Jun 26, 2023

5 Rekomendasi Aplikasi Absensi Berbasis Android yang Cocok untuk Perusahaan

Aplikasi absensi online sangat membantu perusahaan dalam melihat catatan kehadiran karyawan secara akurat. Seperti yang sama-sama kita ketahui, kehadiran karyawan sangat penting bagi perusahaan. Dengan melihat kehadiran karyawan, perusahaan bisa menentukan seberapa efektif karyawan tersebut bekerja dan apakah karyawan tersebut menaati peraturan dan kedisiplinan yang diterapkan oleh perusahaan.

Saat ini, aplikasi absen online pun semakin modern, dengan kemampuannya untuk diinstall di Android. Dengan terinstall di smartphone, maka proses absensi karyawan dapat dilakukan lebih mudah, dimana saja dan kapan saja. Di dalam artikel kali ini, kami sudah mengumpulkan list rekomendasi aplikasi absensi berbasis Android dengan berbagai unggulannya. Ayo disimak, ya!

Mengenal Aplikasi Absensi Android

Rekomendasi Aplikasi Absensi Berbasis Android

Sebelum kita membahas mengenai rekomendasi aplikasinya, ada baiknya kita kenalan lebih dulu dengan apa sih itu aplikasi absensi android? Nah, jadi singkatnya aplikasi absensi Android adalah aplikasi absensi yang digunakan untuk mencatat kehadiran karyawan dengan menggunakan perangkat yang berbasis sistem operasi Android, yang bisa di-install di smartphone maupun tablet.

Baca juga:

Aplikasi ini dibuat dalam rangka memudahkan proses absensi biasanya dirancang untuk memudahkan proses absensi, monitoring kehadiran, dan mengelola data absensi secara digital.

Selain itu, karena tidak lagi memerlukan mesin absen yang dipasang di kantor, karyawan bisa melakukan absensi jarak jauh, di mana dan kapan pun. Penggunaannya sangat menguntungkan perusahaan yang bekerja dengan sistem remote, atau pekerja lapangan.

Karena sudah berbasis digital, aplikasi absen berbasis Android ini memiliki fitur yang mungkin tidak akan ditemukan dalam aplikasi absen biasanya. Sebut saja seperti absen selfie, dengan membuka aplikasi absen dan mengambil gambar wajah kita, maka sistem akan dengan otomatis mencatat kehadiran kita secara otomatis.

Rekomendasi Aplikasi Absensi Android

Penggunaan aplikasi absensi ini mendatangkan banyak manfaat untuk perusahaan. Yang paling terasa adalah perusahaan tidak lagi perlu secara manual dalam mengurus absen, di mana biasanya sering sekali terjadi kesalahan dan juga prosesnya yang sangat lama.

Dengan aplikasi absensi Android, perusahaan pun bisa mencapai efisiensi baik dari segi waktu dan juga biaya. Karena begitu banyaknya manfaat yang bisa didapatkan, berikut ini kami sediakan rekomendasi aplikasi absensi Android yang bisa digunakan perusahaan dengan segala fiturnya.

1. LinovHR

Rekomendasi aplikasi absensi berbasis Android pertama ada dari Software Absensi LinovHR.

Perusahaan asli Indonesia ini mengeluarkan aplikasi absensi yang bisa di-instal di Android sampai dengan iOS. Ada banyak fitur yang disediakan oleh LinovHR untuk absen, mulai dari absen dengan menggunakan selfie, fingerprint, atau juga bisa menggunakan pin.

Di dalam aplikasi absensi LinovHR juga bisa merekam titik absensi karyawan, ini karena sudah tersedia fitur geolocation yang telah disempurnakan dengan anti fake GPS, anti jailbreak, anti root sehingga karyawan tidak bisa melakukan kecurangan.

Walau dibekali dengan banyak fitur canggih, aplikasi absensi LinovHR ternyata tidak memakan ruang penyimpanan yang besar. Jadi tentu saja aman untuk digunakan untuk smartphone karyawan yang tidak memiliki memori yang besar.

2. Jibble

Jibble adalah aplikasi absen yang menyediakan solusi absensi yang mudah digunakan dengan fitur seperti pencatatan waktu, foto verifikasi, dan laporan kehadiran. Aplikasi Jibble juga memiliki fitur manajemen proyek dan tim yang berguna untuk perusahaan.

Aplikasi Jibble sendiri bisa digunakan secara gratis, namun fitur dan keamanan data yang ditawarkan sangat terbatas. Sehingga sebaiknya Anda berpikir dua kali untuk menggunakannya jika tidak ingin ambil risiko.

3. TimeTec TA

Rekomendasi ketiga adalah TimeTec TA. Untuk kemampuan absen, aplikasi ini menggabungkan teknologi biometrik, seperti sidik jari dan wajah, dengan kemampuan untuk mencatat kehadiran dengan akurasi tinggi. Karyawan bisa melakukan absen di smartphone mereka atau juga dengan login di website.

Selain menyediakan fitur untuk absensi karyawan, TimTec TA juga menyediakan fitur laporan dan analisis kehadiran yang komprehensif.

4. FingerCheck

Keempat ada FingerCheck, aplikasi ini memungkinkan karyawan untuk mencatat kehadiran menggunakan sidik jari atau kode PIN di smartphone karyawan.

Fitur lainnya termasuk manajemen cuti, pengaturan jadwal, dan laporan kehadiran yang dapat disesuaikan.

5. Hubstaff

Hubstaff akan sangat membantu Anda memantau kehadiran karyawan. Selain memantau kehadiran, aplikasi ini juga menyediakan fitur pelacakan waktu, manajemen tugas, dan pengelolaan proyek. Aplikasi ini akan sangat cocok untuk perusahaan yang membutuhkan pemantauan kehadiran serta manajemen proyek yang efisien.

Nah, itulah beberapa rekomendasi dari aplikasi absensi Android yang bisa perusahaan gunakan. Jadi mana yang menjadi pilihan Anda.

Untuk memantapkan pilihan Anda, ada baiknya membaca ulasan pengguna, fitur, dan kecocokan aplikasi dengan kebutuhan perusahaan. Semoga artikel ini membantu.