Apr 18, 2023

Cara Main Multiplayer PES Pakai Stik di Laptop / PC (Pes 2013-2019)

Kamu pengen bermain PES di PC atau Laptop secara multiplayer offline sama teman kamu tapi tidak tau caranya? Padahal gampang banget lhoo kalau sudah bisa, dulu saya juga kesulitan kok untuk gimana sih caranya main pes supaya bisa dimainkan berdua pakai stik. Nah, itulah yang akan saya jelaskan yaitu mengenai Cara Main Multiplayer PES Pakai Stik di Laptop atau PC.

Cara ini berlaku untuk semua seri pes yang ada, baik itu seri pes 2013, pes 2018 atau pes 2019. Namun di dalam tutorial ini saya menggunakan seri pes 2017, karena saya sendiri masih nyaman main berdua sama teman saya pakai pes 2017 ini. Alasannya sih karena suka gameplaynya dan sudah terbiasa aja pakai versi yang 17.

Cara Setting Stik Ps2 Untuk Main Pes Multiplayer di Laptop

Cara Multiplayer Pes Pakai Stik di Laptop

Baiklah, sekarang akan saya jelaskan mengenai bagaimana cara bermain pes di laptop secara berdua sama teman kamu, baik itu di laptop bisnis atau laptop gaming. Sebelum kita mulai ada baiknya kamu memiliki stik ps2 beserta converternya, jadi kamu harus punya 2 converter dan 2 stik ps2. Untuk tau lebih lanjut mengenai converter yang bagus silahkan baca postingan saya disana: Cara Pakai Stik Ps2 di PC/Laptop Dengan Mudah.

Disitu sudah saya jelaskan juga supaya kamu tidak menggunakan converter warna biru, dan juga saya sarankan untuk tidak menggunakan stik ps versi pc yaitu stik yang menggunakan colokan usb. Apalagi jika stik tersebut mempunyai 2 buah stik tapi 1 colokkan, stik model seperti ini tidak baik untuk main game seperti pes.

Baca juga: Cheat Pes 2017 Menang Terus

Bukan karena apa-apa tapi karena untuk mengantisipasi jika nanti stik yang kamu gunakan itu salah satunya menjadi rusak, apalagi kan stik model seperti itu hanya punya 1 colokan. Nah, jika pakai stik model seperti itu, maka 1 colokan usb itu dibagi menjadi 2 . Belum lagi nanti bila ada yang error seperti respon tombol yang tidak sesuai karena ada jeda beberapa detik setelah ditekan dan lain-lain.

Cara Setting Stik Ps2 Untuk Main Pes 2017

Bermain Berdua Pes Laptop Pakai Stik

Kalau sudah silahkan install driver stik ps kamu, karena sesudah kita membeli stik maka stik tersebut tidak bisa kita gunakan sebelum kita melakukan instalasi driver pada laptop atau pc kita. Untuk melakukan hal tersebut kamu membutuhkan aplikasi pihak ketiga bernama Nefarius Software, silahkan kamu install aplikasi tersebut.

Kalau sudah buka driver installer dan centang seperti gambar diatas. Centang yang dualshock driver abis itu silahkan cari nama driver stik ps2 kamu. Kalau kamu pakai stik yang saya sarankan nanti ada tulisannya Playstation 3 Controller. Nama driver ini bisa berbeda-beda tergantung stik yang kamu gunakan.

Cara Main Multiplayer Pes Pakai Stik di PC

Ada juga yang namanya Twin USB Joystick, nah untuk mengetahui  nama driver kamu cukup tutup aplikasi driver installer tersebut lalu cabut stik ps2 kamu dan buka lagi. Nanti nama drivernya bakalan hilang, lalu coba colokkan stik ps kamu lalu buka driver kamu dan bandingkan untuk menemukan nama driver kamu.

Sudah paham belum? Kalau belum paham silahkan baca link yang saya sebutkan diatas tadi mengenai cara menggunakan stik ps2 di laptop dengan mudah atau bisa klik langsung di link ini: http://www.namatin.com/2018/06/cara-pakai-stik-ps2-di-pc.html.

Cara Agar Stik Ps2 Bisa Digunakan Main Pes

setting stik ps untuk main pes 2017 berdua

Saya anggap soal instalasi driver tadi sudah benar yaa, cara mudah mengeceknya adalah dengan memainkan game lain yang support pakai stik alias controller. Biasanya untuk game lain kalau drivers sudah terinstall maka kamu tinggal colokkan stik ps kamu dan memainkan gamenya langsung tetapi untuk game seperti pes baik itu pes 2013 atupun 2017 maka kamu harus melakukan setting terlebih dahulu.

Baca juga: Cheat Last Day on Earth Tanpa Root

Pertama kamu cari folder instalasi pes kamu, biasanya ada di drive C:/ lalu Program Files dan Konami. Kalau sudah ketemu silahkan cari aplikasi bernama Settings. Sudah ketemu? Klik 2x untuk membukanya.

cara mudah setting stik ps pes 2018

Kalau sudah klik di bagian controller, nanti bakalan muncul tampilan seperti gambar diatas. Kalau sudah pilih yang DirectInput, lalu untuk controllernya pilih yang Controller 1. Nah untuk yang bagian device pilih nama Driver Stik Ps kamu.

Cara Menggunakan Stik PS di PC

Kalau pakai yang saya sarankan biasanya muncul nama Controller Xbox 360, pilih yang itu saja dan pilih yang BAGIAN ATAS SENDIRI (PENTING). Kalau sudah kita lanjut ke bagian Mapping Stik ps2 kita, mapping itu apa? Mapping itu gunanya untuk mencocokkan tombol stik ps2 kita sama seperti tombol waktu kita main pes di playstation 2 biasa.

Jadi waktu mainin pes di pc terus kamu heran kok tombolnya beda banget dengan yang di ps2 maka kamu harus melakukan mapping tombol terlebih dahulu supaya sama. Caranya gimana? Gampang banget kok, lanjut aja bacanya!

Cara Pakai Stik Pes Laptop

Kalau sudah sekarang kita atur lagi stik ps2nya supaya teman kamu juga bisa main sama kamu, sekarang kita melakukan settingan untuk stik nomer 2. Silahkan untuk Controller kamu pilih Controller 2, lalu pilih yang DirectInput, baru deh kita pilih yang Device ini nama driver kamu.

Baca juga: Cheat GTA San Andreas PC/Laptop Lengkap Bahasa Indonesia

Nah, nama drivernya ini kan ada 2? Berhubung tadi kita pilih yang atas sendiri maka sekarang kita selanjutnya pilih driver yang bawah sendiri. Jadi tiap stik itu drivernya harus dibeda-bedakan supaya bisa dimainkan berdua nantinya.

Cara Setting Pes 2017 Pakai Stik

Selanjutnya kita akan mapping tombol, caranya cukup arahkan kursor kamu ke arah tombol yang ada di gambar. Contoh, kamu arahkan tombol ke arah tombol Y lalu setelah muncul gambar dibawah ini:

Setting stik ps main pes 2017

Kamu tekan tombol segitiga pada stik kamu, nanti tampilan seperti gambar diatas tersebut bakalan hilang. Lanjut untuk tombol yang lainnya, misalnya aja analog.

setting stik ps pes 2013

Misal untuk analog kiri, arah ke atas, kamu arahkan kursor komputer kamu ke arah analog atas lalu klik.

Setting stik ps untuk main semua versi pes

Setelah muncul gambar seperti diatas ini baru deh kamu tekan analog arah atas pada stik yang kamu pegang. Silahkan lakukan cara ini pada semua tombol yang tersisa, tidak terlalu sulit kok kamu cukup menyamakan saja lokasi tombol di gambar dengan stik ps yang kamu pegang.

Cara Setting Stik Ps untuk Pes Laptop

Biasanya tidak perlu semua tombol kita samakan kok karena yang berbeda biasanya hanyalah tombol Segitiga, X, Kotak dan Lingkaran. Jadi, kamu cukup mapping ke empat tombol tersebut aja. Kalau sudah selanjutnya kita mapping controller no.1 caranya cukup ganti yang dibagian Controllernya aja. Kalau tadi kan kita berada di Controller 2 maka sekarang kita tinggal pilih Controller 1 lalu lakukan mapping yang sudah saya sebutkan tadi lalu klik OK.

Cara Main Pes Offline Berdua Bersama Teman

Cara Main Bersama Pes Laptop atau PC pakai stik

Sekarang kita tinggal coba, bisa ga sekarang kita bermain berdua sama teman kita. Buka game pes kamu, misal nih berhubung saya pakai pes 2017 maka saya buka pes 2017 saya. Lalu cukup colokkan 2 stik ps kamu setelah itu pilih yang Exhibition lalu coba deh arahkan stik nomer 2 ke arah kanan atau kiri. Bisa ga?

Kalau sudah bisa seperti gambar diatas kamu tinggal cek tombolnya bisa berfungsi dengan baik atau tidak. Coba deh, kamu pilih klub dan klik ok-ok saja buat ngecek semua tombol sudah bisa apa enggak. Kalau sudah ok dan tidak ada masalah baru deh kamu bisa bermain bersama teman kamu.

Baca juga: Cheat Left 4 Dead 2 Pc Lengkap

Untuk tau mana stik nomer 1 atau 2 bisa dilihat dari gambar diatas, kalau pas tekan arah kanan-kiri yang gerak stik atas sendiri atau warna biru maka artinya itu adalah stik no.1, kalau yang warna merah atau bawah sendiri artinya itu stik nomer 2, begitu juga sebaliknya.

Cara Bermain Berdua di Pes Laptop Pakai Stik ps2

Kalau sudah seperti ini sekarang kita bisa bermain multiplayer sama teman kamu di dalam 1 laptop atau pc, kamu juga bisa antara mau bermain sebagai musuh atau teman. Kalau teman yaa cukup arahkan stik nomer 2 ke arah home atau away dan klik OK.

Oh ya, jangan lupa yaa kalau yang ditunjuk arah panah itu tulisannya harus normal. Karena kalau Role Control nanti malah ada pembagian tugas. Yaitu kamu disuruh milih mau menjadi pemain bagian bertahan atau menyerang. Untuk mengubah ini kamu cukup tekan R1/L1. Yaa itu dia cara untuk bisa bermain pes bersama berdua sama teman di laptop. Mudah kan caranya? Sekian dulu dan selamat bermain!!