Feb 25, 2024

Cara Membuat Website Jualan Online Mudah Tanpa Ribet

Pernah terpikirkan tidak sih untuk mencoba bisnis online? Yuk simak tulisan ini untuk memahami seluk-beluk cara membuat website jualan online sendiri. Website toko online ini ada 2 macam, yang pertama ialah kita bisa bikin web jualan dengan memanfaatkan fitur yang ada di marketplace seperti lazada atau tokopedia atau kita bisa buat toko online milik kita menggunakan nama website sendiri.

Mana yang lebih bagus? Keduanya sih sangat bagus, pilihan pertama kalau kita bikin web olshop di marketplace itu grais tidak di pungut biaya sepeserpun. Karena kita hanya perlu daftar disana serta tinggal melakukan input barang yang ingin dijual. Hanya saja kekurangannya ialah banyak saingan, kalau kita tidak punya barang dengan harga kompetitif dan murah tentunya kita akan kalah dengan barang yang disediakan kompetitor kita.

Bikin Web Olshop

cara membuat website jualan online

Yang kedua ialah bikin toko olshop menggunakan website sendiri. Keunggulan punya website olshop ialah kita bisa membuat brand dan merk dengan nama kita. Punya akses langsung ke database customer yang nantinya bisa dimanfaatkan kalau kita ingin melakukan upsell atau promosi barang lain yang sesuai. Selain itu kita bisa tahu barang apa saja yang cukup populer dan bisa menentukn margin sesuai yang kita inginkan.

Dapatkan Juga:

Karena tidak ada pesaing secara langsung yang memasang harga murah, kemungkinan besar para pengunjung tidak akan berpikir dua kali untuk melakukan pembelian di website kita sendiri. Nah, tulisan disini akan membahas tentang cara membuat website jualan online sendiri dengan modal kecil. Bikin web untuk jualan ini tentunya membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Berapa sih modal yang dibutuhkan untuk membuat website toko online sendiri? Minimal sih sekitar 3 jutaaan atau bisa lebih dan kurang. Yang paling penting saat membuat olshop itu adalah hosting, karena ini adalah salah satu nyawa terpenting dari setiap website yang ada. Soalnya hosting inilah yang menampung semua data para customer serta data barang yang kita listing atau miliki.

Harga untuk beli hosting pun bermacam-macam ada yang mulai dari 500 ribu sampai 1 jutaan lebih untuk satu tahun. Belum lagi kalau ingin bikin toko online di platform semacam wordpress hal lain yang tak kalah penting adalah kita harus beli tema atau template yang bagus. Harga dari template ini pun sedikit mahal, mulai dari 500 ribuan sampai satu juta.

Jadi sudah terbayang kan modalnya berapa? Kalau di total saja bisa sampai dua jutaan atau bahkan lebih. Namun semua biaya tersebut bisa ditekan dengan cara membeli hosting dengan harga yang murah seperti hosting 100 ribuan berikut serta mencari tema versi gratisan. Hanya saja cara ini tetap ribet banget, makanya akan saya tunjukkan cara membuat web untuk jualan tanpa ribet.

Yaitu dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Yaitu sebuah aplikasi kasir untuk pebisnis online yang memiliki berbagai fitur menarik dan mudah sekali di operasikan. Sangat cocok untuk orang yang gaptek sekalipun, selain itu sebagian juga menyediakan kupon untuk mendapatkan diskon sebanyak 58%. Jadi kalau ingin bikin olshop ini siapkan saja dana 1 juta.

Ada beberapa pilihan yaitu dengan cara membeli hosting dan membeli tema khusus online shop atau bisa memanfaatkan situs gratisan yang memang tujuannya untuk jualan online. Contohnya adalah seperti shopify, odoo, wix dan masih ada yang lainnya . Yang paling populer adalah shopify dan yang pernah saya gunakan adalah wix serta odoo, karena gampang bikinnya tinggal sat-set cuma pilih tema dan input barang.

Cara Bikin Website Online Shop Dengan Mudah

Berikut adalah cara membuat toko online tanpa ribet dan mudah

  • Daftar Situs Online Shop Yang  Di Inginkan
  • Lalu masukkan kode kupon BILA Ada di kolom yang tersedia
  • Isi nama dan informasi yang lainnya lalu klik berikutnya
  • Setelah itu ikuti langkah proses selanjutnya
  • Kalau sudah tinggal memilih tampilan dan input barang
  • Setelah itu toko online siap digunakan

Kelebihan Membuat Web Jualan Sendiri

Salah satu keunggulan dalam bikin web jualan sendiri menggunakan dua situs seperti wix atau odoo ialah kita sudah tidak perlu lagi memikirkan biaya hosting. Serta biaya harga untuk sewa domain sendiri, harganya pun murah banget. Dulu sempat ada aplikasi yang mana untuk penggunaan tahun pertama kita cukup bayar 600 ribuan saja selama kita mengggunakan kode kupon dapat potongan sebanyak 58%.

Selanjutnya di tahun berikutnya untuk biaya perpanjangan kita cuma bayar 500 ribuan saja. Nah, kedua situs yang saya sebutkan yaitu wix dan juga odoo gratis. Kecuali shopify yang berbayar bulanan namun kita bisa melakukan uji coba selama tiga hari.

Garansi Uang Kembali

Di sebagian toko online, ada yang menyediakan trial seperti selama tujuh hari. Kalau selama 7 hari kita tidak suka dengan platform toko online itu maka kita bisa melakukan refund. Hal ini bisa dilakukan selama produk yang kita beli tidak bisa difungsikan dengan baik serta para tim gagal dan membantu anda untuk membangun toko online yang ada buat.

Bisa Diakses Melalui Hp

Sekarang itu jamannya pengguna android dimana kebanyakan orang lebih suka melakukan transaksi jual beli online melalui hp. Karenaa sebagian toko ini sudah tersedia aplikasi tersendiri yang bisa di download secara gratis. Maka kita bisa membangun kepercayaan customer dengan kemudahan transaksi yang ditawarkan.

Terdapat Pembukuan Secara Otomatis

Tahu tidak sih hal yang paling penting dalam jualan online ialah sistem pembukuan. Karena dari sinilah kita bisa tahu keuntungan dan kerugian dari toko yang sedang kita bangun. Karena platform ini sudah menyediakan sistem keuangan secara otomatis maka kita tidak perlu lagi melakukan hal ribet dengan cara input data pengeluaran dan pemasukan menggunakan aplikasi excel.

Pengelolaan Yang Mudah

Orang gaptek sekalipun yang tidak terlalu paham teknologi bisa dengan mudah membuat website jualan online menggunakan situs diatas dan mengoperasikannya. Karena ada juga platform yang sudah memiliki integrasi harga dan inventaris yang ada di pusat sehingga kita hanya perlu sekali klik saja untuk mengakses semua hal tersebut.

Cek Ongkir Otomatis

Setelah beli menggunakan kupon sebagian toko ini nanti akan terdapat fitur yang cukup asik yaitu para pembeli bisa melihat biaya ongkir secara otomatis dengan memasukkan nama kecamatan dan memilih beberapa nama ekspedisi terbesar yang ada di indonesia.

Banyak Pilihan Pembayaran

Untuk bisa punya web jualan online yang sukses, tersedianya banyak pilihan pembayaran itu sangat penting. Karena para pembeli bisa melakukan transaksi dengan mudah. Selain di toko bila tersedia fitur COD membuat kita bisa dengan mudah membangun kepercayaan pembeli. Bagaimana? Banyak banget kan fitur olshop dari situs gratisan diatas ini? Kalau begitu langsung saja praktekkan cara membuat website jualan online diatas ini.

Selain itu masih banyak lagi fitur yang tersedia bilaa beli kalau menggunakan kupon yang terkadang disediakan. Untuk informasi lebih lanjut segera yuk daftar aja dulu dan dapatkan banyak keuntungannya bahkan ada juga bonus webinar untuk belajar keuangan selama dua hari. Tunggu apalagi? Segera buat toko online kamu sendiri dan mulai bisnismu dari sekarang!