Mar 27, 2024

Apa Itu Bitcoin Dan Berapa Harganya Sekarang?

Mungkin kamu sudah terlalu sering mendengar kata bitcoin namun apakah kamu tahu tentang apa sih bitcoin itu? Mudahnya bitcoin atau yang disingkat btc adalah salah satu mata uang digital yang dinilai cukup aman dan sangat anonim. Mata uang BTC merupakan mata uang elektronik yang muncul di tahun 2009 dan konon katanya btc ini diciptakan oleh Satoshi Nakamoto yang merupakan orang jepang.

Berbeda dengan mata uang biasa, btc sendiri memungkinkan disimpan secara anonim. Dan BTC ini bisa disimpan di komputer, dan untuk mendapatkan btc yaitu dengan cara menambang. BTC sendiri termasuk ke dalam salah satu cryptocurrency atau mata uang kripto, dimana nilai btc saat ini terbilang sangat mahal banget. Bayangkan saja kamu kalau punya 500 btc sudah termasuk ke dalam orang paling kaya.

Tentang Bitcoin

apa itu btc

Padahal dulu nilai btc ini sangat murah, saya sendiri pernah memiliki btc yang kala itu nilainya masih 1 btc = $500. Sedangkan sekarang nilai btc ini sudah sangat meningkat sekali. Bahkan bisa dibilang membeli btc merupakan salah satu cara paling bagus untuk melakukan investasi. Meskipun sebelum melakukan investasi ke dalam btc kamu harus pahami dulu cara kerja dari btc.

Baca juga:

Nah, bagi yang bertanya-tanya berapa sih harga btc sekarang?

Harga BTC

Harga btc sekarang kalau dirupiahkan itu setara dengan setengah milyar, untuk lebih tepatnya kamu bisa menggunakan situs convert btc to idr  seperti yang disediakan oleh pintu yang merupakan situs memantau harga kripto yang ada. Harga dari btc sendiri ini naik turun, dan mata uang satu ini seringkali digunakan sebagai alat tukar yang anonim.

Karena data diri kita tidak akan bisa terlacak sepenuhnya, makanya banyak orang lebih memilih bertransaksi memakai btc buat yang parno dan ingin menyembunyikan identitas. Tidak heran kalau btc ini menjadi alat tukar utama di dunia undeground seperti aktifitas hacking. Makanya kapan hari sempat populer aplikasi yang berisi virus yang bisa melakukan enkripsi semua data yang ada di komputer.

Nah, satu-satunya cara untuk melakukan dekripsi adalah dengan membayar sang hacker menggunakan mata uang btc. Selain itu keamanan, btc sendiri termasuk ke dalam mata uang yang masih belum diregulasi di beberapa negara. Sehingga mata uang ini bisa dikatakan bebas dari pajak pemerintah.

Apakah BTC Bagus Untuk Investasi?

Bagi pemula yang ingin melakukan investasi di btc, apakah bagus? Sebenarnya kalau ingin melakukan investasi di btc sekarang itu kita telat banget. Karena nilai btc sendiri yang sudah sangat meroket. Namun bukan berarti kita terlambat juga, karena btc merupakan sarana yang bagus untuk menyimpan aset. Karena kemungkinan besar btc sendiri nilainya cukup stabil untuk beberapa tahun mendatang.

Dan investasi ke dalam btc ini merupakan investasi jangka panjang yang nilainya baru terlihat beberapa puluh tahun mendatang. Salah satu tempat yang cocok digunakan untuk menyimpan uang, walaupun naik turunnya nilai btc ini sangat tajam sekali. Sehingga buat yang ingin melakukan investasi di btc sangat disarankan untuk berhati-hati. Supaya tidak menyesal dan merasa rugi saat tahu kalau nilai btc turun.

Dunia investasi kripto memang dunia yang penuh resiko namun untung yang di dapat pun juga bisa besar. Makanya sebelum melakukan investasi apapun, pelajari dulu ilmunya. Yap, itulah dia sedikit pembahasan saya mengenai mata uang kripto ini.