Mar 6, 2024

Keuntungan Dan Kekurangan Beli Barang Secara Online

Beli barang online itu terdapat sebuah bonus atau promo yang menarik yaitu seperti free ongkir dan juga cashback. Kedua hal itulah yang membuat saya untuk beralih dari pembelian barang secara konvensional ke cara yang lebih modern yaitu secara online. Hal ini membuat kita sudah tidak perlu keluar rumah lagi.

Karena tinggal klik dan menunggu beberapa hari barang akan sampai di depan rumah. Tentunya barang tersebut akan diantarkan oleh kurir yang waktu pembelian sudah kamu pilih sebelumnya. Durasi sampainya barang ini tentu akan sangat bervariasi sekali tergantung jauh tidaknya lokasi tempat yang kamu tinggali.

Keuntungan Beli Barang di Olshop

keuntungan dan kekurangan beli barang online

Tetapi umumnya barang akan sampai dalam waktu kurang lebih sekitar 1 minggu setelah barang diambil oleh kurir. Ini adalah estimasi pengiriman barang dan tidak termasuk waktu packaging atau pembungkusan oleh si penjual. Biasanya penjual cuma perlu waktu satu atau dua hari untuk mengemas barangnya.

Baca juga:

Barang yang bisa kita beli di toko online itu ada banyak banget, mulai dari hal sepele yang biasa kita gunakan seperti sabun mandi, tissue sampai barang mahal kayak hp ataupun laptop. Hampir semua barang bisa kamu temukan di online shop. Belum lagi harga dari barang tersebut sangat kompetitif yaitu kita bisa memilih barang dari yang murah sampai mahal.

Disini saya akan membahas apa saja sih keuntungan dan kekurangan yang bisa kamu dapatkan dari membeli barang secara online. Mengingat ada beberapa hal yang cuma bisa kita dapatkan cuma di toko online atau marketplace. Toko online yang saya maksud ini adalah situs beli barang yang sudah umum dan terkenal sekali seperti sopi, toped, bukalapak, dan juga lazada.

Keuntungan

Keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari membeli barang secara online adalah sebagai berikut:

  • Tidak Perlu Keluar Rumah
  • Harga Barang Lebih Murah
  • Pembayaran Bisa Dilakukan Dimana Saja
  • Hampir Semua Barang Ada
  • Dapat Bonus Cashback Ataupun Free Ongkir

Akan saya jelaskan satu persatu keuntungan dari beli barang secara online tersebut.

Tidak Perlu Keluar Rumah

Iya, jika beli barang online maka kamu sudah tidak perlu lagi keluar rumah pergi ke tempat si penjual. Karena transaksi bisa dilakukan melalui internet dan caranya sendiri pun cukup mudah. Selain itu barang yang kamu cari pasti ada selama stoknya tersedia. Berbeda ketika beli barang secara offline dimana apa yang kita cari belum tentu ada. Selain itu kitapun tidak mengetahui harga barang tersebut.

Dengan begitu kita pasti sudah rugi dua hal yaitu tenaga dan bensi kalau lokasi tempat penjual barang tersebut cukup jauh. Itulah kenapa sekarang banyak sekali orang-orang beralih dari beli barang secara offline ke online. Karena memang hal ini jauh lebih praktis.

Harga Barang Lebih Murah

Poin kedua yang sangat bagus ialah kita sudah tahu harga barang tersebut. Mengingat setiap barang sudah ada harganya sehingga kita bisa memilih dan mencari barang dengan harga paling murah sendiri. Disini kita bisa bebas ingin membeli barang dengan harga yang sudah tertera disana. Apalagi biasanya harga yang tertera di toko online ini jauh lebih murah dibandingkan dengan di toko offline.

Yah, walaupun terkadang ada juga yang sedikit lebih mahal. Hal ini pun tergantung dari barang yang ingin kita cari dan beli. Karena setiap penjual mengambil keuntungan yang bervariasi, ada yang banyak dan ada yang sedikit.

Pembayaran Bisa Dilakukan Dimana Saja

Hal lainnya yang tidak kalah seru ialah kita biasa bayar barang kita tersebut dimana saja. Baik itu dengan cara COD (bayar ketika barang sampai di rumah) ataupun di indo dan alfa terdekat. Selain itu pembayaran bisa dilakukan dengan cara pergi ke ATM ataupun secara online. Jadi sudah bukan menjadi alasan lagi kalau kamu tidak bisa membayar barang yang kamu beli.

Apalagi setiap marketplace berusaha untuk mendukung semua fitur pembayaran. Hal ini mereka lakukan supaya mempermudah bagi kita untuk melakukan transaksi.

Hampir Semua Barang Ada

Keunggulan yang bisa kita dapat dari beli barang online ialah kita bisa menemukan barang yang kita cari dengan mudah dengan mengetikkan kata kunci barang tersebut. Hal ini dikhususkan buat kamu yang sedang mencari barang yang sulit dicari di toko offline. Contohnya adalah seperti baterai hp merk tertentu, lalu model hp merk lama dan lain sebagainya.

Di online selama ada penjualnya maka kamu bisa menemukan barang yang sedang kamu cari tentunya dengan harga yang lebih kompetitif.

Dapat Bonus Cashback Ataupun Free Ongkir

Keuntungan lain yang tidak boleh dilewatkan ialah kita bisa mendapatkan bonus cashback yang nantinya bisa dipakai untuk beli barang lagi. Selain itu terkadang pihak marketplace pun juga menyediakan bonus gratis ongkos kirim. Apalagi kalau lokasi penjual dengan kota kamu itu dekat banget. Bahkan ada juga fitur pengiriman same day yang berarti hari itu langsung sampai.

Sehingga kalau kamu beli barangnya pagi maka kemungkinan besae barang akan sampai di rumah kamu sore hari. Pengiriman same day ini hanya tersedia di beberapa penjual saja selama lokasi kamu dan lokasi penjual itu berdekatan. Itulah beberapa keuntungan yang akan kamu dapat bila membeli barang di toko online atau marketplace.

Kekurangan

Kalau ada keuntungan pasti ada kekurangannya dong? Berikut ini adalah kekurangan yang ada.

  • Berat Di Ongkir
  • Pengiriman Lama
  • Barang Rawan Hilang
  • Rawan Penipuan

Penjelasannya sebagai berikut:

Berat Di Ongkir

Ketika kamu beli sesuatu melalui online yang jadi masalah ini sebenarnya adalah ongkos kirimnya. Apalagi lokasi kamu itu jauh banget. Memang sih kita dapat free ongkir tetapi cuma dapat subsidi atau diskon sebesar 20 ribu saja. Kalau ongkos kirimnya lebih dari itu maka kamulah yang harus menanggungnya. Maka dari itu beli di online ini sangat cocok khusus untuk barang dengan harga kisaran ratusan ribu supaya dapat ongkir.

Selain itu kalau barang murah sekalipun kita bisa dapat free ongkir juga kok. Selama harga barang yang kamu beli mencapai batas minimum ongkir tadi. Dengan kata lain kamu harus beli barang banyak, bisa satu sampai tiga biji. Makanya beli online itu enak untuk barang yang kita beli secara kuantitas. Saya sendiri biasa beli barang cukup banyak hanya untuk dapat free ongkir ini.

Di online pun kita sebenarnya bisa dapat gratis ongkir beneran yaitu kita tidak perlu bayar ongkos kirim sama sekali. Tetapi promo ini hanya di hari tertentu saja seperti harbolnas, hari raya idul fitri dan hari besar yang lainnya. Semisal ulang tahun marketplace tersebut dan lain sebagainya.

Pengiriman Lama

Masalah lain yang kita hadapi waktu beli online itu terletak di pengiriman barang tersebut yang terkesan lama. Hal ini disebabkan entah banyaknya barang yang harus dikirim atau si kurir tidak bisa menemukan rumah kamu. Bagi saya hal ini jarang terjadi sih tetapi bukan tidak mungkin kita tidak akan mengalami hal ini. Setidaknya kalau barang tersebut telat sampai kamu bisa menghubungi pihak kurir yang mengantarnya.

Karena masalah pengiriman terletak di ekspedisi yang mengantar barang tersebut. Lokasi barang sebenarnya sudah terlacak dengan baik karena biasnaya kita akan mendapatkan yang namanya tracking number. Yang merupakan nomor untuk melihat barang kita itu sampai dimana. Jika tertahan di suatu tempat ada baiknya segera hubungi ekspedisi yang bersangkutan.

Barang Rawan Hilang

Kekurangan yang lain ialah barang kita bisa saja hilang entah kemana. Hal ini biasanya muncul untuk barang dengan harga mahal walau setidaknya kasus semacam ini jarang terjadi. Karena barang hilang itu hanya ulah beberapa oknum. Maka dari itu ketika kamu beli barang mahal pastikan kamu sudah mencentang di bagian asuransi. Serta pastikan untuk memilih ekspedisi yang terpercaya dan umum.

Supaya nanti prosesnya bisa lebih mudah bila terjadi apa-apa. Meskipun hal ini bukanlah sebuah jaminan. Yang jelas kamu harus berhati-hati bila barang tersebut itu berharga mahal.

Rawan Penipuan

Masalah lain yang terkadang kita dapatkan adalah penipuan yang marak terjadi di dunia online. Makanya kita sebagai pembeli harus pintar dan jeli. Pastikan untuk tidak membeli barang di seller dengan rating jelek atau tidak memiliki rating. Selain itu selalu periksa barang kamu tersebut waktu sudah sampai dan jangan buru-buru merilis uang dari barang yang kamu beli langsung ke penjual.

Soalnya di semua marketplace pasti ada tombol konfirmasi kalau barang kita sudah sesuai atau tidak. Tombol ini akan otomatis terkonfirmasi apabila kita tidak mengkliknya secara manual selama beberapa hari. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir penipuan yang ada di dunia online. Sehingga kita sebagai pembeli harus pintar dan lebih teliti lagi.

Itulah dia beberapa keuntungan dan kekurangan yang akan kita dapatkan ketika membeli barang atau sesuatu hal secara online. Kemudahan transaksi yang ada sekaligus bervariasinya harga malah membuat semua orang menjadi beralih untuk beli sesuatu di online. Dengan tulisan ini semoga ada manfaat yang bisa kamu petik dari apa yang saya sampaikan. Kalau begitu saya akhiri tulisan ini dan saya ucapkan terima kasih sudah membaca.