Jun 13, 2023

Tutorial Dasar Bermain Game MOBA

Bila kamu menyukai permainan berjenis moba, maka ada baiknya silahkan baca tutorial dari saya ini. Terutama untuk mereka yang sangat pemula sekali. Setidaknya di dalam tulisan ini saya akan menerangkan beberapa hal penting yang perlu di ingat ketika bermain game moba. Sudah tahu kan apa itu game moba? Kata ini merupakan sebuah kepanjangan dari Multiplayer Online Battle Arena.

Begitulah sebutannya yang merupakan salah satu jenis permainan yang populer di beberapa tahun terakhir. Game moba sendiri merupakan permainan strategi online yang minimal dimainkan oleh 2 sampai 5 orang lebih. Setiap pemain menjalankan satu karakter dengan kemampuan unik. Dimana kemampuan karakter tersebut harus disesuaikan dengan karakter tim yang lainnya.

Cara Bermain MOBA

tutorial main game moba

Tujuan utama dari permainan semacam ini ialah menghancurkan core yang ada di markas musuh. Game moba sendiri biasanya di mainkan di sebuah arena yang berbentuk persegi dimana masing-masing markas musuh akan berada di salah satu ujung persegi tersebut. Arena inilah yang nantinya akan digunakan untuk tempat bertanding satu sama lain. Moba sendiri sudah termasuk genre yang umum.
Baca juga:

Apalagi jenis game ini dipopulerkan oleh salah satu game buatan valve bernama DOTA. Dulu permainan moba sendiri hanya tersedia di pc atau komputer karena keterbatasan teknologi. Sehingga waktu itu kita tidak bisa memainkan game semacam ini di ponsel kita. Namun karena teknologi sekarang sudah sangat maju dan cukup berkembang akhirnya game moba ini bisa dimainkan di hp kita. Terutama ketika munculnya ponsel pintar android dan ios.

Belum lagi banyak sekali jenis game moba yang ada tetapi hanya beberapa diantaranya yang cukup terkenal dan dimainkan sampai sekarang. Contohnya adalah seperti Mobile Legends dan Arena of Valor yang merupakan dua permainan moba yang pernah saya mainkan. Di dalam artikel ini saya akan membahas beberapa hal penting yang seringkali dilakukan oleh mereka para pemula. Apa sajakah itu yuk simak tutorial dasar main game moba dari saya berikut.

Pilih Hero Yang Tepat

Setiap game moba pasti punya berbagai macam jenis hero dengan berbagai macam kemampuan yang unik serta atribut yang dimilikinya. Oleh karena itu buat para pemula ada baiknya kamu mempelajari beberapa hero yang menurut kamu tepat dan enak digunakan. Karena jumlah heronya ada banyak jadi pilih saja yang menurut kamu bagus. Setelah itu silahkan perlajari hero tersebut sampai kamu nyaman memainkannya.

Hal yang harus diperlajari dari hero itu ialah pahami setiap skill yang dimilikinya. Yaitu seperti apa sih skill pasif pada hero tersebut? Lalu setiap skill itu punya efek apa saja sih? Dan lain sebagainya karena dengan memahami hal ini kamu bakalan bisa dengan mudah memanfaatkan skill hero kamu tersebut secara tepat. Setiap hero di dalam game moba itu pasti selalu punya minimal 3 skill utama yang punya kemampuan berbeda-beda.

Silahkan gunakan hero yang kamu pilih tersebut sampai kamu paham dengan benar bagaimanaca cara memakai skill hero itu secara tepat. Apalagi kalau kamu bisa mengeluarkan potensi skill hero kamu tersebut secara 100%. Terutama kalau kamu bisa melakukan serangan combo pada hero musuh. Hal lain yang tidak boleh dilewatkan sama sekali ialah ketika adanya pemilihan hero. Pastikan role hero yang kamu pilih itu sudah tepat.

Setiap hero di dalam game moba itu pasti punya role tersendiri, entah itu tanker, archer atau mage. Pastikan jangan sampai ada 2 role hero yang sama di dalam satu tim. Karena hal ini bisa saja merugikan kamu dan tim kamu tersebut. Walau hal ini pun juga tergantung dari siapa yang menggunakan hero tersebut. Kalau yang pakai jago banget maka kita bisa dengan mudah memenangkan setiap pertandingan yang ada.

Kesalahan umum yang biasa dilakukan ketika bermain game moba adalah kita sering bertemu pemain egois. Yaitu dia tidak mau mengalah untuk melakukan pick hero lain yang lebih bagus dan seimbang secara permainan. Hal semacam inilah yang terkadang bisa membuat jalannya permainan di game moba jauh lebih sulit. Maka dari itu ketika bermain game semacam ini kita harus saling pengertian.

Pahami Item

Di dalam game moba supaya skill yang dimiliki oleh setiap hero kita itu bisa maksimal maka kita pun harus menggunakan item yang tepat. Karena pemilihan item ini akan sangat berpengaruh terhadap jalannya permainan. Maka dai itu jangan sampai kamu salah memilih item untuk hero yang di pakai. Yaa misalnya saja, kamu menggunakan hero tipa mage tetapi item yang dipilih malah item khusus untuk tanker.

Tentu saja hal ini akan menjadi masalah nantinya karena item tersebut tidak sesuai dengan hero yang dipakai. Lagian pemilihan item ini sebenarnya cukup mudah. Kalau kamu pemula lebih baik gunakan item rekomendasi yang sudah disediakan di dalam gamenya atau item build milik orang lain. Karena biasanya game moba semacam ini juga memperlihatkan item terbaik yang digunakan orang lain.

Hal dasar lain dari game moba ialah kamu setidaknya harus hapal dan paham masing-masing semua item yang ada di dalam game tersebut. Kenapa? Karena kalau kamu paham fungsi dari item yang ada di gamenya. Maka kamu bisa dengan mudah melakukan counter ketika bertemu dengan hero tertentu. Sebagai contoh, kalau ada hero yang punya life steal yang besar maka kamu bisa memakai item yang mengurangi efek life steal tersebut.

Meski terdengar sepele padahal hal semacam ini sangat berguna sekali ketika di dalam permainan terutama ketika semua item yang ada itu sudah jadi. Yang jelas kamu pun juga perlu memperhatikan beberapa skill pasif yang dimiliki oleh beberapa hero. Supaya kamu bisa berhati-hati nanti ketika bertemu hero tersebut. Apakah kamu harus kabur dan lari atau menghadapinya secara langsung?

Jangan Lupa Tujuan

Tahukah kamu kalau game moba ini hanya berakhir bila kita bisa menghancurkan core inti yang ada di markas musuh? Jadi pastikan kalau kamu tidak lupa dengan tujuan tersebut. Sehingga tidak peduli seberapa banyak kamu menghabisi musuh dan punya banyak assist hal ini tidak akan membantu kalau tidak bisa menghancurkan setiap tower yang ada serta core milik musuh.

Maka dari itu sebisa mungkin ketika bermain game moba, bila ada kesempatan untuk push dan menghancurkan tower ada baiknya segera dihancurkan dan bukan malah jungling dan roaming mencari musuh. Selain itu hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan ialah selalu bersihkan creep di masing-masing jalur. Terutama di tempat yang kamu pilih, entah itu di bagian atas, tengah atau bawah.

Yang jelas monster creep ini bisa saja menghancurkan tower kamu kalau tidak berhati-hati atau malah kita bisa kalah hanya karena lupa tidak membersihkan creep yang ada. Ini adalah kesalahan utama yang sering banget dilakukan oleh mereka para pemula yang bermain game moba. Jujur saja saya sendiri sering bolak-balik dari atas ke bawah hanya untuk membersihkan creep yang ada.

Kenapa? Karena tim saya yang lain tidak peduli dan membiarkan hal semacam ini. Apalagi saya tahu bila dibiarkan creep ini malah bisa membuat saya dan tim kalah. Soalnya creep ini tidak bisa dibiarkan di dalam tower lama-lama karena tower kita tersebut bakalan bisa hancur dengan mudah. Selain itu membersihkan creep pun juga berguna untuk mempermudah kita dalam melakukan push.

Kompak

Game moba itu ialah permainan strategi secara tim, sehingga kemenangan kita itu sangat tergantung dari cara main tim kita tersebut. Di dalam moba meski kamu seahli apapun tetapi kalau tim kamu itu pemula maka kita bisa saja kalah dengan mudah. Maka dari itu di dalam permainan moba semacam ini kekompakan tim itu sangat penting sekali. Sehingga kalau ada tim yang sedang melakukan pertarungan ada baiknya kamu membantunya.

Atau jangan dulu melakukan pertarungan kalau tim kamu belum siap. Soalnya hal semacam ini bakalan merugikan diri kamu sendiri beserta tim kamu. Setidaknya kamu pun harus tahu kapan waktunya maju dan kapan waktunya mundur. Dengan begini kamu tidak akan mempermudah jalannya musuh untuk memenangkan sebuah pertandingan. Selain kekompakan hal lain yang perlu di ingat ialah saling pengertian.

Kalau ada salah satu tim yang sedang melakukan push ada baiknya kamu membantunya. Entah itu dengan mengganggu dan menyibukkan musuh atau dengan cara memberesihkan creep dan lain sebagainya. Terkadang kita bisa dengan mudah kalah oleh musuh hanya karena tim kita tidak kompak atau tidak saling pengertian. Maka dari itu kamu harus selalu mengingat hal berikut supaya bisa menang terus di setiap pertandingan.

Itulah dia beberapa tips sederhana dari saya mengenai tutorial bermain game moba untuk pemula. Setidaknya menurut saya beberapa poin diatas itu sangat penting sekali untuk di ingat. Soalnya banyak sekali para pemain yang meremahkan hal tersebut dan bahkan tidak peduli. Hal seperti inilah yang terkadang membuat kita kesal karena tim kita seolah main sendiri dan bukan secara tim. Kalau sekian dulu dan terima kasih sudah membaca.