Aug 6, 2023

Apakah MOD Bussid Gratis? Ataukah Berbayar?

Apakah MOD Bussid gratis? Mod bussid itu ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Karena untuk bisa membuat mod untuk game bussid (bus simulator indonesia) dibutuhkan keahlian untuk mengoperasikan aplikasi 3d. Belum lagi kita harus melakukan mapping atau mengedit file tersebut dengan aplikasi bussid mod editor.

Kenapa? Karena file kendaraan yang berbentuk 3d doang masih belum bisa digunakan atau dipakai ke dalam bussid sebelum di edit lebih dahulu. Sehingga jangan terlalu kaget bila ada yang menjual sebuah file mod bussid. Tetapi ada juga mod bussid gratis, sebelum beli mod pastikan kalau mod itu memang buatan sang penjual sendiri. Bukan buatan orang lain yang dijual oleh dia.

Apa Artinya Mod Bussid?

Apakah MOD Bussid gratis

Mod bussid memiliki arti yaitu sebuah file 3d dengan ekstensi .bussidmod atau .bussidvehicle yang bisa digunakan ke dalam game bus simulator indonesia milik maleo. File 3d ini bisa berupa sebuah kendaraan, entah itu mod truck muatan berat, mod bus termewah atau bahkan kendaraan lainnya seperti angkot.

Baca juga:

Tergantung mod itu merupakan kendaraan apa, jadi mod bussid memiliki fungsi untuk mengganti kendaraan bus yang ada di dalam game dengan kendaraan lain. Sehingga buat kamu yang sudah bosan dengan mengendarai bis yang ada di permainan bussid kamu bisa beralih menggunakan mod. Bahkan pihak maleo pun juga sudah menyediakan file mod secara gratis yang bisa di download.

Contoh mod yang tersedia adalah mobil pick up, truk trailer, truk bak kayu sampai truk gandeng pun juga ada. Cara memasang mod bus simulator indonesia pun juga sangat mudah kok, karena kamu hanya perlu memindahkan filenya ke dalam folder khusus mod bussid atau melakukan pemasangan secara manual.

Cara Membuat Mod Bussid

Ada beberapa langkah sebelum kamu bisa membuat mod bussid, pertama adalah kamu butuh file 3d kendaraan atau apa saja. Setelah itu kamu harus mengedit file 3d tersebut supaya bisa dipakai ke dalam bus simulator indonesia. Kalau sudah silahkan export menjadi ekstensi file .bussidmod atau .bussidvehicle.

Kalau sudah kamu baru bisa memakai mod tersebut, untuk cara membuat mod sebenarnya sudah ada tutorial video yang telah dibuat oleh maleo. Kamu bisa nonton videonya diatas, totalnya ada sekitar 11 video yang bisa dilihat. Selain itu kamu pun perlu menonton video lain agar bisa paham cara membuat mod bussid sendiri.

Mengingat membuat mod bussid ini tidak gampang juga sih, karena butuh kemampuan dan pemahaman dalam mengoperasikan sebuah aplikasi. Selain itu mod bussid ini hanya bisa dibuat melalui PC atau Laptop. Karena aplikasi bussid mod editor membutuhkan sistem operasi Windows 7 atau Windows 10. Fungsinya sendiri adalah mengubah file 3d biasa menjadi file mod untuk game bus simulator indonesia.