Jan 26, 2024

Istilah Status Jasa Pengiriman Sen Hong Akulaku

Ingin tahu tentang istilah pengiriman sen hong? Mari yuk kita bahas secara lengkap disini. Bagi siapapun yang belui barang di akulaku dari luar negeri terutama dari china. Pasti yang menjadi jasa pengiriman tersebut adalah sen hong. Yang merupakan salah satu perusahaan logistik utama yang akan mengirim barang dari china ke indonesia. Setiap beli barang pasti kita mendapatkan sebuah nomor resi.

Yang nantinya nomor tersebut sangat berguna untuk melakukan pengecak status barang yang kita beli. Nah, saat melakukan cek resi ini nanti akan terdapat beberapa istilah di dalamnya yang menunjukkan barang kita sedang di apakan. Masing-masing istilah ini di sen hong memiliki arti, nah untuk itulah disini saya membahas dari arti pengiriman sen hong tersebut.

Makna Status Tracking Sen Hong

istilah pengiriman sen hong

Kalau begitu apa saja sih artinya? Silahka disimak di bawah ini. Pertama buat yang belum tahu tentang cara melakukan pengecekan resi, silahkan baca artikel saya disini tentang cara cek resi sen hong yang sudah saya bahas secara lengkap. Apalagi kurir logistik satu ini tidak memiliki situs resmi sehingga buat para pemula sedikit kebingungan dan kesulitan untuk melakukan tracking barang yang sudah di beli.

Meski begitu walau sudah kita track atau lacak kondisi barang tersebut. Kita mungkin sedikit kebingungan karena ada istilah yang sulit di mengerti. Apalagi istilah tersebut bukan dalam bahasa indonesia jadi kita tidak yakin maksud dan artinya itu apa. Istilah yang ada di sen hong yang saya ketahui itu ada 5, berikut daftar lengkapnya dan akan saya jelaskan beserta artinya.

Arti Pengiriman Sen Hong

Inilah daftar arti pengiriman sen hong

  • Create Order
  • Inbound
  • Outbound
  • Waiting Space
  • Customs

Create Order

Arti create order sen hong ini ialah barang kita sedang dipersiapkan dan diproses sebelum akhirnya dikirim ke pembeli. Maksudnya adalah barang yang kita beli sedang di packing dan dibungkus. Lalu kalau sudah nanti tinggal tunggu kurir untuk mengambil barang tersebut dan mengirimny ke gudang.

Inbound

Arti inbound sen hong ialah barang sedang dimasukkan ke dalam gudang. Di dalam dunia logistik, makna inbound ialah barang sedang dipindah dan di salurkan ke gudang terlebih dahulu sebelum akhirnya di kirimkan ke pembeli. Barang ini biasanya dijadikan satu oleh barang lain yang akan dikirimkan ke tujuan yang sama. Makanya bisa membutuhkan waktu berhari-hari.

Outbound

Arti outbound sen hong adalah barang sudah keluar dari gudang dan sudah dikirim. Sehingga kita tinggal tunggu saja sampai barang tersebut sampai ke kita. Yah, walau dari status ini ke status berikutnya memakan waktu yang cukup lama.

Di dalam proses barang keluar dari pusat ini kadang memiliki istilah lain seperti outbound cn dongguan fn station. Apa sih arti outbound cn dongguan fn station? Ini artinya ialah barang keluar dari gudang yang ada di dongguan dengan kode stasiun FN. Kata fn sendiri memiliki dua arti antar lain yaitu kode IATA dari sebuah maskapai yang akan digunakan untuk mengirimkan barang kita atau kode pelabuhan.

Barang yang kita beli sendiri biasanya dikirim melalui dua hal yaitu udara dan air atau melalui pesawat dan kapal. Kalau melalui pesawat barang kita akan cepet banget sampainya dan tidak membutuhkan waktu berbulan-bulan. Kalau kapal sih bisa kamu tebak akan butuh waktu berapa lama. Selain itu adalagi istilah sen hong yang lain seperti outbound cn shenzhen station akulaku.

Dari katanya saja kita bisa tahu artinya, yaitu barang kita keluar dari gudang dari stasiun yang ada di kota shenzen. Ada juga yang menggunakan kode lb, seperti outbound cn dongguan lb station dan outbound cn dongguan lb station artinya ialah barang dikirim melalui gudang dengan kode LB yang ada di wilayah dongguan.

Waiting Space

Waiting space sen hong artinya barang sedang dalam proses kirim. Kata waiting space sendiri punya makna 'ruang tunggu' yang bisa jadi memiliki arti barang yang dibeli sudah masuk ke dalam kontainer dan nunggu sampai kontainer itu penuh dan siap dikirim. Intinya arti waiting space di pengiriman sen hong ialah barang sudah siap dikirim tinggal tunggu saja sampai dikirimkan.

Customs

Istilah sen hong terakhir adalah custom, yang ini memiliki arti kalau barang sudah sampai di indonesia dan sudah masuk bea cukai. Disinilah barang kita akan di cek dan di periksa serta dihitung kena biaya bea berapa. Kalau barang OK, maka nanti barang tersebut akan dikirimkan ke kita. Biasanya biaya bea dilihat dari harga barang tersebut, kalau ada nota maka biaya dihitung dari nota itu.

Kalau tidak ada pihak bea melakukan pengecekan melalui situs marketplace. Di proses inilah sebenarnya kita bisa sedikit mengakali biaya bea cukai. Caranya adalah dengan meminta pihak seller atau pengirim untuk mengubah nominal harga yang ada di nota. Nominalnya bisa dibuat dengan harga serendah mungkin agar tidak kena biaya bea cukai.

Setidaknya nominalnya disesuaikan sampai masuk akal. Misal kalau barang yang dibeli hp bisa dibuat seharga $20 atau $50 hanya saja kalau hp agak sedikit susah karena ada di dalam box. Hal ini bisa di akali dengan menyuruh seller untuk menghilangkan box tersebut dan menuliskannya di nota sebagai barang bekas. Entah hal ini apakah masih bisa dilakukan atau tidak mengingat peraturan sekarang banyak yang berubah.

Yap, itulah sedikit penjelasan mengenai istilah pengiriman sen hong. Jadi kalau kita beli barang di akulaku sudah tidak bingung lagi dengan arti yang ada di jasa pengiriman sen hong tersebut. Bagaimana, apakah sudah paham? Kalau begitu sekian dulu dan terima kasih sudah membaca. Semoga bermanfaat!