Mar 2, 2024

Tips Sebelum Beli Charger Laptop Yang Harus Diperhatikan

Ingin beli charger laptop yang baru? Simak dulu yuk tulisan saya berikut ini supaya nanti kamu tidak salah beli. Apalagi charger ini merupakan barang yang cukup penting dan tidak boleh main-main saat membelinya. Soalnya supaya laptop kita tidak mengalami hal yang tidak di inginkan, oleh karena itu sebelum beli charger atau ces laptop yang baru kamu harus teliti sebelumnya.

Charger sendiri merupakan alat untuk mengubah aliran listrik ac menjadi dc dan salah satu hal yang membuat laptop kita bisa digunakan. Karena fungsi dari charger ini sendiri selain untuk mengisi baterai laptop yang sudah habis juga untuk membuat laptop bisa terus hidup. Apalagi kalau baterai laptop yang kita miliki itu terkesan cukup boros. Hal ini mungkin terjadi karena baterai kita sudah usang ataupun kita melakukan aktifitas berat di laptop kita.

Tips Beli Cas Laptop

tips beli charger laptop

Seperti contoh, pemakaian baterai akan cepat habis bila laptop tersebut kita gunakan untuk bermain game atau baterai bakalan awet bila kita cuma memakainya untuk tugas ringan seperti mengetik, membuat dokumen ataupun edit foto. Charger laptop yang terbaik itu ialah ces yang berasal dari pabrikan laptop itu sendiri. Yaitu charger yang kita dapat saat kita membeli laptop tersebut.
Baca juga:

Hanya saja karena suatu alasan kadang kala charger tersebut menjadi rusak dan tidak bisa digunakan lagi. Dengan begini kita pun harus menggantinya dengan yang baru supaya laptop kita bisa berfungsi dengan baik. Ces laptop yang rusak ini sudah merupakan hal yang cukup umum. Walau ada charger yang bisa bertahan sampai bertahun-tahun. Penyebab kerusakan sih bisa bervariasi, entah karena lonjakan tegangan tinggi atau memang sudah waktunya.

Nah, sebelum kamu memutuskan untuk membeli charger laptop yang baru ada baiknya kamu baca tips dan saran saya berikut ini. Karena saya sendiri sudah beberapa kali berganti charger dan ingin membagikan pengalaman saya ini kepada kamu. Saya akan menyampaikan beberapa poin penting yang harus diperhatikan sebelum beli charger. Tips ini berlaku untuk semua jenis ces laptop dengan merk dan model manapun.

Pastikan Charger Tersebut Sesuai Model

Pertama-tama adalah kamu harus memastikan kalau charger yang kamu beli tersebut sesuai dengan model laptop yang digunakan. Hal ini bisa diketahui melalui ujung colokkan dari charger tersebut. Apakah sudah sama dengan laptop kamu yang lama atau tidak? Selain itu apakah charger tersebut itu bisa pas dan sesuai dengan laptop kamu? Kamu bisa mengujinya dengan mencolokkannya ke laptop langsung tanpa harus menghubungkannya ke listrik terlebih dahulu.

Kenapa? Karena sebelum menghubungkan ke aliran listrik kamu harus memeriksa hal lainnya terlebih dahulu. Hal ini ialah output dari charger tersebut. Apakah sudah sama? Atau tidak?

Perhatikan Daya Output Charger Tersebut

Sebelum membeli charger terbaru kamu harus memastikan daya output dari charger tersebut. Cara mengetahuinya itu cukup mudah sekali yaitu dengan melihat sticker yang ada di bagian charger kamu. Lihat dan cari tulisan "Output" nanti disana akan ada keterangan berapa daya yang dikeluarkan oleh ces laptop itu. Tulisan ini pasti ada di semua charger baru karena hal ini termasuk kewajiban dari perusahaan yang membuat charger.

Karena hal ini fungsinya untuk mencantumkan daya output beserta input dari charger tersebut. Di sticker ini kita bisa menemukan berbagai macam informasi yang sangat berguna yaitu daya input, daya output, nama perusahaan yang memproduksi bahkan sampai model tipe charger itu. Nah, yang harus diperhatikan dari tulisan output yang ada pada charger tersebut ialah tulisan Volt dan Ampere yang dimilikinya.

Serta gambar simbol garis lurus diatas dan putus-putus dibawah. Simbol ini memiliki arti tersendiri dan pastikan kalau simbolnya nanti sama. Pastikan output charger baru itu sama dengan charger yang lama, misalnya charger laptop saya punya 19V - 3.42A maka charger baru harus punya daya output yang sama. Umumnya output charger atau power supply ini ada 3 jenis yaitu 5V, 9V dan 12V.

Selain cara ini hal lain yang bisa kita lakukan untuk melihat output daya dari charger itu adalah dengan menggunakan avometer. Cara ini terbilang akurat karena kita bisa tahu secara langsung tegangan yang dihasilkan oleh laptop tersebut. Meski daya output sama ada hal lain yang harus diperhatikan.

Original atau KW

Selain itu hal lain yang tidak boleh kita lewatkan ialah apakah charger kamu original atau kw? Mana yang wajib kamu beli? Saya sarankan tentu saja yang original, kenapa? Agar laptop kamu tidak mengalami masalah seperti saya yaitu ketika charger di colokkan trackpad laptop saya menjadi aneh. Yaitu pas digunakan terasa lambat, error atau tidak bisa digunakan. Tetapi masalah yang saya alami adalah trackpad tersebut kurang responsive ketika saya colokkan ces laptop saya tersebut ke aliran listrik.

Oleh karena itulah kenapa kamu harus membeli charger original dari laptop tersebut supaya tidak mengalami masalah diatas. Buat yang bertanya, kenapa trackpad laptop saya jadi aneh setelah mengganti charger? Sebenarnya masalah ini saya kurang tahu pasti yang jelas hal ini disebabkan oleh charger tersebut dan yang mengalami ini pun bukan cuma saya doang tetapi juga mereka yang mengganti chargernya.

Ketika saya telusuri penyebabnya adalah terletak di bagian dalam dari charger tersebut yang menyangkut masalah 'ground' yang bisa dibilang tidak ada atau mekanismenya berbeda. Ketika laptop kamu mengalami masalah ini solusinya bisa membuat 'ground' sendiri.

Makanya kamu tahu kan kenapa kita harus beli charger original? Nah untuk mengetahui charger kita original itu bagaimana? Nah, menurut saya sih mudah saja kok yaitu tinggal lihat di bagian sticker kamu. Silahkan cek dan samakan apakah pabrik pembuat charger kamu itu sama atau tidak dengan charger yang baru? Nama perusahaan ini biasanya sudah tertera di bagian sticker tersebut.

Untuk namanya sendiri sih berbeda dengan nama merk atau laptop yang kamu pakai karena umumnya charger ini dibuat oleh pihak ketiga. Nama perusahaannya pun cukup bervariasi tergantung dari charger yang kamu pakai. Nah, selama berasal dari pabrik yang sama saya rasa sih tidak masalah kok. Lalu masalah lain ialah dimana kita membeli charger tersebut?

Kalau mencari versi original sih setahu saya ialah dengan mengunjungi service center resmi dari laptop kamu. Silahkan pergi kesana dan tanyakan apakah part charger model laptop yang kamu miliki itu ada atau tidak. Kalau ada silahkan dibeli dan untuk masalah harga pun biasanya sangat bervariasi sekali.

Harga

Masalah lain adalah terletak pada harga dari charger tersebut, mahal bukan berarti bagus. Hal ini pun tergantung dimana kamu membeli charger tersebut, selama di service center pun sih tidak masalah. Tetapi kamu harus memastikan juga dengan mencoba charger itu atau mencocokkan nilai output dan nama perusahaan yang buat seperti yang sudah saya bilang sebelumnya.

Berapa sih harga charger laptop itu? Harganya bervariasi mulai dari 50 ribuan sampai 300 ribuan tergantung dari merk dan model laptop yang kamu miliki. Semakin bagus laptopnya maka semakin mahal pula harga charger tersebut. Jadi poin penting yang ada di tulisan ini sebelum berli charger ialah kamu harus memperhatikan nilai Output dari ces tersebut. Selanjutnya kalau bisa nama perusahaan yang buat itu sama dan yang terakhir colokkan ces laptopnya itu sama dengan yang lama.

Itulah pon penting yang harus kamu perhatikan sebelum beli ces laptop yang baru. Saya harap tulisan ini bisa membantu dan bermanfaat bagi kamu. Kalau begitu saya akhiri tulisan ini dan saya ucapkan sekian dan terima kasih sudah membaca.