Jan 21, 2024

Ciri Dan Contoh Spesifikasi Laptop Yang Bagus

Butuh contoh spesifikasi laptop yang bagus? Kalau iya yuk cek deh apa saja sih yang membuat sebuah laptop itu punya spek paling bagus dan layak beli. Berikut ini adalah beberapa tips yang akan saya bahas buat siapa saja yang hendak membeli laptop terbaik. Karena memilih laptop yang tepat memiliki pengaruh jangka panjang.

Apalagi laptop kini menjadi kebutuhan utama, terutama untuk para mahasiswa atau para pekerja yang sekarang beralih ke WFH. Fungsi dari laptop atau bisa juga disebut dengan notebook ini ada banyak sekali. Contohnya adalah bisa untuk edit gambar, buat desain web, buat aplikasi sampai buat dokumen yang sederhana bahkan ada yang bisa digunakan untuk main game.

Contoh Spek Laptop Bagus

Contoh Spesifikasi Laptop Yang Bagus

Tentu tidak semua laptop yang ada di pasaran itu cocok digunakan untuk berbagai macam hal. Karena sebagian laptop yang dijual itu memiliki beberapa pangsa pasar atau segmentasi. Misalnya saja, ada laptop khusus dibuat untuk bisnis. Jadi setiap laptop di golongan ini merupakan laptop terbaik yang punya spek yang pantas dipakai untuk melakukan berbagai macam pekerjaan multitasking.

Baca juga:

Selain itu ada juga laptop yang cuma untuk main game saja, dan laptop yang khusus game ini umumnya sangat boros sekali baterai. Karena spek yang di pakai menggunakan teknologi CPU dan GPU terkini dan hanya mempedulikan kualitas kelancaran main game dengan grafik paling bagus. Tentu saja laptop semacam ini tidak cocok digunakan untuk bekerja.

Bisa saja kok, namun tidak pas untuk kerja di luar ruangan yang jauh dari listrik mengingat laptop khusus game umumnya boros baterai. Nah, bagi yang bingung apa saja sih ciri laptop yang bagus itu dan apakah ada contoh spesifikasi laptop yang bagus. Tentu disini saya hanya membahas sedikit hal yang perlu dilihat dari sebuah spesifikasi laptop, apakah bagus atau tidak. Berikut contohnya:

Contoh Spesifikasi Laptop Yang Bagus

Inilah contoh spesifikasi laptop yang bagus dan perlu dilihat

  • Menggunakan SSD
  • RAM Besar
  • Memiliki Core Banyak
  • Memakai CPU Generasi Terbaru
  • Menggunakan GPU Terbaru
  • Punya Berbagai Macam Fitur
  • Punya Banyak Ports

Itulah beberapa hal dasar yang perlu diperhatikan saat membeli sebuah laptop. Mari kita lihat contoh laptop yang bagus itu apa saja dengan melihat spesifikasinya. Disini saya akan memakai contoh laptop bisnis terbaik dari Lenovo, yaitu seri X1 Carbon. Berikut adalah spek laptop yang bagus.

Spek Bagus Dari Laptop Lenovo

  • CPU: 11th Gen Intel Core i5/Core i7
  • GPU: Iris Xe
  • RAM: 8GB/16GB/32GB
  • Storage: 256GB/512GB/1TB SSD
  • Display: 14-inch, 1920 x 1200-pixel 16:10
  • Size: 12.4 x 8.7 x 0.6 inches
  • Weight: 2.5 pounds
  • Battery Life: 15 Jam
  • Harga: Rp 25.199.000

Mari kita bahas satu persatu dari poin contoh spek laptop yang bagus diatas yang sudah saya sebutkan.

Menggunakan SSD

Laptop yang bagus itu menggunakan SSD, kenapa? Karena performa laptop tersebut akan cepat banget bila digunakan untuk melakukan berbagai macam hal. Mulai dari Booting (yaitu waktu saat laptop dinyalakan) sampai untuk melakukan rendering. Kinerjanya bisa 2x sampai 3x lebih cepat dari laptop yang menggunakan HDD. Makanya tidak heran kalau kebanyakan laptop menggunakan SSD itu jauh lebih mahal dibandingkan dengan HDD.

Jadi kalau ingin tahu spesifikasi laptop yang bagus itu bagaimana, cek apakah sudah menggunakan SSD atau tidak? Tetapi bila tidak ada pilihan SSD pun juga tidak masalah. Kenapa? Karena kalau laptop yang kami pilih ternyata punya spesifikasi HDD nanti bisa di upgrade kok. Jadi kamu masih bisa mengganti HDD tersebut ke SSD kapan saja selama ada uang lebih.

RAM Besar

Semakin besar sebuah ram, maka semakin bagus pula laptopnya. Minimal laptop sekarang itu setidaknya punya ram 4gb atau 8gb. Kenapa? Karena ram ini sangatlah penting untuk menjalankan sebuah proses, entah itu untuk membuka aplikasi, menyetel musik, nonton video atau browsing. Semuanya membutuhkan RAM dan semakin berat tugas yang dilakukan sebuah laptop maka semakin besar pula ram yang dibutuhkan.

Tahu tidak sih, kalau minimal untuk lancar menjalankan aplikasi google chrome untuk melakukan browsing itu setidaknya laptop kamu harus memiliki ram sebanyak 8gb? Karena browser satu ini sangat boros sekali ram. Sehingga ram 4gb terasa sangat kurang dan kadang buat hang atau freeze laptop kamu. Makanya pastikan saat mencari contoh spesifikasi laptop yang bagus lihat ramnya berapa.

Selain itu, jenis ram pun juga sangat berpengaruh. Biasanya ada jenis DDR3 dan DDR4. Mudahnya semakin tingga angkanya maka akan semakin cepat. Jadi pastikan lagi kalau laptop yang sedang kamu cari tersebut memiliki spesifikasi ram lebih tinggi yaitu DDR4. Selain itu semakin tinggi semakin hemat daya karena ram ddr4 cuma butuh daya 1.2 volt saja dibandingkan ddr3 yang butuh 1.5 volt.

Memiliki Core Banyak

Karena umumnya sebuah spesifikasi laptop itu menggunakan prosesor intel. Maka pastikan laptopnya itu punya core yang banyak. Hal ini bisa dilihat dari angkanya yang semakin tinggi semakin bagus, namun jangan lupa untuk melihat generasi cpu tersebut juga. Nanti akan saya jelaskan tentang hal ini. Kalau kamu melihat contoh spesifikasi laptop yang bagus diatas tentang lenovo yoga, yaitu core i3, core i5 dan core i7.

Mudahnya semakin banyak core semakin bagus, karena laptop yang punya banyak core memiliki performa yang jauh lebih baik dibandingkan laptop yang punya single core dengan kecepatan yang sama. Karena core ini berfungsi untuk melakukan proses perintah secara bersamaan dan sangat bagus untuk melakukan berbagai macam hal multitasking.

Memakai CPU Generasi Terbaru

Biasanya generasi terbaru ini terlihat di CPU atau prosesor intel, contohnya seperti Core i5-7200U. Core i5 adalah chipnya, dan angka setelah tanda minus - adalah generasi dari cpu tersebut. Dengan kata lain CPU Core i5-7200U adalah generasi ketujuh. Jadi ketika kamu melihat sebuah contoh spesifikasi laptop yang bagus maka coba dilihat cpu tersebut menggunakan generasi keberapa?

Karena semakin tinggi itu semakin bagus dan lebih efisien, dan generasi paling baru dari laptop intel ini adalah generasi 11 yang rilis di tahun 2021. Jadi carilah cpu dengan chip paling baru i3, i5 atau i7 dan generasinya yang terbaru. Contoh: Intel Core i7-1165G7 dan lain sebagainya karena ini nanti akan sangat berpengaruh sekali.

Menggunakan GPU Terbaru

Sebenarnya untuk masalah GPU ini khusus untuk orang yang ingin laptopnya itu untuk main game, edit video sampai mining. Tetapi kalau cuma untuk kegiatan biasa sebenarnya tidak terlalu perlu GPU. Karena graphic card bawaan laptop itu sudah sangat cukup. contoh spesifikasi laptop yang punya GPU bagus adalah NVIDIA GeForce RTX 3080, contoh laptop ini adalah ASUS ROG Strix Scar 17.

Saat melihat sebuah GPU, hal yang perlu diperhatikan dari spek ini adalah angka pertama dan kedua. Yaitu angka pertama misal RTX 3080 dan angka pertamanya 30 dan hal ini menandakan generasi dari GPU tersebut dan angka keduanya 80 menandakan versinya. Semakin tinggi kedua angkanya maka semakin bagus. Perhatikan juga misal GPU dengan angka 1660 angka 60 ini menunjukkan kalau GPU ini termasuk Low-end.

Punya Berbagai Macam Fitur

Laptop yang bagus biasanya punya banyak sekali fitur dan fitur ini berbeda di setiap laptop. Contohnya adalah anti glare, usb 3.0, thunderbolt dan lain sebagainya. Selain itu ada fitur wajib seperti wifi dan bebagai macam lainnya. Semakin banyak semakin bagus namun biasanya fitur ini cuma gimmick saja. Jadi tidak perlu terlalu diperhatikan namun tetap dipertimbangkan karena nanti tergantung penggunaan dari laptop tersebut.

Punya Banyak Ports

Contoh spesifikasi laptop yang bagus adalah punya banyak ports, karena ini sangat penting terutama buat para pekerja supaya tidak membawa alat tambahan. Ports ini sebenarnya colokan yang ada di samping laptop itu sendiri. Contohnya adalah ports thunderbolt atau usb c yang sekarang sudah sangat umum sekali. Atau ports lainnya seperti hdmi, atau ports usb biasa. 

Contoh laptop yang bagus satu ini sangat opsional karena umumnya ports semacam ini jarang dipakai, jadi silahkan cek dulu dan perhetikan hal ini juga apakah sesuai dengan kebutuhan atau tidak. Yap, saya rasa itu saja sih beberapa contoh dari spesifikasi laptop yang bagus. Semoga saat membeli sebuah laptop kamu tidak perlu salah beli lagi dan semoga terbantu.