Apr 13, 2023

Haruskah Minum Banyak Air Putih Saat Puasa?

Jawabannya adalah enggak, tergantung kondisi tubuh kamu. Pernah tidak sih kamu membaca artikel kalau kita itu rata-rata harus minum air sebanyak 3.7 liter?  Padahal menurut saya penyataan itu agak kurang tepat, tidak benar dan juga tidak salah. Bukan berarti setiap orang harus maksa minum sebanyak itu.

Tetapi lebih melihat ke kondisi diri sendiri. Apakah takaran tersebut sesuai dengan orang yang tinggal di tempat panas seperti daerah timur tengah? Saya rasa tidak. Padahal tubuh memiliki mekanisme yang sangat hebat looh.

Tips Minum Air Putih

minum air putih saat puasa

Bagaimana cara menentukan kalau kita kurang minum air atau tidak? Mudah saja, pertama bisa dilihat dari dua kondisi yaitu saat haus dan juga dari air kencing. Kalau kamu haus itu artinya tubuh butuh air, walaupun ketika haus memang tubuh kekurangan air. Setelah itu lihat di warna air kecing serta durasi berapa lama kamu biasanya kencing.

Baca juga:

Misal kalau orang normal sering kencing dalam kurun waktu 1 jam biasanya orang ini kebanyakan minum air. Atau kamu tahulaah standar sering buang air kecil bagaimana. Selain itu perhatikan juga jumlah air yang keluar, semakin banyak jelas memang tubuh kebanyakan air. Makanya tubuh memproses air berlebih dengan cara mengeluarkannya melalui buang air kecil. 

Selain itu warna dari air tersebut juga menentukan apakah tubuh kekurangan cairan atau tidak. Bila warnanya putih maka artinya sudah bagus, tetapi kalau warnanya agak kuning sedikit sudah cukup. Tetapi kalau merah atau kuning banget itu artinya tubuh kurang air. Apalagi kalau dalam sehari tubuh tidak ingin merasa buang air kecil sama sekali. Cukup berbahaya sih bagi kesehatan.

Tabel Warna Urine

warna air urin

Pada dasarnya banyak tidaknya air yang kita minum itu tergantung dari kondisi tubuh kita sendiri. Kita harusnya lebih peduli dengan kondisi tubuh, kalau kita memperhatikan diri sendiri pasti tahu kok kadar berapa banyak air yang harus kita minum tanpa perlu memaksa minum banyak air. Karena seperti yang diungkap pada video dibawah ini. Minum air terlalu banyak pun juga tidak bagus bagi tubuh.


Berapa gelas minum air putih saat Puasa?

Jawabannya adalah 8 tetapi saya pribadi agak kurang setuju karena menurut saya tetap saja balik ke pribadi masing-masing tentang jumlah berapa banyak kita harus minum air. Toh, ada orang yang metabolismenya cukup bagus sehingga tidak perlu sebanyak itu ada juga yang perlu lebih dari itu.

Jujur saja saya dulu juga penganut kalau saya harus minum air sebanyak itu namun karena sering ke kamar mandi tak pikir-pikir tidak juga sih. Saya sangat setuju minum air memang sangat penting, kurang minum sangat berbahaya bagi tubuh. Namun kadar berapa banyak itu tergantung dari diri sendiri. 

Jadi kalau merasa minum 8 gelas air tidak ada masalah yaa silahkan, kalau butuh lebih yaa silahkan. Atau kalau kamu setiap hari minum 3.7 liter baik-baik saja dan tidak ada masalah sih yaa lanjutkan saja. Bahkan sampai ada Jadwal minum air putih saat Puasa mulai dari berbuka sampai sahur sekalipun. 

Saya belum pernah mencobanya sih dan belum tahu efeknya bagaimana karena menurut saya kebiasaan yang saya lakukan yaitu minum air ketika mendekati sahur saja sudah cukup. Jumlahnya sih tergantung feeling, kalau merasa sudah ok sih yaa sudah. Tanpa harus memaksa harus 2 gelas atau lebih, malah kelebihan akhirnya ntar sering ke kamar mandi. Yup, itu saja sih sedikit pendapat saya. Semoga tidak salah dipahami yaa.