Mar 28, 2024

Apa Yang Dimaksud Dengan VPS? Dan Fungsinya Apa Saja?

VPS itu merupakan kepanjangan dari Virtual Private Server yaitu sebuah hosting yang bersifat private atau pribadi. Di dalam dunia internet, vps merupakan salah satu layanan yang sering digunakan oleh orang-orang yang ingin membuat website. Meski fungsi VPS itu bukan hanya itu saja karena ada banyak sekali manfaat yang ditemukan di VPS.

Sebelum mengena VPS ada baiknya kita mengetahui dulu apa itu hosting, dan singkatnya hosting adalah sebuah layanan yang dibutuhkan untuk menyimpan sebuah data suatu situs agar website tersebut bisa di akses oleh banyak orang. Hosting setidaknya hampir sama dengan VPS namun bedanya pemakaian hosting itu dibagi sedangkan vps itu sendiri-sendiri.

Memahami Pengertian VPS

Apa yang dimaksud dengan VPS

Misalnya saja nih kamu punya komputer, nah bila di ibaratkan hosting maka komputer kamu itu fungsinya dibagi dan di pakai oleh dua orang. Sedangkan VPS itu kamu sendiri yang menggunakan komputer tersebut. VPS itu kurang lebih sama dengan komputer, bedanya cuma virtual saja dan memiliki spesifikasi sendiri layaknya komputer.

Baca juga:

Makanya ketika ingin membeli sebuah vps pasti vps tersebut memiliki spesifikasi yang sangat berbeda-beda. Sama halnya dengan hosting, vps itu untuk menggunakannya dikenakan biaya sewa. Karena bersifat private atau pribadi makanya sebagian besar harga vps itu lebih mahal dibandingkan dengan hosting. Makanya silahkan cari jasa sewa vps murah terutama buat kamu yang baru saja belajar tentang vps.

Banyak kok penyedia sewa vps murah salah satunya adalah domainesia kalau di indonesia. Bila di luar negeri ada yang namanya digitalocean dan vultr. Ketiganya menjadi salah satu tempat rujukan untuk membeli vps dengan kualitas terbaik.

Fungsi VPS

Kalau dilihat dari segi fungsi, sebenarnya fungsi dari vps sendiri sama dengan hosting. Yaitu untuk host sebuah data website. Bedanya VPS itu keamanannya terjaga, resource yang tidak dibagi-bagi, kualitasnya jauh lebih cepat dibandingkan hosting biasa dan masih banyak lagi keunggulannya dan kekurangan dari VPS adalah masalah harga.

Selain itu website fungsi VPS yang lainnya adalah untuk SSH yaitu membypass sebuah koneksi internet agar aman. Buat yang gemar dan tahu tentan internet gratis pasti paham banget dengan yang ini dan fungsi lain dari VPS adalah ada juga yang bisa digunakan untuk mining, entah itu bitcoin, eth dan koin yang lainnya.

Penyedia vps itu ada banyak, ada yang menyediakan sewa vps murah sampai yang mahal dan masing-masing vps tersebut memiliki kualitasnya sendiri-sendiri. Hal ini tergantung dari mesin yang di pakai untuk membuat VPS tersebut. Karena sama dengan hosting, VPS juga perlu benda secara fisik yang dihubungkan ke internet. Makanya semakin bagus spesifikasi sebuah vps maka semakin mahal pula harganya.

Apalagi bila VPS tersebut menggunakan teknologi SSD. Hal lain yang perlu diketahui adalah bahwa ada dua jenis VPS yang ada di pasaran. Yaitu VPS berbasis Linux dan VPS berbasis Windows. Ada juga VPS managed dan unmanaged, kalau managed adalah VPS dengan panel jadi kalau ingin melakukan sesuatu tinggal klik ini itu saja.

Kalau unmanaged ini adalah VPS saja tanpa panel apapun sehingga kalau ingin install sesuatu harus melakukannya secara manual dan cuma orang yang paham instalasi VPS saja yang paham. Karena vps itu sama halnya dengan sebuah hosting. Tentunya saat beli vps untuk membuat sebuah blog pasti dibutuhkan yang namanya domain.

Domain yang bisa di pakai ada berbagai macam, kalau indonesia sih paling cocok memakai Domain .id. Penyedia domain ini ada cukup banyak, ada juga Domain .id yang bisa bebas di beli seperti ekstensi .id saja, web.id dan ada juga domain khusus yang butuh data seperti npwp dan sebagainya seperti .co.id dan domain khusus pemerintah seperti sch.id.

Banyak kok yang menyediakan Domain .id yang juga sama-sama menyediakan VPS. Sehingga kamu bisa beli domain dan vps di tempat yang sama. Apalagi sebuah situs menawarkan promo di hari-hari tertentu dengan banyak potongan harga. Promo semacam ini hanya tersedia di hari-hari khusus saja dan keberadannya sangat terbatas sekali karena harganya miring.