Mar 6, 2024

Paket Internet Yang Memiliki Harga Paling Murah

Jaman sekarang koneksi internet itu sudah menjadi hal yang wajib. Apalagi tanpa internet kita tidak bisa melakukan banyak hal seperti mengirim pesan melalui aplikasi messenger, ataupun sekedar bermain game online. Maka dari itulah disini saya sangat ingin sekali membahas paket internet mana sih yang memiliki harga paling murah dengan jumlah kuota yang banyak.

Tahukah kamu kalau paket internet yang ada di indonesia itu tidak ada yang benar-benar unlimited? Karena walaupun ada pasti ada satu kekurangan yaitu paket tersebut memiliki batasan FUP. Apa itu FUP? Kata ini sebenarnya merupakan singkatan dari Fair Usage Policy atau bila diterjemahkan punya arti batas pemakaian wajar. Dengan kata lain paketan yang katanya unlimited itu dibatasi pemakaiannya.

Paket Internet Murah

paket internet murah

Batas pemakaian ini sendiri akan sangat tergatung sekali di setiap operator karena masing-masing provider memiliki kebijakannya tersendiri. Sebagai contoh salah satu operator yang punya paket internet unlimited dengan biaya bulanan sekitar 80ribuan. Tetapi kalau ditelusuri lebih jauh lagi ternyata paket internet tersebut memiliki fup sebesar 500mb setiap hari.
Baca juga:

Dengan kata lain kalau kita menggunakan koneksi internet tersebut melebihi batas tersebut nanti speed internet yang ada bakalan turun. Misalnya saja jika masih dalam batas wajar speed internet kita masih 1mbps lalu setelah melewati fup speed itu bisa turun sangat jauh. Bisa saja turun sampai 50% atau 70% dan paling parah kita cuma bisa mendapatkan koneksi yang punya kecepatan setara jaringan edge dengan kata lain cuma 100kbps doang.

Kecepatan semacam ini tentuakan terasa sangat lambat apalagi jaringan sekarang yang sudah umum 4g. Sehingga untuk mengakses situs berita atau situs sosial media setidaknya butuh waktu sampai 1 menit sampai semua halaman termuat dengan sempurna. Jadi pada dasarnya kata paket unlimited itu tidak ada. Hal ini bukan hanya terjadi di paketan biasa saja tetapi juga terjadi di wifi.

Yah, walau memang ada beberapa provider yang benar-benar menawarkan paket internet unlimited. Hanya saja tidak semua wilayah terjangkau dengan layanan ini. Oleh karena itu kita pasti kebanyakan menggunakan paket kuota dari kartu sim bukan? Soalnya lebih praktis dan bisa digunakan di mana saja. Tahukah kamu kalau harga kuota dari operator indonesia itu rata-rata untuk paket 1gb punya harga sekitar 10 ribu rupiah.

Itu adalah harga yang sudah sangat umum sekali dan kalau kamu tidak percaya coba deh kamu bandingkan sendiri. Karena saya tahu hal ini ketika saya mencoba banyak sekali paketan internet. Apalagi kebutuhan internet bagi saya ini merupakan hal yang sangat wajib sekali. Tanpa internet tentu saja saya tidak akan bisa bekerja apalagi pekerjaan saya ini adalah sebagai freelance yang sebagian besar membutuhkan koneksi internet.

Dari sekian banyak paket internet yang saya bandingkan menurut saya paket internet paling murah itu dipegang oleh dua operator yaitu tri dan juga by.u. Kalau tri paketan yang saya maksud adalah paket 30gb dengan harga 100ribu. Ini adalah paket termurah yang bisa saya temukan. Kenapa? Karena kuota yang ada di dalam paket ini tidak ada pembagian jaringan.

Soalnya operator sekarang sering banget menggunakan teknik ini untuk menekan harga kuota yang dijual. Biasanya kalau kamu dapat pesan paket internet murah, ada baiknya jangan senang dulu. Karena biasanya paketan ini jaringannya itu dibagi, sebagian harus 3g dan sebagian lagi harus 4g. Sehingga kalau hp kamu masih belum 4g tetapi kamu punya kuota 4g maka kuota itu tidak akan bisa dipakai.

Kan kalau seperti itu kita bakalan rugi banget, soalnya sebagian besar kuota yang ada tidak akan terpakai sama sekali selama kita tidak menggunakan hp yang mendukung 4g. Teknik pembagian lain yang terjadi di paket internet yang ada di indonesia adalah durasi pemakaiannya. Terkadang ada yang cuma bisa dipakai dari jam 1 malam sampai jam 9 pagi lalu sisanya ada yang cuma bisa di pakai di waktu sore hari.

Sehingga dengan adanya pembagian semacam ini semua kuota yang kita miliki tidak semuanya akan terpakai. Oleh karena itu berhati-hatilah sebelum kamu membeli paket internet. Pastikan kalau kamu sudah membaca semua ketentuan yang ada supaya tidak terjebak. Nah, paketan yang lain ialah paket 2,5gb per hari dengan harga 3 ribu yang masih disediakan oleh kartu tri.

Paket ini dulunya cuma dihargai 2 ribu doang dan malah ada yang cuma 1500 saja. Tetapi karena pihak provider merasa paketan tersebut terlalu banyak yang pakai akhirnya paket itu kuotanya dibagi menjadi dua. Yaitu sebagian cuma bisa digunakan dari pagi sampai siang dan sebagian lagi dari siang sampai malam. Jadi yang tersisa cuma paketan 3rb yang kuotanya masih belum dibagi sampai sekarang.

Paket internet murah inilah yang saya gunakan sampai sekarang. Karena cuma dengan harga 90ribu saja saya sudah bisa mendapatkan kuota sebesar 75gb setiap bulannya. Yang paling penting adalah paketan saya ini tidak ada pembagian sama sekali sehingga saya bisa menggunakan kuota tersebut kapan saja saya mau. Malah terkadang kuota internet saya tersebut tersisa banyak.

Mengingat ada kalanya saya juga jarang menggunakan koneksinya tersebut. Kekurangan dari paketan ini ialah kalau satu hari kamu tidak bisa menghabiskan 2,5gb tersebut maka besoknya bakalan hangus. Tetapi bagi saya paket ini sudah lebih dari cukup selama saya saja yang menggunakannya. Selain paket itu, kuota internet lain yang murah adalah miliknya by.u yang unlimited.

Yah, meskipun paket internet ini punya harga yang sedikit mahal yaitu sekitar 150ribuan tetapi paket ini beneran unlimited. Hanya saja kecepatannya dibatasi sekitar 250kbps doang. Kecepatan tersebut sudah sangat cukup banget kok buat kamu yang suka main game online dan melakukan aktifitas yang lainnya. Belum lagi provider satu ini memiliki paket yang cukup asik.

Yaitu kita bisa beli kuota sesuka hati kita walau durasinya cuma harian. Yang asik ialah kuotanya itu murah banget serta bisa digunakan kapanpun dan yang tak kalah penting adalah kita bakalan dapat full speed. Kecepatan yang bisa kita dapat itu bervariasi, bisa sampai 1mbps atau bahkan sampai 5mbps tergantung jaringan kita. Itulah paket internet murah yang saya ketahui mengingat saya sendiri cuma pakai kartu tri doang.

Kalau dulu sih saya sering berganti-ganti kartu, tetapi untuk saat ini sih sudah tidak lagi. Nah, kalau kamu punya saran paket internet murah yang lain bisa meninggalkan komentar disini. Walau biasanya paket yang lebih murah dari yang saya sebutkan diatas ini tidak dijual bebas dan cuma nomer tertentu saja yang bisa memilikinya. Sama halnya dengan paket tri 2.5gb tadi yang tidak semua orang bisa membelinya.