Jan 25, 2024

Cara Mudah Cek Resi Sen Hong Akulaku

Ingin tahu cara cek resi sen hong? Yuk kita bahas secara lengkap disini. Jujur saja, saya yakin sebagian besar dari kamu pasti jarang sekali mendengar jasa pengiriman bernama sen hong berikut. Karena yang tahu mengenai jasa kirim barang ini cuma mereka yang beli sesuatu di akulaku. Terutama bagi kamu yang beli barang dari china, dimana akulaku secara otomatis menggunakan Sen Hong sebagai kurir utama untuk mengirimkan barang yang kamu beli.

Bagi yang baru pertama kali beli barang disana pasti bingung banget untuk melakukan pengecekan resi yang ada. Apalagi sen hong ini tidak memiliki situs resmi sehingga membuat kita sedikit kesulitan dalam melacak paket yang dikirimkan. Oleh karena itu tulisan ini saya buat supaya kamu bisa mudah melihat status barang yang dikirim oleh jasa pengiriman sen hong ini.

Lacak Kiriman Barang Sen Hong

cek resi seng hong

Sen Hong ialah nama salah satu kurir kirim barang dari china. Nama lengkap perusahaan ini adalah Dongguan Sen Hong Logistic Co. Ltd yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang secara domestik atau internasional. Sehingga kalau kamu beli barang di akulaku dan seller tersebut berasal dari china maka nanti barang itu akan di kirim melalui sen hong post.

Baca juga:

Cara melakukan pengecekan resi ini sebenarnya cukup mudah sih yaitu melalui aplikasi akulaku untuk menyalin nomor resi dari barang yang kita beli. Lalu melihatnya melalui situs public tracking. Akan saya jelaskan cara lacak paket sen hong tersebut secara lengkap, yang pertama yang akan saya bahas ialah melalui aplikasi akulaku.

Tutorial Cek Resi Sen Hong Post Di Akulaku

Beginilah cara cek resi sen hong dengan mudah di akulaku.

  • Buka aplikasi akulaku
  • Login atau masuk dulu ke akun yang dimiliki
  • Klik menu Personal
  • Klik tab menu Pesananku
  • Lalu klik Lacak
  • Cari dan Salin Nomor Resi
  • Kunjungi situs public tracking disini
  • Tempel nomor resi ke dalam kolom yang tersedia
  • Lalu Klik Lacak

Sebenarnya untuk melakukan lacak paket sen hong ini sudah bisa dilakukan secara langsung melalui aplikasi akulaku. Hanya saja informasi yang tersedia di aplikasi tersebut kurang lengkap, sehingga kita tidak bisa tahu dengan pasti barang kita sampai mana. Apalagi kalau barang yang kita beli itu termasuk mahal. Makanya kita butuh situs public tracking untuk cek resi sen hong akulaku tersebut supaya bisa menampilkan informasi yang lengkap.

Untuk melakukan hal ini kita butuh nomor resi dari barang yang kita beli dan nomor resi ini cuma bisa kita dapat melalui aplikasi akulaku. Di aplikasi tersebut dan di bagian tab pesananku akan ada dua informasi yang penting yaitu jasa pengiriman dan juga nomor resi. Umumnya di bagian jasa pengiriman, kalau beli barang dari china pasti dikirim oleh sen hongkong.

Di bagian no resi, ini adalah nomor yang berguna untuk melakukan lacak paket. Silahkan catat dan salin no resi sen hong ini dan nanti silahkan cek melalui situs tracking yang ada.

Nah karena berhubung kamu sudah tahu tentang cara pengecekannya ini maka selanjutnya yuk kita bahas mengenai berapa lama pengiriman paket tersebut untuk bisa sampai ke indonesia? Bagi yang pertama kali beli barang dari luar negeri pasti heran banget kok terasa lama sih? Kok barangnya tidak sampai juga?

Estimasi Pengiriman Sen Hong

Untuk estimasi pengiriman barang oleh sen hong itu sekitar 1 bulan. Durasi ini ialah berdasarkan pengalaman saya beli barang dari luar negeri di ebay. Untuk berapa lama pengiriman paket ini tergantung kondisi, yang jelas minimal 2 minggu dan maksimal sampai 2 hingga 3 bulan. Kenapa bisa lama? Karena biasanya barang kita dikirim itu melalui kapal makanya lama.

Oleh karena itu silahkan lacak resi sen hong kamu melalui situs di atas untuk mengetahui barang yang dibeli itu sampai mana. Selain itu pembelian barang dari luar negeri biasanya pasti melalui proses custom atau inspeksi. Dengan kata lain barang yang kamu beli akan diperiksa dulu oleh bea cukai di china sebelum akhirnya dilepas dan dikirim ke indonesia.

Setelah sampai di indonesia barang dari sen hong tersebut akan masuk dulu di jakarta dan di periksa lagi oleh bea cukai kita. Kalau sudah beres baru deh dikirim ke alamat kita melalui kantor pos. Untuk pengiriman sen hong sendiri saya kurang tahu nanti dikirim melalui apa. Soalnya ada beberapa jasa pengiriman yang menggunakan kurir mereka sendiri seperti Fedex.

Karena pengiriman barang dari luar negeri ke indonesia bisa memakan waktu berminggu-minggu, maka silahkan sering-sering cek status barang yang kamu miliki. Ketika melakukan pengecekan nanti pasti bakalan muncul beberapa informasi yang cukup detail seperti Custom, Inbound/Outbound dan lain sebagainya. Informasi tersebut sangat berguna untuk mengetahui barang kamu sedang dimana atau sedang di apakan.

Sebagai contoh ketika kamu melakukan lacak paket sen hong dan di kolom terakhir muncul tulisan custom. Ini artinya barang sedang berada di bea cukai, yaitu barang diperiksa dan ditimbang dulu sebelum akhirnya dirilis. Durasi barang diperiksa masuk cukai ini bervariasi, bisa sehari, dua hari atau bahkan sampai tiga hari. Tergantung kondisi pengiriman saat itu, kalau sedang ramai yaa barang kita bakalan lama disana.

Makanya saya jelaskan di awal minimal itu barang sampai ke tangan kita sekitar 2 mingguan, kalau lebih sebentar sih lebih bagus. Makanya saya sarankan kalau bukan barang khusus atau langka dan tidak ada di indonesia ada baiknya jangan beli dari luar negeri. Karena kiriman dari china sen hong itu memakan waktu cukup lama jadi kamu sabar saja kalau paketan yang kamu beli belum sampai.

Silahkan lakukan cek resi sen hong post secara berkala untuk mengetahui status barangnya. Namun setelah kamu melakukan cek resi dan barang itu nyangkut dimana (selama beberapa bulan). Ada baiknya silahkan hubungi pihak akulaku atau kalau tertahan di bea cukai di kota kamu. Silahkan pergi ke kantor pos pusat untuk menanyakan status barang tersebut. Kalau nyangkut cuma beberapa hari sih santai saja. Semoga tulisan ini bisa membantu.