Aug 11, 2023

Review Harga dan Spesifikasi Vivo Y93 Lengkap

Banyaknya hp android sekarang yang beredar membuat kita memiliki banyak pilihan ketika ingin membeli sebuah ponsel pintar. Mulai dari spek rendah ke tinggi, dari yang murah hingga yang paling mahal. Harga sebuah ponsel yang paling mahal itu harganya bisa untuk membeli sebuah sepeda motor, sedangkan yang paling murah bisa kita dapatkan hanya dengan modal 1 jutaan saja. Kemarin saya sudah pernah membuat tabel daftar khusus yang memberikan informasi tentang hp vivo harga 1 jutaan.

Khusus pada artikel ini saya akan membahas tentang spek vivo Y93 lengkap dengan harganya. Karena hp ini termasuk ke dalam ponsel dengan harga dibawah 2 jutaan. Memiliki hp android yang canggih itu sekarang bukanlah sebuah mimpi lagi. Karena kecanggihan setiap ponsel yang ada masa kini sudah bisa dibeli dengan harga murah. Harga ini tentu merupakan harga yang sudah ditetapkan oleh para pembuatnya.

Harga dan Spek Vivo Y93 2019

spek vivo y93


Karena banyaknya persaingan, mau tidak mau para pembuat hp ini harus melakukan suatu cara agar produk bikinan mereka laris manis layaknya gorengan. Cara yang bisa digunakan adalah dengan promosi dan melakukan diskon besar-besaran. Atau dengan menurunkan harga ponsel tersebut supaya terjangkau untuk kalangan menengah kebawah dan menawarkan sebuah fitur yang tak kalah dengan hp android mahal sekalipun.

Baca juga:

Cara ini terbilang efektif, terutama soal diskon gede yang dilakukan pada hari-hari tertentu. Buktinya adalah ponsel tersebut langsung ludes ketika dijajakan ke dalam flash sale di online shop. Salah satu merk yang sering melakukan strategi ini adalah merk Xiaomi, yang menurunkan harga ponsel mereka menjadi sangat murah sekali. Selain itu merk vivo pun juga pernah melakukan diskon, namun pada hari-hari tertentu saja.

Contohnya adalah hari harbolnas, hari raya dan hari besar yang lainnya. Yang di diskon adalah tentu untuk produk terbaru mereka contohnya seperti model Vivo V15, Vivo S1 atau Vivo Y12. Walau diskonya tidak terlalu besar, nah untuk vivo y93 ini bagaimana? Apakah merk vivo y93 harga diskonnya juga ada? Kalau merk lama seperti y93 ini harga diskonnya sih tidak ada. Namun harga hp android ini sudah turun dari harga awalnya saat pertama kali keluar.

Kalau mencari hp diskonan, salah satu ponsel vivo yang memiliki harga diskon adalah vivo y91, walau di situs resminya stoknya sudah habis. Lalu kalau kamu mencari tentang spek vivo y91 ini kamu bisa membaca artikel saya yang ada disini. Sekarang saya akan fokus membahas mengenai spesifikasi vivo y93. Karena kedua ponsel ini memang hampir mirip secara spek.

Hp vivo y93 ini ada beberapa versi yaitu versi yang menggunakan prosesor mediatek dan versi yang menggunakan prosesor snapdragon. Selain prosesor hp android satu ini pun juga memiliki 2 versi ram yang berbeda yaitu hp vivo y93 ram 4 dan hp vivo y93 ram 3. Kedua jenis hp ini tidak beredar pada negara yang sama. Karena yang beredar di indonesia itu adalah hp vivo y93 ram 3.

Kalau hp vivo y93 ram 4 ini, setau saya masih belum ada di indonesia. Kalau pun kamu bisa membeli hp ini kemungkinan tidak akan memiliki garansi resmi. Karena hp vivo yang tercantum di situs resmi vivo indonesia itu sendiri adalah hp vivo y93 ram 3gb. Maka dari itu disini saya hanya akan membahas spek vivo y93 yang beredar di indonesia saja.

Baca juga: Daftar Hp Vivo Kamera Pop Up

Produk vivo ini memang sangat bervariasi, makanya kamu pasti bakalan sedikit bingung ketika mencari informasi tentang spek vivo y93 ini. Soalnya ponsel model y93 ini hampir sama dengan model y91, yaitu sama-sama memiliki dua tipe yang berbeda. Yang satu prosesor mediatek dan yang satunya lagi adalah prosesor snapdrgaon.

Karena memang kedua ponsel tersebut memiliki target market yang berbeda, dengan kata lain produk itu di edarkan di negara yang berbeda. Berhubung merk vivo adalah sebuah merk china maka ketika ponsel ini memasuki indonesia sudah pasti hp ini bakalan melalui proses regulasi yang rumit. Jadi jangan heran kalau tidak semua produk keluaran vivo yang kamu tau bakalan semuanya juga ikut masuk ke negara tercinta kita ini.

Baca juga:

Contohnya aja yaa hp vivo y93 ini, yang ada di negara kita yang cuma memiliki ram 3gb saja. Padahal kalau ada versi ram 4 gb kita kemungkinan bakalan membelinya. Yaa, mau gimana lagi toh spesifikasi vivo y93 ram 3 ini juga tidak terlalu buruk kok. Apalagi ponsel ini bisa kita dapatkan dengan harga dibawah 2 jutaan. Kalau begitu langsung saja deh kamu simak berapa harga vivo y93 ini serta apa spesifikasi lengkapnya.

Daftar Harga dan Spesifikasi Vivo Y93 Lengkap

Berikut ini adalah daftar spesifikasi vivo y93 serta harganya.

Harga BaruRp 915.000 ±
Harga BekasRp 7.00.000 ±
Jaringan2G, 3G, 4G
Internal/Ram32/3GB RAM
Ukuran Layar6.22 Inci ( ~88.6% rasio layar ke casing)
Tipe LayarIPS LCD capacitive touchscreen, 16 Juta Warna
Slot SimSingle SIM (Nano-SIM) atau Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Sistem OperasiAndroid 8.1 (Oreo); Funtouch 4.5
CPUOcta-core (4x1.95 GHz Cortex-A53 & 4x1.45 GHz Cortex A53)
ChipsetQualcomm SDM439 Snapdragon 439 (12 nm)
GPUAdreno 505
Kamera Utama13 MP, f/2.2, PDAF, 2 MP, f/2.4, (depth). 1080p@30fps
Kamera Selfie8 MP, f/1.8. 1080@30fps
BateraiNon-removable Li-Po 4030 mAh battery
Memori CardmicroSDXC (dedicated slot)
SensorAccelerometer, proximity, compass
WarnaStarry Black dan Ocean Blue

Itulah daftar spesifikasi vivo y93 ram 3gb yang sudah saya sebutkan dengan lengkap. Pada tabel tersebut juga sudah saya sertakan dengan daftar harganya dan kalau kamu ingin tahu lebih lanjut soal harganya bisa melihat pada tulisan saya dibawah ini.  Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, kalau yang beredar di indonesia itu kebanyakan yang ramnya 3.

Untuk ram 4 sendiri sangat jarang ada, kalau spek dari ram 4 tersebut kurang lebih sama kalau menggunakan prosesor snapdragon. Kalau yang digunakan adalah prosesor mediatek maka chipsetnya itu memakai Mediatek MT6762 Helio P22 (12 nm) dan dengan CPU Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53. Kalau soal GPU Spek Vivo ram 4gb ini menggunakan PowerVR GE8320.

Baca juga: Daftar Hp Kamera Pop Pup Paling Murah

Sisanya sih hampir sama saja kok, bedanya paling ketambahan warna yang ada variasi Nebula Purple. Soal harganya jelas lebih mahal sedikit karena ukuran ramnya pun juga besar dan juga kapasitasnya ada yang menggunakan 32 gb dan 64gb. Tinggal sesuaikan saja kebutuhannya, kalau kamu bisa mendapatkan hp vivo y93 dengan ram 4 ini.

Pasaran Vivo Y93 Harga Baru

Inilah harga hp vivo y93 yang baru.

  • Vivo Y93 Baru: Rp 915.000

Harga baru dari hp vivo y93 ini rata-rata di online shop bisa di dapatkan dikisaran Rp 915.000. Jadi siapkan saja dana 1 jutaan kalau memang ingin beli hp ini. Sedangkan harga pada official storenya dulu sendiri dipatok dengan harga Rp 1,999,000.  Turunnya cukup lumayan sih, yang jelas kalau kamu menemukan hp vivo y93 ram 3 harganya melebihi harga pasaran artinya hp tersebut dijual dengan harga yang mahal.

Tentu kalau kamu beli dengan harga segitu yang untung pasti si penjual karena mematok margin yang cukup besar sekitar 200 hingga 300 ribu atau bahkan lebih tergantung dia beli stok hpnya berapa. Yeng jelas harga diatas ini bisa kamu jadikan patokan saat ingin beli hp ini.

Pasaran Vivo Y93 Harga Bekas

Berikut ini untuk harga vivo y93 second

  • Vivo Y93 Bekas: Rp 700.000

Sedangkan untuk harga vivo y93 seken ini sangat bervariasi sekali dan sangat tergantung dari kondisi hpnya juga. Yang jelas berhubung hp ini memiliki ram 3gb jadi harga bekas dari hp ini masih di kisaran 1 jutaan. Kalau beruntung kamu bisa dapat harga yang sangat murah, bisa saja sekitar 600 ribuan tapi yang namanya hp bekas yaa jangan berharap banyak.

Karena kita tidak tau apa saja masalah yang ada pada hp bekas tersebut. Saran saya kalau ingin beli hp bekas lebih baik beli ke pembelinya langsung dan pastikan kalau hp tersebut masih dalam keadaan tersegel. Karena kalau masih ada segelnya kemungkinan hp itu masih dalam kondisi bagus dan belum terbongkar. Walau tidak menutup kemungkinan jika hp tersebut dijual dalam kondisi jelek.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo y93

Setiap hp android yang hadir di indonesia pasti selalu memiliki kelebihan dan keurangannya masing-masing. Begitu pula dengan hp merk vivo y93 ini, lantas apa sajakah kelebihan dan kekurangan gadget berpenampilan mewah satu ini? Yuk disimak!

Kelebihan Vivo Y93

Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari hp vivo y93.

  • Terdapat AI FACE Beauty
  • Ada AI DUAL Camera
  • Kapasitas Baterai Besar
  • Ada Fingerprint
  • Ada Deteksi Wajah
  • Ada Fitur Smart Spilt

Salah satu fitur yang sangat booming akhir-akhir ini adalah fitur bernama AI Face Beauty, sebuah fitur yang akan membuat foto yang diambil menjadi semakin cantik dan ganteng. Selain itu hp ini memiliki dual kamera di bagian belakang yang dilengkapi dengan algoritma Ai sehingga setiap foto yang diambil bisa menghasilkan gambar boker dengan mudah.

Selain itu keunggulan hp vivo y93 ini adalah kapasitas baterai yang lebih besar yaitu 4030mAh. Tidak seperti pada spek vivo y53 yang sebelumnya saya ulas, ponsel tersebut hanya memiliki kapasitas baterai 2500 mAh saja. Tentu kapasitas segitu hanya umum digunakan pada ponsel android model lama.

Selain baterai yang menjadi salah satu kelebihan hp vivo y93 ini adalah terdapat fitur fingerprint dibagian belakang casingnya. Sehingga akan memudahkan kamu dalam membuka kunci ponsel ini hanya dengan sekali sentuh. Selain fingrprint, smartphone vivo y93 ini juga dilengkapi dengan fitur deteksi wajah.

Keunggulan yang lain dari hp ini adalah adanya fitur Smart Split yang memungkinkan kita untuk melakukan multi tasking seperti melihat video dan chatting dengan teman secara bersamaan. Fitur ini bisa kita gunakan dengan cara mengusapkan tiga jari kita ke layar. Nanti layar hpnya bakalan terbelah menjadi dua.

Kekurangan Vivo Y93

Berikut ini adalah kekurangan dari hp vivo y93.

  • Kualitas Gambar Kamera Depan dan Belakang Kurang Bagus
  • Baterai Backup Rendah
  • Kadang suka hang dan freeze
  • Kadang lemot

Soal hasil gambar dari foto ini sih tergantung selera, kalau ingin tahu lebih lanjut kamu bisa lihat hasil jepretan dari kamera vivo y93 ini disini, dan disini. Secara keseluruhan hasil kamera vivo y93 ini sih OK secara rata-rata. Tetapi kamera vivo y93 ini jika dibandingkan dengan merk lain pada range harga yang sama maka kualitas kameranya akan kalah. Selain itu hp ini juga memiliki baterai backup yang rendah dan terkadang lama saat di charge.

Untuk beberapa kasus suka lemot, hang dan ngfreeze saat menggunakan aplikasi. Itulah ulasan dari spesifikasi vivo y93 ini, untuk kekurangan hp vivo ini jangan dijadikan patokan pasti karena umumnya sih semua ponsel pasti sering mengalami crash atau hang. Soalnya hal ini tergantung dari pemakaian kita juga, saya harap harga dan spesifikasi vivo y93 yang ada disini bisa bermanfaat bagi kamu.