Jan 27, 2024

Bagaimana Cara Mendapatkan Investasi Di Startup? Yuk Cari Tahu Di Sini!

Dewasa ini iklim dunia bisnis di tanah air semakin menarik karena semakin banyak generasi muda yang terjun sebagai founder di perusahaan rintisan (startup) berbasis teknologi. Ada banyak perusahaan yang sudah sukses mengumpulkan banyak pelanggan dan pendanaan, tapi tak sedikit pula bisnis rintisan yang harus gulung tikar lebih awal karena tidak berhasil mendapat pendanaan.

Nah, di artikel kali ini secara khusus kami akan memberikan beberapa informasi terkait bagaimana cara mendapatkan investasi di startup. Harapannya kamu bisa lebih mudah dalam mengembangkan perusahaan setelah berhasil mendapatkan kucuran dana sebagai modal awal.

Simak terus ulasannya sampai bagian akhir ya! Jangan lupa, amankan nama domain murah  incaran kamu sekarang agar tidak diambil orang lain. Jika membutuhkan server VPS bisa cek Cloud VPS DomaiNesia

Tips Cara Mendapatkan Investasi Startup

Cara Mendapatkan Investasi Di Startup

Sejatinya ada banyak cara untuk mendapatkan sebuah investasi pada sebuah startup atau bisnis rintisan. Mulai dari menggunakan dana pinjaman dari keluarga, dana pribadi dari tim, atau mencari pendanaan dari luar lewat angel investor atau venture capital.

Baca juga:

Namun, pilihan tersebut berbeda-beda untuk tiap perusahaan dan tahap pendanaan, jadi kamu wajib belajar lebih dalam terkait cara-cara memperoleh investasi yang baik dan benar.

1. Membangun Networking dengan Banyak Orang

Cara pertama yang bisa kamu coba agar berhasil mendapatkan investor adalah dengan membangun networking atau relasi yang seluas mungkin. Lantas, bagaimana caranya? Salah satunya, kamu bisa berkenalan dengan banyak tokoh, investor, atau publik figur yang biasa memprakarsai sebuah perusahaan rintisan.

Meski begitu, kamu juga perlu menjalin relasi dengan orang-orang baru agar nantinya kesempatan networking kamu menjadi semakin luas dan berkembang. Tidak hanya berputar sebatas lingkungan pertemanan, rekan kerja, atau keluarga saja.

Tahukah kamu, ada banyak perusahaan startup kelas dunia yang berhasil mendapatkan investor dari aktivitas networking? Kamu juga bisa menggunakan cara ini untuk mengumpulkan modal startup agar semakin besar.

2. Ikut Event Startup Online maupun Offline

Cara lain yang bisa dijadikan alternatif untuk mendapatkan investasi adalah dengan mengikuti seminar atau event startup, baik itu offline maupun online. Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti event seperti ini, salah satunya adalah networking dan perluasan jaringan pertemanan.

Event khusus yang biasa diadakan untuk startup umumnya juga dihadiri oleh perusahaan sponsor, institusi, serta angel investor yang menjadi narasumber. Jadi hal ini bisa kamu manfaatkan juga sebagai media untuk memperkenalkan startup kepada khalayak luas.

Adapun benefit lainnya dari menghadiri event startup adalah kamu bisa bertanya secara langsung dengan para mentor atau senior yang lebih dulu terjun ke bisnis ini. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan inspirasi bagaimana cara mereka memperoleh investasi di tahap awal, serta bagaimana membuat bisnis startup akan bisa terus berkembang sampai sekarang. Sangat menarik, bukan?

3. Membuat Proposal Bisnis dan Membagikan Kepada Pihak yang Tertarik

Membagikan proposal dan rencana bisnis bisa juga menjadi magnet untuk menarik investor. Jadi, pastikan kamu sudah menyiapkan proposal bisnis dari awal sehingga jika suatu saat bertemu dengan calon investor potensial kamu sudah punya senjata untuk memikat mereka.

4. Memanfaatkan Media Sosial

Media sosial juga bisa dijadikan sebagai platform untuk mendapatkan pendanaan. Pasalnya, melalui media sosial kamu bisa membagikan cerita, kisah, visi-misi perusahaan, serta pencapaian startup yang sedang kamu kembangkan.

Semakin menarik data serta cerita yang kamu bagikan ke media sosial, maka akan semakin memperbesar peluang konten untuk dibagikan ulang dan menjadi viral. 

5. Mendaftar dan Ikut Program Inkubator Startup

Saat ini ada banyak program inkubator startup yang bisa kamu manfaatkan. Misalnya seperti program gerakan 1000 startup digital, startup4industry, dan masih banyak lagi. 

Jika ide bisnis startup kamu cocok dengan kriteria yang mereka cari, kamu bisa mendaftarkan startup ke program inkubasi seperti di atas. Tujuannya, selain mempersiapkan team awal untuk mendapatkan bekal pengetahuan, kamu juga berpotensi untuk bertemu dengan investor awal pada ajang presentasi serta pitching yang masuk dalam agenda perlombaan.

6. Menggunakan Dana Pinjaman

Modal startup tidak harus dari investasi, melainkan bisa juga berasal dari pinjaman modal yang diperoleh dari bank atau layanan peer to peer lending. Cara ini memang tidak disarankan karena kamu perlu menyiapkan bunga dan angsuran, tapi masih layak dicoba jika startup kamu punya profit bagus dan perlu berkembang.

7. Ikut Kompetisi Startup

Cara selanjutnya adalah dengan mengikuti kompetisi startup yang saat ini banyak diadakan oleh kementerian atau institusi lain. Selain bisa mendapatkan eksposur serta publikasi yang lebih besar, kamu juga berpeluang untuk membawa pulang hadiah jika berhasil menang.

Nah, hadiah dari lomba startup ini bisa menjadi modal awal yang sangat berharga untuk membangun startup di tahap awal.

Itulah beberapa cara mendapatkan investasi di startup yang bisa kamu jadikan sebagai rujukan. Bagaimana? Sudah siap untuk mengembangkan startup menjadi lebih besar?