop dengan spek standar. Minimal laptop tersebut haruslah memiliki Ram 8gb dan memakai SSD. Sehingga proses kegiatan editing video bisa jauh lebih cepat, terutama saat proses render. Laptop terbaik untuk melakukan hal ini adalah jatuh pada merk ASUS Vivobook Pro 14 OLED.

Tampilan ASUS Vivobook Pro 14 OLED


sukses menjadi content creator asus vivobook pro 14 oled

Akan saya jelaskan kenapa ASUS Vivobook Pro 14 OLED bisa menjadi pilihan yang tepat terutama buat para content creator seperti youtuber. Alasan pertama adalah laptop ini memiliki kemampuan untuk mengurangi 70% cahaya biru yang berbahaya untuk kenyamanan mata. Sehingga meski kamu melakukan edit video berjam-jam, mata kamu akan tetap terasa nyaman karena laptop ini memiliki cahaya biru yang rendah.

Baca juga:

Sehingga ASUS OLED lebih bersahabat dengan mata yang bisa membuat kualitas tidur menjadi lebih baik. ASUS Vivobook Pro 14 OLED bisa menjadi pilihan untuk yang mau cari laptop murah dengan spek bagus? Kamu bisa membeli ASUS Vivobook Pro 14 OLED ini. Tahukah kamu? Kalau asus sendiri memiliki beberapa seri laptop dan vivobook adalah salah satunya.

Masing-masing seri, memiliki beberapa tipe atau tier lagi dan Vivobook adalah salah satu seri laptop asus yang memiliki beberapa tipe, antara lain yaitu VivoBook, VivoBook S, VivoBook Pro, dan VivoBook Flip.

ulasan ASUS Vivobook Pro 14 OLED

Tier awal dari seri ini adalah Vivobook yang tujuan utama laptop ini dibuat adalah untuk kegiatan produktif dan hal umum lainnya. Yaitu laptop yang cocok digunakan oleh para pekerja dan pelajar. Karena spesifikasi laptop ini pas banget dipakai untuk kegiatan sehari-hari.

Karena dibagi menjadi beberapa tier, tidak heran bila seri vivobook memiliki tier low-end, mid-end dan high-end. Nah, tier tertinggi atau versi High-End dari Vivobook adalah seri VivoBook Pro. 

Laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED Hadir dengan ditenagai AMD Ryzen™ 5000 H-Series Mobile Processors yang memiliki full powerful performance core untuk multitasking bahkan video editing. 

Selain powerful, prosesor ini memberikan daya baterai lebih awet sehingga produktivitas harian semakin maksimal. Dilengkapi dengan kartu grafis integrasi AMD Radeon yang memberikan performa gaming yang tanpa lag. Produktivitas harian dimanapun dan kapanpun jadi maksimal dengan performa prosesor dan kartu grafis dari AMD ini.

Laptop ini akan sangat membantu kamu sebagai seorang content creator terutama para youtuber, dimana kamu bisa melakukan berbagai macam hal tanpa masalah. Hal itu bisa dilihat dari speknya yang sangat canggih dan terkini. Lantas bagaimana sih spesifikasi yang dimiliki laptop ini? Berikut adalah spesifikasi lengkap yang dimiliki oleh ASUS Vivobook Pro 14 OLED.

Spesifikasi Vivobook Pro 14 OLED (M3400)

ASUS Vivobook Pro 14 OLED

  • CPU: 
    AMD Ryzen™ 7 5800H Mobile Processor (8-core/16-thread, 20MB cache, up to 4.4 GHz max boost)
    AMD Ryzen™ 5 5600H Mobile Processor (6-core/12-thread, 19MB cache, up to 4.2 GHz max boost)
  • Operating System: Windows 11 Home
  • Memory:
    16GB DDR4
    8GB DDR4
  • Storage: 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
  • Display: 14-inch, 2.8K (2880 x 1800) 16:10, ASUS OLED, 90Hz 0.2ms, 600nits, DCI-P3 100%, Pantone Validated, VESA HDR True Black
  • Graphics: AMD Radeon™ Graphics
  • Input/Output: 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader
  • Connectivity: Wi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5
  • Camera: 720p HD camera with privacy shutter
  • Audio: Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified audio
  • Battery: 50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
  • Dimension: 31.58 x 22.63 x 1.89 ~ 1.92 cm
  • Weight: 1.4 Kg
  • Colors: Solar Silver, Cosmos Blue
  • Price:
    Rp11.299.000 (Ryzen 5 / 8GB RAM / 512GB SSD)
    Rp11.799.000 (Ryzen 5 / 16GB RAM / 512GB SSD)
    Rp12.799.000 (Ryzen 7 / 16GB RAM / 512GB SSD)
  • Garansi: 2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty

Menjadi content creator adalah sebuah pekerjaan yang cukup membosankan. Sehingga selain butuh laptop yang bisa digunakan untuk melakukan berbagai macam hal umum seperti edit video, edit foto sampai live streaming dengan lancar. Laptop yang bagus juga harus bisa digunakan untuk main game terkini tanpa lag. Karena di sela-sela pekerjaan untuk edit video kita pasti butuh hiburan.

Caranya adalah dengan ngegame atau nonton dan ASUS Vivobook Pro 14 OLED ini sangat cocok untuk kedua hal tersebut. Apalagi laptop ini memiliki Gamut warna terbaik di kelasnya dengan 100% DCI-P3. Teknologi ini akan membuat laptop ini bisa menampilkan grafis yang begitu detail dan cukup memukau. 

Jadi dengan laptop ini sudah tidak ada lagi yang namanya game burik. Serta kamu akan sangat dimanjakan dengan berbagai efek CGI yang ada di film-film yang biasanya tidak bisa kamu lihat di laptop biasa. Selain itu gambarnya akan terlihat begitu realistis, dengan ketajaman warna yang akurat seolah kamu beneran melihatnya di dunia nyata.

visual asus vivobook pro 14

Tampilan gambar dengan gamut warna DCI-P3 100%

Itu hanyalah salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED. Berikut adalah keunggulan serta fitur yang dimiliki oleh laptop ini. Tentunya masing-masing keunggulan yang ada bisa membantu kamu untuk sukses menjadi content creator. Berikut adalah keunggulan serta alasan kenapa kamu wajib memakai laptop ini.

Keunggulan


Inilah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED:

  • Main Game Lancar Tanpa Lag
  • Bikin Mata Tidak Cepat Lelah
  • Kualitas Grafis Yang Sangat Bagus
  • Baterai Awet Dan Tahan Lama
  • Ringan
  • Murah Dan Kualitas Bagus
  • Dual-fan

Main Game Lancar Tanpa Lag


main game lancar tanpa lag dengan asus vivobook pro 14

Rasa jenuh pasti selalu melanda para content creator, apalagi pekerjaan ini membuat kita harus selalu berada di rumah menatap layar tanpa henti. Rasa bosan dan suntuk pun terkadang hadir yang kadang bisa mengganggu aktifitas dan kerjaan. Tentunya untuk menghilangkannya kita wajib melakukan refreshing atau healing untuk sekedar menghilangkan rasa stress di dalam pikiran.

Ada beberapa cara untuk healing, yaitu bisa pergi berwisata ke tempat indah seperti ke pantai atau pegunungan. Itupun kalau kamu suka keluar rumah tetapi kalau lebih suka di rumah opsi menghibur diri yang bisa dilakukan sangat terbatas yaitu dengan main game atau nonton film. 

Nah, laptop ini sangat pas kalau digunakan untuk keduanya. Karena mendukung display 2.8K dan dibekali dengan ram sampai 16gb  DDR 4. Selain itu teknologi CPU AMD Ryzen™ 7 5800H dan AMD Ryzen™ 5 5600H yang terpasang di dalamnya sudah sangat cukup untuk memainkan game online atau offline masa kini. 

Tak hanya itu saja, jenis penyimpanan dari ASUS Vivobook Pro 14 OLED ini memakai M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD dengan kapasitas 512GB. Yaitu salah satu jenis penyimpanan yang menawarkan kecepatan sudah bisa membuat mesin ini bisa memainkan game apa saja dengan lancar tanpa lag sama sekali.

Bahkan layar Display OLED yang ada pun memiliki respons time sebesar 0,2 ms. Layarnya sangat cepat dibandingkan dengan dengan LCD biasa. Belum lagi dengan dukungan WIFI 6 sudah membuat laptop ini hampir tidak memiliki kekurangan.

Bikin Mata Tidak Cepat Lelah


asus vivbook pro 14 oled aman untuk mata

Tentu bukan menjadi rahasia lagi kalau setiap content creator pasti setiap hari selalu berada di depan laptop menatap layar berjam-jam. Dimana hal ini bisa membuat mata menjadi cepat lelah karena mata terus-terusan terpapar cahaya biru. Hal ini disebut dengan sindrom penglihatan komputer yang mempengaruhi 50% pengguna laptop atau komputer.

Makanya tidak heran kalau banyak dijual kacamata laptop anti radiasi yang bisa membuat mengurangi paparan cahaya biru yang dihasilkan oleh layar. Cahaya biru sendiri cukup berbahaya karena perlahan-lahan akan mempengaruhi kesehatan mata kita.

Tapi kamu sudah tidak perlu khawatir lagi saat memakai laptop ini karena ASUS Vivobook Pro 14 OLED ini sudah mengurangi 70% cahaya biru sehingga membuat laptop ini jauh lebih bersahabat dengan mata. Karena sudah mengurangi dampak mata lelah yang dihasilkan oleh cahaya digital pada layar elektronik.

Belum lagi dengan sertifikasi TUV Rheinland dan SGS membuktikan kalau ASUS sangat peduli dengan pengguna produknya. Buat yang tidak paham, TUV Rheinland adalah sertifikasi dimana produk yang dimiliki oleh ASUS Vivobook Pro 14 sudah terbukti dan sudah di uji coba kalau layarnya itu memiliki cahaya biru yang sangat rendah serta bebas kedipan.

Sedangkan sertifikas SGS pun juga sama, yaitu sertifikat yang membuktikan kalau layar display yang dimiliki jauh lebih aman dibandingkan layar lcd biasa. Karena cahaya biru sudah sangat berkurang secara drastis.

Kualitas Grafis Yang Sangat Bagus


kualitas grafis bagus

Hadirnya resolusi 4K dan 8K di dunia industri membuktikan kalau kita sebagai manusia suka dengan sesuatu yang indah dan memukau. Apalagi saat main game serta nonton film barat, tentunya kita pasti berharap banget bisa melihat visual yang memanjakan mata dengan tampilan yang begitu detail. 

Hal tersebut bisa kamu alami dan rasakan sendiri karena kualitas grafis yang dimiliki oleh Vivobook Pro 14 sudah tidak perlu diragukan lagi karena memiliki 100% DCI-P3 color gamut. Yaitu sebuah teknologi yang bisa memberikan pengalaman visual dengan tingkat akurasi warna yang tinggi. Karena menyajikan visual yang lebih detail, tajam, sangat halus dan kaya warna.

Layar laptop ini sendiri memiliki standar industri bioskop kelas atas yang menyajikan warna sampai 1.7 miliar. Sehingga tampilan gambar yang dihasilkan akan sangat bagus. Sangat cocok untuk yang suka nonton film dengan kualitas HD atau main game rata kanan.

Baterai Awet Dan Tahan Lama

Daya tahan baterai merupakan salah satu hal penting terutama ketika kita hendak menggunakan laptop di luar ruangan yang terkadang tidak ada colokkan listrik yang bisa digunakan. Hal ini sangat penting dan berguna sekali buat para mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas atau para pekerja yang hendak menyusun materi.

Semakin lama bateraih bertahan tentunya akan semakin bagus, ASUS Vivobook Pro 14 OLED mampu bertahan selama 7 sampai 10 jam dalam satu kali charge. Sehingga membuat laptop ini cukup awet dan tahan lama meski tanpa charger. Kapasitas baterai yang dimiliki pun cukup tinggi yaitu 50 Wh.

Ringan Dan Tipis


ringan dan tipis

Setiap hari teknologi semakin berkembang, setiap perusahaan berusaha menciptakan dan membuat produk setipis mungkin dengan performa yang bagus. Ketebalan adalah salah satu prioritas yang dicari buat para digital nomad yang bisa bekerja kapan saja tanpa mengenal waktu walau sedang liburan. 

Hal ini sudah bukan mimpi lagi karena liburan sambil kerja sekarang menjadi sangat mungkin dilakukan bila memiliki laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED karena laptop ini memiliki bobot yang tergolong sangat ringan karena bobotnya cuma 1.4 kg saja. Selain itu laptop ini juga memiliki ketebalan yang termasuk tipis, hanya 1.92cm yang membuat laptop ini bisa dibawa bepergian kemana saja.

Ukurannya yang tipis membuat laptop ini sangat praktis dan muat di dalam tas kamu tanpa memakan tempat. Pilihan paling cocok buat yang tidak bisa lepas dari laptop seharian, terutama buat kamu yang super sibuk dengan berbagai macam tugas dan kerjaan.

Murah Dan Kualitas Bagus


kualitas asus vivobook pro 14 oled

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Vivobook adalah menawarkan harga yang murah dengan kualitas terbaik. Laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED sangat wajib dimiliki oleh para content creator dan sangat cocok banget dipakai oleh para mahasiswa atau siapapun yang suka main game sambil kerja. 

Karena laptop ini memiliki CPU AMD Ryzen™ 5000 H-Series. Ada dua pilihan CPU yang bisa dipilih dari laptop vivobook pro 14 model M3400. Yaitu AMD Ryzen™ 7 5800H dan AMD Ryzen™ 5 5600H. Buat orang awam kemungkinan tidak terlalu mengerti mengenai perbedaan dari CPU diatas. Namun berikut sedikit penjelasan mana sih spek yang wajib kamu pilih.

AMD Ryzen™ 7 5800H

CPU model ini sangat pas dipakai untuk yang suka dan sering sekali main game, tetapi juga bisa digunakan untuk melakukan berbagai macam kegiatan produktif seperti edit foto, edit video dan hal berat lainnya. Kalau ingin main game lancar tanpa lag serta masih bisa digunakan untuk melakukan berbagai jenis pekerjaan silahkan pilih laptop dengan spek ini.

AMD Ryzen™ 5 5600H

Sedangkan ASUS Vivobook Pro 14 OLED dengan spek CPU AMD Ryzen™ 5 5600H itu sangat bagus di pakai untuk yang sering main game namun jarang digunakan untuk pekerjaan produktif. Karena seri CPU ini cocoknya untuk para gamer maniak tetapi masih bisa melakukan hal yang lainnya namun dengan harga sedikit lebih murah.

Ada beberapa jenis seri Vivobook Pro 14 OLED (M3400) yang bisa dibeli, masing-masing laptop memiliki spek yang hampir sama. Yang membedakan hanyalah terletak di CPU dan juga memori ram yang dimiliki. Ada dua model CPU dan dua pilihan ram.

Dual-Fan


dual fan keunggulan laptop asus vivobook pro 14 oled

Sebagian besar laptop sekarang, umumnya hanya menggunakan satu fan saja sebagai pendingin. Namun, tidak bagi asus karena ini adalah salah satu  keunggulan lain yang dimiliki oleh ASUS Vivobook Pro 14 OLED ialah adanya dual fan yang akan membuat mesin laptop tetap dingin ditambah dengan teknologi thermal IceCool Plus yang akan tetap membuat mesin bisa memberikan kinerja maksimal.

Berdasarkan pengalaman, kinerja kipas angin yang dimiliki oleh laptop asus itu kinerjanya tergantung dari pemakaian. Bila di pakai untuk melakukan berbagai hal ringan, kipasnya bekerja biasa saja. Namun semakin digunakan untuk melakukan hal berat seperti main game, sampai rendering putaran kipas angin pendingin akan semakin cepat.

Hal ini tentu saja sangat berguna untuk mengurangi panas kinerja yang terjadi di CPU. Sehingga laptop ini akan selalu terasa dingin meski digunakan untuk melakukan berbagai pekerjaan multitasking.

Fitur

Selain keunggulan, Vivobook Pro 14 OLED (M3400) juga memiliki beragam fitur antara lain:

  • Memiliki Prosesor Ryzen Kekinian
  • Smart WiFi
  • AI Noise Canceling
  • Backlit Keyboard
  • Banyak Port
  • Melindungi Pengguna

Memiliki Prosesor Ryzen Kekinian


benchmark asus vivobook pro 14 oled laptopBenchmark ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) dengan Ryzen 7 5800H dengan RAM 16GB

Ryzen adalah prosesor kekinian yang di desain oleh AMD yang pernah menggebrak dunia gaming karena performanya yang cukup bagus. Bahkan penjualan CPU ini sempat mengalami kekosongan stok karena banyaknya peminat yang ingin membelinya. Nah, Vivobook Pro 14 OLED (M3400) telah ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 7 5800H dan AMD Ryzen™ 5 5600H terbaru.

Prosesor ini sendiri masih menduduki posisi 10 besar di Gaming CPU Benchmarks. Dengan nilai yang cukup bagus. Sehingga kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi untuk main game HD terkini dengan lancar tanpa lag.

Smart WiFi


smart wifi laptop asus

Fitur lainnya yang tak kalah penting adalah adanya smart wifi yang akan sangat membantu, karena dengan teknologi ini ASUS WiFi SmartConnect akan memilih koneksi wifi terbaik kapan saja dan dimana saja. Koneksi akan langsung terhubung dengan perangkat yang dikenal tanpa ada kendala. 

Belum lagi karena menggunakan WiFi 6 (802.11ax) melakukan surfing internet, streaming video sampai main game online bakalan menjadi ngebut tanpa rem. Katakan tidak pada buffering atau lag, karena dengan WiFi 6, koneksinya 3x jauh lebih cepat dibandingkan dengan WiFi 5. Pas banget buat kamu yang suka nongkrong di cafe atau resto favorit atau para mahasiswa yang suka nebeng wifi kampus atau temen.

AI Noise Canceling


ai noise canceling

Hanya suaramu yang ingin kudengar, mungkin hal tersebut bisa menjadi ungkapan yang cocok buat si DOI ketika kamu hendak melakukan video chat dengan dia. Hal tersebut bisa terwujud dengan adanya teknologi yang dimiliki oleh ASUS Vivobook Pro 14 OLED yaitu dengan fitur Noise Canceling yang akan sangat berguna dan cuma memperdengarkan suara dia. 

Sangat membantu terutama ketika kamu main game sambil voice chat, atau ketika sedang melakukan zoom meeting bahkan conference call. Karena berbagai macam suara bising akan terfilter secara otomatis dan yang akan di dengar oleh lawan bicara adalah suara kamu dengan jernih dan jelas. Yap, Ai Noise Canceling ini hanya memperdengarkan suara ucapan manusia dan menyaring segala jenis suara bising yang ada.

Perbedaan Suara Dengan AI Noise Canceling


Di bawah ini adalah contoh perbedaan suara dengan ai noise canceling ataupun tanpa ai noise canceling. Silahkan klik tombol play atau putar untuk mendengarkan kecanggihan dari fitur berikut. Klik next untuk mendengarkan bedanya, ada 4 rekaman yang bisa di dengar. (klik rerun kalau tidak muncul)



Backlit Keyboard


backlit keyboard

Mengetik adalah tugas yang biasa saya lakukan, meski belum bisa mengetik 10 jari namun ketikan saya tergolong cukup cepat. Bahkan saya sendiri bisa merasakan perbedaan yang dimiliki sebuah keyboard. Tentunya responsifitas yang dimiliki akan sangat mempengaruhi kerjaan kita karena saya sendiri sudah 3x mengalami pergantian keyboard. 

Dimana keyboard yang tombolnya tidak responsif bisa sangat mengganggu sekali. Makanya butuh keyboard yang sangat nyaman buat ngetik yang akan membuat kita menjadi semakin produktif apalagi saya sendiri adalah seorang blogger yang kerjaannya ngetik setiap hari. 

Kenyamanan tersebut bisa di dapat dari ASUS Vivobook Pro 14 OLED karena laptop ini punya keyboard dengan rancangan ergonomis, desain yang kokoh dengan konstruksi one-piece dan key travel 1,35 mm semakin memberikan pengalaman mengetik yang sangat nyaman dan begitu halus.

Laptop ini pun juga sangat bisa digunakan dalam keadaan cahaya redup karena memiliki backlit. Backlit keyboard sangat bermanfaat buat kamu yang suka ngetik kapan saja serta suka dengan nuansa redup. Selain itu lampu cahaya backlit ini pun bisa dimatikan dan dihidupkan saja. Sehingga kamu bisa menggunakannya ketika dibutuhkan saja.

Banyak Port


review konektifitas asus vivobook pro 14 oled

Colokkan USB, Audio Jack serta HDMI merupakan tiga hal yang sangat penting sekali. Ketika laptop tidak memiliki salah satu diantaranya pasti akan terasa ada yang kurang.  Tidak dipungkiri, di beberapa kesempatan kita membutuhkan hardware eksternal yang berfungsi untuk membantu sebuah pekerjaan. Hardware tersebut biasanya bisa terhubung melalui port yang ada di sebuah laptop.

Nah, Vivobook Pro 14 OLED memiliki banyak port I/O lengkap yang sangat membantu. Dengan adanya USB 3.2 Gen 2 Type-A dan port USB 2.0, serta port HDMI dan MicroSD Card reader membuat kamu bisa terhubung kapan saja dengan periferal, layar, atau proyektor terbaru tanpa ada kendala. Bahkan kamu bisa melakukan transfer data jauh lebih cepat dengan port USB 3.2 Gen 2 Type-A.

beda usb 3.0 dan 3.2Perbedaan kecepatan transfer masing-masing generasi USB

Ngerjain tugas sambil dengerin musik? Transfer file besar hanya hitungan menit? Semua itu bisa dilakukan dengan laptop ini.

Melindungi Pengguna


privasi laptop asus

Kemanan pengguna juga menjadi prioritas utama bagi ASUS. Laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED satu ini memiliki dua fitur kemanan, yang tetap menjaga privasi setiap konsumen . Karena sudah memiliki pelindung webcam serta sensor sidik jari internal. 

Dengan kedua fitur ini membuat kamu terlindungi dari pengintaian para hacker, webcam shield bisa dipakai secara instan dengan mudah. Serta kemudahan dalam mengakses menu windows. Login jauh lebih cepat karena kamu sudah tidak perlu lagi mengetikkan kata sandi dan cukup gunakan satu sentuhan jari laptop sudah otomatis terbuka.

Sukses Menjadi Youtuber Dengan ASUS Vivobook Pro 14 OLED


sukses jadi youtuber

Membangun sebuah channel youtube itu tidaklah mudah dan butuh mesin yang tangguh agar bisa sukses menjadi seorang youtuber. Sebelum melangkah lebih jauh, mari yuk kita pahami dulu beberapa jenis content creator. Karena jenis pekerjaan ini dibagi menjadi beberapa, seperti blogger, influencer dan youtuber.

Ketiganya membuat konten dengan cara yang berbeda, yang pertama adalah blogger yaitu fokus utamanya adalah membuat artikel dan sedikit editing gambar. Saya sendiri adalah seorang blogger dan youtuber meski profesi youtube ini sudah tidak saya tekuni lagi. Yang kedua influencer, fokus utamanya membuat video streaming dan lebih ke arah edit gambar serta edit video dan yang terakhir adalah youtuber.

Salah satu profesi yang perlu laptop dengan spesifikasi bagus. Karena menjadi youtuber perlu laptop yang bisa edit gambar, edit video dan juga main game. Laptop yang cocok untuk pekerjaan tersebut adalah ASUS Vivobook Pro 14 OLED. Kalau saya sebagai seorang blogger, spesifikasi yang dimiliki oleh laptop ini sudah lebih dari cukup karena fokus utama saya adalah buat edit gambar serta menulis artikel.

Buat kamu yang hendak menjadi youtuber, salah satu laptop yang sangat saya sarankan untuk di pakai ialah ASUS Vivobook Pro 14 OLED. Akan saya sebutkan beberapa alasannya, karena laptop ini bisa menemani kamu untuk menjadi youtuber sukses. 

Mampu Menjalankan Berbagai Macam Software Editing dan Streaming


jalankan berbagai aplikasi

Memulai sebuah channel itu sangat mudah yang sulit adalah membuatnya menjadi besar dan terkenal. Karena untuk bisa menjadi youtuber terkenal tentunya kita harus mampu membuat konten yang menarik dan menghibur. Untuk melakukan hal ini dibutuhkan laptop yang bisa menjalankan berbagai jenis software edit video serta gambar. 

ASUS Vivobook Pro 14 OLED mampu melakukan hal tersebut. Karena merintis channel youtube mengharuskan kita untuk bisa melakukan update upload video setiap minggu atau bahkan setiap hari maka perlu laptop yang tangguh. Mari kita lihat salah satu spesifikasi software edit video yang paling banyak digunakan yaitu adobe premiere pro.

  • CPU: AMD Ryzen™ 3000 Series / Threadripper 2000 series or newer CPU
  • OS: Microsoft Windows 10 (64-bit) version 1909 or later
  • Memory: 16 GB of RAM for HD media
  • GPU: 4 GB of GPU memory for HD and some 4K media

Itu adalah spesifikasi yang direkomendasikan oleh Adobe sendiri. Sedangkan spek yang dimiliki oleh laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED sudah mencukupi. Karena laptop ini sudah memakai AMD Ryzen™ 5000 Series yaitu prosesor versi terbaru. Sudah menggunakan windows 11 dan ada pilihan memori ram 16gb serta memiliki GPU memori sebanyak 4gb.

Sedangkan untuk software seperti OBS untuk melakukan streaming pun juga sangat mencukupi. Apalagi software lainnya, tentu saja ASUS Vivobook Pro 14 ini sangat mampu untuk menjalankannya. Laptop ini mampu membantu kamu untuk upload video setiap hari, sampai akhirnya kamu sukses dan mendapatkan minimal jam tayang dan jumlah subscriber untuk memenuhi syarat monetisasi. Yaitu 1000 subscriber dan 4000 jam tayang.

Proses Rendering Dan Edit Video Atau Gambar Jadi Sangat Cepat


asus vivobook pro 14 sangat cepat
Uji coba baca tulis ASUS Vivobook Pro 14 OLED dengan CrystalDiskMark 8

Hal ini adalah karena laptop ini menggunakan penyimpanan SSD M.2 yaitu teknologi penyimpanan terbaru. Dimana jenis penyimpanan satu ini memiliki kemampuan read/write yang lebih bagus dibandingkan dengan hdd biasa. Ada tiga jenis penyimpanan yang perlu kamu ketahui yaitu antara lain: HDD, SSD dan M.2 SSD. Tahukah kamu apa sih yang membedakan masing-masing memori penyimpanan tersebut?

Bedanya adalah efisiensi loading time atau mudahnya hemat waktu. Contoh, waktu booting ketika laptop menggunakan hdd butuh waktu 30 detik. Maka laptop dengan ssd hanya perlu waktu 20 detik saja tetapi laptop dengan m.2 ssd cuma butuh waktu 10 detik saja. 

Dengan kata lain laptop dengan jenis penyimpanan ini 25x lebih cepat dibandingkan laptop biasa yang pakai hdd. Dalam pengujian sendiri laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED bisa membaca sampai kecepatan 3500MB/s sedangkan untuk kecepatan tulis hingga 3000MB/s. Berikut adalah data perbandingan antara hdd, ssd dan m2.

perbandingan antara hdd ssd dan m2
Uji coba baca tulis hdd, ssd dan m2 dengan CrystalDiskMark

Memang sih m.2 ini tidak serta merta membuat grafis jadi tambah bagus dan menambah fps saat main game tetapi laptop ini mampu mengurangi durasi waktu loading secara signifikan. Performa yang dimiliki oleh laptop ini mencakup segala macam software. Dengan kata lain proses edit video sampai rendering akan jauh lebih cepat bila memakai laptop dengan ssd m.2.

Koneksi Internet Cepat, Live-Streaming Dan Main Game Online Sangat Mulus


internet yang cepat di asus vivobook pro 14

Menjadi youtuber perlu koneksi internet yang bagus yang akan berguna untuk proses upload video ataupun live streaming. Semakin cepat koneksinya tentu akan semakin cepat pula proses upload video tersebut. Apalagi para pengguna sekarang lebih suka nonton video dengan tampilan HD yang membuat ukuran video yang hendak di upload menjadi semakin besar.

Dengan adanya teknologi WiFi 6 proses upload video bisa menjadi lebih cepat dibanding biasanya selama di dukung dengan koneksi internet yang bagus. Karena teknologi ini meningkatkan koneksi internet menjadi sangat maksimal apalagi di dukung dengan teknologi terbaru 4g yang kini hendak beralih menjadi 5g. 

kecepatan wifi 6Perbandingan kecepatan WiFi 3 sampai WiFi 6

Bahkan wifi 6 ini mampu download file besar bergiga-giga dalam hitungan detik. Apalagi melakukan live streaming, tentu saja sangat bisa dong. Asalkan koneksi internet yang kamu miliki sudah sangat bagus tentunya akan sangat terbantu dengan adanya teknologi ini.

streaming video youtube
Ilustrasi streaming video oleh Nicomic

Dengan adanya wifi 6 kamu juga bisa nonton video secara online tanpa buffering lagi. Karena kamu sudah bisa streaming online dengan lancar meski videonya di set ke kualitas HD sekalipun. Jadi, mau marathon  drakor sampai habis? Hingga nonton film favorit? Hayuk...

Kesimpulan


ASUS Vivobook Pro 14 OLED

Pendapat Pribadi

Kalau buat saya, laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED ini sudah sangat cukup kalau digunakan untuk kerja. Apalagi laptop ini pun mampu digunakan untuk main game HD, memang sih tidak semua game bisa di set ke rata kanan. Contohnya saja main game Shadow of the Tomb Raider yang lumayan berat, di resolusi Full HD game ini cuma mampu dapat 28 fps saja.

Untuk Street Fighter V sendiri bisa main dengan settingan medium Full HD. Karena memang laptop ini bukan khusus untuk gaming karena lebih ke arah produktifitas untuk kerja atau mengerjakan tugas kuliah atau sekolah. 

Laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) memang ditujukan untuk di rumah dan termasuk salah satu laptop wfh terbaik yang bisa di pakai untuk sehari-hari. Yap itu dia sedikit ulasan dan review dari laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) ini. Semoga tulisan ini membantu, terima kasih sudah membaca.