Mar 4, 2024

Tips Memilih Laptop Baru Bagi Pemula Yang Bagus, Cepat Tanpa Ribet!!

Buat para pemula pasti bingung dong bagaimana sih cara memilih laptop yang bagus? Apalagi kalau kamu adalah orang awam yang belum mempelajari tentang teknologi yang digunakan pada laptop. Tulisan ini akan membahas tentang tips memilih laptop baru bagi pemula yang cepat dan tanpa ribet.

Pertama yang perlu diperhatikan ialah sebelum membeli laptop ada baiknya kamu melakukan riset lebih dulu. Seperti mempelajari apa itu RAM, apa itu CPU, sampai SSD. Sebenarnya banyak banget sih faktor yang harus diperhatikan ketika ingin beli laptop. Pasti ribet banget kan mempelajari hal itu satu persatu? Makanya saya bagikan nih sebuah tips memilih laptop yang berguna untuk semua orang.

Tips Beli Laptop Dengan Kualitas Bagus

tips memilih laptop baru bagi pemula

Karena beli laptop itu tidak boleh asal, karena kalau asal kamu akan mendapatkan laptop dengan performa yang jelek dengan harga mahal. Karena banyak sekali sih para seller yang menjual produk jadul dengan mengambil margin yang mahal banget. Kalau salah pilih nanti malah kamu akan dapat laptop yang lemot yang bikin ngehang saat digunakan hanya untuk browsing saja.

Baca juga:

Disini akan dijelaskan tentang cara memilih laptop yang baik untuk mahasiswa ataupun cara memilih laptop yang bagus untuk pelajar. Keduanya sama saja kok, bahkan cara ini juga bisa digunakan untuk mereka para pekerja. Kamu bisa menggunakan cara memilih laptop untuk kerja disini dan menjadikannya sebagai patokan.

Yang jelas cara ini tidak cocok digunakan untuk memilih laptop untuk gaming karena lepi untuk main game itu dibutuhkan riset yang mendalam. Sehingga banyak faktor yang wajib diperhatikan sebelum kamu memutuskan untuk membeli laptop tersebut. Kalau begitu langsung saja deh inilah tips memilih laptop baru bagi pemula.

Tips Memilih Laptop Baru Bagi Pemula

Inilah daftar tips memilih laptop baru bagi pemula yang mudah.

  • Lihat spesifikasi laptop
  • Catat model CPU Laptop tersebut
  • Cari di google dan tambahi kata kunci Passmark
  • Misal AMD 3020e Passmark
  • Lalu klik halaman pertama yang bernama cpubenchmark
  • Lihat skor yang ada di halaman tersebut
  • Skor yang paling tinggi adalah yang paling bagus

Contoh Laptop Yang Bagus

Misal nih ada dua pilihan laptop yaitu Lenovo V14 AMD 3020e di harga 4.2 Juta dan Redmibook 15 Intel i3 1115G4 di harga 4.8 Juta. Terus kamu bingung nih mana sih laptop yang bagus dari kedua laptop itu? Lantas mana yang memiliki performa terbaik? Mudah saja silahkan cari di google dengan kata kunci berikut: "AMD 3020e Passmark" lalu buka tab baru dan search di google: "Intel i3 1115G4 Passmark".

Lalu catat deh skornya dan bandingkan, Contoh: AMD 3020e itu Skornya 2470 Mark dan i3 1115G4 di 6234 Mark. Karena i3 1115G4 memiliki skor 6234 maka laptop inilah yang bagus. Dari sini akan kelihatan kalau nambah beberapa ratus ribu kamu akan dapat laptop dengan performa 2.5x lebih bagus. Tentu saja hal ini lebih worth it.

Dengan cara memilih laptop yang bagus diatas kamu bisa menghemat waktu daripada lihat youtube dan baca ulasan para reviewer lebih dulu. Cara diatas sangat berguna untuk membuat keputusan yang cepat. Dari skor diatas kita bisa tahu performa laptop itu akan bagaimana. Buat yang bertanya-tanya kenapa menjadikan skor diatas sebagai acuan? Apa sih passmark itu?

Apa itu Passmark?

Pada intinya passmark adalah sebuah situs yang sudah melakukan uji coba dari beragam komponen CPU dan masing-masing komponen itu diberi skor. Semakin tinggin skor dari komponen itu maka akan semakin bagus. Kenapa tidak menggunakan data cinebench, 3dmark atau geekbench? Alasannya adalah karena data dari Passmark itu lebih mudah di dapatkan dibandingkan cinebench atau geekbench karena databasenya lengkap dan mudah diakses terutama buat yang awam.

Cara memilih laptop sesuai kebutuhan diatas khusus buat Non Gaming ya, secara buat gaming kamu harus cari tau juga GPU nya seberapa kuat, terus kamu juga wajib riset fitur fitur apa yang ingin dimiliki dan dipakai di GPU nya. Misal DLSS, NVENC itu exclusive Nvidia, AMD FreeSync dan SuperFX itu punya Radeon. Jadi kalo untuk Laptop gaming sangat disarankan kalo mau beli wajib riset lebih dalam dulu.

Nah, tips memilih laptop yang bagus diatas itu khusus selain laptop buatan apple. Nah, bagaimana kalau ingin beli laptop dari apple? Bagaimana menentukan mana yang bagus? Malahan laptop dari apple atau laptop macbook itu cara memilihnya jauh lebih mudah. Berikut caranya.

Cara Memilih Laptop Macbook Yang Bagus

Intinya yang lebih mahal lebih bagus.

  • MX = Essentials/Entry Level
  • MX Pro = Midrange Class
  • MX Max = High End Class
  • MX Ultra = Enthusiast Class
  • X = Nomor, eg. M1, M2, M3 etc..

Meski begitu ada kelasnya juga masing-masing laptop diatas. Misal M1 pro tetep diatas M2 tanpa embel embel. Tapi M2 diatas M1 tanpa embel embel, pada intinya lihat harga untuk mengetahui mana yang lebih bagus.

Minimal Skor Passmark Untuk Laptop Yang Bagus

Misal nih kamu punya budget range 5-6jt, untuk keperluan office, spss, multimedia, browsing, dll tetapi bukan gaming. Untuk penggunaan normal seperti browsing, media consumption, netflix, android apps maka skor 3500 keatas udah oke. Buat harga 5-6 jt idealnya di 6000-7000 an (core i3 gen 11 atau ryzen 3). Sayangnya di range 5 jutaan sering di nodai sama celeron celeron pentium yg benchmark wise dibawah 3000.

Yap, itula dia sedikit tips memilih laptop baru bagi pemula. Kalau sudah dapat yang bagus sekarang coba deh kamu riset lagi laptop pilihan tersebut dengan cara membandingkan kualitasnya. Ukuran layar dan yang lain sebagainya. Namun kalau kamu tidak ingin ribet yaa sudah silahkan pilih saja langsung berdasarkan nilai yang paling tinggi.

Tips Buat Yang Mencari Laptop Second

Kalau masih di range 5 juta ke bawah sebagian orang masih lebih prefer lini Thinkpad second buat direkomendasiin. Apapun speknya, kebutuhannya, kalo di range segitu mending kedepanin build quality dulu daripada yang lain. Paling jeleknya Thinkpad second ya bobotnya lebih berat & rata-rata batere-nya udah nggak awet lagi.

Tetapi terkadang tidak semua orang mau beli laptop second. Ada seorang teknisi Komputer kadang ya nyaranin coba ambil thinkpad atau dell vostro bekas tapu Banyak yang gak berani. Mereka lebih memilih laptop baru. Hal tersebut sebenarnya tidak salah tapi menurut saya laptop baru di range 5 juta yang worth paling kudu ngubek-ngubek di e-commerce. 

Toko offline di sini masih nawarin laptop Celeron 2-4 GB dengan build ringkih di harga segitu. Mungkin masih banyak yang belum ngerti juga ya kalau bekasan laptop kantoran kek Thinkpad, Vostro & lainnya justru laptop second yang paling aman dipilih buat saat ini buat kelas entry level. Sebenernya sih kalo bicara spek ya bukan build. Untuk laptop New di 5 jutaan (i3 1115G4) bisa bersaing sama thinkpad x280 second i7 di harga yang sama. Cuma ya... build nya jangan di adu.

Yap, saya rasa itu saja beberapa tips cara memilih laptop yang baik dan bagus baik itu untuk mahasiswa, kerja, pelajar ataupun para guru. Semoga tips ini bisa sedikit membantu kamu dalam memilih sebuah laptop yang ingin dibeli. Saya rasa itu dulu dan terima kasih sudah membaca.