Mar 6, 2024

Tips Sebelum Membeli Ponsel Pintar

Ponsel pintar atau yang disebut dengan smartphone saat ini merupakan barang yang wajib dimiliki. Apalagi keseharian kita tidak bisa terlepas dari hp berikut. Ponsel pintar ini sendiri saat ini terdapat tiga versi sistem operasi yaitu antara lain Windows Phone, Android dan juga iOS. Namun sebagian besar orang yang ada di dunia menggunakan ponsel dengan sistem operasi android.

Di dalam tulisan ini saya akan mengulas beberapa tips yang harus kamu lakukan ketika ingin membeli hp terbaru. Entah itu android ataupun iOS. Tips ini akan sangat berguna buat kamu dalam menentukan hp mana yang ingin kamu beli. Apalagi umur hp sekarang itu cuma bisa bertahan antara 2 sampai 3 tahun dan kalau ada hp yang awet sampai 10 tahun berarti kita sudah benar menggunakannya.

Tips Beli HP Baru Android

tips beli hp baru

Apalagi smartphone sekarang itu sangat rawan sekali pecah, terutama di bagian layar atau lcd. Sehingga saat menggunakan hp kita harus berhati-hati supaya tidak terlalu sering membeli hp android terbaru. Terkadang smartphone yang kita gunakan itu ada kalanya harus diganti dengan yang baru. Entah karena rusak, ingin berganti model ataupun karena sistem yang dimiliki hp tersebut sudah kadaluarsa.
Baca juga:

Contohnya adalah sistem seperti android, dimana setiap beberapa tahun pasti sudah mengalami update. Buat kamu yang masih memiliki sistem android jelly bean atau dibawahnya ada baiknya kamu segera melakukan update sistem tersebut supaya lebih aman. Walaupun tidak semua hp mendukung fitur semacam ini karena keterbatasan hardware yang dimiliki. Maka dari itu jalan satu-satunya adalah dengan cara membeli ponsel terbaru.

Berikut ini adalah beberapa saran atau tips yang harus kamu perhatikan sebelum membeli smartphone baru. Akan saya rangkum beberapa hal penting yang tidak boleh kamu lewatkan supaya kamu tidak salah beli. Mengingat harga hp sekarang itu tidak murah. Jadi lebih baik berhati-hati dari sekarang daripada kita menyesal di kemudian hari. Kalau begitu berikut adalah tips lengkapnya.

Tentukan Pemakaian

Sebelum membeli hp baru ada baiknya kita harus menentukan terlebih dahulu pemakaian hp tersebut itu. Nantinya ponsel itu bakalan kamu gunakan untuk apa setiap harinya. Apakah cuma untuk digunakan sebagai untuk melakukan aktifitas di sosial media ataupun untuk bermain game dan sebagainya. Karena beberapa hp yang dikeluarkan oleh beberapa merk memiliki market tertentu.

Yaitu hp tersebut khusus digunakan untuk gaming kah ataupun untuk selfie. Sehingga dengan menentukan hal ini kita bisa tahu dan bisa lebih mudah dalam memilih ponsel mana yang ingin kita beli. Mengingat merk ponsel sekarang itu ada banyak banget dan cukup bervariasi. Sebagai contoh, kalau keseharian kita hp tersebut cuma digunakan untuk berkirim pesan saja maka hp murah pun tidak masalah.

Atau kalau untuk melakukan aktifitas di jejaring sosial tentunya beda lagi. Menurut saya hp dengan spesifikasi ram 2gb sudah sangat cukup yah selama kamu tidak mempermasalahkan spek lain yang dimiliki oleh hp tersebut. Karena hal ini nantinya akan menyangkut uang yang kita keluarkan dalam membeli hp yang kita maksud.

Pastikan HP Tersebut Resmi

Kamu tahu kan kalau sekarang di indonesia ada peraturan baru. Dimana tidak semua hp yang beredar itu bisa langsung digunakan. Hal ini karena menyangkut apakah imei hp dari hp yang kita beli itu sudah terdaftar atau belum. Nah, supaya tidak ada masalah silahkan pastikan dulu kalau hp yang kamu beli itu beneran resmi masuk disini dan imeinya pun sudah terdaftar.

Kalau tidak kemungkinan besar masalah yang akan kamu hadapi nanti ialah hp kamu tidak akan muncul sinyalnya karena hp yang dibeli tidak resmi. Supaya hal ini tidak terjadi ada baiknya kamu bisa tanya kepada si penjual. Kalau memang resmi baru deh kamu bisa membeli ponsel yang dimaksud tadi.

Pilih Spek Yang Di Inginkan

Hal ini masih menyangkut masalah poin di pemakaian yang sebelumnya. Jadi hal lain sebelum kamu beli smartphone ialah kamu harus menentukan spesifikasi hp yang kamu inginkan itu nanti bagaimana? Apakah ingin yang punya ram 2gb, 4gb atau ingin yang punya jaringan 4g dan sebagainya. Hal ini sangat penting sekali terutama buat kamu yang ingin memakai hp tersebut untuk kebutuhan main game.

Soalnya beberapa game sekarang itu membutuhkan kapasitas ram yang cukup besar. Selain itu punya ram yang besar pun tidak menjamin apakah kita bisa dengan lancar memainkan game yang dimaksud. Oleh karena itu silahkan periksa spek hp yang kamu beli tadi. Caranya adalah dengan melihat skor antutu benchmark yang dimiliki oleh ponsel tersebut. Semakin tinggi skor yang di dapat maka semakin baik.

Mengingat spesifikasi skor ini dihitung berdasarkan banyak faktor. Mulai dari CPU, GPU, Memori serta UX (User Experience) dan yang paling penting adalah 3 hal yang meliputi CPU, GPU dan Memori. Karena inilah yang menentukan baik tidaknya kinerja hp yang kita miliki. Umumnya skor benchmark ini hanya berlaku khusus untuk sistem operasi hp android. Karena ponsel inilah yang punya berbagai macam spesifikasi.

Build Quality

Poin penting lainnya yang tidak boleh kita lewatkan adalah build quality dari smartphone yang dimaksud. Build Quality ini maksudnya adalah kualitas dari hp tersebut. Hal ini meliputi apakah hp itu terbuat dari metal atau plastik selain itu apakah setelah beberapa waktu dipakai hpnya akan mengalami banyak masalah? Contohnya seperti burn-in, ghost touch, sering panas dan masalah lainnya.

Cara mengetahui hal ini tentu harus melihatnya berdasarkan pengalaman pengguna lain. Sehingga kita tidak bisa tahu dengan pasti masalah apa yang akan kita hadapi ketika membeli hp tersebut. Setidaknya masalah ini cuma muncul ketika beberapa tahun setelah kita menggunakan ponsel tersebut. Masalah semacam ini sering kali terjadi khusus di hp dengan harga yang murah. Jadi jangan kaget kalau harga murah kualitasnya pun juga tidak terlalu wah.

Harga

Dari sekian hal diatas, tips berikutnya adalah dengan menentukan harga dari hp yang ingin kamu beli. Meski begitu nantinya merk yang bisa kamu pilih bakalan terbatas sekali. Yang jelas ketika membeli ponsel pintar selalu pastikan pemakaiannya dulu. Mengingat akan percuma kita membeli hp mahal kalau hanya digunakan untuk beberapa hal dasar dimana hp dengan harga murah pun juga bisa melakukannya.

Tentukan budget berapa yang kamu miliki, setelah itu lakukan riset hp mana saja yang masuk dan sesuai kriteria dengan harga tersebut. Umumnya semakin tinggi budget yang ada maka akan semakin banyak pula hp android yang bisa kita beli. Kalau sudah silahkan tulis dan catat merk ponsel mana saja yang kamu minati. Setelah itu lakukan riset lebih lanjut seperti pada poin diatas.

Riset ini berguna untuk menentukan mana hp yang terbaik. Silahkan bandingkan masing-masing daftar tersebut satu sama lain. Kalau sudah silahkan pilih hp mana yang menjadi pemenangnya. Kalau sudah baru deh kamu bisa pergi ke toko yang menjual hp incaran kamu tadi. Ya, itulah sedikit tips dan saran sebelum kamu memutuskan untuk membeli hp baru. Kalau ada saran atau tips lain kamu bisa menyampaikannya melalui komentar yang ada.